Cara Cek

Cara Cek Kuota IndiHome (Aplikasi, Website, dan SMS) Update

Pindahlubang.com | Bagaimana cara cek kuota IndiHome dengan benar dan mudah? Siapapun yang sering menggunakan WiFi di rumah mungkin tidak asing mendengar namanya. IndiHome merupakan salah satu produk telekomunikasi besutan Telkom yang menawarkan paket berlangganan untuk akses internet, lho.

Tak bisa dimungkiri kecepatannya sangat tinggi, sehingga kamu dapat download atau upload apapun lebih cepat. Jumlah pengguna IndiHome bahkan semakin banyak karena kualitas layanan yang diberikan sangat memuaskan.

Walaupun paket berlangganannya sangat bagus, sayangnya masih banyak pelanggannya tidak tahu cara cek kuota IndiHome yang benar. Seperti kamu tahu bahwa informasi penggunaan internetnya harus diperiksa secara berkala.

Tujuannya supaya kamu bisa memastikan apakah jumlahnya sudah melampaui batas maksimum penggunaan (FUP). Pasalnya, IndiHome sendiri menetapkan FUP yang wajib dipatuhi pelanggannya. Jika melampaui batas, tidak menutup kemungkinan kecepatan akses internet akan menurun.

Jenis-jenis FUP IndiHome

IndiHome menetapkan FUP berbeda antar paket berlangganan yang tersedia. Maka dari itu, kamu harus mengetahui batas maksimum penggunaan internet sebelum menjadi pelanggan IndiHome. Cek informasi FUP IndiHome secara lengkap melalui tabel di bawah ini:

Jenis Paket FUP 1 FUP 2
20 Mbps 500 GB (15 Mbps) 800 GB (8 Mbps)
30 Mbps 700 GB (22.5 Mbps) 1.200 GB (12 Mbps)
40 Mbps 900 GB (30 Mbps) 1.600 GB (16 Mbps)
50 Mbps 1.200 GB (37.5 Mbps) 2.000 GB (20 Mbps)
100 Mbps 2.000 (50 Mbps)

Penyebab FUP Cepat Habis

Kamu mungkin tidak pernah menyadari bahwa kecepatan internet yang digunakan semakin menurun setiap hari. Kalau FUP cepat habis, apalagi jarang digunakan maka bisa dipastikan kondisi tersebut disebabkan oleh hal-hal di bawah ini:

  • Penggunaan Paket Rendah
    Tak bisa dimungkiri bahwa salah satu penyebab FUP cepat habis adalah kamu menggunakan paket berlangganan dengan kuota rendah. Contohnya, kamu tidak pernah lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan internet, tapi berlangganan FUP pada badwitch 20 Mbps.Jangan heran kalau kecepatan jaringannya akan terasa lemot. Tak hanya itu, aktivitas yang membuat kamu mengakses dunia maya terus menerus bisa mengakibatkan FUP menurun secara drastis.
  • Diakses Banyak Orang
    Siapa sangka kalau kecepatan internet yang menurun dengan cepat disebabkan oleh jaringannya diakses banyak orang. Seperti kamu tahu kalau internet yang dinikmati semua orang akan menyebabkan tingkat kecepatannya berkurang, lho.Kamu bisa mengatasinya dengan tidak membagikan kata sandi akun IndiHome di rumah. Pasalnya, pemakaiannya hanya boleh digunakan oleh seluruh anggota keluarga, agar tidak dapat diakses siapapun.
  • Akses Internet Dibobol
    Penyebab berikutnya mengapa FUP IndiHome kamu cepat habis adalah akses internetnya dibobol oleh orang lain. Kini, beberapa orang hampir sering melakukan hal tersebut agar mereka dapat mengakses internet ilegal secara gratis.Cara ini tidak pernah dianjurkan karena merugikan orang lain. Tak hanya itu, bagi kamu yang baru saja mengaktifkan paket berlangganan IndiHome bulanan, biasanya kapasitasnya akan berkurang dalam waktu singkat.
  • Download Terus Menerus
    FUP IndiHome cepat habis ternyata tidak hanya disebabkan oleh hal-hal di atas, namun juga kebiasaanmu mengunduh berbagai macam file, apalagi berukuran cukup besar. Jika file yang diunduh berkuran jumbo, FUP yang dibutuhkan akan semakin besar juga.Kamu bisa download beberapa file besar sesekali saja. Akan tetapi, jika dilakukan terus menerus, alangkah baiknya pikir lagi untuk menjaga kecepatan jaringan tetap stabil dan menekan biaya berlangganannya.

Cara Cek Kuota IndiHome

Cara Cek Kuota IndiHome

Barangkali kamu masih belum tahu cara cek kuota IndiHome terbaru, maka kami bisa memberitahu panduan lengkapnya melalui artikel ini. Kami akan membantumu maupun pelanggan IndiHome lain untuk mengetahui batas penggunaan sekaligus kapasitas data yang tersedia.

Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi MyIndiHome melalui smartphone, baik Android atau iPhone. Aplikasinya bisa diakses dengan menggunakan nomor ponsel yang sudah terdaftar pada layanan IndiHome di rumahmu sekarang.

Langkah 1: Download Aplikasi MyIndiHome

Langkah yang pertama adalah mengunduh aplikasi MyIndiHome terlebih dulu. Kamu bisa mendapatkan aplikasinya secara gratis. Caranya dengan menekan tombol Install, pastikan terpasang pada HP kamu.

Langkah 2: Klik Coba Sekarang

Jika aplikasinya sudah diunduh, kamu bisa membukanya dan tekan tombol Lanjut. Kemudian, kamu harus mengetuk opsi Coba Sekarang untuk mengakses layanannya dengan akun yang aktif.

Langkah 3: Pilih Menu Masuk

Langkah selanjutnya adalah kamu akan melihat halaman utama aplikasinya, tapi kamu tidak bisa mengaksesnya karena hasuk login terlebih dulu. Caranya dengan mengetuk opsi berlogo manusia di samping kiri atas, kemudian tekan tombol Masuk.

Langkah 4: Login dengan Nomor HP Aktif

Langkah selanjutnya adalah masuk dengan menggunakan nomor HP aktif. Jika kamu ingin mengaksesnya via email, ketuk opsi Login dengan Email. Jika datanya sudah benar, tekan tombol Masuk.

Langkah 5: Klik OK

Kamu akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pihak IndiHome akan mengirimkan kode keamanan alias OTP ke nomor HP terdaftar. Jika setuju, tekan tombol OK.

Langkah 6: Masukkan Kode OTP

Langkah berikutnya adalah dapatkan kode OTP yang dikirim ke nomor ponselmu via SMS. Jika sudah didapatkan, masukkan kodenya ke kolom tersedia. Berikutnya, ketuk opsi Kirim.

Langkah 7: Tekan Tombol Menu

Pada halaman utama, kamu akan melihat beragam informasi dan penawaran menarik yang disediakan oleh IndiHome. Tahap selanjutnya adalah menekan tombol Menu di samping kiri atas.

Langkah 8: Pilih Menu Status Langganan

Untuk mengetahui informasi kuota IndiHome kamu, tekan tombol Status Langganan untuk melihat semua keterangan terkait penggunaan layanannya.

Langkah 9: Cek Kuota IndiHome

Langkah yang terakhir adalah melihat jumlah penggunaan internet pada bagian Pemakaian Internet Anda. Kamu akan mengetahui besaran data serta kecepatan akses internet yang digunakan.

Cara Cek Kuota IndiHome Lewat Website

Jika kamu belum terdaftar sebagai pengguna aplikasi MyIndiHome, cara cek kuota IndiHome pun dapat dilakukan melalui website. Simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi IndiHome via subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/sisakuota melalui peramban browser dari HP kamu.
  • Jika websitenya sudah diakses, masukkan nomor pelanggan atau nomor internet kamu ke dalam kolom yang tersedia.
  • Masukkan captcha untuk konfirmasi.
  • Klik Submit.
  • Geser ke bawah untuk mengetahui jumlah kuota IndiHome.
  • Jika kuota yang tersisa sebesar 0 GB, berarti kamu sudah melampaui batas FUP berlaku.

Cara Cek Kuota IndiHome Lewat SMS

Bagi kamu yang tidak ingin memeriksa sisa kuota melalui aplikasi dan web, maka bisa mencoba cara cek kuota IndiHome melalui SMS di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pesan atau Message dari HP kamu.
  • Pilih menu Buat Pesan Baru.
  • Tulis pesan baru dengan format ISP(spasi)IS(spasi)Kode Area + Nomor Telepon IndiHome.
  • Kirim ke nomor 98108.
  • Jika sudah dikirim, tunggu beberapa saat sampai muncul SMS balasan berisi sisa kuota yang tersisa.

Demikian tutorial tentang cara cek kuota IndiHome lewat aplikasi, website dan SMS yang bisa dilakukan dengan mudah. Jika FUP cepat habis, pastikan kamu tahu semua penyebabnya seperti informasi di atas agar internetnya dapat digunakan lebih bijak. Semoga membantu!

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago