Mengatasi

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan (7 Langkah) Mudah

PindahLubang.com | Cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan bisa dilakukan dengan mudah. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah tersebut, kami akan membantumu untuk menyelesaikannya. Solusinya hanya bisa diketahui dan ditemukan melalui pembahasan artikel ini.

Telegram sudah menjadi salah satu media sosial yang belakangan ini familiar dan digunakan banyak orang, lho. Kamu bisa berkirim pesan, melakukan panggilan suara atau video, hingga menonton drama seri dan film kesayangan melalui satu aplikasi yang sama.

Telegram memberikan pengalaman seru saat kamu berinteraksi dengan pengguna lainnya. Sayangnya, banyak orang sering mengalami masalah sehingga tidak dapat mengirim pesan ke orang lain. Cara atasi Telegram tidak bisa kirim pesan bisa dilakukan tanpa aplikasi apapun. Pesan apapun pasti mampu terkirim dalam secara real time.

Penyebab Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Kamu harus tahu bahwa pesan Telegram tidak bisa terkirim biasanya diakibatkan oleh faktor-faktor tertentu, salah satunya adalah nomormu diblokir oleh penerima. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang wajib kamu tahu seperti poin-poin di bawah ini:

  • Jaringan Internet Buruk
    Pesan Telegram yang sulit terkirim mungkin disebabkan oleh jaringan internet sedang bermasalah. Kondisi ini biasanya terjadi karena provider seluler yang kamu gunakan sedang dalam perbaikan. Kamu bisa tunggu beberapa saat hingga sinyalnya normal kembali.
  • Server Telegram Down
    Penyebab selanjutnya yang mengakibatkan pesan Telegram tidak terkirim adalah server aplikasinya sedang down. Kendati demikian, kondisi ini bisa dibilang sangat jarang terjadi di mana Telegram merupakan salah satu media sosial yang tidak pernah mengalami hal tersebut.
  • Under Maintenance
    Tak menutup kemungkinan bahwa pesan Telegram yang sulit terkirim disebabkan oleh aplikasinya sedang dalam perbaikan (under maintenance). Jika situasi ini terjadi, semua pengguna Telegram tidak bisa melakukan apapun dalam aplikasi, termasuk bertukar pesan.
  • Cache Menumpuk
    File sampah yang menumpuk pun dapat menjadi salah satu alasan mengapa pesan Telegram tak kunjung terkirim, lho. Oleh karena itu, kamu harus membersihkannya paling tidak sehari sekali. Tujuannya agar aplikasi berjalan normal dan bisa menjalankan setiap perintahmu.
  • Perangkat Error
    Kamu harus memeriksa perangkat yang sedang digunakan untuk masuk ke akun Telegram. Tak bisa dimungkiri banyak gadget justru menyimpan malware dan virus yang membuatmu susah login, lho. Kamu dapat mengetahuinya dengan akses akunnya melalui perangkat lain.
  • Aplikasi Belum Diperbarui
    Telegram mempunyai developer yang selalu memperbarui dan mengembangkan aplikasinya secara berkala. Jika semua pesanmu sulit bahkan tidak pernah terkirim, kemungkinan besar aplikasinya belum diperbarui. Kamu bisa update melalui Play Store atau App Store dari HP mu.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara atasi Telegram tidak bisa kirim pesan sangat mudah dilakukan. Bahkan, kamu bisa melakukannya lewat aplikasinya langsung. Bagi kamu yang mengalami masalah ini, sebaiknya ikuti dan simak informasi artikel ini sampai akhir.

Kami sudah menyiapkan tutorialnya supaya semua pesan bisa terkirim lagi, sedangkan kamu pun dapat berinteraksi secara normal. Kamu cukup melakukan beberapa langkah sederhana untuk mengembalikan performa layanannya, agar semua pesannya terkirim ke penerimanya masing-masing.

Langkah 1: Buka Aplikasi Telegram

Cara Atasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan yang pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dulu. Kemudian, ketuk opsi Pencarian dengan logo kaca pembesar yang berada di samping kanan atas.

Langkah 2: Cari SpamBot

Cara Atasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Kamu bisa mengetik SpamBot ke dalam kolom pencarian yang tersedia. Jika sudah diketik, muncul beberapa akun serupa. Namun, kamu harus mengetuk kolom akun @spambot dengan tanda centang yang sudah terverifikasi.

Langkah 3: Klik Mulai

Cara Atasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Jika kamu sudah memilih akun tersebut, tunggu beberapa saat sampai diarahkan ke laman obrolan. Langkah selanjutnya adalah menekan tombol Mulai atau Start yang berada di bagian bawah.

Langkah 4: Pilih Menu Tapi, Saya Tidak Bisa Mengirim Pesan

Cara Atasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Akun SpamBot akan mengirim balasan sesudah kamu mengetuk opsi mulai sebelumnya. Jika kamu membaca balasannya seperti “Kabar baik, akun Anda tidak dibatasi”. Kami pastikan bahwa akunmu baik-baik saja. Namun, berhubung pesanmu tak kunjung terkirim maka bisa mengetuk opsi Tapi, saya tidak bisa mengirim pesan untuk orang di luar kontak!.

Langkah 5: Klik Tidak

Cara Atasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara atasi Telegram tidak bisa kirim pesan selanjutnya adalah memperhatikan balasan dari akun tersebut. Kamu akan menerima pesan baru berupa pertanyaan, apakah akun Anda baru saja dibatasi? Jika tidak, maka bisa mengetuk opsi Tidak.

Langkah 6: Tulis Alasan Tidak Bisa Kirim Pesan

Cara Atasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Akun SpamBot akan kembali membalas tanggapanmu yang menanggapinya dengan aneh. Maka dari itu, kamu harus memberikan alasan logis mengapa akunmu tidak bisa mengirim pesan ke orang lain. Contohnya, saya tidak melakukan pelanggaran apapun dan lainnya. Jika sudah diketik, klik Kirim.

Langkah 7: Pesan Terkirim Kembali

Cara Atasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Jika kamu sudah memberikan alasan logis yang dikirim ke akun SpamBot, cara atasi Telegram tidak bisa kirim pesan terakhir adalah menunggu untuk memastikan bahwa akunmu normal lagi. Kamu harus kembali ke menu obrolan, kemudian kirim pesan apapun ke orang lain. Chat tersebut akan terkirim lagi seperti biasa.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan Lewat Setelan Proxy

Bagi kamu yang mengeluhkan sulitnya bertukar pesan di Telegram, kemungkinan besar masalahnya berasal dari setelan proxy yang belum diatur. Cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan melalui pengaturan proxy adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Telegram melalui smartphone kamu.
  • Klik Menu atau tekan tombol garis tiga yang berada di samping kiri atas.
  • Pilih menu Pengaturan atau Setting.
  • Klik Data dan Penyimpanan atau Data and Storage.
  • Geser ke bawah sampai menemukan opsi Pengaturan Proxy atau Proxy Setting.
  • Jika sudah ketemu, ketuk opsi tersebut.
  • Terakhir, nonaktifkan setelannya dan pesan pun akan terkirim seperti biasa.

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan Lewat Buka Kontak Diblokir

Tak menutup kemungkinan pula pesan yang sulit terkirim pun dapat disebabkan oleh beberapa nomor diblokir oleh dirimu sendiri. Maka dari itu, kamu perlu membuka blokirannya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram melalui smartphone kamu.
  • Klik Menu atau tekan tombol garis tiga yang berada di samping kiri atas.
  • Pilih menu Privasi dan Keamanan atau Privacy and Security.
  • Cari dan pilih menu Daftar Blokir atau Block List.
  • Kemudian, temukan salah satu beberapa akun yang akan dibuka blokirannya.
  • Jika akun tersebut diblokir, tekan tombol titik tiga pada username atau nama penggunanya.
  • Pilih menu Lepas Blokir.
  • Terakhir, akun tersebut bisa terhubung untuk menerima panggilan atau pesan lagi seperti biasa.

Demikian panduan lengkap tentang cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan dan beberapa penyebabnya. Jika kamu masih sulit mengirim pesan ke kontak tertentu atau semuanya, periksa salah satu sumber masalahnya. Kamu pun dapat ikuti tutorial kami di atas untuk menangani hal tersebut. Semoga bermanfaat!

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

3 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

3 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago