5 Cara Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum (VALID) ๐Ÿ™ˆ

Cara Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum
Cara Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Telkomsel adalah salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan berbagai layanan, termasuk konektivitas 4G. Jika kamu pengguna Telkomsel dan ingin mengecek apakah nomor yang digunakan sudah mendukung 4G atau belum, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Berbagai cara cek nomor Telkomsel sudah 4G atau belum akan diulas selengkapnya lewat artikel berikut.

Cara Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Cara Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum
Cara Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum

Dalam era digital yang semakin maju, akses internet cepat menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang. Salah satu penyedia layanan seluler yang populer di Indonesia adalah Telkomsel, yang telah meluncurkan jaringan 4G untuk memberikan akses internet super cepat kepada pelanggan mereka. Namun, tidak semua nomor Telkomsel sudah dapat mengakses jaringan 4G ini.ย 

Read More

Mengapa 4G Penting?

Sebelum kita membahas cara untuk mengecek apakah nomor Telkomsel sudah 4G atau belum, mari dipahami mengapa 4G begitu penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Jaringan seluler generasi ke-4 (4G) merupakan evolusi dari 3G yang lebih cepat dan stabil. Dengan jaringan 4G, kamu dapat menikmati:

Kecepatan Internet yang Lebih Tinggi

Jaringan 4G dapat memberikan kecepatan internet yang lebih tinggi, yang membuat kamu dapat melakukan streaming video, menjalankan aplikasi berat, dan browsing dengan lancar.

Kualitas Panggilan yang Lebih Baik

Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

Meskipun jaringan 4G biasanya dikaitkan dengan internet, tapi juga dapat mempengaruhi kualitas panggilan suara. Kamu akan menikmati kualitas panggilan suara yang lebih jernih dan kurang gangguan saat berbicara dengan teman atau keluarga. Ini membuat komunikasi melalui panggilan telepon lebih nyaman dan efisien.

Panggilan Video yang Lebih Jernih

Jaringan 4G juga memungkinkan panggilan video yang lebih jernih dan stabil. Hal ini akan sangat berguna untuk video konferensi atau panggilan keluarga jarak jauh.

Pengalaman Gaming yang Lebih Baik

Bagi para gamer, jaringan 4G memberikan latensi yang lebih rendah dan sangat penting untuk memainkan game online dengan lancar.

Konektivitas yang Stabil

Jaringan 4G cenderung lebih stabil daripada 3G, sehingga kamu tidak akan mengalami gangguan saat berada di lokasi yang jauh dari menara seluler.

Pengalaman Streaming yang Lebih Baik

Dengan jaringan 4G, kamu dapat menikmati streaming video dalam kualitas HD tanpa buffering yang mengganggu. Baik saat sedang menonton film, video musik, atau konten favorit kamu di platform streaming. Koneksi 4G akan memastikan bahwa video tersebut dapat dimuat dengan lancar dan tanpa gangguan.

Penggunaan Aplikasi yang Lebih Lancar

Aplikasi ponsel yang memerlukan koneksi internet, seperti media sosial, perbankan online, dan aplikasi chatting, akan berjalan lebih lancar dengan jaringan 4G. Artinya kamu tidak akan mengalami koneksi yang lemot atau super lambat saat mengunggah foto, video, atau berinteraksi dengan teman-teman lewat aplikasi tersebut.

Navigasi yang Lebih Cepat

Jika kamu menggunakan ponsel untuk navigasi GPS, memiliki akses ke jaringan 4G akan memastikan bahwa layanan GPS dapat berjalan dengan lancar. Kamu akan menerima petunjuk arah yang akurat dan cepat, yang sangat penting saat bepergian atau mencari alamat baru.

Mendukung Internet of Things (IoT)

Terkait:  Cara Cek Nomor Telkomsel Sendiri

Jaringan 4G juga diperlukan untuk mendukung perkembangan Internet of Things (IoT). IoT melibatkan perangkat yang terhubung ke internet, seperti kendaraan pintar, perangkat rumah pintar, dan sebagainya. Dengan jaringan 4G, perangkat IoT dapat berkomunikasi dan beroperasi secara efisien, memberikan kamu lebih banyak kontrol dan kenyamanan dalam kegiatanย  sehari-hari.

Lalu, bagaimana cara cek nomor Telkomsel sudah 4G atau belum? Berikut ulasan selengkapnya.

Cek Nomor Telkomsel Sudah 4G atau Belum Menggunakan Pengaturan Ponsel

Cara pertama untuk mengecek apakah nomor Telkomsel kamu sudah aktif 4G adalah dengan menggunakan pengaturan ponsel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan di ponsel.
  • Akses menu Jaringan Seluler atau Koneksi Seluler, tergantung pada merek dan model ponsel yang digunakan.
  • Pilih kartu SIM yang ingin kamu cek apakah sudah mendukung 4G.
  • Cari opsi Mode atau Jenis jaringan pilihan.
  • Jika kamu melihat 4G, LTE, atau LTE/4G sebagai mode yang dipilih, maka nomor Telkomsel kamu sudah menggunakan koneksi 4G.

Cek Koneksi 4G Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Cara kedua untuk mengecek nomor Telkomsel kamu sudah aktif 4G adalah dengan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Unduh dan instal aplikasi MyTelkomsel dari toko aplikasi terlebih dahulu jika belum menginstal aplikasinya. Unduh lewat Google Play Store untuk pengguna Android dan Apps Store untuk pengguna iPhone.
  • Setelah berhasill terinstal, daftarkan nomor Telkomsel dan buat akun.
  • Untuk yang sudah memiliki aplikasi MyTelkomsel di ponselnya,ย  langsung saja buka aplikasi dan lakukan login.
  • Pada halaman utama aplikasi, pilih menu informasi tentang akun atau Pengaturan.
  • Selanjutnya, kamu mungkin dapat melihat opsi jaringan atau koneksi pada halaman informasi akun. Apabila di sana muncul opsi 4G atau LTE, maka kartu kamu telah terkoneksi dengan jaringan 4G Telkomsel.
Terkait:  Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat HP

Cek Kartu 4G Telkomsel dengan Kode USSD

Cara ketiga untuk mengecek nomor Telkomsel sudah aktif 4G adalah dengan menggunakan kode USSD. Telkomsel memiliki kode dial khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengecek status koneksi 4G dengan mudah dan cepat. Untuk langkah-langkah lebih jelasnya, silakan ikuti tutorial berikut:ย 

  • Buka menu dialer di ponsel.
  • Tekan tombol *#123# dan klik Panggil.
  • Selanjutnya, akan muncul pop up pesan pada layar ponsel yang menampilkan status kartu Telkomsel kamu.ย 
  • Apabila muncul opsi 4G atau LTE, berarti nomor kamu sudah terkoneksi dengan jaringan 4G Telkomsel.

Cek Melalui Situs Web Resmi Telkomsel

Kamu juga dapat mengecek status jaringan nomor Telkomsel melalui situs web resmi Telkomsel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka browser di ponsel atau komputer.
  • Kunjungi laman resmi Telkomsel di alamat https://www.telkomsel.com/.
  • Cari menu yang berhubungan dengan “Cek Status Jaringan” atau “Cek 4G.”
  • Masukkan nomor Telkomsel kamu.
  • Nantinya, pada layar akan muncul informasi tentang status jaringan nomor kamu.

Hubungi Layanan Pelanggan Telkomsel

Jika mengalami kendala saat melakukan beberapa cara di atas, kamu juga dapat menghubungi layanan pelanggan Telkomsel untuk memeriksa status koneksi 4G.ย 

Kamu dapat menghubungi nomor call center Telkomsel, yaitu 188. Layanan ini gratis bagi pengguna Telkomsel Halo dan Diamond. Sedangkan pengguna Telkomsel Prabayar akan dikenakan tarif layanan, sebesar Rp300.

Menggunakan jaringan 4G sangat penting untuk mendapatkan pengalaman internet yang lebih cepat dan stabil. Jika kamu menggunakan layanan Telkomsel, maka dapat dengan mudah mengecek apakah nomor yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum melalui SMS, aplikasi MyTelkomsel, layanan pelanggan, atau situs web resmi Telkomsel. Dengan mengecek status jaringan, kamu dapat memastikan akan mendapatkan akses internet terbaik yang tersedia.

Terlepas dari status jaringan kamu, Telkomsel terus meningkatkan infrastruktur jaringan mereka. Kini, hampir semua wilayah jaringan pengguna Telkomsel telah mendukung koneksi 4G bahkan 5G.

Demikian beberapa cara cek nomor Telkomsel sudah 4G atau belum yang bisa dicoba. Semoga membantu!

Related posts