Telegram

Cara Menghapus Akun Telegram

Apakah cara menghapus akun Telegram bisa dilakukan dengan mudah? Simak ulasan berikut ini hingga akhir untuk menemukan jawabannya, terdapat banyak metode mudah yang juga bisa dicoba sesuai keinginan.

Telegram merupakan salah satu alternatif terpopuler untuk sosial media karena lebih kaya fitur dan aman, tetapi seperti setiap layanan messenger lainnya, terlalu banyak percakapan bisa membosankan dan membuat frustrasi.

Apakah kamu ingin menghapus akun Telegram secara permanen? Apakah kamu bertanya-tanya mengapa kamu tidak dapat menemukan opsi penghapusan akun di aplikasi telegram selular kamu? Maka kamu berada di tempat yang tepat karena kami di sini akan memberikan kamu prosedur yang sederhana untuk menghapus akun telegram secara permanen dalam waktu singkat.

Apa yang Terjadi Ketika Menghapus Akun Telegram?

Kamu harus selalu ingat bahwa setelah menghapus akun Telegram, kamu tidak bisa mendapatkannya kembali. Bahkan jika kamu mengunduh dan menginstal Telegram lagi, semua obrolan, grup, daftar kontak kamu, dll. akan dihapus secara permanen.

Ketika kamu mendaftar akun Telegram nanti, kamu tidak akan dapat memulihkan riwayat obrolan Telegram dan akses ke saluran dan grup yang dibentuk sebelum menghapus akun Telegram.

Ada beberapa langkah untuk cara menghapus akun Telegram kamu. Kamu harus tahu sebelumnya bahwa setelah kamu menghapus akun kamu, hal itu tidak dapat dikembalikan lagi.

So, untuk menghapus akun Telegram kamu bisa coba beberapa metode yang disarankan berikut ini.

Cara Menghapus Akun Telegram

Menghapus Akun Telegram

Ada banyak metode yang bisa dipakai untuk menghapus akun Telegram baik secara permanen maupun sementara. Simak panduan beserta langkahnya berikut ini.

Cara Menghapus Akun Telegram Permanen

Metode pertama yaitu kita bisa menghapus akun Telegram secara permanen dengan langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Buka Browser

Langkah pertama, tentunya kamu harus buka dulu kunci layar smartphone yang kamu pakai untuk mulai digunakan. Baru setelahnya kamu bisa langsung buka browser di smartphone-mu, bisa pakai Google Chrome atau browser lain sesukamu.

Langkah 2: Kunjungi Telegram Delete Account

Selanjutnya, kamu bisa langsung kunjungi https://my.telegram.org/auth?to=deactivate atau ketikkan url tersebut pada address bar di browser.

Langkah 3: Input Nomor Telegram

Lanjut setelah link/tautan tersebut terbuka, kamu bisa langsung input atau masukkan nomor Telegram kamu beserta kode negara.

Sebagai contoh, input nomor +6285641234567. Sebagai catatan, +62 adalah kode negara Indonesia sementara 085641234567 adalah contoh nomor Telegram.

Langkah 4: Masukkan Kode Verifikasi

Usai memasukan nomor Telegram kamu yang akan dihapus, selanjutnya tekan tombol Next dan tunggu beberapa saat hingga ada notifikasi pesan masuk yang berupa kode autentikasi.

Jika kamu sudah dapat SMS berupa kode autentikasi, maka langsung saja masukkan kode tersebut ke kolom yang sudah disediakan pada link/tautan web untuk hapus akun Telegram.

Langkah 5: Hapus Akun Telegram

Apabila kode autentikasi sudah dimasukkan ke kolom yang tersedia, langsung saja tekan tombol Sign In untuk masuk ke akun Telegram yang akan dihapus.

Kemudian, akan tampil beberapa perintah menu sesuai dengan fungsi masing-masing. Nah, untuk menghapus akun Telegram secara permanen kamu bisa tekan menu Deactivate account.

Langkah 6: Selesai

Setelah perintah Deactivate account dipilih, akan ada konfirmasi ulang atas penghapusan akun Telegram kamu. Kamu bisa berikan masukan alasan kamu menghapus akun Telegram pada kolom Why are you leaving?.

Lalu usai kamu mengisi alasan kenapa kamu menghapus akun Telegram, langsung saja pencet tombol Done untuk mengakhiri proses.

Langkah akhir, untuk menyelesaikan proses penghapusan akun Telegram kamu bisa tekan tombol Yes, delete my account.

Cara Menghapus Akun Telegram Sementara

Selanjutnya, apabila kita hanya ingin menghapus akun Telegram untuk sementara dan ingin kembali menggunakan lagi suatu saat nanti bisa menggunakan langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah awal, langsung saja buka aplikasi Telegram di smartphone kamu.
  • Berikutnya, kamu bisa klik icon garis tiga ≡ di pojok kiri atas untuk memunculkan perintah menu utama Telegram.
  • Lanjutkan dengan memilih dan tekan Pengaturan atau Setting.
  • Lalu pilih Privasi dan Keamanan.
  • Disinilah kita akan hapus akun Telegram sementara, tekan menu Hapus akun saya jika tidak ada.
  • Kemudian pilih dan tentukan batas waktu yang diinginkan untuk kembali menggunakan Telegram.
  • Selesai.

Menghapus Akun Telegram Secara Manual

Tidak ada opsi ‘hapus akun / delete account di aplikasi Telegram. Penghapusan harus dilakukan melalui browser web baik di perangkat seluler atau komputer kamu. Ikuti langkah-langkah sederhana cara menghapus akun Telegram  ini:

  1. Kunjungi Halaman ‘Penonaktifan Telegram / Telegram Deactivation Page’ dan masukkan nomor telepon akun kamu dalam format internasional yang benar. (Indonesia menggunakan kode +62)
  2. Kamu akan diminta untuk menambahkan ‘kode konfirmasi / confirmation code’, yang telah dikirim ke nomor ponsel kamu.
  3. Pada halaman berikutnya, kamu dapat memasukkan alasan untuk pergi / a reason for leaving jika kamu memilih, sebelum mengklik ‘Selesai / Done.
  4. Akan ada jendela baru yang muncul dan menenyakan ‘Apakah Kamu yakin? / Are You Sure?’. Kemudian Klik ‘Ya, Hapus Akun Saya / Yes, delete My Acoount.
  5. Akun Telegram kamu sekarang dihapus dan kamu dapat menghapus aplikasi tersebut dari perangkat kamu.

Jika kamu berubah pikiran, kemungkinan beberapa hari sebelumnya, kamu dapat membuat akun Telegram baru.

Cara Mengekspor Data Telegram

Sebelum menghapus Telegram, kamu mungkin ingin mengekspor data kamu, seperti obrolan, foto, dan media lainnya.

Kamu memerlukan Telegram Desktop versi terbaru untuk mengunduh data kamu dalam format JSON atau HTML. Untuk mengekspor data kamu, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Telegram Desktop dan pilih ‘Pengaturan / Settings.
  2. Pilih ‘Ekspor Data Telegram / Export Telegram Data’.
  3. Kemudian pilih ‘Ekspor Riwayat Obrolan / Export Chat History’, dan pilih jenis data yang ingin kamu ekspor.
  4. Kamu sekarang dapat melihat data Telegram kamu secara offline.

Cara Lain untuk Menjaga Data Kamu Tetap Pribadi

Telegram tidak asing dengan kontroversi, tetapi bukan satu-satunya aplikasi obrolan yang keamanannya dipertanyakan. Dengan peretas menjadi lebih canggih dari sebelumnya, tidak pernah lebih penting untuk menjaga data pribadi online kamu.

Ada sejumlah langkah yang dapat kamu ambil untuk meningkatkan keamanan online kamu yang mencakup menggunakan VPN berkualitas tinggi saat menjelajah web, streaming, atau mengirim informasi secara online.

Nah, berhubungan dengan VPN maka kamu bisa baca cara menggunakan VPN di Xiaomi.
Atau bisa juga pakai cara menggunakan VPN Master dan VPN Turbo.

Mudah digunakan, VPN memberikan perlindungan online yang komprehensif, mencegah pelanggaran sebelum terjadi. Dengan menggunakan beberapa lapis perlindungan dan enkripsi, koneksi kamu bersifat anonim, aman, dan pribadi.

Akhirnya, lengkap sudah ulasan mengenai cara menghapus akun Telegram beserta beragam metode pilihan sesuai kebutuhan untukmu. Kami masih banyak panduan untuk menggunakan teknologi lainnya di PindahLubang.com.

So, kamu harus selalu baca dan ikuti perkembangan artikel terbaru setiap harinya disini ya bangs. Terakhir, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman kamu dimanapun berada.

Aulia Ika Nandasari

Pretty writer asal Blitar, Jawa Timur. Berpengalaman sejak 2014, Join team Pindahlubang.com sejak Mei 2020. Will gladly accept your criticism and suggestions.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago