Cara Download Video Di Facebook Lite

Tuesday, March 10th, 2020 - Download, Facebook
Bagikan Ke:

Bagaimana cara download video di Facebook Lite? seperti kita ketahui, Facebook Lite dapat dijadikan alternatif paling tepat untuk para pengguna yang memiliki kuota terbatas dengan konektivitas yang minim. Jadi Facebook Lite adalah platform yang diciptakan Facebook untuk mempermudah para penggunanya, dengan keunggulan ramah sinyal dan ramah kuota.

Aplikasi Facebook Lite sendiri diklaim dapat berjalan dalam jaringan 2G guna mengakses semua layanan pada Facebook dengan mudah. APlikasi ini hadir dengan versi yang ringan, bahkan kita pun bisa mendownload video langsung dari Facebook menggunakan Facebook Lite.

Kemudahan Download Video Dengan Facebook Lite

Sama halnya dengan aplikasi pada umumnya, Facebook Lite memiliki sistem cache untuk penyimpanan data. Dengan demikian, kita tidak usah mengunduh aplikasi tambahan lagi apabila ingin mendownload file atau video lainnya. Tapi sayangnya, tidak semua orang tahu cara download video di Facebook Lite.

Keunggulan Lain Facebook Lite

Sebelum menjelaskan bagaimana cara mengunduh video di Facebook Lite, tidak ada salahnya jika kita mengetahui beberapa keunggulan Facebook Lite ini terlebih dahulu :

  • Penggunaan Data Lebih Hemat

Dengan memanfaatkan platform Facebook Lite, kita lebih bebas mengeksplor internet tanpa ragu dan tidak perlu khawatir lagi kuota internet cepat habis. Inilah salah satu keunggulan FB Lite yang banyak digandrungi para penggunanya, yakni dapat menghemat data internet.

  • Loading Cepat

Dengan mengunggah status, video maupun foto memakai FB Lite ini, membaut proses loading pun lebih cepat. Hal ini tentu semakin memudahkan aktivitas kita sekaligus dapat menghemat lebih banyak waktu.

  • Lebih Ringan

Apabila dibandingkan Facebook, aplikasi FB Lite ini ukurannya lebih kecil. Bahkan kapasitasnya hanya sekitar 1 MB asja, sehingga lebih efisien dan lebih mudah diterapkan pada smartphone yang memori RAM-nya lebih kecil. Ini tentu dapat memberikan keuntungan tersendiri untuk memanfaatkan kebutuhan lainnya.

  • Bisa Diakses di Semua Jaringan

Keunggulan lainnya yang bisa kita rasakan saat menggunakan Facebook Lite ialah kemampuannya yang bisa diaplikasikan di semua jaringan. Sekalipun sinyal ponsel kita sedang lemot, kita tetap bisa menjalankan aplikasi FB Lite ini.

Terkait:  Cara Download PUBG Di Laptop

Itulah 4 keunggulan menggunakan Facebook Lite yang tentu saja bisa kita gunakan di smartphone dengan bebas. Facebook Lite juga menjadi salah satu aplikasi versi ringan dari Facebook official, dimana penggunaan memorinya tidak terlalu makan banyak ruang.

Cara Download Video Di Facebook Lite

Cara Download Video Di Facebook Lite

Download Video Di Facebook Lite

Ada dua macam metode yang dapat digunakan untuk mendownload video di aplikasi Facebook Lite dengan sangat mudah. Kabar baiknya, kedua metode tersebut bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan. Langsung saja, berikut tahapan beserta urutan langkahnya dengan benar.

Metode 1: Menggunakan Download Link

Ini menjadi metode yang paling mudah karena kita hanya memerlukan copy link saja untuk dapat mendownload video di FB Lite. Gimana langkah-langkahnya?

1. Download dan Install aplikasi FB Lite

Langkah awalnya tentu saja kita harus memiliki aplikasi Facebook Lite di smartphone yang hendak digunakan untuk download video. Bagi yang belum punya aplikasi FB lite, bisa mendownloadnya terlebih dahulu melalui Google Play atau App Store.

2. Buka aplikasi Facebook Lite

Tahap selanjutnya setelah aplikasi terinstall, kamu bisa langsung membuka aplikasi FB lite di smartphone android atau iOS yang kamu pakai saat ini. Setelah terbuka, jangan lupa login menggunakan akun facebook kamu.

3. Cari Video yang Akan Didownload

Setelah membuka FB lite dan login pakai akun FB kamu, selanjutnya tentu saja kamu harus memilih terlebih dahulu video apa yang hendak didownload. Cari video melalui kolom pencarian yang tersedia. Ketikkan kata kunci video favoritmu kemudian klik gambar kaca pembesar atau klik Search/Cari.

4. Pilih Video Favoritmu

Setelah mencarinya, kamu akan dihadapkan dengan ratusan bahkan hingga jutaan video yang menarik. Pilih saja satu video yang menjadi favoritmu atau yang akan kamu download.

5. Copy Link Video

Langkah selanjutnya adalah kamu harus meng-copy atau salin link video tersebut. Caranya, tekan saja gambar titik tiga dibagian pojok kanan atas video. Lalu pilih menu Copy link atau Salin tautan.

Terkait:  Cara Download Lagu Di Joox

6. Paste di Browser

Setelah kamu menekan Copy link, akan muncul keterangan link copied. Selanjutnya buka saja browser yang sering kamu pakai. Kami menyarankan buka Google Chrome. Kemudian tekan dan tahan di bagian kolom address bar (kotak paling atas) hingga muncul beberapa menu. Pilih menu Paste, kemudian langsung Enter. Atau kunjungi link video fb lite yang sudah dicopy tadi.

7. Download Video dari FB Lite

Setelah kamu mengunjungi link video fb lite tadi, maka halaman browser akan memunculkan video facebook lite tadi. Klik tombol Play untuk memutar video. Di tahap ini, kamu boleh menonton video sampai selesai, atau boleh menonton hanya dalam beberapa menit saja. Selama pemutaran, langsung saja tekan dan tahan di bagian videonya hingga muncul menu baru. Pilih saja Save video.

Video dari Facebook Lite akan langsung terdownload secara otomatis. Tunggu saja hingga download file video selesai. Setelah berhasil, kamu bisa membuka video tersebut untuk menontonnya atau kamu bisa mencari lokasi downloadnya di folder Download.

Metode 2: Tonton Video Sampai Selesai

Untuk metode yang kedua ini sedikit memakan waktu ya lurr, karena kita diharuskan untuk menonton videonya hingga selesai. Jika videonya berdurasi singkat sih gak masalah, bagaimana dengan durasi panjang?

Bagi yang tetap ingin mendownload video di facebook lite, bisa menyimak beberapa tahapan dan langkah-langkahnya berikut ini.

1. Download dan Install aplikasi FB Lite

Langkah pertama, tentu saja kita harus memiliki aplikasi Facebook Lite di smartphone yang hendak digunakan untuk download video. Bagi yang belum punya aplikasi FB lite, bisa mendownloadnya terlebih dahulu melalui Google Play atau App Store.

2. Buka aplikasi Facebook Lite

Setelah aplikasi terinstall, kamu bisa langsung membuka aplikasi FB lite di smartphone android atau iOS yang kamu pakai saat ini. Jangan lupa login menggunakan akun facebook kamu.

3. Cari Video Di FB Lite

Cari video melalui kolom pencarian yang tersedia. Ketikkan kata kunci video favoritmu kemudian klik gambar kaca pembesar atau klik Search/Cari.

4. Putar Video Hingga Selesai

Setelah menemukan video yang dicari, kamu harus menekan tombol putar di video tersebut. Tontonlah video tersebut hingga selesai. Jangan di skip skip, karena ini bisa menjadikan proses download video di fb lite gagal.

Terkait:  Cara Download Play Store

5. Buka File Manager 

Setelah menonton video di FB Lite hingga selesai, aplikasi facebook lite akan menyimpan cache. Sehingga, video di FB lite yang kita tonton tadi secara otomatis telah tersimpan ke memory internal.

Lalu, dimana letak video yang terdownload otomatis tersebut? Kamu bisa langsung buka File Manager. Kemudian buka folder Android » data » com.facebook.lite » cache » video.

Lihat folder video, kamu bakal menemukan banyak folder yang menjadi penyimpanan sementara dari video yang telah ditonton. Nama foldernya pun unik-unik, tapi kamu bisa lihat tanggal dan jam untuk menentukan folder mana yang berisi video terakhir ditonton.

Cari saja file videonya dan temukan. Agar mempermudah, filter nama file berdasarkan tanggal. File paling atas adalah video dari facebook lite yang baru saja diputar tadi.

Sebagai contoh, nama file videonya 0000000000000000. Tekan dan tahan pada file video tersebut, lalu tekan opsi di pojok kanan atas. Pilih Rename / Ganti nama. Ganti saja nama video tersebut sesuka hati. Terpenting, jangan lupa tambahkan .mp4 dibagian belakang setelah nama file.

Sebagai contoh, nama file semula 0000000000000000 menjadi 0000000000000000.mp4.

File yang semula tak bergambar, akan berubah menampilkan gambar cuplikan video. Dan secara otomatis file video telah terdownload dengan sempurna.

Tahap akhir, tinggal pindahkan saja file video 0000000000000000.mp4 tadi ke folder Download atau pindahkan ke folder memori eksternalmu. Pilih saja letak pemindahan video sesuka hati.

Dan pada akhirnya selesai sudah pembahasan kita mengenai bagaimana cara download video di Facebook Lite dengan 2 metode mudah. Jangan lupa bagikan video ini ke teman-teman kamu ya lurr. 😉

Apa Pendapatmu?
Myta Mellinda
Bagikan Ke:
Cara Download Video Di Facebook Lite | Myta Mellinda | 4.5

Tulung ojo di copy ya lur...