Menghapus

Cara Menghapus Akun OVO (2 Metode) Aman dan Mudah

PindahLubang.com | Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk menutup akun OVO secara permanen, salah satunya beralih menggunakan e-wallet lain. Jika kamu ingin melakukannya, alangkah baiknya mengetahui cara menghapus akun OVO dengan benar dan mudah.

OVO sudah menjadi aplikasi dompet digital yang memberikan kemudahan dan kenyamanan saat bertransaksi online. Kamu bisa membuat akun OVO dengan cepat, sedangkan limit transaksinya cukup tinggi kalau sudah diperbarui ke OVO Premier.

Walaupun memberikan manfaat yang menguntungkan, tapi banyak orang memutuskan beralih ke aplikasi dompet digital lainnya. Kamu mungkin merasa e-wallet sebelah lebih bagus dan biaya admin terjangkau menjadi alasan utama ingin menutup akun OVO pada ponselmu.

Jangan sampai kamu tidak mengikuti cara hapus akun OVO dengan benar. Penggunanya harus tahu dampak apa saja yang akan dirasakan, serta hal-hal yang wajib dilakukan sebelum akun OVO dihapus sehingga tidak dapat merugikan diri sendiri nanti.

Dampak Menghapus Akun OVO

Jika kamu bersikeras ingin menghapus akun OVO, ketahui dampak apa saja yang bakal kamu alami nanti. Simak hal-hal tersebut sebagai berikut:

  • OVO Point akan langsung hangus jika masih menyimpan OVO Point pada akun yang sedang digunakan.
  • Jika OVO Cash yang kamu miliki lebih dari Rp.12.500, semuanya akan langsung dikirim ke rekening bank atas nama pengguna yang sama. Kamu wajib melampirkan dokumen tambahan seperti foto KTP serta selfie sambil memegang KTP.
  • OVO Cash akan hangus jika jumlahnya kurang dari Rp.10.000.
  • Semua sambungan ke aplikasi OVO akan terputus secara otomatis.

Hal-hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menghapus Akun OVO

Kamu tidak bisa langsung menutup akun OVO begitu saja, lho. Penggunanya harus memperhatikan dan mengetahui hal-hal sebelum proses penutupan akunnya. Berikut poin-poin penting tersebut, di antaranya:

  • Tarik Saldo
    Jumlah OVO Cash yang tersedia biasanya akan langsung dikirim ke rekening bank atas nama penggunanya sendiri, namun jumlah minimumnya sebesar Rp.12.500. Selain itu, kamu harus melampirkan identitas diri seperti KTP sehingga proses transaksi dapat dilakukan lebih mudah.
  • OVO Point
    Jangan sampai kamu menutup akun selama masih menggunakan OVO Point. Pasalnya, jika akun OVO sudah dihapus secara permanen, OVO Point akan langsung hangus juga. Kamu bahkan tidak bisa mengalihkan apalagi mengubahnya ke dalam bentuk mata uang rupiah.

Mengapa Gagal Menghapus Akun OVO?

Beberapa orang mungkin saja gagal mencoba cara menghapus akun OVO mereka, sedangkan kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh alasan tertentu. Kenapa bisa gagal? Simak alasannya sebagai berikut:

  • Akun OVO Masih Menyimpan Dana
    Pihak OVO biasanya akan menolak permohonan penutupan akun pengguna yang ternyata masih menyimpan dana (saldo) di dalamnya. Jangan mengirim email pengajuannya sebelum dananya benar-benar habis alias Rp.0. Jika perlu, cairkan semua dananya agar akun OVO dapat dihapus.
  • Pengguna Masih Punya Tagihan OVO PayLater
    Fitur PayLater yang masih digunakan juga bisa menghambat permohonan untuk menutup akun OVO, lho. Jika kamu masih menggunakan layanan tersebut, sebaiknya selesaikan semua transaksinya melalui merchant atau mitra resmi OVO sebelum akunnya akan ditutup.

Cara Menghapus Akun OVO

Cara Menghapus Akun OVO

Cara hapus akun OVO bisa dilakukan dengan mudah, di mana kamu bisa menutupnya melalui aplikasi langsung atau email. Jika kamu tidak tahu prosedurnya, ikuti dan simak pembahasan artikel kami selanjutnya.

Kami akan membantumu untuk menutup akun OVO secara permanen, sehingga kamu tidak dapat bertransaksi lagi. Cek terlebih dulu jumlah uang yang tersimpan, pastikan saldonya sudah habis dan tidak menggunakan fitur PayLater. Jadi, pihak OVO akan menyetujui pengajuan penutupan akun kamu.

Langkah 1: Buka Aplikasi OVO

Cara Menghapus Akun OVO

Cara hapus akun OVO pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dulu. Seperti kami sampaikan sebelumnya kalau jumlah OVO Cash dan OVO Point tidak boleh tersisa sama sekali, sehingga akunnya dapat dihapus. Kemudian, pilih menu Profil yang berada di samping kanan bawah.

Langkah 2: Pilih Menu Pusat Bantuan

Cara Menghapus Akun OVO

Pada bagian Profil, maka kamu bisa melihat berbagai macam menu sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Cara hapus akun OVO selanjutnya adalah menekan tombol Pusat Bantuan yang berada di bagian paling bawah.

Langkah 3: Klik Akun dan Pengaturan

Cara Menghapus Akun OVO

Kamu akan langsung diarahkan ke halaman Pusat Bantuan, di mana bagian tersebut berfungsi untuk memudahkanmu dalam mengatasi semua masalah pada akun OVO masing-masing. Langkah selanjutnya adalah memilih menu Akun dan Pengaturan.

Langkah 4: Pilih Menu Tutup Akun

Cara Menghapus Akun OVO

Jika kamu sudah menekan tombol Akun dan Pengaturan, perhatikan beberapa menu pada bagian tersebut seperti Registrasi, Login, Ubah Profil, Security Code, Blokir Akun, Tutup Akun dan Keamanan Akun. Berdasarkan tujuan awal, cara hapus akun OVO adalah dengan menekan tombol Tutup Akun.

Langkah 5: Mulai Tutup Akun

Cara Menghapus Akun OVO

Langkah berikutnya adalah kamu akan melihat berbagai macam pertanyaan berkaitan dengan cara hapus akun OVO pada bagian Tutup Akun. Jika kamu sudah membaca semua pertanyaan tersebut, klik Bagaimana cara menutup akun OVO? dari salah satu pertanyaan yang tersedia.

Langkah 6: Baca Ketentuan dan Syarat

Cara Menghapus Akun OVO

Cara hapus akun OVO secara permanen selanjutnya adalah membaca ketentuan dan syarat pada halaman berikutnya terlebih dulu. Selain itu, perhatikan informasi penting pada bagian bawah di mana semuanya wajib kalian tahu, kemudian klik Mulai Chat.

Langkah 7: Masukkan Data Diri

Cara Menghapus Akun OVO

Pihak OVO akan memintamu melampirkan data diri sesuai dengan akunmu saat ini. Lampirkan nama lengkap, alamat email, nomor HP, topik (optional) serta pesan yang berisi alasanmu ingin menutup akun OVO. Jika semua kolomnya sudah diisi dengan benar, tekan tombol Lanjut.

Langkah 8: Lampirkan Data Pendukung dan Konfirmasi

Cara Menghapus Akun OVO

Cara hapus akun OVO terakhir adalah melampirkan data pendukung seperti foto KTP dan swafoto (selfie) sambil memegang KTP, sedangkan gambarnya harus tampak jelas dan tidak buram atau blur. Untuk mengonfirmasi permintaanmu tersebut, klik Lanjut dan akun OVO akan segera dihapus.

Cara Hapus Akun OVO Lewat Email

Akun OVO tidak hanya dihapus melalui aplikasinya langsung, di mana kamu bisa menutupnya dengan menggunakan akun Google (Gmail). Berikut cara hapus akun OVO melalui Gmail yang benar, di antaranya:

  • Pertama, buka aplikasi Gmail melalui smartphone kamu.
  • Buat email dengan subjek Bagaimana Cara Menghapus Akun OVO Premier Saya, kemudian masukkan email tujuan yakni cs@ovo.id sebagai penerimanya.
  • Lampirkan informasi detail mengenai akun OVO beserta foto KTP kamu.
  • Klik Kirim.
  • Pihak OVO akan mengirim email balasan mengenai tata cara menghapus akun OVO, ikuti semua petunjuknya dengan benar.
  • Jika kamu setuju dengan email notifikasi tersebut, semua riwayat transaksi akan terhapus secara permanen.

Demikian informasi lengkap tentang cara menghapus akun OVO secara permanen yang perlu kamu tahu. Jangan lupa periksa kembali jumlah OVO Cash dan Point sebelum akunnya benar-benar dihapus, semua e-money kamu tidak akan hangus dan dialihkan ke rekening pribadi. Pastikan rekeningmu aktif agar uangnya dapat dikirim sebelum akun OVO dihapus. Semoga membantu!

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

6 days ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

6 days ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

1 week ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago