Cara Mengisi Saldo DANA di Alfamart

Cara mengisi saldo DANA di Alfamart sangat cepat dan praktis. Pengguna DANA bisa top up e-wallet ini supaya bisa bertransaksi lebih efektif dan efisien. Seperti kita tahu bahwa aplikasi ini sudah menjadi salah satu dompet digital terbaik di Indonesia.

DANA bahkan menyediakan berbagai macam fitur transaksi sehingga kamu dapat melakukan pembayaran apapun di merchant-merchant tertentu. Tak hanya itu, pemakaiannya pun aman dan semua data sampai riwayat transaksi penggunanya akan selalu dirahasiakan.

Read More

Saldo DANA bukan hanya diisi ulang dengan menggunakan ATM, internet atau m-banking saja, di mana penggunanya bisa mengandalkan minimarket seperti Alfamart supaya bisa top up dengan praktis.

Tak bisa dimungkiri cara mengisi saldo DANA di Alfamart biasanya dikenakan biaya admin yang terjangkau, bahkan kurang dari Rp.5.000 per transaksi. Meski begitu, kamu tidak bisa mengisi saldo sembarangan. Pihak DANA memberikan batas minimum dan maksimum jumlah saldo yang bisa diisi ulang selama akun kamu masih aktif.

Cara Mengisi Saldo DANA di Alfamart
Cara Mengisi Saldo DANA di Alfamart

Manfaat Aplikasi DANA

Apabila kamu tertarik menggunakan aplikasi DANA, sebaiknya ketahui kegunaan alias manfaat pemakaian e-wallet ini dalam jangka panjang, di antaranya:

  • Membeli Pulsa
    Kamu tidak perlu keluar rumah untuk membeli pulsa, bahkan ke ATM bila pulsa HP benar-benar habis. Kamu bisa membeli pulsa melalui aplikasi DANA yang sudah terpasang pada smartphone kamu.
  • Membayar Tagihan Bulanan
    Kamu juga bisa menggunakan aplikasi DANA untuk membayar tagihan bulanan dengan cepat dan praktis. Beberapa tagihan yang bisa dibayar melalui DANA adalah premi asuransi, BPJS Kesehatan, internet, TV kabel, listrik, air (PDAM) dan lainnya.
  • Membayar Belanja di Merchant Online dan Offline
    DANA bukan sekadar memudahkanmu untuk melakukan pembayaran secara online, namun juga bisa secara offline. Kini, banyak merchant offline sudah menerima pembayaran via DANA, khususnya di mall besar atau pusat perbelanjaan.
Terkait:  Cara Mengisi Pulsa Indosat

Fitur DANA

Aplikasi DANA mempunyai dua fitur utama supaya bisa menunjang kegiatan transaksi digital yang dilakukan setiap penggunanya. Berikut merupakan fitur-fitur DANA yang wajib kamu tahu, yakni:

  • DANA Wallet (Dompet Digital)
    Fitur ini mempunyai lima menu yang terdiri dari DANA Premium, Simpan Kartu Bank, Tarik Saldo, Bayar sampai Top Up. DANA Premium adalah akun khusus di mana pengguna bisa menyimpan saldo hingga Rp.10 juta.

    Fitur Top Up adalah isi saldo DANA yang fleksibel, Simpan Kartu Bank untuk menghubungkan kartu bank dengan aplikasi DANA. Tarik Saldo merupakan layanan tarik tunai saldo DANA via agen, dsb. Selain itu, fitur Bayar adalah layanan yang memudahkanmu melakukan pembayaran tagihan dan transaksi lainnya.

  • Kirim dan Minta DANA
    Fitur Kirim dan Minta DANA bisa digunakan untuk mengirim atau menerima uang dengan dompet digital. Layanan ini memiliki lima menu yang bisa dipakai seperti ke DANA, ke Bank, ke LINK, DANA Kaget serta Minta DANA.

    Aplikasi ini pun punya fitur-fitur lainnya seperti DANA Bisnis dan DANA Enterprise. DANA Bisnis dipakai untuk menerima transaksi non tunai dan bisnis kamu, sedangkan DANA Enterprise digunakan semua pelaku UMKM untuk mendorong dan meningkatkan layanan melalui transaksi secara non tunai.

Batas Minimum dan Maksimum Isi Saldo DANA

Aplikasi DANA memberikan kebijakan terhadap batas minimum dan maksimum top up saldo yang dilakukan setiap penggunanya. Secara umum pengguna e-wallet DANA hanya bisa mengisi ulang saldonya paling tidak sebesar Rp.10.000 (minimum).

Apabila kamu punya budget lebih besar, maka bisa top up saldo lebih dari itu. Aplikasi DANA berbeda dengan bank, di mana kamu bisa simpan uang sampai ratusan juga di ATM. Di DANA, kamu hanya bisa mengisi ulang saldo maksimum sebesar Rp.10 juta per akun.

Jenis-jenis Transaksi di DANA

Apabila kamu mempunyai saldo DANA yang cukup, gunakan saldonya untuk melakukan pembayaran atau transaksi secara fleksibel. Berikut merupakan jenis-jenis transaksi yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi DANA, di antaranya:

  • Pembelian kuota internet dan pulsa.
  • Pembayaran tagihan air dan listrik.
  • Pembayaran tagihan internet dan TV kabel.
  • Transfer uang.
  • Pembayaran e-samsat.
  • Belanja online melalui Lazada, Bukalapak, Blibli dan e-commerce lainnya yang sudah bekerja sama dengan DANA.
  • Pembayaran iuran BPJS Kesehatan.
  • Dll.

Cara Menggunakan Aplikasi DANA

Seperti kami sebutkan di atas, DANA bisa digunakan secara offline atau online dengan mengikuti panduan berikut:

  • Jika kamu akan memakainya secara online, klik Bayar melalui aplikasi DANA.
  • Untuk pembayaran offline, maka kamu bisa memakai fitur Scan QR Code. Contohnya, saat sedang belanja di Alfamart, gunakan aplikasi DANA dan klik Pay yang berlogo QR code di bawah aplikasi. Kemudian, tempelkan layar smartphone kamu dengan QR code di atas mesin pemindai yang berada di kasir. Apabila sudah terhubung, masukkan PIN DANA untuk menyelesaikan transaksimu.

Cara Mengisi Saldo DANA di Pegadaian

Pengguna DANA bisa top up saldo melalui kantor cabang Pegadaian terdekat, lho. Penasaran? Berikut cara mengisi saldo DANA di Pegadaian yang harus kamu tahu, di antaranya:

  • Kunjungi kantor cabang Pegadaian terdekat di kotamu.
  • Beritahu kasir bahwa kamu akan top up saldo DANA.
  • Sebutkan nomor ponsel yang sudah terdaftar pada aplikasi DANA.
  • Kemudian, tentukan nominal saldo yang diinginkan (minimum Rp.50,000).
  • Jika sudah, kasir akan memproses permintaanmu dan tunggu beberapa saat sampai selesai.
  • Terakhir, kasir bakal memberikan struk transaksi dan refresh halaman utama aplikasi DANA kamu, pastikan saldonya sudah masuk secara otomatis.

Cara Mengisi Saldo DANA di Alfamart

Cara mengisi saldo DANA di Alfamart sebenarnya cepat dan simpel. Kamu bahkan cukup meluangkan waktu sebentar saja, sehingga saldonya dapat bertambah secara otomatis. Di samping itu, kamu perlu memberikan informasi nomor ponsel yang sudah terdaftar pada aplikasi DANA agar permintaan dapat diproses.

Kasir juga akan memberitahu biaya admin tambahan yang wajib dibayar. Selain itu, data diri dan riwayat transaksi tetap dirahasiakan, di mana semuanya hanya bisa diketahui dan dilihat oleh dirimu sendiri.

Cara Mengisi Saldo DANA di Alfamart

Bagi pengguna DANA yang akan top up saldo di Alfamart, maka bisa mengikuti panduannya seperti berikut:

  • Kunjungi gerai Alfamart terdekat di kotamu.
  • Informasikan kepada kasir bahwa kamu akan top up saldo DANA.
  • Sebutkan nomor HP yang telah terdaftar pada aplikasi DANA.
  • Kemudian, tentukan nominal saldo yang akan ditambahkan (minimum Rp.50,000).
  • Kasir akan memproses permintaanmu, tunggu beberapa saat sampai proses transaksinya selesai.
  • Jika sudah, kasir akan memberikan struk pembayaran sebagai bukti transaksi yang sah.
  • Terakhir, buka aplikasi DANA dan refresh halaman utamanya untuk memastikan bahwa saldo benar-benar sudah bertambah.

Demikian pembahasan tentang cara mengisi saldo DANA di Alfamart yang mudah dan praktis. Jangan lupa bagikan atau share informasi di atas, sehingga pengguna aplikasi DANA lainnya bisa top up lebih fleksibel. Selamat mencoba!

Rate this post

Related posts