Cara Cancel Tokopedia

Cara Cancel Tokopedia

Cantik Fest, promo gila-gilaan, semua event ini bisa kalian temukan dalam satu aplikasi saja. Nama aplikasinya, tidak lain adalah Tokopedia. Kerennya lagi, perusahaan yang bergerak di bidang finance and marketing tersebut, milik karya anak bangsa. Bukan perusahaan dari luar negeri yang numpang berkembang di tanah air. Yuk cari tahu, cara cancel Tokopedia!

Sebelumnya, kalian juga harus tahu keuntungan yang diberikan oleh platform belanja online satu ini. Kamu bisa menggunakan OVO, atau bahkan Gopay sebagai metode pembayarannya. Selain dari pengisian saldo di akun Tokopedia itu sendiri, pastinya. Masih ada lagi, temukan beragam produk dengan penawaran diskon hingga 90%. Klaim juga vouchernya biar murah.

Apa yang murah? Jumlah dari keseluruhan harga yang perlu dibayarkan oleh pihak pembeli. Karena Tokopedia tetap memasukkan biaya ongkos kirim, meskipun ada voucher. Tapi nih, Kamu bisa apply dua sekaligus atau bahkan tambahkan potongannya dari poin yang telah dimiliki. Siapa tahu, barang incerannya bukan hanya tambah murah, tapi juga bisa jadi gratis.

Poin yang telah dimiliki, semuanya dapat dipakai atau diakumulasikan sampai nol ketika mau check out pesanan. Oleh karena itu, pastikan kalian selalu gunakan voucher cashbacknya biar tidak menyesal. Ikuti juga Tokopedia live. Siapa tahu, Kamu salah satu orang yang beruntung. Hadiahnya dijamin bikin tetangga iri deh… ada TV, smartphone, microwave, bahkan motor.

Cara Cancel Tokopedia

Cara Cancel Tokopedia
Cara Cancel Tokopedia

Cara Cancel Tokopedia Seller

Bosan menghabiskan cuan setiap hari? coba saja peruntungan kalian melalui buka toko online di aplikasi Tokopedia. Selain cara bergabung yang mudah, para penjual bisa memulainya dari 0 rupiah. Artinya, perusahaan tidak memberikan peryaratan khusus. Apalagi, kalau urusannya uang. Siapa tahu juga kan, impian Kamu yang selama ini cuman ada di mimpi bisa terwujud.

Terkait:  Cara Cek Penggunaan Data IndiHome, Wajib Tahu!

Cara cancel Tokopedia seller. Sebelum beralih membahas prosedur pembatalan pesanan oleh penjual. Kalian harus ngerti nih, bagaimana langkah-langkahnya untuk memulai bisnis atau usaha berbasis online . Melalui aplikasi ini, siapapun dapat membuka toko perdana hanya dalam beberapa menit. Bahkan, tidak sampai 5 menit. Sudah langsung ready terima pembeli.

Keuntungan yang bisa kalian rasakan ketika memulai usaha di Tokopedia. Kamu, bisa raih peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan. Soalnya, aplikasi ini sudah memiliki lebih dari 90 juta orang pengguna yang berperan aktif di setiap bulannya. Masih kurang? Tenang. Ada reward buat seller yang berhasil upgrade ke power merchant. Biar makin terpercaya!

Biar bisnisnya semakin lancar, kalian harus tahu jenis barang apa saja yang diperbolehkan dan sebaliknya. Soalnya nih, mengingat di tanah air banyak hukum yang berlaku. Urusan jual-beli minuman keras, termasuk ilegal. Daripada malah di banned oleh sistem. Lebih baik, kalian hindari hal yang dilarang. Ini dia, beberapa jenis produk yang dimoderasi di Tokopedia.

1. Pelanggaran HAKI

Cara cancel Tokopedia, masih jauh lebih mudah dibandingkan dengan kalian yang terlanjur melanggar HAKI. Pasalnya, segala tindakan yang bersifat disengaja ataupun tidak sengaja jika terbukti melanggar pasti akan terkena sanksi. Baik itu, hak kekayaan intelektual, hak cipta, merek dagang, atau bahkan hak milik lain dalam jenis apapun. Contoh, jual tas imitasi.

2. Produk Kategori Dewasa dan Pornografi

Aplikasi Tokopedia, tidak membatasi usia orang yang mengunduh. Apalagi, kalau sampai ia juga ikut berperan aktif sebagai customer dari toko yang berada di bawah naungan perusahaan tersebut. Seller yang terbukti menampilkan judul, gambar, hingga deskripsi produk dengan unsur dewasa. Tentu, akan dianggap melanggar batasan norma yang berlaku.

Terkait:  Cara Beli Masa Aktif Telkomsel

3. Produk dari MLM

Produk yang berasal dari unit kegiatan usaha MLM, termasuk ke dalam produk yang dilarang diperjualbelikan di Tokopedia. Hal tersebut dikarenakan, hak dari sistem distribusinya sangat eksklusif. Dimana, baik penjual ataupun pembeli sama-sama harus menjadi anggota terlebih dahulu. Sedangkan, di aplikasi ini, tidak mengenal istilah recruitement member dari customer.

4. Produk Bersifat Ilegal dan Berbahaya

Cara cancel Tokopedia, perlu kalian perhatikan ketentuannya. Sama halnya dengan produk yang akan kalian masukkan ke dalam etalase toko. Adapun maksud dari poin satu ini, seller dilarang berjualan dalam bentuk meterai, uang tunai, produk mistis, dokumen resmi, atau senjata. Termasuk juga bila itu berbentuk bahan peledak, dan obat berbahaya. Watch out!

 Cara Cancel Tokopedia yang Sudah Dibayar

Batalkan pesanan Kamu secara instan. Nanti, tunggu proses pengembalian dana kalian dalam waktu kurang lebih 2×24 jam.Toppers, akan mendapatkan saldonya kembali sesuai dengan cara ketika melakukan pembayaran. Misal, dibayarnya menggunakan dua metode. Pertama, saldo akun, dan OVO. Maka, saat uang dikembalikan akan masuk kembali ke dua tempat itu.

Cara cancel Tokopedia, kalian harus menuliskan kendala yang terjadi. Adapun penyebab dari dibatalkannya transaksi karena 6 hal:

  • Penjual tidak menerima pesanan
  • Jumlah yang ditransfer ke seller, tidak sama dengan total keseluruhan belanja
  • Salah memasukkan saldo saat proses transaksi. Misal, ditransfer ke rekening Tokopedia
  • Seller lupa mengisi nomor resi dalam kurun waktu 2×24 jam di hari kerja (kecuali hari Sabtu, Minggu, serta LiburNasional) atau juga (H+2). Dihitung ketika kalian selesai melakukan proses pembayaran, dan sudah diverifikasi
  • Transfer pembayaran dilakukan ketika sudah mendekati batas waktu yang telah ditentukan, atau bahkan melebihi batasan waktu tersebut
  •  Tidak ada respon dari penjual selama kurang lebih 1×24 jam pada hari kerja (kecuali hari Sabtu, Minggu, serta Libur Nasional). Dihitung ketika proses pembayaran kalian sudah terverfikasi
Terkait:  Cara COD di Tokopedia

Pembeli yang sudah terlanjur melakukan proses pembayaran, dapat melakukan pembatalan produk dalam dua cara. Pertama, ada cara instan dan dengan persetujuan dari seller. Toppers, mau batalkan pesanannya? Simak penjelasan berikut ini!

  1. Masuk ke halaman daftar transaksi> klik tab pada bagian status pesanan “Menunggu Konfirmasi”
  2. Klik salah satu produk yang akan klian batalkan
  3. Pilih tombol “Batalkan Pesanan
  4. Klik alasan kenapa kalian ingin membatalkan pesanan tersebut
  5. Lanjutkan cara cancel Tokopedia, dengan klik tombol “Batalkan Pesanan

Refund dana dari hasil pembatalan pesanan kalian akan menerima saldonya melalui GoPay, OVO, akun, ataupun limit dari kartu kredit yang digunakan. Sesuai dengan kondisi ketika melakukan proses pembayaran. Tenang saja, bukan berarti saldonya jadi mengendap.

Kamu, tetap dapat menggunakannya untuk melakukan transaksi lainnya. Tidak ada potongan biaya yang diakibatkan karena seseorang telah melakukan pembatalan pesanan. Akan tetapi, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan seller. Supaya, barang yang dibatalkan tidak dikemas atau bahkan dikirimkan ke alamat tujuan. Bisa juga, saldo ditarik ke rekening kalian.

Cara cancel Tokopedia, dilakukan oleh Toppers yang memiliki status pengiriman belum di update. Kalian, bisa memperhatikan ketentuannya disini:

  1. Produk yang dipesan bukan termasuk kategori pre order
  2. Batas waktu proses pesanannya, telah lebih daru kurun waktu yang ditentukan
  3. Ajukan pembatalan pesanan dengan adanya persetujuan dari pihak seller
  4. Pesanan kalian tidak mendapatkan reson dari seller hingga lebih dari 2×24 jam
  5. Refund saldo , dapat ditarik ke rekening atau digunakan untuk pembelian produk lain

Sekian penjelasan mengenai cara cancel Tokopedia. Kamu yang sedang mencari informasi cara cancel Tokopedia seller, dan cara cancel Tokopedia yang sudah dibayar, simak di atas. Semoga bermanfaat. See you on the next topics. Hope you all have a great day. Bye bye!

Similar Posts