Cara Screenshot Samsung A21S

Samsung Galaxy A21S adalah salah satu tipe smartphone yang dibanderol berkisar Rp.2 jutaan. Siapa saja mungkin sudah tahu kalau Samsung menjadi merk ponsel pintar berbasis Android nomor satu di dunia. Tapi, banyak orang belum tahu cara screenshot Samsung A21S dengan benar.

Siapa sangka bahwa prosesnya terbilang cepat dan mudah, lho. Kamu bisa menggunakan tombol fisik atau tidak sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, hasil tangkapan layarnya juga akan langsung tersimpan ke dalam galeri secara otomatis.

Read More

Secara umum cara screenshot Samsung A21S bisa dilakukan dalam hitungan detik saja. Kami beritahu bahwa resolusi maksimal dari gambar screenshot nya adalah sekitar 720 x 1600 pixel. Walaupun resolusinya tidak sebesar flagship Samsung, tapi kualitasnya cukup baik dan jernih.

Samsung Galaxy A21S juga mempunyai spesifikasi, kelebihan dan kelemahan yang perlu kamu tahu, lho. Kini, sebagian besar masyarakat justru sudah memilihnya sebagai HP pilihan tanpa menghabiskan budget dengan keutamaan mumpuni.

Cara Screenshot Samsung A21S
Cara Screenshot Samsung A21S

Spesifikasi Samsung A21S

Samsung Galaxy A21S mempunyai spesifikasi cukup mumpuni dan tidak kalah saing dengan beberapa tipe ponsel serupa lainnya. Walaupun harganya terbilang murah pada kisaran Rp.2 jutaan, tapi keutamaannya jarang dimiliki smartphone lain. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut, maka bisa mengetahui dan menyimak detailnya melalui tabel di bawah ini.

Spesifikasi Keterangan
Body Dimensi 163.7 x 75.3 x 8.9 mm
Bobot 192 gram
Layar kaca dan bagian belakang dari frame plastik
Layar 6.5 inci
PLS TFT LCD
720 x 1600 (HD+)
Memori 6 GB RAM + 64 GB ROM
6 GB RAM + 128 GB ROM
Chipset & OS Exynos 850
Android 10, One UI 2.0
GPU Mali-G52
Kamera Utama Quad Camera 48 MP, f/2.0, 26 mm (Wide), 8 MP, f/2.2, 123′ (Ultra Wide), 2 MP, f/2.4 (Macro), 2 MP, f/2.4 (Depth)
Resolusi Video 1080p @ 30fps
Kamera Depan Single 13 MP, f/2.2 (Wide)
Resolusi Video 1080p @ 30fps
Baterai 5.000 mAh
Fast Charging 15 W
Fitur USB Type-C
Dual SIM
Audio Jack 3.5 mm
Fingerprint Sensor
Harga (Saat Rilis) Rp.2,899,000 (6/64 GB)
Rp.3,099,000 (6/128 GB)
Terkait:  Biaya Ganti LCD Samsung J7 Pro

Kelebihan Samsung A21S

Samsung Galaxy A21S mempunyai berbagai macam kelebihan menarik yang patut dipertimbangkan jika kamu sedang mencari smartphone baru. Apa saja, sih? Daripada penasaran, simak informasi lengkapnya sebagai berikut:

  • Face Unlock dan Fingerprint Scanner
    Jangan sampai smartphone kamu disusupi oleh orang lain. Samsung A21S sekarang dibekali face unlock dan fingerprint scanner, yang mana sistem keamanan ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan identifikasi wajah dan sidik jari dari setiap pemilik smartphone nya saja.
  • Layar Lebar dengan PLS TFT
    Samsung A21S tidak ingin ketinggalan mengikuti rekam jejak smartphone masa kini yang mengusung layar lebar. HP ini dibekali ukuran layar 6.5 inci HD+ dengan menerapkan panel PLS TFT. Resolusinya adalah 760 x 1200 pixel dengan rasio 20:9 yang terbilang cukup lebar.
  • Triple Slot
    Samsung A21S menyediakan triple slot pada lokasi penyimpanan memorinya, lho. Kamu bisa memakainya untuk meletakkan dual SIM card beserta kartu memori eksternal sekaligus. Tak hanya itu, keberadaan slot memori itu berguna untuk menyimpan data-data berukuran jumbo.
  • Kamera Cukup Jernih
    Samsung A21S menyematkan 4 lensa kamera supaya bisa menghasilkan gambar yang bagus dan tajam. Jika kamu mengambil gambar saat siang hari, resolusinya cukup tinggi dan kualitasnya terbilang tajam, sedangkan pada malam hari pun tidak terlalu buram dan gelap.
  • Baterai Awet
    Samsung A21S sudah menjadi smartphone pilihan untuk digunakan saat beraktivitas di luar rumah. Bagaimana tidak, baterainya cukup besar dan didukung fast charging 15 W. Jika kamu memutar video selama sejam, baterai hanya berkurang 5% dan pemakaian browsing sejam hanya menghabiskan daya 7-10% saja.

Kelemahan Samsung A21S

Samsung Galaxt A21S juga mempunyai beberapa kelemahan yang sama dengan tipe HP Samsung lainnya. Kendati demikian, nilai-nilai minus tersebut tidak terlalu mencolok dan enggan menghambat aktivitasmu dengan HP ini. Simak kelemahan-kelemahan Samsung Galaxy A21S sebagai berikut:

  • Kamera Tidak Didukung Stabilizer
    Apabila kamu sedang mencari HP dengan fitur kamera terbaik, carilah smartphone dengan fitur EIS dan OIS. Samsung A21S tidak dilengkapi stabilizer, sedangkan kameranya tampak sangat shaku ketika kamu sedang mengambil foto. Jangan heran hasil foto kamu kurang memuaskan.
  • Tidak Ada Corning Gorilla Glass
    Walaupun ukuran layarnya cukup lebar, kamu harus memakainya secara perlahan agar tidak dapat menimbulkan lecet bahkan terbentur. Layar HP ini tidak didukung corning gorilla glass dan tentu saja rentan menimbulkan retak apabila terjatuh, sehingga dapat merusak performa saat digunakan.
  • Memori Internal Rendah
    Samsung A21S mempunyai memori internal cukup kecil dibandingkan smartphone lain. Tak bisa dimungkiri bahwa kamu mungkin akan mengalami masalah seperti lag, apalagi kalau mengunduh berbagai macam aplikasi atau game online yang kapasitas penyimpanannya besar.
  • Tidak Ada NFC
    Samsung A21S juga punya salah satu kelemahan yang menonjol, yakni tidak dilengkapi fitur NFC. Apabila tidak memakai layanan ini, maka bisa mengalami kesulitan untuk transfer data antar dua ponsel dan harus tetap mengandalkan bluetooth sebagai sarana pengirimannya.
  • Performa Chipset Kurang Unggul
    Samsung A21S masih mengandalkan chipset Exynos 850 yang menghadirkan 8 inti dari 8 buah ARM Cortex A55 dengan clock speed sebesar 2.0 GHz. Sayangnya, chipset ini masih kalah saing dengan beberapa smartphone lainnya yang menyematkan chipset lebih gahar dan unggul.
Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M10S

Cara Screenshot Samsung A21S

Barangkali kamu sedang membutuhkan panduan cara screenshot Samsung A21S, sebaiknya ikuti dan simak pembahasan artikel kami ini. Kamu akan tahu segalanya yang harus dilakukan supaya bisa menangkap layar seperti HP Samsung lainnya, contohnya Galaxy A12.

Secara umum setiap penggunanya hanya perlu pakai tombol fisik maupun metode lain untuk screenshot bagian atau laman tertentu. Oleh karena itu, kamu akan tahu jawabannya dengan mempraktikan langsung tutorialnya melalui artikel ini.

Cara Screenshot Samsung A21S dengan Assistant Menu

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu.
  • Pilih menu Aksesibilitas.
  • Klik Interaksi dan Kecekatan.
  • Kemudian, aktifkan Assistant Menu.
  • Apabila muncul menu transparan berbentuk bulat, cari bagian atau laman yang akan di-screenshot.
  • Tekan Assistant Menu tadi, klik Screenshot/Gambar Layar.
  • Jika layar berkedip dan muncul suara shutter, proses screenshot sudah berhasil.
  • Terakhir, buka Gallery untuk melihat hasil tangkapan layar tadi.

Cara Screenshot Samsung A21S dengan Palm Swipe to Capture

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting terlebih dulu.
  • Pilih menu Fitur Lanjutan.
  • Klik Gerakan dan Gestur.
  • Kemudian, aktifkan Usap Telapak Tangan untuk Mengambil (Palm Swipe) dengan geser ke arah kanan.
  • Cari bagian atau laman yang akan di-screenshot.
  • Jika layar berkedip dan muncul suara shutter, proses screenshot sudah berhasil.
  • Terakhir, buka Gallery untuk melihat hasil tangkapan layar tadi.

Cara Screenshot Samsung A21S dengan Tombol Fisik

  • Pertama, cari bagian atau laman yang akan di-screenshot.
  • Jika sudah ditemukan, tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan.
  • Jika layar berkedip dan muncul suara shutter, proses screenshot sudah berhasil.
  • Terakhir, buka Gallery untuk melihat hasil tangkapan layar tadi.

Demikian informasi tentang cara screenshot Samsung A21S yang wajib dicoba. Semoga bermanfaat!

Terkait:  Cara Agar HP Samsung Tidak Lemot
Rate this post

Related posts