Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak

Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak
Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak

Nomor ponsel merupakan identitas yang penting dalam era digital ini, terutama bagi pengguna Telkomsel. Namun, terkadang mungkin lupa apakah nomor Telkomsel yang kita miliki masih aktif atau tidak. Untuk mengatasi keraguan tersebut, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak.

Sekilas Tentang Telkomsel

Telkomsel adalah perusahaan penyedia layanan telekomunikasi di Indonesia yang memiliki fokus utama pada layanan seluler. Nama “Telkomsel” sendiri merupakan singkatan dari “Telekomunikasi Selular”. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 Mei 1995 sebagai anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Indosat Tbk.

Read More

Menjadi salah satu operator seluler terbesar di Indonesia, Telkomsel selalu memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna setianya. Mereka menyediakan layanan seluler prabayar dan pascabayar, mulai dari telepon seluler, SMS, internet, dan berbagai paket layanan lainnya.

Selain itu, Telkomsel memiliki jaringan yang luas dan cakupan yang melibatkan teknologi 2G, 3G, dan 4G. Hal ini memungkinkan pelanggan mereka untuk menikmati koneksi berkualitas tinggi di berbagai wilayah, dari perkotaan hingga pedesaan.

Sebagai perusahaan telekomunikasi yang terus berkembang, Telkomsel selalu berusaha untuk mengadopsi teknologi terbaru. Mereka telah memperkenalkan layanan dan produk inovatif seperti paket data, layanan multimedia, dan berbagai aplikasi berbasis teknologi seluler.

Terkait:  Cara Daftar Fiverr

Telkomsel juga menyediakan aplikasi resmi yang disebut MyTelkomsel. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan untuk mengelola akun mereka, membeli pulsa, memantau pemakaian data, dan mendapatkan berbagai penawaran eksklusif.

Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak

Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak
Cara Cek Nomor Telkomsel Masih Aktif atau Tidak

Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor Telkomsel masih aktif atau tidak? Caranya sangat mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Simak tutorial selengkapnya berikut ini.

1. Melalui Panggilan Telepon

Salah satu cara paling sederhana untuk mengecek apakah nomor Telkomsel kamu masih aktif adalah dengan melakukan panggilan telepon. Coba lakukan panggilan ke nomor sendiri, dan jika panggilan berhasil terhubung, itu menandakan bahwa nomor tersebut masih aktif.

2. Mengirim Pesan Singkat (SMS)

Kirimkan pesan singkat (SMS) ke nomor Telkomsel milikmu. Jika pesan berhasil terkirim tanpa muncul notifikasi kesalahan, berarti nomor masih aktif. Namun, jika Anda menerima pesan kesalahan, kemungkinan besar nomor Telkomsel tersebut sudah tidak aktif.

3. Melalui Kode USSD

  • Buka menu panggilan di HP kamu, lalu tekan kode *888#, 
  • Klik panggil dan tunggu sesaat.
  • Akan muncul pop up notifikasi pada layar yang menampilkan beberapa pilihan menu.
  • Masukkan angka 6 “Cek Pulsa” untuk mengetahui status pulsa dan masa aktif nomor.
  • Pada layar akan muncul tampilan berisi informasi sisa pulsa dan masa aktif dari kartu yang sedang kamu gunakan.

4. Cek Lewat Aplikasi MyTelkomsel

Telkomsel menyediakan aplikasi resmi yang bernama MyTelkomsel. 

MyTelkomsel adalah layanan berbentuk aplikasi dari Telkomsel yang memudahkan pengguna untuk mencari berbagai penawaran Telkomsel, melihat penggunaan data, jumlah pulsa, paket untuk nomor Telkomsel, mengelola nama, email, dan koneksi akun sosial media, isi ulang pulsa, beli paket Telkomsel, mencari gerai GraPARI, mengetahui jumlah Telkomsel Poin, menukar Telkomsel Poin, maupun mengecek nomor apakah masih atau atau tidak.

Terkait:  Cara Aktifkan Paket Unlimited Telkomsel dengan Benar

Silakan unduh aplikasi ini terlebih dahulu jika belum memilikinya melalui toko aplikasi (Google Play Store atau App Store) dan login dengan nomor Telkomsel kamu. 

Di dalam aplikasi, nantinya kamu dapat mengecek status nomor, termasuk apakah masih aktif atau tidak.

5. Akses Situs Resmi Telkomsel

Cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak lainnya adalah melalui website resmi Telkomsel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka browser web di perangkat kamu.
  • Kunjungi situs resmi Telkomsel di telkomsel.com.
  • Pada halaman utama, cari opsi Asisten Virtual Telkomsel yang biasanya ada pada bagian bawah laman website.
  • Klik dan mulai obrolan dengan Asisten Virtual Telkomsel. Kamu dapat mengetik Hai pada kolom chat tersebut.
  • Selanjutnya, ketik Cek Pulsa pada kolom chat dan tunggu beberapa saat hingga Asisten Virtual selesai memproses informasi yang diminta.
  • Nantinya Asisten Virtual akan membalas dengan menampilkan informasi pulsa maupun masa aktif nomor pengguna Telkomsel.

6. Ketahui Lewat Aplikasi Telegram

Jika menggunakan Telegram, kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mengetahui status masa aktif kartu Telkomsel yang digunakan, yaitu dengan menghubungi Veronika (Asisten Virtual Telkomsel).

Adapun langkah-langkah cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak lewat Virtual Asisten Veronika di telegram adalah sebagai berikut:

  • klik tautan ini: tsel.me/telegramVA
  • Lalu, kamu akan dialihkan ke halaman chat Telegram Veronika.
  • Klik send message dan pilih START untuk memulai percakapan.
  • Selanjutnya, ketik masa aktif pada kolom chat dan klik kirim
  • Ikuti arahan yang diberikan oleh Veronika hingga muncul pilihan cek masa aktif.

7. Menggunakan Aplikasi WhatsApp

Telkomsel juga menyediakan layanan Asisten Virtual di aplikasi WhatsApp yang dapat digunakan dengan mudah termasuk untuk mengetahui masa aktif kartu Telkomsel. Berikut langkah-langkahnya:

  • Hubungi WhatsApp Telkomsel  di nomor +62 811-11111111, lalu mulai percakapan.
  • Ketik Hai pada kolom chat di nomor tersebut, lalu kirim.
  • Kirim Cek Pulsa pada kolom chat setelah menerima balasan.
  • Tunggu sesaat hingga kamu mendapatkan balasan chat yang memuat informasi pulsa serta masa aktif kartu.
Terkait:  Cara Cek Pulsa Telkomsel Lewat SMS, Gampang Lho!

8. Melalui X atau Facebook

Cara cek status aktif kartu Telkomsel juga bisa lewat media sosial, seperti X (Twitter) atau Facebook. Memangnya bisa? Bisa banget. 

Telkomsel memiliki akun X official dan Facebook official yang bisa pelanggan gunakan untuk menyampaikan berbagai kendala saat menggunakan layanan kartu Telkomsel.

Admin Telkomsel di akun media sosial X maupun Facebook pun cukup aktif sehingga pelanggan tidak perlu khawatir jika tidak bisa mendapatkan solusi dengan cepat.

Lalu, bagaimana cara mengecek status kartu Telkomsel masih aktif atau tidak lewat X atau Facebook? Caranya sangat mudah.

Kamu hanya perlu mengirimkan DM (direct message) atau mention akun Telkomsel official di X (Twitter) atau Facebook, lalu menyampaikan kendala yang sedang dihadapi. Nantinya, admin akan membalas dan meminta informasi nomor kamu untuk dicek. Tunggu hingga mendapatkan balasan.

Pastikan yang kamu hubungi adalah akun resmi media sosial resmi Telkomsel.

9. Hubungi Layanan Pelanggan Telkomsel

Jika kamu masih merasa ragu atau tidak dapat mengecek status nomor dengan cara-cara di atas, hubungi layanan pelanggan Telkomsel. Tim dukungan pelanggan akan membantu untuk memverifikasi apakah nomor kamu masih aktif atau tidak.

10. Datangi Gerai Layanan Pelanggan (GraPARI)

Kamu juga bisa mendatangi gerai GraPARI langsung apabila memiliki waktu. Petugas di sana dapat membantu untuk memeriksa status nomor dan memberikan informasi lebih lanjut mengenai nomor Telkomsel yang kamu gunakan.

Mengecek apakah nomor Telkomsel masih aktif atau tidak sebenarnya cukup mudah dengan menggunakan metode-metode di atas. Penting untuk selalu memastikan bahwa nomor yang kita miliki tetap aktif, terutama jika digunakan untuk berbagai keperluan seperti komunikasi pribadi, bisnis, atau transaksi online. 

Dari 10 cara cek nomor Telkomsel masih aktif atau tidak di atas, manakah yang menurutmu paling praktis?

Related posts