Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome

Tanpa Ribet! Ini 4 Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome

Bagaimana cara batasi pengguna wifi Indihome? Lalu, apakah memang bisa diberi batasan untuk siapa saja yang bisa menggunakan wifi Indihome? Pertanyaan tersebut mungkin terlintas di benak kamu. Jawabannya adalah bisa, kamu bisa membatasi pengguna wifi Indihome kamu, karena jika yang menggunakan atau yang connect ke wifi milikmu terlalu banyak, bisa memengaruhi kecepatan koneksi saat digunakan. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab wifi Indihome kamu lemot.

Wifi adalah jaringan tanpa kabel yang bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer, laptop, atau ponsel ke jaringan internet. Indihome sebagai salah satu penyedia wifi di Indonesia ini memiliki cukup banyak penggunanya. Ia menyediakan beberapa paket yang memiliki kelebihannya masing-masing sehingga penggunanya bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhannya.

Nah, untuk cara membatasi pengguna wifi Indihome sendiri, mimin sudah merangkumnya dalam beberapa cara yang mudah dan bisa kamu ikuti. Silakan baca artikel ini sampai selesai ya.

Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome

Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome
Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome

Cara batasi pengguna wifi Indihome bisa kamu lakukan dengan mudah. Tujuan dari membatasi pengguna wifi milikmu ini adalah agar kecepatan koneksi wifi kamu tetap stabil dan tidak lemot. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membatasi pengguna wifi Indihome. Silakan dipahami dan ilih cara yang menurut kamu paling mudah.

Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome Lewat Setting-an Modem

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membatasi pengguna wifi Indihome adalah lewat setting-an atau pengaturan modem. Indihome sendiri menyediakan modem yang memiliki pengaturan yang bisa kamu akses lewat browser di komputer. Nah, untuk mengetahui caranya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan buka Browser dan pada kolom pencarian, ketik kode IP 192.168.8.1 
  • Kemudian, klik Enter
  • Apabila kamu sudah masuk, silakan login dengan mengisi username dan password akun wifi Indihome kamu, lalu klik Login
  • Setelah itu, saat laman utama pengaturan sudah terbuka, masuk ke pengaturan, klik Network > SSID Setting > kemudian tentukan jumlah pengguna di kolom Maximum Clients
  • Klik Save untuk menyimpan pengaturan modem yang baru kamu ubah
  • Selesai
Terkait:  Cara Mengetahui Password WiFi ⚡(Ada Disini) Yang Benar

Nah, itulah cara membatasi pengguna wifi Indihome lewat settingan atau pengaturan modem kamu. Mudah bukan? Di bawah ini masih ada beberapa cara selain cara di atas.

Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome Lewat Aplikasi Netlimiter

Cara selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membatasi jumlah pengguna wifi Indihome adalah lewat aplikasi NetLimiter. Aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa dipakai untuk mengatur bandwidth yang terhubung ke sebuah jaringan wifi. Langsung saja, berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membatasi jumlah pengguna wifi Indihome lewat aplikasi NetLimiter.

  • Langkah pertama, silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi NetLimiter di komputer, laptop, atau ponsel kamu
  • Apabila sudah terinstal, silakan buka aplikasi tersebut
  • Kemudian, klik pada bagian Download Limit silakan checklist beberapa kotak, lalu klik Upload Limit
  • Selanjutnya, klik KB/s > Rules Editor,  di bagian ini kamu bisa membatasi kecepatan wifi sesuai yang kamu inginkan
  • Jika ingin membatasi jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan wifi Indihome kamu, silahkan klik Limit > kemudian isi Tab Value dengan angka yang kamu inginkan (angka yang kamu isi ini adalah jumlah pengguna yang bisa terhubung ke jaringan wifi)
  • Apabila sudah selesai semua, klik Save untuk menyimpan perubahan

Itulah cara batasi pengguna wifi Indihome lewat aplikasi Netlimiter. Dengan kamu membatasi jumlah pengguna wifi, tentu kecepatan koneksi kamu bisa kembali stabil.

Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome Lewat Aplikasi P2Pover

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk membatasi jumlah pengguna wifi Indihome adalah lewat aplikasi tambahan P2Pover. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur dan membatasi jumlah pengguna atau bandwidth pada jaringan wifi Untuk lebih detailnya, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silakan download aplikasi P2Pover di komputer, laptop, atau ponsel kamu
  • Kemudian, lakukan instalasi hingga selesai
  • Buka aplikasi tersebut jika sudah berhasil terinstal
  • Klik System Setting untuk masuk ke halaman pengaturan
  • Pada menu System Setting > pilih Adaptor Jaringan > klik OK
  • Lalu, pilih menu Schedule Setting (kamu bisa memberi nama di bagian Schedule Setting) > lalu pilih New > Select All > klik OK
  • Pilih Control All (untuk mengatur jumlah pengguna yang terhubung ke jaringan wifi) > klik Start > pilih Apply Rule to Host Selected dengan cara klik kanan di salah satu bagian
  • Apabila kamu ingin memblokir perangkat yang terhubung ke jaringan wifi, klik Drop > pilih Host Selected > pilih perangkat yang ingi diblokir
  • Selesai
Terkait:  Cara Cek Pemakaian IndiHome (3 Metode), Cepat dan Mudah!

Kamu telah berhasil membatasi jumlah pengguna wifi Indihome yang kamu punya. Jadi, kamu bisa menggunakan jaringan internet dengan kecepatan tinggi dan terhindar dari lemotnya koneksi.

Cara Batasi Pengguna Wifi Indihome Lewat Aplikasi NetCut

Kemudian, cara keempat yang bisa kamu lakukan untuk membatasi jumlah pengguna wifi Indihome adalah lewat aplikasi NetCut. Aplikasi ini kurang lebih sama dengan dua aplikasi sebelumnya yang telah mimin jabarkan. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi NetCut untuk membatasi pengguna wifi.

  • Langkah pertama, silakan download aplikasi NetCut di komputer atau laptop kamu
  • Kemudian, lakukan instalasi hingga selesai
  • Buka aplikasi tersebut jika sudah berhasil terinstal
  • Pada halaman utama aplikasi, kamu bisa melihat siapa saja yang terhubung ke jaringan wifi kamu
  • Kamu bisa memutuskan atau memblokir satu per satu perangkat yang terhubung ke wifi kamu dengan cara geser ke bagian kiri tombol scroll biru pada perangkat yang ingin kamu putuskan atau blokir
  • Secara otomatis, perangkat yang terhubung tersebut tidak bisa terkoneksi lagi dengan wifi kamu
  • Apabila kamu ingin memutuskan semua perangkat yang terhubung, ada cara praktisnya, yaitu kamu hanya tinggal klik tombol Cut Off All dan secara otomatis semua perangkat tersebut akan terputus kecuali yang tidak kamu beri tanda checklist
  • Namun, jika kamu ingin menghubungkan kembali perangkat yang telah kamu putuskan atau blokir, kamu bisa mengembalikan tombol Scroll biru ke semula dan secara otomatis perangkat tersebut akan terhubung kembali

Mudah, bukan? Silakan ikuti langkah-langkah di atas apabila menurut kamu cara di atas mudah untuk kamu ikuti. Tentu banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika kamu membatasi pengguna wifi Indihome kamu. Hal ini juga untuk menghindari orang yang tidak bertanggung jawab yang ingin menggunakan wifi kamu tanpa izin.

Terkait:  Cara Blokir Pengguna WiFi IndiHome Untuk Semua Router

Kesimpulan

Itulah empat cara batasi pengguna wifi Indihome yang telah mimin jelaskan. Silakan pilih cara yang menurut kamu paling mudah untuk kamu praktikkan, baik itu membatasinya lewat pengaturan modem, lewat aplikasi NetLimiter, lewat aplikasi P2Pover, atau lewat aplikasi NetCut. Silakan batasi pengguna wifi Indihome kamu jika menurutmu kecepatan koneksi wifi Indihome kamu mulai melemah. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Similar Posts