WhatsApp

Cara Agar WhatsApp Web Tidak Keluar Sendiri dengan Keep Me Sign In

WhatsApp Web adalah layanan yang memudahkan pekerjaan karena bisa diakses lewat PC ataupun laptop. Kamu bisa selalu terhubung tanpa harus membuka aplikasi di HP. Tapi masalahnya, banyak pengguna yang alami masalah tiba-tiba logout. Inilah cara agar WhatsApp Web tidak keluar sendiri yang penting diketahui. 

Jika WA Web keluar sendiri, pastinya menghambat pekerjaan. Karena Kamu harus login lagi dengan scan QR code. Terlebih lagi itu bisa terjadi berulang-ulang. Karena itulah, di sini akan dijelaskan apa yang harus Kamu lakukan supaya tidak keluar-keluar lagi dan tetap tersambung. Lihat penjelasan berikut. 

Kenapa WhatsApp Web Keluar Sendiri?

Tapi sebelum membahas cara agar WhatsApp Web tidak keluar sendiri, Kamu harus paham apa yang membuat hal itu terjadi. Bagai yang belum tahu, ini adalah salah satu fitur dari WhatsApp yang namanya auto logout. Fitur tersebut diberikan untuk menjaga keamanan kepada pengguna. 

Auto logout merupakan fitur yang akan membuat WA Web otomatis keluar sendiri apabila tidak dipakai dalam waktu tertentu. Bahkan bisa terjadi setiap 20—30 menit sekali yang mengharuskanmu login ulang. Pastinya akan menghambat pekerjaan dari laptop ataupun komputer. 

Tapi memang fitur ekstensi WA sementara ini difungsikan untuk menjaga keamanan. Koneksi yang akan terputus setelah beberapa saat bermanfaat melindungi privasi dan data penting dalam WA. Terlebih lagi WhatsApp Web dapat diakses di mana saja hingga ruang publik. 

Lalu adakah solusi untuk mengatasi fitur tersebut? Karena jika terjadi saat melakukan percakapan penting, bisa merepotkan. Supaya Kamu tidak login berkali-kali, bisa lihat penjelasan berikutnya. 

Cara Agar WhatsApp Web Tidak Keluar Sendiri

Cara Agar WhatsApp Web Tidak Keluar Sendiri

Berikutnya ini akan dijelaskan apa yang harus Kamu lakukan supaya terhindar dari fitur auto logout. Dengan begitu hanya bisa keluar saat diinginkan dan tidak perlu lagi membukanya dari komputer. Perlu Kamu ketahui, kalau cara agar WhatsApp Web tidak keluar sendiri sangat mudah. 

Solusi satu-satunya yaitu menggunakan fitur yang bernama Keep Me Sign In. Kebalikan dari Auto Logout, fitur ini menjagamu tetap berada di WhatsApp Web. Informasi login yang dilakukan akan tersimpan otomatis dan tidak perlu scan QR code setiap 20 atau 30 menit sekali. 

Fitur Keep Me Sign In atau Biarkan Saya Tetap Masuk bisa digunakan di PC dan laptop dengan sistem operasi Windows maupun macOS. Daripada Kamu penasaran bagaimana cara agar WhatsApp Web tidak keluar sendiri dengan fitur ini, lihat panduan berikut:

  • Buka browser yang Kamu gunakan di laptop atau komputer.
  • Selanjutnya masukkan alamat www.web.whatsapp.com pada kolom pencarian.
  • Tekan Enter atau klik ikon search.
  • Jika halaman awal WhatsApp Web sudah diakses, berikutnya buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP untuk menyambungkannya.
  • Pada WA di HP, tekan ikon titik tiga di sudut kanan atas.
  • Kemudian ketuk opsi Linked Device.
  • Tekan lagi menu Linked a Device.
  • Masukkan password HP jika diperlukan.
  • Setelah itu, kembali lagi ke halaman WhatsApp Web yang sudah terbuka pada komputer.
  • Untuk menjaganya agar tidak keluar sendiri, Kamu harus mengaktifkan Keep Me Sign In yang ada di bawah kode QR. Klik fitur tersebut sampai muncul tanda centang.
  • Setelah itu pindai kode QR yang muncul di layar komputer lewat HP untuk menyinkronkan akun WhatsApp di HP dan komputer.
  • Kalau Kamu mengaktifkan fitur biometrik, WhatsApp akan memintamu untuk menempelkan sidik jari sebagai bukti otentikasi.
  • Selesai. Kamu bisa login tanpa harus scan kode QR setiap saat. Cobalah tes apakah fitur auto logout masih berfungsi atau tidak.

Itulah cara supaya akun di WhatsApp Web tidak logout sendiri. Kamu hanya dapat keluar secara manual bila tidak menggunakannya lagi. Caranya seperti ini:

  • Pada WhatsApp Web, tekan titik tiga di sebelah kanan atas halaman.
  • Kemudian pilih menu Logout atau Keluar.

Tips Agar WhatsApp Tidak Keluar Sendiri

Cara agar WhatsApp Web tidak keluar sendiri memang mudah. Hanya dengan mengaktifkan fitur Keep Me Sign In, tidak perlu memindai kode QR berulang kali. Namun ada tips yang wajib Kamu perhatikan supaya akun tetap tersambung. 

Percuma saja jika fitur tersebut diaktifkan, tapi diakses dengan cara yang salah. Karena tetap saja bisa logout sendiri, bahkan tidak terhubung sama sekali. Beberapa tipsnya yaitu:

  • Pastikan koneksi stabil. WhatsApp Web harus dibuka dari komputer atau laptop dengan koneksi yang stabil dan kuat. Sebaiknya jangan terlalu jauh dari router. Kalau menggunakan jaringan WiFi instansi, pastikan tidak membatasi koneksi ke WA Web.
  • Gunakan browser yang tepat. Tips selanjutnya adalah mengaksesnya dari browser yang memang diizinkan. Beberapa browser yang mendukung WhatsApp Web adalah Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Opera, dan Safari versi terbaru. Jangan memakai browser lain, seperti Internet Explorer.
  • Tutuplah program yang tidak diperlukan. Bisa saja WA Web tidak tersambung dan keluar sendiri karena browser mengalami penurunan kinerja. Penyebabnya yaitu banyak program yang dibuka bersamaan. Agar tidak mengganggu pekerjaan, sebaiknya tutup program yang tidak diperlukan, seperti game dan streaming.
  • Pastikan ponsel aktif. Selanjutnya pastikan sisa daya di HP masih banyak. Karena WA Web bisa tersambung dengan ponsel dalam kondisi aktif.
  • Bersihkan cache dan cookie browser. Setiap menggunakan browser, pasti menyimpan informasi dari situs dalam cache dan cookie. Jika menumpuk, bisa menghambat kinerjanya. Karena itulah, sebaiknya bersihkan supaya akses WhatsApp Web lebih lancar.

Apakah WhatsApp Web Versi Baru Masih Keluar Sendiri?

Lalu pertanyaannya, kalau Kamu menggunakan WhatsApp Web versi baru, apakah masih berlaku fitur auto logout? Perlu diketahui, bahwa WA memberikan berbagai pembaruan. Salah satunya adalah multi device. 

Fitur multi device itu membuatmu bisa menautkan hingga empat perangkat yang berbeda. Ponsel juga tidak perlu dalam kondisi aktif. Asal sebelumnya sudah menautkan akun WA, akan selalu terhubung. 

Selain itu, pada versi yang baru juga ada pembaruan login. Jika di versi lama Kamu harus menceklis Keep Me Sign In untuk menghentikan auto logout. Tapi pada pembaruan ini, fitur yang ada di bawah kode QR tersebut sudah tidak ada lagi. 

Kamu tidak akan keluar sendiri karena fitur auto logout sudah ditiadakan. Namun syaratnya yaitu masih membuka akun WhatsApp Web secara berkala. Tentunya pembaruan fitur pada versi yang anyar ini lebih hemat waktu dan tidak menghambat pekerjaan. 

Ini juga memungkinkan Kamu untuk mengakses akun WA dari komputer atau laptop tanpa terhubung ke ponsel. Namun syaratnya tidak lebih dari 14 hari. Jika 14 hari sama sekali tidak membuka akun, harus menautkan ulang dan scan kode QR lagi. 

Itulah penjelasan cara agar WhatsApp Web tidak keluar sendiri. Adanya fitur auto logout memang berguna untuk keamanan dan menjaga privasi dalam percakapan. Tapi karena menghambat waktu, Kamu bisa menghilangkannya dengan fitur Keep Me Sign In. 

Pastikan mengakses akun dengan koneksi yang kuat dan stabil. Gunakanlah browser yang memang diizinkan untuk membuka WA Web. Namun di versi yang baru, Kamu tidak perlu khawatir logout sendiri, asal akun diakses secara berkala dan tidak lebih dari 14 hari. 

A'ty Faiza

New writer, just berbagai konten, fiksi and nonfiksi :))

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

3 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

3 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

3 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

3 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

3 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago