Membuat

Cara Buat Akun Zoom di HP Android dan iPhone Buat Meeting Online

PindahLubang.com | Sejak pandemi melanda Indonesia dan dunia, semua kegiatan hampir dilakukan secara online. Tak bisa dimungkiri bahwa bekerja sampai belajar juga dilakukan dari rumah dengan bantuan aplikasi, seperti Zoom. Sayangnya, banyak orang tidak tahu cara buat akun Zoom di HP yang benar.

Aplikasi ini sudah menjadi salah satu pilihan banyak pihak untuk menunjang aktivitas selama di rumah. Pasalnya, kamu bisa menggelar rapat virtual dengan atasan maupun rekan kerja. Aplikasinya pun dapat diakses melalui HP atau PC.

Aplikasi Zoom mempunyai tampilan interface yang bagus, sedangkan penggunaannya sangat mudah dan praktis. Jika kamu masih bingung untuk bekerja dan belajar dari rumah, sebaiknya gunakan Zoom sebagai penunjang kegiatan tersebut setiap hari.

Bagi kamu yang tidak punya desktop alias PC, aplikasi ini bisa diakses melalui smartphone dengan cara membuat akun Zoom di HP semua tipe. Kami akan membantumu untuk mempunyai akun Zoom, guna menunjang aktivitas harian dengan rekan kerja lebih cepat dan simpel lewat artikel ini.

Sekilas Tentang Aplikasi Zoom

Zoom Meeting alias Zoom merupakan aplikasi video conference yang bisa diakses dan digunakan melalui HP atau PC. Aplikasi ini membantumu untuk tersambung dengan orang lain dalam menggelar rapat, webinar, serta obrolan secara virtual.

Zoom bahkan sudah mendukung beberapa sistem operasi mulai dari Linux, Windows, MacOS, Android, Web App sampai eksistensi untuk Firefox dan Google Chrome lho. Aplikasi ini dikembangkan oleh Zoom Video Communications Inc, yakni badan usaha asal San Jose, California, Amerika Serikat pada tahun 2011 dan dirilis tahun 2013.

Fitur-fitur Aplikasi Zoom

Zoom Meeting mempunyai berbagai macam fitur canggih dan keren dalam menunjang semua pekerjaanmu setiap hari lho. Apa saja itu? Daripada penasaran, simak poin-poin pentingnya sebagai berikut:

  • Recording
    Fitur ini membantumu untuk merekam semua aktivitas Zoom Meeting sekaligus menyimpannya supaya bisa ditonton lagi nanti. File rekamannya akan langsung tersimpan ke komputer secara otomatis. Namun, kamu dapat simpan ke cloud dengan upgrade akunnya ke Premium.
  • Chat dan Reactions
    Zoom Meeting menyediakan fitur chat dan reactions supaya kamu bisa berdiskusi saat melakukan rapat virtual. Tak hanya itu, semua obrolannya pun tersimpan dalam sebuah history dan dapat dilihat lagi. Reaction juga bisa dipakai untuk memberi tanggapan terhadap rekan lain saat meeting lho.
  • Audio dan Video HD
    Zoom Meeting sangat mendukung fitur audio dan video sebagai aplikasi video telekonferensi masa kini. Aplikasinya memiliki kualitas HD (high definition), tapi mayoritas penggunanya justru sering menonaktifkannya guna menghemat paket internet saat rapat atau webinar berlangsung.
  • Share Screen
    Fitur ini berfungsi untuk membagikan layar kepada pengguna mana pun pada aplikasi Zoom Meeting. Share screen biasanya dipakai untuk menampilkan slide Power Point atau PPT bagi kamu atau siapa saja yang ingin presentasi. Jadi, orang lain bisa melihatnya dengan jelas.
  • Schedule
    Fitur schedule digunakan untuk mengelola jadwal sebuah rapat atau webinar online. Kamu bisa tahu kapan acaranya akan digelar melalui aplikasi Zoom Meeting. Kamu pun dapat menggunakan akun Yahoo, Outlook atau Google untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Cara Buat Akun Zoom di HP

Cara Buat Akun Zoom di HP

Cara membuat akun Zoom di HP bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kamu hanya perlu menggunakan alamat email dan nomor ponsel aktif untuk memverifikasi akunnya nanti. Pihak Zoom biasanya akan mengirim email konfirmasi bahwa kamu akan menjadi pengguna baru aplikasinya.

Bagi kamu yang tertarik menggunakan aplikasi tersebut, maka bisa mengikuti dan menyimak pembahasan artikel kami selanjutnya. Kami akan membantumu untuk membuat akun Zoom dan langsung menggelar rapat atau website online.

Langkah 1: Download Aplikasi Zoom

Cara Buat Akun Zoom di HP

Cara buat akun Zoom di HP adalah mengunduh aplikasinya terlebih dulu. Kamu bisa download melalui Google Play Store atau App Store secara gratis. Jika sudah diunduh, tekan tombol Open atau Buka untuk akses aplikasinya.

Langkah 2: Pilih Menu Sign Up

Cara Buat Akun Zoom di HP

Jika aplikasinya sudah diunduh dan dibuka, kamu akan diarahkan ke halaman depan terlebih dulu. Bagi kamu yang baru pertama kali bergabung, maka bisa menekan tombol Sign Up atau Daftar.

Langkah 3: Masukkan Tanggal Lahir

Cara Buat Akun Zoom di HP

Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya, di mana terdapat bagian yang memintamu untuk mengisi tanggal dan tahun lahir dengan benar untuk verifikasi. Jika sudah diisi, tekan tombol Set.

Langkah 4: Lengkapi Data Diri

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Langkah selanjutnya adalah masukkan data dirimu dengan benar dan jelas. Secara umum kamu hanya perlu melampirkan nama lengkap dan alamat email yang aktif. Selain itu, centang kolom I agree to the Terms of Service untuk menyetujui kebijakannya. Jika sudah disetujui, tekan tombol Next.

Langkah 5: Dapatkan Email Verifikasi

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Pada halaman selanjutnya, tunggu beberapa saat sampai muncul pemberitahuan bahwa pihak Zoom Meeting sudah mengirimkan email verifikasi ke surel (surat elektronik) terkait. Jadi, segera email masuk tersebut.

Langkah 6: Tekan Activate Account

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Cara buat akun Zoom di HP berikutnya adalah membuka email masuk melalui surel yang sudah didaftarkan sebelumnya. Email tersebut biasanya terletak di bagian paling atas, kemudian ketuk sekali saja dan tekan tombol Aktivasi Akun atau Activate Account.

Langkah 7: Klik Next

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Kamu bakal diarahkan ke halaman selanjutnya, di mana terdapat beberapa informasi yang bisa dibaca dan dipahami terlebih dulu. Kemudian, tekan tombol Next atau Berikutnya.

Langkah 8: Tekan Skip This Step

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Jika kamu melihat informasi tentang keterangan untuk mengundang beberapa orang ke aplikasi Zoom Meeting, kosongkan saja ketiga kolom tersebut. Centang kolom Iā€™m not a robot (Saya bukan robot) untuk memverifikasi bahwa kamu adalah manusia sungguhan, lalu klik Skip this step.

Langkah 9: Klik Go to My Account

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Cara buat akun Zoom di HP selanjutnya adalah tunggu beberapa saat sampai kamu mendapatkan link atau tautan meeting pribadimu. Jika sudah didapatkan, tekan tombol Go to My Account untuk masuk ke akun Zoom Meeting kamu.

Langkah 10: Pilih Menu Sign In

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Bagi kamu yang sudah memverifikasi alamat email pada akun Zoom Meeting, maka sekarang bisa masuk lagi ke aplikasinya. Kamu harus menekan tombol Sign In untuk login dengan menggunakan alamat email terverifikasi.

Langkah 11: Login dengan Email dan Password

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Kamu bisa masuk dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang sudah dikonfirmasi sebelumnya. Masukkan ke dalam kolom tersedia, kemudian tekan tombol Sign In.

Langkah 12: Akun Zoom Sudah Bisa Digunakan

Cara Membuat Akun Zoom di HP

Jika semua cara buat akun Zoom di HP sebelumnya sudah dilakukan, langkah terakhir adalah segera memulai rapat atau webinar online. Kamu pun dapat menambah kontak rekan kerja atau atasan dengan menekan tombol Add Contact atau Tambah Kontak.

Bagi kamu yang masih berpikir cara buat akun Zoom di HP sangat susah, sebaiknya ikuti tutorial kami di atas untuk mendaftarkan dirimu sendiri sebagai pengguna baru. Jika sudah bergabung, nikmati fitur dan layanannya guna menggelar rapat online lebih mudah setiap hari. Selamat mencoba!

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com ā€“ Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago