Cara Kerja

Cara Recall Email Outlook

Apabila kamu tidak sengaja mengirimkan email kepada orang yang salah, kamu bisa merecall email tersebut kok. Lalu bagaimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai karena akan membahas bagaimana cara recall email outlook dengan mudah dan cepat.

Apa Itu Outlook?

Outlook adalah Microsoft Outlook yang merupakan salah satu mail client yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Setting email ke outllok juga dapat digunakan untuk penyimapanan diel email (sent and recevied) langsung di device yang digunakan, sehingga dapat menjadi solusi alternatif untuk masalah space pada email.

Apa Fungsi Microsoft Outlook?

Fungsi outlook adalah untuk mengirim, menerima, maupun membaca pesan email yang masuk, selain itu miscrosoft oulook juga memiliki fungsi untuk membuat jadwal kerja, catatan hingga kalender yang bisa kamu terapkan.

  • Digunakan untuk membaca email secara offline.
  • Dapat digunakan untuk mengirim email dengan cepat.
  • Dapat juga digunakan untuk mencadangkan email di PC.
  • Digunakan untuk melakukan penjadwalan.
  • Digunakan untuk membuat dan mengatur adress book atau buku alamat.

Kelebihan dan Kekurangan Outlook

Walaupun Outlook memiliki segudang fitur canggih di dalamnya aplikasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan seperti pada aplikasi lainnya. Jika membahas kelebihan dari outlook ini pasti kamu sudah memahaminya karena sudah banyak sekali yang membahasnya dan pasti sangat menguntungkan bagi para penggunanya, sementara jika dilihat dari kekurangan aplikasi ini belum ada yang bahas. Maka kamu bisa simak kelebihan dan kekurangan outlook di bawah ini:

Kelebihan Outlook

  • Tentunya memiliki tampilan yang User Friendly
  • Mempunyai perlindungan tingkat lanjut
  • Dapat terhubung dengan media sosial
  • Dapat mengedit dokumen Office yang sudah terintegrasi OneDrive
  • Memiliki fitur untuk membersihkan Spam dengan otomatis
  • Dapat menyinkronkan dengan smartphone
  • Mampu memisahkan email masuk sesuai kategori yang di inginkan oleh pengguna
  • Memiliki kapasitas OneDrive secara gratis yaitu sebesar 5GB dan bisa ditambah lagi hingga 1TB
  • Penyimpanan kotak surat versi gratis 15Gb bisa ditambah hingga 50GB

Kekurangan Outlook

Yang menjadi satu kekurangan outlook adalah adanya premium. Artinya outlook memiliki dua versi yang disediakan, yaiitu versi premium dan versi gratis. Apabila kamu menggunakan versi yang gratis maka kamu akan dibekali penyimpanan OneDrive sebesar 5GB dan jika kamu menggunakan versi premium maka kamu mendapatkan 1 TB penyimpanan.

Sebenarnya syarat utama untuk membuka Microsoft Outlook ialah kamu wajib mempunyai email dan program office dan kemudian kamu bisa membukannya dengan klik tombol Start – All Programs – Microsoft Office – Lalu pilih Microsoft Outlook.

Nah setelah kamu mengetahui penjelasan secara singkat diatas, kini kembali ke topik utama yaitu membahas tentang bagaimana cara recall email outlook dengan mudah. Berikut penjelasannya!

Cara Recall Email Outlook

Cara Recall Email Outlook

Microsoft Outlook memiliki fitur untuk mengingat atau mengganti email kamu dan orang lain tidak akan pernah tahu tentang apapun yang terjadi. Fitur penarikan atau penggatian hanya berfungsi ketika orang lain membuka dan membaca email kamu. Dengan melihat email di panel baca tidak dihitung dan kamu hanya menggunakannya jika kamu dan penerima memiliki akun email Microsoft 365 dan Microsoft Exchange di organisasi yang sama. Recall maupun Replace merupakan Microsoft Exchange dan tidak tersedia untuk akun MAPI atau POP.

Bagaimana Cara Mengingat Email?

Nah kamu bisa buka aplikasi outlook di dekstop kamu akan tetapi hal ini tidak akan berfungsi dengan outlook online dan masuk ek akun Microsoft 365. Sebelum mencari tombol Recall kamu dapat mengetahui apakah akun kamu memenuhi syarat untuk menggunakan opsi ini jika kamu tidak yakin. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama kamu bisa buka opsi menu “File” dan klik di atasnya.
  • Kemudian informasi akun akan terbuka, pastikan jenis akun adalah Microsoft Exchange dan bukan MAPI atau POP.
  • Jika itu merupakan akun Microsoft Exchange dan penerima juga berada di sistem email yang sama maka kamu siap melakukannya. Kamu bisa klik tombol untuk kembali ke jendela utama dan pergi ke folder “Item Terkirim”.
  • Setelah itu bukalah email yang ingin kamu ingat, lalu klik dua kali untuk membukannya. Satu klik pada email lalu buka di panel baca, kamu tidak dapat mengingat email dari panel baca akan tetapi email akan terbuka di jendela terpisah. Yaitu dari tab “Pesan” lalu pilih “Tindakan” dan pilih “Inget Pesan Ini” dari menu tarik turun.
  • Apabila kamu tidak dapat menemukan opsi Tindakan pada tab Pesan maka maksimalkan jendela kamu ke layar penuh karena terdapat beberapa opsi menghilang di jendela sebagian atau alihkan ke tab File.
  • Dari tab File kamu bisa pilih Info dari menu di sebelah kiri.
  • Kemudian klik opsi Kirim Ulang atau Panggil Ulang dan pilih Ingat Pesan Ini dari menu tarik turun.
  • Nah setelah kamu mengklik opsi Recall dari salah tab, maka sebuah kotak dialog akan terbuka dan kamu dapat memilih apakah kamu ingin memanggil kembali email seluruhnya atau menggantinnya. Untuk opsi memanggil email akan menghapusnya dari kotak masuk penerima sedangkan opsi ganti akan menghapus email sebelumnya dan menggantinya dengan yang baru.
  • Pada opsi Beri Tahu Saya Jika Penarikan Berhasil atau gagal untuk setiap Penerima sebelum memanggil kembali surat tersebut. Maka dengan cara ini kamu akan mendapatkan pesan yang akan memberitahu kamu apakah penarikan berhasil. Kamu bisa centang opsi ini jika kamu berencana untuk memanggil kembali atau mengganti email untuk mengetahui status penarikan tersebut.
  • Sekarang kamu bisa klik Ok, hanya itu yang perlu kamu lakukan dan pesan akan dipanggil kembali jika penerima belum membacanya.
  • Untuk menganti email kamu bisa pilih opsi Hapus salinan yang belum dibaca dan ganti pesan baru lalu Klik OK.
  • Dengan begitu outlook akan kembali membka email kamu, dan kamu dapat mengeditnya untuk mencerminkan apa yang ingin kamu kirim sekarang dan klik tombol Kirim. Maka email baru akan menggantikan email sebelumnya di kotak masuk penerima.
  • Nanti akan ada notifikasi masuk jika pemanggilan kembali pesan berhasil.
  • Apabila saat penarikan berhasil dan penerima belum membaca pesan asli saat kamu memanggil atau mengganti pesan, maka pesan asli dihapus dan diganti jika ada dan penrima diberitahu bahwa kamu telah mengingat sebuah pesan.
  • Pada saat penarikan kembali gagal maka pesan adli dan pesan yang dipanggil kembali tersedia di folder penerima. Jika penerima membuka pesan asli saat permintaan penarikan sedang diproses nanti penerima akan diberitahu bahwa kamu mencoba untuk mengingat pesan tersebut. Tapi pesan yang asli masih tersedia di folder mereka.

Nah demikianlah informasi mengenai bagaimana cara recall email outlook. Semoga artikel ini bermanfaat dan kamu juga bisa membaca artikel sebelumnya mengenai Cara Program TV. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, see u!

Arum Arlina

seorang mahasiswi yg suka nulis :)

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

3 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

3 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

3 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

3 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

3 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago