Ganti

Cara Ganti No WhatsApp Tanpa Verifikasi? Lihat Penjelasannya

Pindahlubang.com | Kamu sedang mencari cara ganti no WhatsApp tanpa verifikasi yang mudah? Penjelasan berikut ini mungkin menjadi solusi yang tepat. Terlebih lagi WhatsApp jadi aplikasi chatting yang paling populer dan banyak digunakan untuk komunikasi. 

Pada kondisi tertentu memang perlu untuk mengganti nomor WA lama dengan yang baru. Salah satu alasannya yaitu nomor sudah tidak aktif lagi karena lupa isi pulsa. Daripada Kamu mendapati nomor yang sama dengan orang lain, lebih baik segera mengubahnya. 

Kamu bisa pahami lebih jauh tentang fitur ganti nomor ini di aplikasi WhatsApp. Selain itu, cari tahu apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin mengubah nomor WA. Cek uraian lengkapnya di bawah ini. 

Mengenal Fitur Ganti No WhatsApp

WhatsApp merupakan layanan chatting populer yang digunakan pada semua perangkat, baik android maupun iPhone. Dalam aplikasi tersebut ada berbagai fitur yang diberikan oleh pihak pengembang. Salah satunya yaitu mengubah nomor WhatsApp yang pernah didaftarkan. 

Sebelum menerangkan cara ganti no WhatsApp tanpa verifikasi, Kamu bisa mengenal fitur satu ini. Jadi, adanya fitur ganti nomor memungkinkan semua pengguna untuk beralih dari satu nomor ke lainnya. Alasannya bermacam-macam, di antaranya sebagai berikut:

  • Nomor terblokir dari pihak operator dan tidak bisa digunakan.
  • Nomor sudah melewati masa tenggang, sehingga tidak aktif lagi. Biasanya karena lupa tidak melakukan isi ulang pulsa.
  • Adanya kerusakan pada nomor yang membuatnya tidak bisa menerima SMS.
  • Ada pengguna lain yang memakai nomor sama. Biasanya ini terjadi pada nomor yang mati, lalu diaktifkan lagi oleh operator sebagai perdana baru.

Kalau Kamu mendapati beberapa alasan tersebut, sebaiknya segera mengganti nomor. Meskipun diganti, semua informasi akun ikut dipindahkan dan tidak perlu melakukan pengaturan dari awal. Termasuk informasi terkait foto profil, nama, dan bio. 

Chat yang Kamu lakukan di nomor lama juga tidak hilang. Kamu tetap bisa chatting individual dengan kontak yang ada maupun mengirimkan pesan ke grup. Daftar kontak pun tetap ada, selama Kamu tidak berganti perangkat. 

Jika Kamu menggunakan nomor baru, maka WhatsApp akan menghapus semua akun yang terkait dengan nomor lama. Orang-orang yang ada di kontakmu tidak bisa lagi melihat nomor telepon yang tersimpan di daftar kontaknya. Itu berarti, akun dengan nomor tersebut otomatis dipindahkan ke nomor baru. 

Bisakah Ganti No WhatsApp Tanpa Verifikasi?

Fitur change number pada aplikasi WhatsApp memang bisa digunakan oleh semua pengguna. Tapi sekarang pertanyaannya, apakah ada cara ganti no WhatsApp tanpa verifikasi? Bisakah pengguna tidak memasukkan kode OTP yang biasanya dikirimkan lewat SMS? 

Sebelumnya Kamu harus tahu bahwa setiap pendaftaran nomor WhatsApp itu memerlukan kode OTP. Kode keamanan tersebut diberikan oleh pihak WA sebagai langkah verifikasi. Tujuannya memastikan kalau Kamu benar-benar pemilik nomor tersebut. 

Bukan hanya saat daftar baru saja, tapi kode tersebut diberikan juga ketika Kamu mengganti nomor. Tidak ada cara mengubah nomor lama ke yang baru tanpa melewati tahapan verifikasi. Pasalnya, langkah tersebut sangat penting. 

Tapi jika yang dimaksudkan adalah cara ganti no WhatsApp tanpa verifikasi ke nomor lama memang benar bisa dilakukan. Proses verifikasi hanya melibatkan nomor baru saja. Jadi, jika yang lama sudah tidak aktif atau hilang, Kamu tetap bisa mengganti nomor. 

Ini pun sesuai syarat dan ketentuan yang terdapat pada panduan resmi WhatsApp. Dalam situs tersebut, dinyatakan bahwa semua nomor yang digunakan untuk WA harus aktif. Di samping itu dapat menerima SMS atau telepon untuk mendapatkan kode verifikasi. 

Cara Ganti No WhatsApp Tanpa Verifikasi

Cara Ganti No WhatsApp Tanpa Verifikasi

Setelah Kamu paham mengenai aturan dan syarat mengubah nomor WhatsApp, sekarang akan dijelaskan caranya. Di sini Kamu tidak perlu melakukan verifikasi pada nomor yang lama, melainkan nomor baru saja. Inilah dua cara yang dimaksudkan:

1. Ganti No WhatsApp di Telepon yang Sama

Panduan yang pertama yaitu mengganti nomor WA, tapi tidak berganti perangkat. Caranya sangat mudah dan Kamu tidak perlu kerepotan karena semua informasi akun ditransfer ke nomor baru. Riwayat chat individual dan grup tidak akan hilang. 

Selain itu, kontak yang Kamu milik juga tetap ada, sebab masih menggunakan ponsel yang sama. Tapi sebelumnya catat dulu nomor yang lama. Kalau Kamu lupa, bisa cek dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Klik tanda titik tiga di aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian masuk ke menu Setelan.
  • Langkah selanjutnya, ketuk foto profil di kiri atas.
  • Selanjutnya catat nomor di menu Telepon.

Setelah itu, Kamu bisa menerapkan cara ganti no WhatsApp tanpa verifikasi nomor lama dan hanya yang baru saja. Agar tidak salah, cek panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Kemudian pilih menu Setelan.
  • Setelah itu, Kamu masuk ke bagian Akun.
  • Pilihlah menu Ganti Nomor.
  • Kamu akan mendapatkan pertanyaan apakah benar-benar ingin ganti nomor, tekan saja tombol Lanjut.
  • Pada langkah ini, tuliskan nomor WhatsApp yang lama dan baru. Sertakan kode negara di depannya.
  • Tekan lagi tombol Lanjut.
  • Berikutnya Kamu bisa pilih menyalakan opsi Beri tahu kontak atau tidak. Kamu bisa menentukan notifikasi kepada semua, kontak yang ada di daftar chat, atau custom.
  • Konfirmasi dengan memilih Done.
  • Sekarang cek SMS dari WA yang memberikan kode OTP.
  • Tulis kode OTP dan nomor WA sudah berhasil diganti. Nantinya grup yang diikuti akan mendapatkan notifikasi jika Kamu ganti nomor.

2. Ganti No WhatsApp di Telepon Baru

Bagaimana kalau ingin mengganti nomor di HP yang baru? Sebaiknya Kamu persiapkan dulu untuk mentransfer riwayat chat agar tidak hilang. Bisa dengan mencadangkannya ke akun Google Drive atau mentransfer file backup secara manual. Berikut ini cara mem-backup-nya:

  • Masuk ke menu Setelan dengan klik titik tiga.
  • Pilih menu Chat.
  • Lalu masuk ke Cadangan Chat.
  • Tentukan akun Google tempat menyimpannya.
  • Geser panel di opsi Sertakan Video.
  • Klik tombol Cadangkan.

Selain itu, Kamu bisa menyimpan daftar kontak ke email atau bentuk file agar nanti dipulihkan di HP baru. Jadi, daftar kontak tidak akan hilang. Terlebih dahulu Kamu ganti nomor di WA lama. Lalu instal WhatsApp di telepon yang baru. Daftar nomor seperti biasanya dan ketuk pulihkan cadangan.

Kenapa Tidak Bisa Ganti No WhatsApp?

Sekarang Kamu sudah bisa mengganti nomor WA lama ke yang baru. Tapi terkadang ada yang gagal melakukannya. Beberapa faktor yang menyebabkan yaitu:

  • Nomor belum terdapat di WhatsApp. Jika belum, daftarkan dulu sebelum mencoba lagi.
  • Kartu SIM yang baru tidak aktif dan tidak bisa menerima SMS.
  • Koneksi internet buruk.
  • Penyimpanan perangkat sudah penuh.
  • Menggunakan nomor yang tidak didukung. Contohnya seperti VoIP, telepon kabel, nomor bebas pulsa, nomor premium, dan nomor akses universal.

Itulah cara ganti no WhatsApp tanpa verifikasi. Kamu bisa menggantinya kalau kartu masih aktif dan dapat menerima kode OTP. Verifikasi hanya pada nomor baru bukan hanya lama. 

A'ty Faiza

New writer, just berbagai konten, fiksi and nonfiksi :))

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

3 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

3 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

3 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

3 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

3 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago