Instagram

Cara Akun Bisnis Instagram

Instagram merupakan salah satu aplikasi sosial media yang banyak digunakan untuk bisnis dan usaha. Maka dari itu, kamu harus tahu cara akun bisnis Instagram supaya bisa memasarkan barang atau produk jualan sehingga dapat dikenal semua orang.

Secara umum masyarakat biasa sampai tokoh publik sering mengunggah berbagai macam bisnisnya melalui platform ini. Pasalnya, efektifitasnya lebih tinggi dan promosinya luas, agar kamu dapat mengenalkan produk unggulan kepada siapa saja melalui unggahan foto maupum video.

Kamu tidak selalu menggunakan Instagram untuk kebutuhan pribadi seperti mengabadikan momen liburan di dalam maupun luar negeri. Bagaimana tidak, sebagian besar masyarakat justru semakin menyampingkan kebiasaan tersebut dan mengandalkan sosial medianya sebagai ladang cuan.

Tak bisa dipungkiri tingkat pemasaran melalui Instagram lebih tinggi daripada aplikasi serupa lainnya. Jangan heran omset bulananmu semakin bertambah dengan mengubah akun personal menjadi akun bisnis di Instagram saat ini juga.

Cara Akun Bisnis Instagram

Cara Akun Bisnis Instagram

Belakangan ini penggunaan aplikasi sosial media semakin berkembang dan diminati seluruh lapisan masyarakat di Indonesia. Seperti kita tahu berbagai macam platform menyuguhkan fitur-fitur menarik untuk menunjang penampilanmu saat di depan kamera.

Kalian akan tetap percaya diri dan tampil lebih seru saat mengabadikannya di sosial media masing-masing. Namun, sebagian besar orang justru menggunakan sosial media seperti Instagram untuk kebutuhan bisnis dan usaha agar omset bulanan bertambah dan saldo rekening semakin gendut.

Instagram termasuk salah satu dari tiga aplikasi sosial media yang dipilih masyarakat untuk memasarkan berbagai macam produk yang dijual. Tak hanya itu, Instagram bahkan bersaing dengan Facebook dan Twitter sebagai platform terbaik dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia.

Jangan heran sosial media ini semakin diminati semua kalangan agar kamu dapat menjual berbagai macam barang dengan cepat. Kamu cukup memanfaatkan layanan akun bisnis Instagram dan siap-siap konsumen akan silih berganti membeli produk yang kamu jual.

Cara Akun Bisnis Instagram, Cepat dan Menguntungkan

Barangkali kalian sedang butuh informasi tentang cara membuat akun bisnis Instagram, kami akan bantu memecahkan masalahnya supaya kalian bisa langsung promosi semua barang jualan ke platform tersebut. Kamu bahkan tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun selama menggunakan akun bisnis Instagram.

Pasalnya, pihak aplikasi menerima semua orang mengubah akun personal menjadi akun bisnis. Pastikan kalian memilih kategori sesuai sehingga pengguna lain dapat menemukan akun kalian dan tertarik memberi barang jualannya.

Apa itu Instagram Bisnis?

Instagram Bisnis merupakan akun yang dibuat untuk kepentingan bisnis dan usaha. Selain itu, fitur-fitur yang disediakan berbeda dengan akun Instagram pribadi (personal). Kamu bahkan bisa menjangkau semua pengguna melalui promosi.

Apabila kamu baru bergabung dengan Instagram Bisnis dan sudah mempunyai usaha yang jelas, segera aktivasi akunnya untuk memasarkannya ke semua orang. Tak bisa dipungkiri melakukan pemasaran (marketing) melalui Instagram diklaim efektif sehingga produk jualan dapat dibeli dan didistribusikan secara optimal.

Instagram Bisnis mempunyai salah satu fitur yang memudahkan pengguna dalam mengelola semua data pelanggan, contohnya activity insight dan content. Tak hanya itu, akun bisnis Instagram punya menu button yang bakal mengarahkan ke email atau kontak bisnis kalian.

Beberapa orang mengaku puas bahkan yakin dengan semua pelayanan dari akun bisnis Instagram. Kamu bahkan tidak perlu khawatir semua produk jualan sulit dipasarkan, karena promosinya bisa berjalan efektif selama konten dan caption yang digunakan menarik untuk menyita perhatian publik.

Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

  • Silakan masuk ke dalam akun Instagram dengan menggunakan username dan password.
  • Klik logo 3 baris di pojok kanan atas, pilih menu Setting.
  • Kemudian, klik Switch to Professional Account.
  • Pengguna akan diminta menentukan jenis profil yang hendak dipakai. Apabila pengguna akan memakai Instagram untuk berbisnis, pilih menu profil Business.
  • Apabila pengguna merupakan seorang content creator maupun influencer, pilih menu profil Creator.
  • Tentukan kategori bisnis yang dimiliki. Silakan ketik keyword kategori pada kolom search.
  • Klik Next.
  • Berikutnya, isi beberapa data yang belum lengkap seperti lokasi bisnis dan nomor telepon pada halaman review kontak, klik Next.
  • Pengguna bisa menghubungkan akun Instagram dengan Facebook. Gunanya supaya mengatomisasi unggahan pada laman Facebook saat pengguna mengunggah konten di akun bisnis Instagram.
  • Apabila pengguna tidak punya laman Facebook, klik Don’t Connect to Facebook Now.
  • Selanjutnya, isi data profil bisnis dengan nama, alamat website (optional), username, biografi dan foto profil.
  • Klik Done.
  • Selesai.

Keutamaan Akun Bisnis Instagram

  • Instagram Insights
    Insights adalah sebuah tools analystic yang menampilkan data setiap aktivitas yang terjadi pada akun kalian. Kalian bisa melihat performa akun bisnis Instagram secara lengkap mulai dari skala impresi, jumlah followers sampai data demografi.

    Kalian tiak bakal menemukan keutamaan analisa data ini saat menggunakan akun personal. Kalian mungkin hanya bisa melihat jumlah likes dan komentar untuk mengukur berapa besar performa bisnis yang bakal diperoleh.

  • Instagram Ads (Advertisement)
    Ads (Advertisement) akan membantu kalian dalam menjangkau audience lebih banyak, sehingga orang-orang yang mengakses profil dan melihat semua produk jualan semakin banyak. Kalian bisa menargetkan audience lebih spesifik sesuai demografi, umur, behaviour, interest dan lainnya.

    Selain itu, iklan kalian juga bakal muncul secara otomatis di berbagai macam titik ketika mereka sedang scrolling timeline Instagram masing-masing. Kalian juga bisa menampilkan iklan pada sela-sela story para audience.

  • Tombol Email dan Kontak
    Secara umum akun bisnis Instagram mempunyai dua tombol unik, yakni email dan kontak. Apabila kalian sudah menggunakan akun bisnis, maka bisa dipastikan keduanya akan muncul bahkan perlu digunakan.

    Walaupun dianggap sepele, tapi tombolnya mampu memudahkan para pengunjung alias audience yang butuh bantuan kalian secara darurat. Mereka bahkan mampu menjangkau kalian lebih cepat dan efektif, sehingga kalian dapat mengajak siapapun untuk melakukan Kerjasama bisnis dalam jangka panjang.

Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis

Kamu bisa memaksimalkan penggunaan akun bisnis Instagram dengan menentukan target audience, karena kalian harus tahu siapa saja yang tidak boleh dilewatkan saat unggahanmu berada di linimasa. Gunakan waktu semaksimal mungkin untuk melakukan riset audience yang benar.

Secara umum metode ini akan selalu menyesuaikan dengan bidang atau produk yang dipasarkan. Pastikan kalian memberikan harga menarik agar mereka dapat mengunjungi profilmu terus menerus karena penawaran harganya sebanding dengan kualitas produknya.

Kalian juga harus memaksimalkan informasi profil akun bisnis Instagram, sehingga audience tidak dapat bertanya lagi dan tahu semua hal mengenai usaha yang kalian jalani. Biasanya sebuah biografi Instagram tidak boleh melampaui 150 karakter.

Maka dari itu, kalian sebisa mungkin harus memanfaatkan limit tersebut untuk menjelaskan soal produk dan waktu penjualan secara jelas. Jangan heran orang-orang akan berminat bahkan merekomendasikan kepada kerabat mereka berkat informasi biografi yang transparan dan efektif.

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

2 months ago