Instagram

Cara Report Akun IG

Bagi pengguna Instagram, cara report akun IG adalah salah satu hal yang perlu diketahui. Report pada akun IG yang terindikasi melakukan perundungan atau cyber bullying bisa jadi sesuatu yang harus kamu lakukan.

Cara Report Akun IG

Tidak dipungkiri bahwa perundungan di media sosial Instagram atau cyber bullying masih marak hingga sekarang. Tidak hanya akun orang-orang populer, akun milikmu atau akun lainnya yang tidak populer bisa juga terkena cyber bullying. Perundungan di media sosial ini bisa dialami oleh siapa saja.

Pelaku cyber bullying ini bisa jadi orang dewasa, remaja, atau anak-anak yang memiliki akun media sosial termasuk Instagram. Mereka berlindung di balik layar dan mengetikkan komentar-komentar yang kurang pantas atau bernada intimidasi kepada sesama pengguna Instagram lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, Instagram menyediakan berbagai fitur untuk mencegah dan menangani cyber bullying di media sosial. Fitur-fitur tersebut di antaranya adalah Report, Block, Auto-hide Comments, hingga report akun Instagramnya.

Lantas, bagaimana cara report akun, komentar, postingan, hingga DM di Instagram? Yuk, simak lebih lanjut ulasan di bawah ini.

Cara Report Akun IG

Apabila ada komentar pengguna Instagram yang ditujukan kepadamu atau akun lainnya yang sudah keterlaluan dan membuatmu merasa tidak nyaman karena, sebaiknya langsung report atau laporkan akun tersebut. Cara report akun Instagram sendiri pun sangat mudah dan simple. Untuk mereport akun Instagram yang menurut kamu sangat mengganggu, cukup ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, klik menu titik tiga pada pojok kanan atas akun yang ingin kamu report.
  • Lalu, klik menu Report atau Laporkan.
  • Langkah berikutnya kamu ikuti petunjuk yang muncul di layar.

Cara Report Akun IG Palsu

Selain cara pertama ada juga beberapa cara lainnya untuk report pengguna Instagram yang dianggap cukup meresahkan, salah satunya adalah akun IG palsu atau spam.

Membuat akun di Instagram sangatlah mudah tapi justru ada beberapa oknum yang menyalahgunakannya. Mereka sengaja membuat akun Instagram palsu untuk spamming atau lainnya.

Kamu tentu sering melihat komentar iklan untuk peninggi, pembesar, pemutih, dan lainnya berseliweran di postingan akun IG. Nah, akun Instagram palsu atau spam ini bisa kamu report dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama, buka Instagram dan login seperti biasa.
  • Cari akun Instagram yang menurut kamu palsu atau spam dan ingin di-report.
  • Pada halaman akun Instagram tersebut, kamu klik ikon titik tiga.
  • Lalu, pilih opsi Laporkan/ Report.
  • Selanjutnya, pilih alasan mengapa ingin report akun tersebut.
  • Apabila kamu memilih opsi Laporkan Akun/ Report this Account, maka langsung di-klik saja.
  • Lalu, ikuti saja instruksi yang selanjutnya muncul pada layar.
  • Setelah itu, tunggu hingga laporan tersebut diterima dan diproses oleh Instagram.

Apabila aksi report akun palsu yang kamu laporkan disetujui oleh Instagram, nantinya akun tersebut bisa dinonaktifkan atau di banned Instagram untuk sementara atau bahkan selamanya.

Cara Report Akun Instagram dan Komentarnya

Selain itu, kamu juga bisa melaporkan komentar buruk atau tidak pantas di akun milikmu atau postingan orang lain. Caranya pun sangat mudah, yaitu:

  • Ketuk dan tahan komentar yang ingin kamu report.
  • Selanjutnya, klik ikon tanda seru yang ada di pojok kanan atas.
  • Lalu, kamu bisa pilih menu ‘Laporkan komentar ini’ atau ‘Block’ akun Instagram tersebut.
  • Kemudian, pilih alasan mengapa komentar tersebut di-report karena melanggar apa.

Adanya fitur seperti Report, Block, dan lainnya di Instagram setidaknya membuat kita sebagai pengguna di sana merasa lebih nyaman. Kamu juga tidak perlu khawatir ketika melaporkan akun atau komentar buruk dan tidak pantas di Instagram. Sebab, laporan tersebut nanti akan bersifat anonim.

Cara Report Akun IG Lewat Postingan

Selanjutnya adalah cara report akun Instagram melalui postingan foto atau video. Misalkan saja kamu melihat postingan seseorang yang mengandung SARA, cyber bullying, penipuan, atau sesuatu yang menurutmu tidak pantas, maka lakukan saja report.

Kamu bisa report postingan orang tersebut sekaligus dengan akunnya. Jika pihak Instagram menilai postingan tersebut memang melanggar policy mereka, maka postingannya akan dihapus. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pada postingan yang ingin kamu report, klik ikon titik tiga pada bagian kanan atas.
  • Pilih menu Report, lalu pilih alasan mengapa ingin melaporkan postingan tersebut.
  • Ikuti instruksi selanjutnya yang diarahkan oleh Instagram.
  • Nantinya, postingan yang kamu report akan diproses oleh pihak Instagram jika terbukti melanggar.
  • Selesai! Mudah, bukan?.

Cara Report Akun IG untuk Direct Message

Selain postingan, Direct message atau biasa disebut DM pun bisa kamu report jika dirasa sangat mengganggu. Pasalnya, ada saja orang iseng yang mengirimkan DM kurang pantas hingga menghina orang. Daripada dibuat badmood dan tidak nyaman dengan kiriman DM oknum-oknum seperti itu, kamu langsung saja report.

Cara report akun Instagram serta DM yang masuk sangatlah mudah. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Masuk akun Instagram seperti biasa.
  • Lalu, akses menu Direct Message dan klik DM mana yang ingin kamu report.
  • Langkah selanjutnya adalah tekan dan tahan DM dari akun tersebut hingga muncul beberapa opsi.
  • Kamu langsung pilih dan klik menu Report.
  • Kemudian, pilih alasan mengapa ingin melakukan report.
  • Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.

Tunggu hingga Instagram memproses DM yang kamu report. Umumnya, DM tersebut akan diblokir apabila pengajuan report disetujui.

Fitur Caption-Warning Instagram

Selain fitur report, Instagram kini menyediakan fitur Caption-Warning yang dapat mencegah pengguna IG menggunakan caption yang memiliki potensi menyinggung pengguna lainnya.

Fitur tersebut memungkinkan kamu untuk mendapat pemberitahuan apabila caption yang ditulis pada postingan foto atau video memiliki resiko menyinggung atau online bullying. Jika demikian, kamu bisa mempertimbangkan tidak mengunggahnya atau mengganti caption sebelum postingannya diunggah.

Selain caption, fitur tersebut juga diperluas lagi pada menu komentar dimana dapat memberitahukan kepada pengguna bahwa komentarnya kurang sopan sebelum diunggah. Bagi pengguna Instagram yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan tidak menyinggung atau memberikan komentar buruk kepada pengguna lain di Instagram bisa mengaktifkan fitur caption warning tersebut.

Fitur yang baru dirilis beberapa bulan lalu ini menggunakan cara kerja kecerdasan buatan atau AI dalam mendeteksi teks yang akan unggah pengguna Instagram tersebut apakah berpotensi menyinggung orang lain atau tidak.

Apabila pengguna menuliskan caption atau komentar yang berpotensi membuat orang tersinggung akan mendapatkan notifikasi pada layar. Notifikasi tersebut akan memberitahukan bahwa caption atau komentar pada postingan foto atau video milikmu mirip seperti yang dilaporkan sebagai aksi bullying. Kamu dapat mengedit kembali teks tersebut sebelum diunggah meskipun telah ditandai Instagram sebagai pesan yang memiliki potensi untuk menyinggung pengguna lainnya.

Fitur mencegah adanya cyber bullying di Instagram ini merupakan alternatif terbaik agar ketika ada oknum-oknum yang tidak bijak dalam bersosial media bisa langsung dilaporkan.

Demikian informasi mengenai bagaimana cara report akun IG. Apakah kamu sudah mencobanya?.

Luluk Nafisah

Suka kopi dan menyendiri

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago