Cara Gunakan Android TV Box MXQ Pro 4K: 😋Sangat Gampang!

Cara Gunakan Android TV Box MXQ Pro 4K
Cara Gunakan Android TV Box MXQ Pro 4K

Pindahlubang.com | Pernah tidak Kamu berpikir kalau fitur HP ditampilkan di layar televisi? Contohnya seperti nonton film atau main game. Ternyata itu bisa saja dilakukan dengan cara gunakan android TV box MXQ Pro 4K. Bukan screen mirroring, tapi langsung dijalankan di perangkat TV. 

Dengan android TV box tersebut, Kamu bisa melakukan aktivitas melalui televisi yang umumnya hanya di HP. Perangkat tersebut juga bisa Kamu dapatkan dengan mudah, baik secara online maupun offline. Menariknya lagi, cara penggunaan yang sangat simpel. 

Daripada Kamu penasaran tentang alat satu ini, langsung simak saja penjelasan di bawah ini. Ada ulasan tentang MXQ Pro 4K, manfaatnya, dan tentunya cara menggunakannya. Semua akan diterangkan secara rinci. 

Apa Itu Android TV Box MXQ Pro 4K? 

Kamu sudah pernah dengar tentang perangkat yang bernama android TV box? Coba cari tahu dulu definisinya sebelum membahas cara gunakan android TV box MXQ Pro 4K. Tujuannya supaya Kamu tahu manfaat dan fungsinya. 

 Jadi, alat berbentuk kotak (box) tersebut berfungsi untuk mengubahmu televisi biasa menjadi smart TV. Karenanya, tanpa beli televisi baru, bisa merasakan fitur-fitur yang ada di TV pintar. Alat ini membuatmu merasakan pengalaman menggunakan smartphone android di layar lebih lebar, hanya saja tanpa SIM card. 

Menggunakan android TV box tidak seperti TV kabel atau satelit. Yang mana terkadang harus berlangganan agar bisa menikmati tayangan tertentu. Tapi dengan peralatan satu ini, Kamu dapat menggunakan berbagai layanan sepuasnya dengan syarat ada koneksi internet. 

Terkait:  Cara Menggunakan Kuota MAXstream Telkomsel

Seperti halnya TV pintar, akan lebih baik jika di rumahmu terpasang WiFi. Dengan jaringan yang lebih kuat dan stabil, fungsi dari android TV box yang dipasangkan akan lebih maksimal. Kamu dapat streaming dengan lancar dan browsing tanpa halangan. 

Spesifikasi Android TV Box MXQ Pro 4K

Sebelum menerangkan lebih jauh tentang cara gunakan android TV box MXQ Pro 4K, simak dulu penjelasan berikut. Memang di pasaran banyak sekali merk android TV box yang dijual. Tapi berikut ini direkomendasikan MXQ Pro 4K dengan berbagai kelebihannya. 

Dengan perangkat tersebut, Kamu bisa nonton berbagai konten video dengan sangat jelas. Alasannya karena sudah mendukung resolusi hingga 4K. Meskipun Kamu gunakan di TV tabung, tetap mendapatkan pengalaman terbaik. Sebab menunjukkan detail objek dan kaya warna. 

Salah satu seri MXQ Pro 4K yang sering dibeli adalah S905. Dari segi dapur pacu, didukung oleh teknologi quad core amlogic S905 Cortex A53. Memiliki empat inti dengan kecepatan CPU mencapai 2 GHz. Seri tersebut  memakai sistem operasi android versi 7.1.

Kemudian melihat dari sisi penyimpanan yang sangat penting dari sebuah android TV box. MXQ Pro 4K dibekali dengan RAM sebesar 1 GB dan ROM (penyimpanan internal) 8 GB. Tapi ada juga seri di atasnya yang menawarkan penyimpanan yang lebih besar lagi. 

Kalau penyimpanan tersebut masih kurang, Kamu bisa menambahkan microSD hingga kapasitas 32 GB. Jadi, dapat instal lebih banyak aplikasi di televisi yang Kamu gunakan. Semakin bervariasi lagi aktivitas yang dilakukan melalui TV. 

Spesifikasi lain yang dibawa oleh produk ini adalah dukungan terhadap koneksi WiFi, tapi belum ada Bluetooth. Ada juga port USB 2.0 berjumlah empat buah yang bisa disambungkan ke beberapa perangkat. Terdapat pula port HDMI untuk menyambungkannya ke televisi. 

Terkait:  Biaya Berlangganan Zoom

MXQ Pro 4K punya ukuran 113×113×24 mm dengan berat 200 gram. Jadinya sangat ringan ditambah dengan material case dari plastik. Terakhir soal harga. Untuk seri S905 dijual sekitar Rp200.000—Rp300.000 pada toko online

Cara Gunakan Android TV Box MXQ Pro 4K

Cara Gunakan Android TV Box MXQ Pro 4K
Cara Gunakan Android TV Box MXQ Pro 4K

Dengan spesifikasi tersebut, Kamu mendapatkan banyak keuntungan. Merupakan keputusan tepat menggunakan android TV box jika bosan hanya nonton TV. Kamu dapat merasakan berbagai layanan yang biasanya ada di HP android. 

Untuk mendapatkan perangkat tersebut, bisa beli online dan offline. Kalau membeli online, sebaiknya lebih selektif. Baca review pembeli dulu dan pastikan spesifikasinya sesuai yang Kamu butuhkan. Terutama untuk OS dan ruang penyimpanan. 

Jika sudah membelinya, perhatikan juga bagaimana cara gunakan android TV box MXQ Pro 4K. Kelihatannya memang mudah. Tapi kalau salah pasang, perangkat tersebut tidak akan terdeteksi di televisi. Sebaiknya, Kamu simak panduan di bawah ini:

  • Dalam kardus kemasan android TV box tersebut terdapat adaptor, kabel HDMI, dan remote. 
  • Ambil adaptornya dan colokkan ke listrik. 
  • Lalu yang ujung kabelnya, pasangkan ke port android TV box berbentuk bundar. 
  • Setelah itu, sambungkan ujung kabel HDMI ke port di perangkat yang bertuliskan keterangan HDMI.
  • Kemudian ujung kabel HDMI yang lain disambungkan ke televisi. 
  • Pastikan kedua kabel menancap dengan sempurna agar perangkat ini dapat digunakan.
  • Sekarang, nyalakan televisi. 
  • Kamu sudah berhasil menghubungkannya kalau MXQ Pro 4K terdeteksi oleh televisi. Biasanya ditandai dengan adanya tulisan Android saat dinyalakan. 
  • Coba cek sambungan kabel HDMI jika yang muncul peringatan “Layanan Tidak Tersedia.” 
  • Jika semua sudah siap, jangan lupa untuk mengubah settingan televisi menjadi HDMI. 
  • Cara gunakan android TV box MXQ Pro 4K selanjutnya dengan mengkoneksikan televisi ke WiFi. Caranya dengan tekan tombol Setting di remot, lalu pilih Network. Aktifkan sambungan WiFi dan pilih jaringan yang tersedia. Masukkan password jika perlu. 
  • Tekan tombol Home pada remot dan pilih layanan apa yang ingin Kamu gunakan. 
  • Misalkan pasang aplikasi, maka masuk App Market atau Play Store. 
  • Tinggal pakai remot untuk memilih aplikasi atau menu pada televisi. Agar lebih mudah, Kamu juga bisa menyambungkan mouse ke port yang ada di android TV box. 
Terkait:  Cara Menggunakan SHAREit

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Android TV Box MXQ Pro 4K

Mungkin Kamu masih penasaran, sebenarnya apa saja yang dapat dilakukan dengan MXQ Pro 4K ini? Selengkap apa fitur yang disediakan? Berikut ini untuk menjadi pertimbangan sebelum membelinya:

  • Menginstal Aplikasi. MXQ Pro 4K mengubah televisimu yang biasa menjadi smart TV berbasis android. Itu berarti bisa instal aplikasi dalam televisi selayaknya smartphone lewat app market. 
  • Menonton Video. Kalau bosan dengan tayangan televisi yang itu-itu saja, Kamu bisa nonton film lewat MXQ Pro 4K. Perangkat ini mendukung berbagai aplikasi streaming. Kamu juga dapat menonton video di YouTube. 
  • Main Game. Dengan alat tersebut, bisa mencari hiburan lain dengan main game. Download aplikasinya, kemudian tinggal mainkan dengan console
  • Mendengarkan Musik. Bukan hanya nonton, tapi Kamu juga dapat mendengarkan musik. Kamu bisa memilih lagu favorit lewat layar yang lebih lebar dan memutarnya di Music. 
  • Browsing. Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah browsing. MXQ Pro 4K menyediakan browser yang dapat diakses secara mudah. Untuk mengetik dan navigasi, seluruhnya menggunakan remot. Tapi dapat juga menyambungkan mouse

Demikian penjelasan cara gunakan android TV box MXQ Pro 4K. Kamu tinggal menyambungkan kabel yang disediakan dalam kardus. Pastikan ada sambungan WiFi agar bisa internetan lewat televisi. 

Related posts