Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak: 4 Langkah Ajaib!

PindahLubang.com – Bagaimana cara memperbaiki kartu SD rusak dengan benar? Pengguna HP biasanya selalu membutuhkan memori eksternal (microSD) untuk menyimpan data tertentu. Kondisi ini biasanya terjadi ketika RAM alias memori internalnya sudah penuh.

Tak menutup kemungkinan kartu SD yang biasa kamu gunakan tiba-tiba rusak, misalnya tidak terbaca atau file nya corrupt. Jangan khawatir karena masalah ini tidak perlu disikapi secara serius, sedangkan kamu dapat mengatasinya dengan cepat dan mudah.

Kartu SD yang rusak atau tidak terbaca dapat diperbaiki dengan hal-hal sederhana, bahkan tanpa menggunakan aplikasi apa pun. Jangan biarkan kamu membeli microSD baru, asalkan kamu tahu panduan perbaikan kartunya dengan baik dan benar yang akan dibahas lewat artikel ini.

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak
Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

Jika kamu mempunyai smartphone yang RAM nya rendah, biasanya akan selalu menggunakan kartu SD untuk menyimpan data atau file berukuran jumbo. Penggunaan microSD tersebut bertujuan agar memori internal ponsel bisa tetap lega dan tidak dapat menimbulkan lag.

Kartu SD yang masih kamu gunakan sampai sekarang, bisa saja tidak selalu berfungsi dengan baik. MicroSD tersebut mungkin rusak atau tidak terbaca di HP. Kamu bisa restart perangkat, hingga format kartunya supaya terbaca kembali.

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak

Untuk mengatasi kartu SD yang tidak terbaca dan rusak, solusinya hanya dapat diatasi dengan panduan di bawah ini:

Langkah 1: Restart Gadget

Jangan buang microSD yang tidak terbaca atau rusak di rumahmu. Kamu dapat menyiasatinya dengan restart gadget terlebih dulu. Selain itu, lepaskan kartu SD dari slotnya dan pasang kembali untuk memastikan kalau semua data maupun file dapat terbaca dengan baik.

Terkait:  Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca di Windows 7, 8 dan 10

Langkah 2: Pasangkan ke HP Lain

Kalau microSD tidak terbaca di HP kamu, cobalah memindahkannya ke HP lain. Jika ternyata kartu SD terbaca di smartphone lain, kemungkinan besar terjadi masalah pada gadget mu. Tak hanya itu, periksa kembali slot penyimpanan kartu SD di ponselmu untuk memastikan tidak ada kerusakan apa pun.

Langkah 3: Format Kartu SD

Alternatif selanjutnya untuk memperbaiki kartu SD yang error adalah dengan format, yakni menghapus semua data di dalamnya. Bagi kamu yang menggunakan HP Android, simak panduannya di bawah ini:

  • Pastikan microSD sudah terpasang di HP Android kamu.
  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting.
  • Pilih menu Penyimpanan atau Storage.
  • Klik Portable Storage.
  • Pilih menu Kartu SD atau SD Card.
  • Klik Pengaturan Penyimpanan atau Storage Setting.
  • Pilih menu Format.
  • Klik Hapus dan Format atau Erase and Format, kemudian tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Terakhir, tekan tombol Done dan periksa kembali apakah kartu SD sudah normal kembali atau belum.

Langkah 4: Nonaktifkan Kartu SD

Jika kamu tidak ingin menghapus semua data yang tersimpan di kartu SD, maka bisa menonaktifkannya lewat tutorial di bawah ini:

  • Hubungkan HP yang sudah terpasang kartu SD ke laptop atau PC.
  • Jika kedua perangkat sudah tersambung, buka menu Device Manager di PC.
  • Klik kanan pada perangkat USB Mass Storage.
  • Pilih menu Disable, kemudian tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  • Klik kanan lagi pada menu USB Mass Storage.
  • Terakhir, tekan tombol Enable untuk mengaktifkannya kembali dan cek kartu SD nya.

Demikian informasi lengkap tentang cara memperbaiki kartu SD rusak tanpa aplikasi dengan benar dan mudah. Jangan buang apalagi membeli microSD baru kalau tidak terbaca, ikuti panduan kami di atas supaya kartunya normal lagi dan bisa digunakan seperti biasa. Semoga membantu!

Terkait:  Cara Mengatasi Bootloop: 5 Solusi HP Normal Kembali

Similar Posts