Cara Cek Voucher Telkomsel

Cara Cek Voucher Telkomsel yang Mudah dan Akurat

Pindahlubang.com | Ada berbagai cara untuk membeli paket internet Telkomsel. Salah satunya yaitu membeli voucher fisik. Sebelum itu, pastikan Kamu untuk mengetahui cara cek voucher Telkomsel masih bisa digunakan atau tidak. Jangan sampai tertipu dan malah memilih voucher yang sudah kadaluarsa.

Provider Telkomsel sendiri menyediakan berbagai pilihan jenis voucher. Kamu bisa pilih voucher yang menyediakan masa aktif paket internet 3—30 hari. Hanya saja yang penting yaitu memastikan bahwa voucher tersebut masih aktif, sehingga bisa di-redeem

Jika Kamu ingin memastikan voucher masih dapat digunakan, ada beberapa cara untuk dilakukan. Pastikan Kamu mengeceknya dulu sebelum melakukan aktivasi. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini. 

Apa Itu Voucher Telkomsel? 

Voucher Telkomsel adalah produk paket internet yang dapat dibeli oleh pelanggan dengan voucher fisik. Dengan adanya produk ini, Kamu tidak perlu lagi membeli paket internet menggunakan pulsa. Tentunya jauh lebih praktis untuk keperluan mendesak. 

Kamu dapat membeli voucher lewat outlet resmi Telkomsel atau gerai penjualan pulsa. Semua pelanggan bisa menggunakan produk tersebut, selama memiliki nomor Telkomsel prabayar. Voucher juga menjadi alternatif membeli paket internet yang mudah, karena tersedia di banyak tempat. 

Walaupun berupa voucher fisik, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan paket data internet seperti biasanya. Ada pula pilihan paket yang bisa dibeli, mulai dari 3, 5, 7, dan 30 hari. Sebelum membeli voucher internet Telkomsel ini, Kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

  • Jumlah kuota dan harga voucher fisik berbeda, tergantung regional saat inject (pengisian) oleh outlet resmi atau reseller
  • Pembagian voucher ini dibagi dalam tiga zona di masing-masing regional. 
  • Ada tiga jenis pembagian kuota, yaitu kuota nasional, lokal, dan paket data OMG. 
  • Untuk kuota lokal hanya bisa dipakai di zona pengisian voucher saja. 
  • Kuota OMG hanya untuk voucher yang memiliki masa aktif paket internet 30 hari. 
Terkait:  Cara Dapat Uang dari Aplikasi

Cara Cek Voucher Telkomsel

Cara Cek Voucher Telkomsel
Cara Cek Voucher Telkomsel

Jika Kamu sudah menentukan ingin membeli voucher yang mana, pastikan untuk mengeceknya masih aktif atau tidak. Kalau sudah kadaluarsa, otomatis Kamu tidak dapat melakukan aktivasi. Bukankah uangmu terbuang sia-sia jika tidak bisa digunakan? 

Selain itu, voucher Telkomsel hanya dapat digunakan sekali. Jadi, kalau sudah pernah diaktivasi, tidak bisa memakai kode yang sama lagi. Untuk memastikan hal tersebut, Kamu bisa menggunakan cara-cara berikut ini:

1. Cek Voucher di Aplikasi MyTelkomsel

Cara cek voucher Telkomsel yang pertama yaitu menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Kalau Kamu sudah lama menggunakan kartu Telkomsel, sebaiknya menginstal aplikasi tersebut. Pasalnya, lewat MyTelkomsel bisa mengakses berbagai layanan dan produk Telkomsel. 

Biasanya MyTelkomsel digunakan untuk beli paket data atau melihat sisa kuota. Tapi ternyata dapat aktivasi voucher sekaligus cek masa aktifnya di aplikasi tersebut. Pastikan voucher masih dapat di-redeem dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langlah Cek Voucher di MyTelkomsel App
    1. Jika Kamu belum punya MyTelkomsel, download di Play Store atau App Store. 
    2. Buka aplikasinya dan login menggunakan nomor Telkomsel
    3. Selanjutnya tunggu kode OTP dikirimkan melalui SMS. 
    4. Cek kodenya dan masukkan pada kolom. 
    5. Tekan tombol Masuk
    6. Pada halaman awal MyTelkomsel, ketuk menu Belanja yang ada di bawah.
    7. Gulir layar dan pilih opsi Voucher Fisik.
    8. Setelah itu geser ke bagian Cek Voucher.
    9. Sekarang gosok dulu hologram yang melindungi kode pada voucher yang Kamu beli.
    10. Kemudian masukkan nomor seri dari voucher tersebut. Tulis 12 digit yang awal saja.
    11. Ketuk tombol Cek Voucher. 

Setelah langkah tersebut, Kamu akan menerima notifikasi status voucher di halaman yang sama. Pemberitahuan yang diberikan adalah masa berlaku paket dan masa aktif voucher. Contohnya “Voucher paket internet 1 GB berlaku selama 3 hari dan dapat diaktifkan sampai dengan 29-07-2023.”

Terkait:  Cara Cek Koin Pulsa Telkomsel dan Tukar dengan Penawaran Menarik

2. Cek Voucher dengan Kode UMB

Selain lewat aplikasi MyTelkomsel, cara cek voucher Telkomsel juga bisa Kamu lakukan dengan men-dial kode UMB. Cara ini tentunya lebih praktis, karena tidak perlu terhubung ke jaringan internet. Tapi ingatlah untuk memasukkan kode secara teliti. 

Melihat status voucher dengan kode UMB disertai dengan nomor seri 12 digit pertama. Karena jumlahnya banyak, maka harus teliti supaya perintah yang dimasukkan benar. Agar lebih paham, coba lihat panduannya di bawah ini:

Langkah-Langkah Cek Voucher dengan Kode UMB
  1. Buka aplikasi Telepon di HP. 
  2. Kemudian masukkan format kode *132*nomor seri 12 digit awal# dari keypad. Misalkan nomor serinya 000189897777666. Maka kode UMB yang benar adalah *132*000189897777#.
  3. Tekan tombol OK atau Call untuk men-dial kode tersebut. 
  4. Tanpa waktu lama, status voucher akan muncul dalam pop-up notifikasi. 

Lewat cara ini, Kamu akan mendapatkan dua jenis notifikasi. Kalau voucher masih dapat digunakan, akan diberi tahu jumlah kuota dan masa aktifnya. Jika tidak bisa dipakai lagi, akan disebutkan voucher sudah diaktivasi oleh nomor mana pada tanggal berapa. 

3. Cek Voucher dengan Bertanya Kepada Penjual

Dua cara cek voucher Telkomsel di atas mengharuskanmu untuk menggosok hologram agar bisa melihat nomor seri. Itu artinya, mau tidak mau harus membeli voucher tersebut. Kalau ternyata masa aktifnya habis, Kamu tidak dapat mengembalikannya kepada penjual. 

Itulah kenapa di sini akan diberikan cara yang lebih aman dan akurat. Kamu bisa bertanya dulu kepada penjualnya. Jangan malu untuk memastikan kalau voucher belum kadaluarsa agar nantinya dapat diaktivasi. 

Pengecekan ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagimu sebagai pembeli. Tapi juga membantu penjual untuk meneliti voucher yang sudah kadaluarsa atau pernah diaktifkan. Jadi, bisa dibuang atau dipindahkan dari etalase. 

Terkait:  Cara Copy Link Instagram Sendiri

4. Cek Voucher Lewat Kemasan

Cara cek voucher Telkomsel yang terakhir ini juga lebih praktis. Kamu tidak perlu mengakses kode maupun bertanya kepada pembeli. Jadi, cukup lihat langsung pada sisi luar voucher. 

Pengecekan pertama yaitu bagian hologramnya. Pastikan hologram masih dalam keadaan bagus dan tidak ada bekas digosok. Kalau ternyata ada kerusakan dan Kamu merasa ragu, sebaiknya pilih voucher fisik yang lain.

Selanjutnya cek masa aktif yang diinformasikan di bawah atau atas hologram. Melalui informasi tersebut, Kamu bisa lihat masa berlaku voucher maupun paket internet di dalamnya. Cek secara teliti, karena biasanya ditulis dengan huruf kecil. 

Perbedaan Masa Aktif Voucher dan Paket Internet

Saat membeli voucher fisik Telkomsel memang yang paling penting mengeceknya masih bisa digunakan atau tidak. Jangan sampai membeli voucher yang sudah kadaluarsa. Pastikan masa aktifnya masih berlaku. 

Masa aktif voucher itu dihitung 120 hari sejak pengisian paket oleh outlet atau reseller. Jika belum lewat waktu tersebut, berarti masih bisa diaktivasi. Meskipun masa berlakunya tinggal satu hari saja. 

Lain hal dengan masa aktif paket internet. Perbedaannya, masa aktif ini untuk menunjukkan periode penggunaan paket internet. Misalkan voucher dengan kuota 1 GB yang berlaku tiga hari. Berarti, paket internet akan nonaktif setelah lewat tiga hari. 

Demikian penjelasan cara cek voucher Telkomsel yang harus Kamu lakukan. Pastikan membeli voucher fisik yang masih berlaku dan bisa diaktivasi. Cek hologramnya dalam kondisi bagus dan belum pernah digosok. 

Similar Posts