Daftar

Cara Daftar My Telkomsel yang Benar Lewat Aplikasi (Terbaru)

Pindahlubang.com | Sudahlah Kamu tahu bagaimana cara daftar My Telkomsel itiu? My Telkomsel merupakan layanan yang dikeluarkan oleh provider resmi dengan basis aplikasi dan web. Lewat layanan tersebut, Kamu dapat akses berbagai fitur dan paket menarik dari Telkomsel. 

Agar bisa menggunakan fiturnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pendaftaran. Sebenarnya cara untuk registrasi akun di My Telkomsel sangat mudah. Tapi mungkin ada pengguna yang belum mengetahuinya. 

Karena itulah, Kamu juga bisa lihat penjelasan berikut agar tahu cara untuk registrasi di My Telkomsel yang benar. Selain itu, akan diberikan ulasan lengkap mengenai layanan ini dan berbagai kegunaannya. Simak uraian di bawah ini. 

Mengenal My Telkomsel

Tapi sebelum menerangkan cara daftar My Telkomsel, Kamu perhatikan dulu penjelasan ini. Agar lebih tahu mengenai layanan resmi tersebut, pahami apa sebenarnya My Telkomsel itu? Bagaimana cara untuk mengaksesnya? 

Seperti yang disinggung di atas bahwa My Telkomsel adalah aplikasi dan web dari Telkomsel yang digunakan untuk mengakses berbagai layanan. Untuk yang berbasis aplikasi, bisa dibuka melalui HP. Sedangkan versi webnya dapat Kamu akses di HP maupun PC. 

My Telkomsel termasuk aplikasi yang ramah bagi ruang penyimpanan. Karena Kamu bisa mengunduhnya dari market masing-masing smartphone dengan ukuran 50 MB. Update terakhir aplikasinya pada 26 Juli 2023 dengan versi paling baru 7.0.1.

Layanan My Telkomsel bisa dikatakan sebagai satu solusi untuk semua keperluan kartu Telkomsel. Kamu dapat beli pulsa, paket internet, telepon, cek riwayat pemakaian, dan lain-lain dalam satu aplikasi saja. Selain itu, tampilannya user friendly, sehingga mudah digunakan. 

Cara Daftar My Telkomsel

Cara Daftar My Telkomsel

Setelah Kamu tahu lebih lanjut tentang layanan ini, sekarang akan diterangkan cara daftar My Telkomsel. Kamu bisa melakukan registrasi dan mengakses layanan tersebut lewat aplikasi maupun situs web. Meskipun berbeda, untuk cara pendaftarannya sama saja. 

Kalau ruang penyimpanan HP penuh, Kamu dapat akses alamat https://my.telkomsel.com/login dari browser apa saja. Selanjutnya lakukan registrasi dengan cara memasukkan nomor Telkomsel. Langkah selanjutnya lebih mudah karena tinggal mengikuti instruksi. 

Namun di sini yang akan dijelaskan lebih rinci adalah cara daftar My Telkomsel berbasis aplikasi. Pasalnya, caranya lebih simpel dan akun tidak logout sendiri setelah daftar. Selain itu, setiap ada pembaruan pasti terdapat fitur baru yang ditambahkan. 

Karena menggunakan aplikasi, maka Kamu harus download dulu. Selanjutnya, buka aplikasinya dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Daftar My Telkomsel
  1. Buka aplikasi My Telkomsel dan pilih bahasa di pojok kanan atas. Disarankan menggunakan Bahasa Indonesia agar lebih mudah.
  2. Lalu ketuk tombol Masuk yang ada di bawah.
  3. Cara daftar My Telkomsel selanjutnya yaitu dengan memasukkan nomor Telkomsel pada kolom. Tulis nomor dengan awal 8 tanpa menyertakan angka 0.
  4. Ceklis kotak Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi Telkomsel.
  5. Sebenarnya ada menu Masuk dengan Metode Lain, yakni menggunakan Facebook, Twitter, atau akun Google. Tapi cara ini hanya dapat dilakukan jika sudah pernah login ke My Telkomsel dan menautkan akun sosial media.
  6. Jika baru pertama kali, paling tepat daftar dengan nomor Telkomsel. Jadi, langsung klik tombol Masuk.
  7. Tekan tombol IZINKAN untuk memberikan izin akses pada aplikasi.
  8. Tunggu loading memproses untuk masuk ke aplikasi. Di sini tergantung pada kualitas jaringan.
  9. Selanjutnya Kamu akan diberi tahu kalau sudah dikirimi tautan verifikasi lewat SMS.
  10. Cek pesan masuk dan klik tautan tersebut.
  11. Pendaftaran sudah berhasil dilakukan dan Kamu akan diarahkan ke aplikasi. Sekarang pakai layanan yang dibutuhkan.

Kenapa Gagal Daftar My Telkomsel?

Cara daftar My Telkomsel memang mudah. Tapi ternyata ada beberapa sebab yang membuat proses tersebut gagal dilakukan. Biasanya ditandai dengan terus loading di halaman login dan tidak bisa masuk ke aplikasi. 

Penyebab dari kondisi tersebut beragam. Mungkin di antara masing-masing pengguna tidak sama. Ada yang dikarenakan masalah sinyal, aplikasi sudah kadaluwarsa, atau di HP ada aplikasi flter spam. Jika Kamu mengalaminya, atasi dengan beberapa cara berikut ini:

  • Uninstal aplikasi filter spam yang terpasang di HP, contohnya Truecaller. Keberadaan aplikasi tersebut membuatmu tidak bisa menerima link verifikasi lewat SMS.
  • Pastikan mengunduh aplikasi My Telkomsel paling baru dari market resmi.
  • Hapus cache aplikasi di Pengaturan HP.
  • Cek koneksi internet apakah ada masalah atau tidak.
  • Coba login ulang untuk mendapatkan tautan verifikasi yang baru.

Kegunaan My Telkomsel

Jika berbicara kegunaan My Telkomsel, ada banyak yang bisa Kamu akses. Lewat satu layanan tersebut, bisa melihat jumlah pulsa dan masa aktif, membeli paket Telkomsel, isi ulang pulsa, dan lainnya. Berikut penjelasannya:

1 Melihat Jumlah Pulsa dan Kuota

Fungsi pertama dari My Telkomsel yaitu untuk melihat sisa pulsa dan kuota. Ini akan terlihat dengan jelas di halaman Beranda saat Kamu baru daftar akun. Jumlah pulsa ditampilkan lengkap dengan masa aktif kartu. Sedangkan kuota bisa Kamu cek di bagian Internet, Telepon, dan SMS. 

2. Mengisi Ulang Pulsa

Sekarang Kamu tidak perlu bingung jika kehabisan pulsa, karena bisa melakukan pengisian ulang lewat My Telkomsel. Caranya sangat simpel dan mendukung berbagai metode pembayaran. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pada halaman Beranda My Telkomsel, klik Isi Pulsa di bawah jumlah pulsa.
  • Cek apakah nomornya sudah benar.
  • Kemudian pilih nominal pulsa.
  • Tentukan metode pembayaran.
  • Ketuk tombol Bayar. Pulsa akan masuk dan Kamu mendapatkan 1 poin Telkomsel.

3. Membeli Paket Telkomsel

Lewat My Telkomsel pula Kamu bisa membeli paket data sesuai kebutuhan. Bukan hanya kuota internet saja, tapi juga dapat beli paket telepon dan SMS. Cek caranya di bawah ini:

  • Ketuk menu Belanja yang ada di bagian bawah aplikasi My Telkomsel.
  • Selanjutnya Kamu pilih submenu Internet, Roaming, Hiburan, atau Telepon dan SMS.
  • Gunakan fitur filter untuk mencari kategori paket yang diinginkan.
  • Ketuk paket yang Kamu pilih untuk melihat detail masa aktif dan jumlah kuota.
  • Kemudian klik tombol Sekali Beli.
  • Tentu metode pembayaran, bisa menggunakan pulsa atau e-money.
  • Tekan Bayar dan tunggu SMS konfirmasi.

4. Mengelola Nama, Email, dan Koneksi Akun Sosmed

Inilah yang sempat disinggung di awal. Kamu bisa login ke My Telkomsel menggunakan akun sosial media. Tapi sebelumnya tautkan akun dengan cara seperti berikut:

  • Pada halaman Beranda, ketuk foto profil.
  • Lalu klik ikon pensil yang ada di kanan atas.
  • Di sini Kamu bisa mengubah nama pengguna.
  • Selain itu tautan sosial media di menu Akun yang Terhubung. Ketuk opsi Tambah.

5. Menukar Poin Telkomsel

Poin adalah bentuk imbalan dari Telkomsel tiap kali Kamu beli pulsa. Poin bisa ditukarkan hadiah menarik dengan cara berikut:

  • Klik menu Reward.
  • Cek jumlah poin dan kedaluwarsa.
  • Pilih Tukar Poin.
  • Cari reward sesuai jumlah poin.
  • Pilih hadiah dan ketuk Tukar.

Itulah cara daftar My Telkomsel yang benar. Di sini hanya perlu menggunakan nomor Telkomsel aktif agar bisa menerima link verifikasi. Lewat layanan ini, Kamu bisa mengakses berbagai fitur penting. 

A'ty Faiza

New writer, just berbagai konten, fiksi and nonfiksi :))

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

3 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

3 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

3 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

3 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

3 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago