Menonaktifkan

Cara Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram (6 Langkah) Mudah

PindahLubang.com | Instagram adalah salah satu media sosial yang menghadirkan beragam fitur terbaru untuk penggunanya. Fitur Vanish Mode alias mode hilang masih dianggap kurang menarik oleh beberapa penggunanya. Kamu dapat mencoba cara menonaktifkan mode hilang di Instagram untuk menutupnya.

Instagram memang sering melakukan pembaruan secara berkala, termasuk fitur-fitur di dalamnya. Meski begitu, banyak orang menerima bahkan mengabaikan beberapa fitur barunya karena dinilai kurang bagus saat digunakan lho.

Vanish Mode memang tidak se-booming fitur lain di Instagram. Jika kamu kurang suka dengan keberadaannya, maka bisa menghilangkannya dengan cara matikan mode hilang di Instagram untuk tetap berinteraksi seperti biasa. Informasinya akan kami bahas secara detail dan jelas melalui pembahasan artikel ini.

Pengertian Vanish Mode

Vanish Mode alias mode hilang merupakan salah satu fitur terbaru Instagram yang memudahkan sekaligus mengizinkan semua pengguna untuk mengirim DM (Direct Message) sekali ke orang lain. Tak hanya itu, pesannya pun akan menghilang otomatis setelah penerima membacanya.

Pengirim DM tersebut berperan sebagai pengendali sekaligus pengatur utama dari pesan yang dikirim ke orang lain lho. Maka dari itu, kerahasiaan dan privasi kamu akan tetap terjaga dengan terobosan baru dari pihak Instagram.

Cara Daftar Akun Instagram

Kamu bisa bergabung sebagai pengguna Instagram dengan mendaftarkan diri untuk mempunyai akun pribadi terlebih dulu. Simak cara daftar akun Instagram di Android dan iPhone sebagai berikut:

  • Download aplikasi Instagram melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone).
  • Klik Install.
  • Jalankan dan buka aplikasinya.
  • Pilih menu Daftar atau Sign Up.
  • Lakukan proses pendaftaran dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang aktif.
  • Jika ingin registrasi melalui akun Facebook, tekan tombol Daftar dengan Facebook atau Sign Up with Facebook. Fungsinya supaya kamu tidak perlu melampirkan email dan kedua akun bisa tersambung otomatis.
  • Pada halaman berikutnya, masukkan nomor HP aktif ke kolom tersedia.
  • Pihak Instagram akan mengirim kode verifikasi ke nomor ponselmu via SMS.
  • Kemudian, masukkan kode verifikasinya ke kolom di aplikasi IG.
  • Buat nama pengguna yang unik dan menarik. Username dapat dibuat sesuai dengan keinginan pribadi, serta menggunakan tanda baca seperti (_) atau (.).
  • Jika bingung, minta saran ke pihak Instagram untuk membuat nama pengguna yang bagus.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai akun Instagram sudah dapat digunakan.

Cara Update Aplikasi Instagram

Fitur Vanish Mode hanya dapat diaktifkan dan dinonaktifkan jika aplikasi Instagram sudah diperbarui. Jika aplikasi yang kamu gunakan masih versi lawas, cara update aplikasi Instagram adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Google Play Store (Android) atau App Store (iPhone) melalui smartphone kamu.
  • Ketik Instagram ke kolom pencarian yang tersedia.
  • Klik Cari atau Search.
  • Jika sudah ketemu, tekan tombol Perbarui atau Update.
  • Terakhir, aplikasi Instagram sudah diperbarui dan nikmati fitur-fitur baru di dalamnya.

Penyebab Gagal Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram

Tak dapat dimungkiri bahwa banyak orang masih sulit menonaktifkan vanish mode di IG. Kondisi ini tidak serta merta terjadi begitu saja, di mana masalahnya disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

  • Jaringan internet tidak stabil.
  • Server Instagram bermasalah atau sedang dalam perbaikan (under maintenance).
  • Aplikasi Instagram belum diperbarui ke versi terbaru.
  • Instagram sedang dalam masa perawatan.
  • Aplikasi Instagram bermasalah pada perangkat yang digunakan.

Cara Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram

Cara Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram

Kamu pasti belum tahu cara matikan mode hilang di Instagram, kan? Mode ini memang menjadi terobosan baru yang keberadaannya masih kalah dengan fitur-fitur lainnya. Jika kamu bosan bahkan tidak ingin menggunakannya, maka bisa menghilangkannya secara cepat.

Kami sudah merangkum beberapa langkah agar kamu dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan mudah. Selain itu, vanish mode yang sudah dinonaktifkan pun akan membuatmu bisa membaca semua DM, bahkan pesan paling awal sekalipun lho.

Langkah 1: Buka Aplikasi Instagram

Cara menonaktifkan mode hilang di Instagram yang pertama adalah membuka aplikasi IG dari ponselmu. Seperti kami sampaikan sebelumnya bahwa kamu perlu memperbarui aplikasinya, sehingga fiturnya dapat dinonaktifkan. Update melalui Google Play Store atau App Store terlebih dulu.

Langkah 2: Pilih Menu Direct Message

Pada halaman utamanya, cara menonaktifkan mode hilang di Instagram berikutnya adalah memilih menu Pesan Langsung atau Direct Message. Opsi ini terletak di bagian kanan atas, di mana menunya ditandai dengan lambang balon disertai angka berwarna merah sesuai dengan pesan yang belum dibaca.

Langkah 3: Pilih Pesan

Jika kamu sudah masuk ke halaman Direct Message, langkah selanjutnya adalah memilih dan mencari salah satu pesan yang diinginkan. Contohnya, kamu dapat membuka pesan yang isinya paling sedikit agar mode hilang nya dapat dinonaktifkan.

Langkah 4: Klik Rincian

Cara menonaktifkan mode hilang di Instagram selanjutnya adalah memilih menu Rincian atau Detail di bagian kanan atas. Menu ini ditandai dengan lambang (i) untuk menampilkan opsi perintah lain yang berkaitan dengan fitur DM di Instagram.

Langkah 5: Matikan Mode Hilang

Pada halaman selanjutnya, kamu akan melihat berbagai macam menu yang dapat digunakan. Seperti tujuan sebelumnya, kamu ingin menonaktifkan mode hilang alias vanish mode. Caranya dengan menggeser toogle Mode Menghilang ke kiri. Jika warnanya berubah menjadi abu-abu, fiturnya sudah dinonaktifkan.

Langkah 6: Fitur DM Normal Kembali

Cara menonaktifkan mode hilang di Instagram yang terakhir adalah buka kembali salah satu pesan pribadimu. Kamu dapat memastikan bahwa semua pesan masuknya mampu dibaca sejak awal, bahkan tidak akan hilang meski obrolannya sudah berakhir sekalipun.

Cara Mengaktifkan Mode Hilang di Instagram

Kamu bisa mengaktifkan vanish mode kalau belum pernah menggunakannya. Fitur ini memang bertujuan supaya semua pesan bisa terhapus, alias sekali baca saja. Cara mengaktifkan mode hilang di Instagram adalah sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi Instagram sudah diperbarui ke versi terbaru.
  • Jika sudah diperbarui, buka aplikasinya melalui smartphone kamu.
  • Pilih menu Pesan Langsung atau Direct Message yang berada di samping kanan atas.
  • Cari salah satu obrolan atau pesan yang akan diaktifkan mode hilang nya.
  • Usap layar dari bawah ke atas secara perlahan.
  • Layar akan menampilkan tampilan berwarna hitam yang berarti vanish mode sudah diaktifkan.
  • Terakhir, kamu bisa berinteraksi melalui pesan pribadi dengan menggunakan vanish mode seperti biasa.

Tips Menonaktifkan Mode Hilang di Instagram

Kamu pasti akan sedikit terganggu karena mode hilang hanya dapat dimatikan dengan menggunakan opsi rincian dari pesan yang dibuka. Padahal, fitur tersebut justru bisa dinonaktifkan lewat langkah lebih cepat dan praktis lho.

Kami berikan salah satu tips sederhana untuk menonaktifkannya, cara dengan membuka salah satu obrolan yang diinginkan. Kemudian, buka pesan pribadi dengan orang tersebut, lalu usap layar dari bawah ke atas secara perlahan. Kamu pun dapat berinteraksi secara normal kembali.

Demikian informasi tentang cara menonaktifkan mode hilang di Instagram dengan mudah. Kamu harus perbarui aplikasinya untuk menikmati atau menghilangkan fiturnya, baik lewat rincian atau usapan layar otomatis. Semoga bermanfaat!

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

1 week ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

1 week ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

1 week ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago