iOS

Cara Merekam Layar iPhone

Ngomongin soal cara merekam layar iphone, mungkin hal ini menjadi salah satu cara yang memang banyak di cari oleh pengguna iPhone pada saat ini. Terlebih lagi, jika mereka ingin membagikan screen record ataupun merekam layar ponsel iphone mereka ketika ada sesuatu yang memang ingin dibuat.

Hal ini tentu menjadi salah satu cara yang kerap digunakan pengguna iphone ketika mereka hendak membuat tutorial ataupun membagikan tangkapan layar dalam bentuk video, untuk dibagikan ulang ke sosial media, ataupun yang lainnya.

Sebagaimana kita tau, system dari iphone sendiri memang berbeda dengan yang ada di Android. Di mana untuk segi keamanan, para pengguna iPhone tidak bisa sembarangan menginstall aplikasi dari pihak luar seperti iPhone.

Belum lagi dengan saat ini kita bisa menemukan versi teraru dari iphone yang hampir tiap tahun mengeluarkan tipe terbaru dari versi ponsel pintar mereka, yang membuat pengguna iphone versi lama tidak mendapatkan fitur untuk screen record di dalam ponsel mereka.

Cara Merekam Layar iPhone

Cara Merekam Layar iPhone

Untuk itu jika mungkin kamu penasaran dengan cara merekam layar iphone, berikut ini kami akan bagikan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk merekam layar ponsel terutama di iphone kalian yang mungkin ingin merekam gameplay ketika bermain game, atau bahkan membuat tutorial yang berkaitan dengan iphone. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Cara Merekam Layar iPhone lewat Pusat Kontrol

Cara Pertama yang bisa kamu lakukan adalan dengan masuk ke pusat kontrol atau pengaturan dari iphone kalian. Perlu di catat, untuk cara ini sendiri hanya berlaku untuk iPhone dengan series di atas 5. Semisal ada iPhone 6, iPhone 6S dan seterusnya. Untuk versi iPhone yang masih berada di series 5 atau di bawahnya, mungkin kamu tidak akan menemukan fitur ini.

Untuk mengaktifkan fitur screen recording di iPhone melalui pusat kontrol, langkah yang harus kamu lakukan adalah

  1. Masuk ke settings atau pengaturan dari pusat kontrol
  2. Kemudian masuk ke menu Pusat Kontrol dan cari Perekam Layar atau Screen Recording
  3. Untuk mempermudah kamu dalam melakukan perekaman, kamu bisa menambahkan shortcut atau pintasan dari screen record di pusat kontrol ini ke layar utama iPhone dengan mengklik tombol (+).

Setelah berhasil menemukan atau mengaktifkan screen recording dari pusat kontrol, maka selanjutnya kamu tinggal mengklik pada lingkaran yang ada di layar iPhone (3d touch) dan kemudian klik pada Control Center lalu pilih Icon bulat berwarna merah untuk melakukan recording.

Dan secara otomatis, kamu akan bisa langsung merekam layar yang kamu inginkan.

Cara Merekam Layar iPhone dengan Suara lewat Pusat Kontrol

Untuk mengaktifkan screen recording di iPhone sembari merekam suara dari internal aplikasi atau internal iPhone kalian, kamu cukup mengklik pada bagian icon microphone untuk kemudian memberikan perizinan pada screen recording agar bisa merekam suara yang ada di smartphone kalian. Gimana, gampang banget kan?

Cara Merekam Layar iPhone lewat RecordIt!

Kemudian untuk cara yang kedua, jika mungkin kamu kesulitan atau kurang puas dengan fitur screen recorder bawaan dari iPhone, kamu juga bisa kok merekam layar iphone kalian dengan menggunakan aplikasi tambahan yang memang legal dan bisa kamu dapatkan dari app store.

Nama aplikasi ini adalah RecordIt!, Aplikasi satu ini sangat berguna untuk kamu para pengguna iPhone ataupun iPad dalam melakukan perekaman layar ketika bermain game, ataupun sekedar merekam layar. Karena memang aplikasi ini bisa merekam layar sekaligus audio pada perangkat apple. Caranya

  1. Silakan buka app store kalian
  2. Setelah itu cari aplikasi bernama RecordIt! dan klik pada tombol Get untuk memulai proses pengunduhan
  3. Setelah proses pengunduhan selesai, kamu bisa langsung mengklik pada tombol open untuk membuka aplikasinya
  4. Kemudian, akan muncul tampilan awal dari aplikasi RecordIt!, dan pada tahapan ini kamu bisa melakukan pengaturan untuk mengaktifkan audio dari internal source atau tidak.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa merekam layar iPhone kalian dengan mudah, ataupun sekedar melakukan perekaman pada gameplay ketika bermain game kesukaan kalian. Gampang banget kan?

Cara Merekam Layar iPhone lewat Screen Recorder

Kemudian untuk yang selanjutnya, kamu juga bisa kok menggunakan aplikasi lain selain daripada RecordIt!. Nama aplikasinya adalah Screen Recorder. Yaps, ini benar kok, nama aplikasinya memang sama seperti yang kalian baca.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang mudah untuk dimengerti oleh pengguna iPhone awam sekalipun yang mungkin belum pernah menginstall aplikasi Screen Recorder. Dan dari segi fitur, aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap baik dari perekaman layar, dan juga perekaman layar dengan suara.

Caranya

  1. Kamu bisa mendownload aplikasi Screen Recorder dari App Store yang ada di iPhone kalian
  2. Setelah itu kamu tinggal menunggu sampai proses installasinya selesai
  3. Jika sudah, kamu bisa langsung membuka aplikasi Screen Recorder yang kamu install tadi, dan silakan lakukan pengaturan baik dari segi audio yang akan di rekam, FPS, Bitrate, dan lain sebagainya
  4. Setelah itu, kamu bisa membuka aplikasi mana yang ingin kamu rekam layarnya dengan menekan tombol record.

Barulah kamu bisa memulai proses perekaman layar dan menghentikannya ketika di rasa sudah cukup untuk merekam layar.

Cara Merekam Layar iPhone dengan Elgato

Kemudian untuk cara yang terakhir, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi dan juga tools yang bernama Elgato. Buat yang belum tau, aplikasi ini sebenarnya sering dipakai para gamers yang menggunakan iPhone untuk melakukan live streaming ataupun rekaman bermain game yang akan di upload ke Youtube.

Namun, kalau mungkin kamu juga ingin merekam layar dengan kualitas yang baik, kamu bisa menggunakan cara ini.

  1. Siapkan aplikasi Elgato yang sudah terinstall dikomputer ataupun laptop windows dan mac kalian
  2. Setelah itu, kamu bisa memanfaatkan donggle atau tools tambahan dari elgato untuk menghubungkan antara iPhone ke perangkat komputer atau laptop kalian
  3. Jika sudah, silakan buka aplikasi Elgato dan pastikan perangkatmu terdeteksi
  4. Nantinya secara otomatis layar yang ada di iphone kalian akan muncul di komputer atau laptop
  5. Sisanya, kamu tinggal mengklik pada tombol record untuk merekam layar iphone kalian melalui Elgato.

Selain memudahkan kamu untuk melakukan perekaman layar, cara ini juga berguna untuk mengurangi beban dari penyimpanan pernagkat kamu. Karena hasil screen record yang di rekam dengan Elgato ini akan tersimpan di komputer atau laptop saja.

Hal yang Harus di Perhatikan

Perlu diingat, karena iPhone sendiri memang memiliki penyimpanan yang sangat berbanding terbalik dengan Android, maka pastikan kamu memiliki sisa penyimpanan yang cukup. Karena biasanya, proses perekaman yang dilakukan akan memiliki ukuran yang cukup besar, tergantung dari berapa lama proses perekaman di lakukan.

Pastikan juga kamu memilih aplikasi screen recording yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika mungkin kamu menggunakan screen record untuk bermain game, pastikan dulu kamu tidak merekam layar iPhone dalam kondisi di charge, karena hal ini akan membuat iphone kalian menjadi cepat panas.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara merekam layar iphone yang bisa kamu coba. Silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Faiz Caster

Hidup bukanlah masalah yang harus dipecahkan, tetapi kenyataan yang harus dialami. Owner of Jadi Tau

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

1 week ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

1 week ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

1 week ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago