Biaya

Cara Bermain Bibit

Kelahiran tahun 90an, tahu dong dengan lagu yang berjudul ayo menabung. Dalam liriknya, terdapat sepenggal nasihat,“ayo menabung! Tak usah bingung”. Kalimat tersebut, sangat cocok untuk menggambarkan manfaat dari kehadiran aplikasi Bibit. Dimana, para pengguna dapat melakukan berbagai kegiatan investasi. Mau jangka panjang atau pendek? Pasti bisa.

Tak kenal, maka tak sayang. Sebelum kalian terlanjur mempercayakan uang yang dimiliki ke sebuah perusahaan, apalagi untuk keperluan investasi. Ada baiknya, kenalan dulu dengan latar belakang dari Bibit Reksadana satu ini. Bibit merupakan, salah satu aplikasi yang menawarkan penjualan efek reksadana (APERD) secara daring.

Awal mulanya, usaha yang dikenal dengan Bibitnomic adalah, sebuah platform berbasis tabungan investasi. Kemudian, mulai diakuisisi oleh perusahaan Stockbit di bulan Oktober 2018 silam. Tidak lama setelah itu, selang setahun berikutnya. Mulai diluncurkan ke publik dengan tramsformasi nama baru. Kini, bernama Bibit.

Tepat di bulan Januari 2019, kemunculan dari Bibit langsung booming seketika. Penyebarannya saja, sudah menguasi beberapa wilayah di Indonesia. Sebanyak 518 kota dan provinsi, berhasil dikendalikan oleh Bibit. Dari ujung Aceh sampai ke Papua. Berdasarkan survey, rata-rata penggunanya berada dibawah umur 35 tahun. Berikut cara bermain Bibit.

Cara Bermain Bibit

Cara Bermain Bibit

Cara Bermain Bibit Saham

Ada beragam cara yang bisa kalian pilih untuk menabung. Tapi, yang pasti menabung untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda, harus melalui jalur investasi. Memang tidak dapat dipungkiri, berinvestasi tidak melulu memberikan hasil untung saja. Kerugian juga sangat mungkin dirasakan oleh para investor.

Semakin tinggi nilai keuntungan yang diperoleh, besar juga resiko kerugiannya. Jadi, cukup seimbang. Kalau mau tidak rugi, ya gunakan saja Bibit. Melalui aplikasi tersebut, kalian bisa menemukan!. Pilih saja sesuai kebutuhan pribadi masing-masing. Ada saham, obligasi, emas, dan lainnya.

Saat awal registrasi, kalian akan diarahkan ke beberapa pertanyaan. Pengguna dapat memilih model seperti apa yang ingin ditunjukkan oleh Bibit kedepannya. Ketika seseorang lebih ingin berinvestasi dengan keuntungan yang sebesar-besarnya. Otomatis, segala arahan investasi yang ditampilkan, diatur untuk meningkatkan nilai laba. Tentu ada resikonya.

Begitupula sebaliknya. Saat kalian lebih condong untuk meminimalisir kerugian yang diperoleh saat berinvestasi, itulah yang ditampilkan. Sebagian besar rekomendasi investasinya, terpaku untuk memperkecil kemungkinan kemerosotan dari nominal rupiah yang telah diinvestasikan. Namun, laba yang diperoleh juga tidak terlalu besar.

Cara bermain Bibit saham, buat kalian yang termasuk kedalam kategori investor pemula. Memang bukan perkara yang mudah. Seseorang perlu terus menerus belajar, terutama dalam hal memilih saham yang sesuai dengan kemampuan diri. Mempelajari perihal kapan waktu yang tepat untuk menjual kembali saham yang dimiliki, juga membutuhkan proses.

Akan tetapi, melalui aplikasi ini, pengguna akan diberikan panduan kapan dan bagaimana cara bermain Bibit. Pemilihan Reksa Dana yang baik, dipandu langsung oleh para ahli manajer investasi melalui notifikasi. Saham yang nantinya kalian pilih, akan berhubungan dengan harga NAB. Apa itu NAB?

NAB atau Nilai Aktiva Bersih, merupakan harga yang ada dalam pasar saham. Nilai yang terdapat dalam skema reksadana, nantinya dikurangi dengan biaya administrasi. Melalui cara inilah, seseorang dapat mengukur tingkat untung rugi yang didapatkan. Kalau diawal pembelian kalian membeli saham dengan harga NAB rendah. Lalu saat dijual jadi tinggi.

Berdasarkan kasus tersebut, investor setidaknya mendapatkan keuntungan. Meskipun, nilai untungnya tidak terlalu tinggi seperti yang diharapkan. Tapi, kalau kalian memilih diawal ingin mendapatkan untung yang besar. Maka, Bibit pasti hanya menyajikan berbagai pilihan saham yang nantinya memberikan laba berlipat ganda. Selaras dengan resiko kerugiannya.

Bagaimana Cara Bermain di Bibit?

Pertama-tama, aplikasi Bibit hanya menggunakan teknologi yang mengedepankan sistem keamanan tinggi, untuk menjaga data para penggunanya. Oleh karena itu, cara Loginnya juga pintar. Melalui biometric system, seperti contohnya face ID maupun fingerprint . Sehingga, kalian dapat merasa lebih aman. Karena, aksesnya saja tidak sembarangan.

Berikutnya, hal yang paling terpenting, uang kalian tidak disimpan dalam Bibit layaknya e-wallet pada umumnya. Melainkan, penyimpanan dana langsung dikendalikan penuh oleh bank kustodian. Diantaranya, BNI, BCA, dan HSBC. Sesuai peraturan yang telah diatur OJK, aplikasi Bibit hanya sebagai media pembelian saham, bukan tempat penyimpanan uang.

Oleh karena itu, pengguna dapat mencairkan hasil investasinya kapanpun. Andai kata nih, terjadi masalah dalam perusahaan Bibit, uang kalian tetap aman. Lalu, bagaimana cara bermain Bibit? Pastinya, jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah akun kalian terkonfirmasi oleh sistem, barulah aplikasi dapat digunakan.

Investasi, adalah salah satu usaha menabung untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik. Sehingga, Bibit memberikan gambaran kepada kalian. Bila suatu hari, ingin pensiun dari hiruk pikuknya dunia kerja yang telah dijalani selama ini. Buat pengguna yang sudah terlanjur menetapkan usia pensiunnya. Lalu, ingin diubah targetnya. Berikut penjelasannya!

1. Login aplikasi Bibit

Sebelumnya, sudah diberitahukan. Kalau kalian ingin login ke akun. Butuh verifikasi berupa fingerprint atau melalui recognation face. Kemudian, jangan lupa untuk memasukkan kode PIN yang telah ditentukan. Akan lebih baik lagi, ketika menggunakan aplikasi Bibit tidak memanfaatkan WIfi publik. Hal tersebut dikarenakan, resiko kebocoran datanya tinggi.

Demi mencegah hal-hal negatif. Sebaiknya, pengguna juga harus lebih berhati-hati. Meskipun, kali ini hanya bertujuan untuk mengubah usia dana pensiun. Bukan berarti kalian bisa lengah. Tetap saja, data diri milik pengguna sudah tersimpan oleh sistem. Tapi tenang, tim tekonologi Bibit, sudah berpengalaman di industri Fintech. Jadi, sudah pasti aman.

2. Buka menu “Lihat Portofolio”

Cara bermain Bibit, salah satunya dimulai dengan menambah portofolio. Kali ini, anggaplah kalian sudah mengisi dan menentukan hingga tahapan dana pensiun. Dalam laman portofolio tersebut, pengguna dapat melihat besar nilai yang diperoleh. Mulai dari keuntungan sampai dengan imbal hasil. Kan menentukan beli sahamnya melalui agen, jadi ada yang diberikan.

Kecuali, kalian tidak menggunakan jasa bantuan dari para ahli investor. Maka, tidak ada bagian imbal hasilnya. Akan tetapi, untuk tingkat pemula pasti sangat berat. Mereka yang sebelumnya awam dengan pasar saham, lalu tiba-tiba dipaksa untuk memahaminya. Tahu sendiri kan akhirnya seperti apa, rata-rata sih berantakan. Kalau kurang beruntung.

3. Pilih “Dana Pensiun”

Setelah tampilan Dana Pensiun tampak di layar perangkat kalian, lanjutkan dengan memilih Edit. Pengguna akan ditampilkan onTrack. Dimana, isinya terdapat jumlah dana yang harus tercapai sebelum pensiun. Ada juga alokasi aset pribadi yang bisa ditentukan sesuai kebutuhan pribadi. Pasar uang, mewakili hasil pembelian investasi dalam bentuk saham.

Obligasi, juga termasuk investasi. Obligasi adalah, surat berharga yang didalamnya berisikan perjanjian antara pihak perusahaan emiten (peminjam) dan pemberi dana (investor). Laba yang diperoleh oleh pemilik sertifikat ini, berasal dari bunga yang dibayarkan rutin oleh pihak penerbit. Jumlah rupiah masing-masing jenis investasi, dapat diatur.

4. Klik tombol “Simpan”

Selain mengatur alokasi aset, kalian juga wajib menentukan usia ketika pensiun. Misalnya, usia 50 tahun atau lebih dari itu. Pokoknya, pengguna yang menargetkannya sendiri. Secara otomatis, sistem akan menampilkan besar jumlah per bulan yang harus ditabung. Target saldo tabungan bulanan tersebut, dilihat berdasarkan berapa uang yang ingin dikumpulkan.

Dalam laman Edit Portoflio, terlihat nama portofolio yang ditujukan untuk dana pensiun. Dilanjutkan dengan besar nominal rupiah yang ingin dicapai sampai usia pensiun tiba. Kemudian, tentu jumlah yang harus kalian tabung setiap bulannya. Cek semua data tersebut, apakah sudah sesuai dengan perubahan yang dilakukan. Lalu, klik simpan.

Itulah penjelasan mengenai cara bermain Bibit. Kalian juga bisa mendapatkan info seputar cara bermain Bibit saham dan bagaimana cara bermain di Bibit. See  you on the next days. Simak juga ulasan cara bermain Binance. Keep saving and do more what you want. Bye!

 

 

Ryzka Damayanti

Someone who likes eat, loves cat, imaginer, and she browsing a lot about manhwa almost everyday

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago