Daftar

Cara Daftar eForm BRI Lewat HP dan PC, Lengkap dan Mudah!

PindahLubang.com | UMKM (Usaha Kecil Mikro Menengah) adalah badan usaha perorangan dan kelompok yang meraup keuntungan mencapai Rp.2,5 miliar per tahun. Jika kamu ingin menjadi bagian dari UMKM, sebaiknya ketahui cara daftar eForm BRI UMKM dengan benar dan mudah.

BRI sudah menjadi salah satu bank yang mendukung program UMKM sampai saat ini. Bagaimana tidak, jumlah nasabahnya semakin banyak dan mereka tertarik bergabung sebagai mitra UMKM. Kamu pun dapat mengecek keanggotaan untuk memastikan diri sebagai penerima bantuan untuk membuka usaha tersebut.

Jika kamu berminat melakukannya, salah satu persyaratannya adalah mengajukan diri melalui eForm BRI yang disediakan oleh pihak terkait. Oleh karena itu, kamu bisa bergabung dengan cara registrasi eForm BRI terlebih dulu. Daripada penasaran, informasinya akan kami bahas secara lengkap lewat artikel ini.

Pengertian eForm BRI

eForm BRI adalah formulir elektronik yang dikelola oleh Bank BRI untuk para penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) maupun Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi UMKM. Keberadaan eForm membuat semua pelaku UMKM mampu mengakses bantuan yang didapatkan dengan mudah.

Pelaku UMKM mana pun dapat membuat akunnya sendiri, supaya bisa meminimalisir sekaligus mencegah korupsi selama pembagian hak tersebut. Alhasil, kamu berhak memanfaatkan bantuan tersebut untuk membuka usaha skala kecil sampai menengah.

Program ini sebenarnya tidak hanya dicetuskan oleh Bank BRI saja, melainkan bank mana pun di Indonesia. Bank Negara Indonesia (BNI) pun turut andil dalam menggelar program serupa, sehingga masyarakat yang berstatus sebagai penerima BLT dan BPUM dapat memanfaatkan bantuan tersebut.

Tak bisa dimungkiri banyak pemerintah pun menggaet PT.Kantor Pos untuk memudahkan proses penyaluran bantuannya. PT.Kantor Pos hanya ditujukan untuk para pelaku UMKM yang wilayahnya masih sulit dijangkau oleh bank mana pun saat ini.

Ketentuan dan Syarat Penerima Bantuan Sosial BPUM

Era pandemi yang sempat mengguncang Tanah Air pada awal tahun 2020 lalu ternyata berdampak besar terhadap sektor ekonomi negara. Tak ayal pemerintah berusaha keras membangkitkan ekonomi negara, khususnya masyarakat agar dapat bertahan hidup selama waktu tersebut.

Secara umum pihak mana pun yang ingin mengajukan bantuan UMKM diwajibkan belum pernah mengajukan kredit kepada bank atau pihak mana pun. Selain itu, berdasarkan Permenkop UKM nomor 2 tahun 2021 bahwa persyaratan lainnya yang harus dipenuhi antara lain:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • E-KTP asli.
  • Pelaku UMKM harus mempunyai usaha mikro dengan melampirkan bukti surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul, serta dilengkapi dengan lampiran yang diperlukan.
  • Pelaku UMKM belum pernah terdaftar sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), anggota TNI Polri, serta tidak bekerja sebagai pegawai BUMN maupun BUMD.

Cara Daftar eForm BRI

Cara Daftar eForm BRI

Siapa saja berhak mengajukan diri sebagai penerima bantuan sosial BPUM sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku. Jika kamu ingin mendapatkannya, sebaiknya ketahui cara registrasi eForm BRI untuk mengajukan diri sebagai pelaku UMKM.

Kami sudah menyiapkan panduannya agar kamu dapat mendaftarkan diri menjadi pelaku UMKM setelah memenuhi persyaratannya. Pihak BRI biasanya akan langsung memproses permintaanmu jika semua data yang terlampir sudah diterima. Dananya dapat dicairkan dan digunakan sebagaimana mestinya.

Langkah 1: Akses Website eForm BRI

Cara daftar eForm BRI yang pertama adalah mengakses website www.eform.bri.co.id/bpum melalui peramban browser HP atau PC kamu. Jika lamannya sudah terbuka, kamu akan diarahkan ke laman pendaftaran dan tekan tombol garis tiga yang berada di bagian kanan atas.

Langkah 2: Pilih Menu Registrasi

Pada halaman berikutnya, cara daftar eForm BRI yang harus kamu lakukan adalah mengetuk opsi Registrasi untuk melanjutkan proses pendaftaran. Kalau lamannya sudah terbuka, tekan tombol Buka Rekening.

Langkah 3: Isi Formulir

Kamu harus mengisi formulir dengan data diri dan informasi yang dibutuhkan. Jangan sampai salah melampirkan semua data yang dibutuhkan. Kemudian, muncul nomor referensi pada halaman tersebut, sedangkan kamu harus mencatat nomornya juga.

Langkah 4: Dana Bantuan Akan Dikirim

Cara daftar eForm BRI yang terakhir adalah tunggu beberapa saat sampai pengajuanmu diproses oleh pihak BRI. Jika sudah diterima, mereka biasanya akan langsung mengirim dana bantuan sebesar Rp.1,2 juta ke rekening masing-masing.

Cara Daftar eForm BRI Terbaru

Jika kamu sebelumnya pernah mendapatkan bantuan untuk UMKM dan ingin mengajukannya kembali, alangkah baiknya mencoba cara daftar eForm BRI terbaru yang benar sebagai berikut:

  • Kunjungi situs resmi eForm BRI via eform.bri.co.id melalui peramban browser HP atau PC kamu.
  • Pada halaman depan, tekan tombol Pendaftaran.
  • Pilih menu Rekening.
  • Kemudian, tentukan jenis rekening sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuan finansial kamu dalam melakukan setoran awal ke Bank BRI.
  • Baca ketentuan dan syarat yang muncul secara otomatis. Pastikan kamu memahaminya dengan baik dan benar.
  • Centang kolom Saya setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut di atas yang berada di bagian bawah untuk melanjutkan tahap registrasi eForm BRI.
  • Pilih menu Buka Rekening di bagian bawah. Menu ini akan muncul jika kamu sudah mencentang kolom persetujuan syarat dan ketentuan tersebut.
  • Jawab pertanyaan Apakah anda sudah memiliki rekening BRI atau tidak?, berikan jawabanmu dengan benar dan jujur.
  • Jika kamu menjawab Ya, kamu akan diarahkan ke laman selanjutnya untuk mengisi informasi tentang rekening BRI sebelumnya.
  • Kalau jawabannya Tidak, kamu akan dibawa ke laman yang menampilkan formulir untuk diisi berupa data diri dengan benar dan lengkap.
  • Pastikan semua data diri sudah benar dan jelas, lalu klik Kirim di bagian bawah untuk memperoleh nomor referensi yang muncul pada layar.
  • Nomor referensi ini wajib digunakan untuk diproses lebih lanjut oleh petugas di kantor cabang BRI terdekat.
  • Jika nomornya sudah muncul, screenshot atau tangkap layar supaya kamu tidak lupa.
  • Terakhir, datang kantor cabang BRI terdekat untuk memproses dan menyelesaikan tahap registrasi eForm BRI.

Cara Cek Penerima Bantuan UMKM

Kalau kamu sudah mendaftarkan diri sebagai penerima UMKM, maka sekarang bisa mencoba cara cek penerima bantuan UMKM. Untuk memastikan kamu mendapatkannya atau tidak, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Akses website eform.bri.co.id/bump melalui browser terlebih dulu.
  • Login dengan menggunakan nomor e-KTP yang aktif. Pastikan nomor e-KTP kamu sudah terdaftar dan diurus oleh pengusul bantuan UMKM tersebut.
  • Pada halaman selanjutnya, isi kode verifikasi ke kolom yang tersedia.
  • Klik Inquiry.
  • Jika data diri atau namamu tercantum, kamu dapat mengkonfirmasi perihal bantuan UMKM ke kantor cabang BRI terdekat.
  • Kalau tidak terdaftar atau ditolak, maka bisa mengajukan diri kembali dengan cara daftar eForm BRI yang benar.
  • Terakhir, ikuti prosedur berikutnya dengan benar dan tepat.

Demikian panduan tentang cara daftar eForm BRI untuk mendapatkan bantuan UMKM yang wajib kamu tahu. Kalau kamu sedang membuka bisnis atau usaha skala kecil dan menengah, sebaiknya ajukan diri sebagai penerima BUMP dan BLT dengan eForm BRI yang sudah kami bahas di atas. Semoga bermanfaat!

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

3 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

3 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

3 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago