Cara Endorse Makanan

  • Whatsapp

Bagaimana cara endorse makanan? Belakangan ini sebagian besar orang apalagi para influencer belum tahu sepenuhnya tentang mempromosikan berbagai macam makanan di media sosial. Sebab, kamu harus mengeluarkan kata atau kalimat yang memancing para followers untuk beli produknya.

Kamu tidak sekadar menikmati hidangan yang disediakan, namun mengajak siapa saja yang melihat dan menonton konten endorse untuk mencoba mencicipi dengan membeli makanan tersebut di penjual atau toko aslinya.

Read More

Apabila kamu seorang pebisnis bidang kuliner yang sedang berusaha mempromosikan makanan dan minuman jualanmu, sebaiknya gunakan jasa selebgram bahkan selebriti yang benar-benar bisa diandalkan untuk menarik simpati masyarakat.

Di samping itu, perhatikan kualitas dan rasa makanan yang bakal dipromosikan. Pasalnya, tidak semua orang suka apalagi bisa mengonsumsi produk yang kamu jual. Kamu perlu memastikan makanan yang dipromosikan benar-benar aman dan bisa dikonsumsi semua orang dari kalangan mana pun tanpa menimbulkan masalah kesehatan.

Cara Endorse Makanan
Cara Endorse Makanan

Kenapa Endorse Makanan Penting dalam Berbisnis?

Secara umum endorse makanan mempunyai makna penting yang harus diperhatikan setiap pebisnis kuliner. Apabila kamu sedang merintis usaha bidang tersebut dan ingin memasarkannya secara digital, poin-poin yang harus diperhatikan adalah :

  • Menyampaikan pesan brand dari produk yang dipromosikan.
  • Meningkatkan penjualan dengan jangkauan lebih luas.
  • Meningkatkan reputasi kalian dan produk yang dipromosikan.
  • Dikenal semua orang.

Cara Endorse Makanan

Belakangan ini orang-orang sedang mencari tahu bagaimana cara endorse makanan untuk menaikkan omset penjualan mereka. Secara umum seorang pebisnis kuliner tidak sekadar mempromosikan semua produknya melalui mulut ke mulut sampai media sosial lewat unggahan foto dan video.

Terkait:  Cara Kerja di Korea

Sebab, kamu harus mempromosikan langsung dengan bantuan seseorang baik selebgram atau influencer. Mereka sudah berpengalaman dan tahu trik marketing online demi menyedot perhatian publik untuk membeli bahkan mencoba barang yang dipromosikan.

Endorsement memang sudah menjadi salah satu kegiatan yang sedang naik daun dan dilakukan siapa saja, apalagi orang tersebut memang memiliki jumlah followers banyak di media sosial. Oleh karena itu, kamu harus memandangnya sebagai peluang besar yang tidak boleh dianggap sepele.

Kamu perlu bekerja sama dengan mereka yang berstatus sebagai influencer dan selebgram untuk upgrade produk makanan jualanmu. Jika kamu tidak punya link endorsement dengan mereka, kamu bisa coba sendiri dengan memperhatikan rahasia promosi makanan di media sosial yang tepat.

Kenali Profil Influencer

Untuk mempromosikan produk makanan ke media sosial, jangan pernah memilih dan mengajak seorang influencer yang benar-benar tidak sesuai dengan makanan yang dipromosikan. Mustahil bahwa kamu bakal melibatkan seorang influencer yang ahli dalam bidang kecantikan, sedangkan barang yang dipromosikan adalah makanan.

Tak bisa dipungkiri bila seorang pebisnis kuliner yang hanya sekadar menarik perhatian konsumen, pasti sulit meningkatkan kredibilitas bahkan sulit meraup cuan sesuai target masing-masing.

Bandingkan dengan Influencer Lain

Apabila kamu sudah mendapatkan salah satu influencer yang bakal mempromosikan makanan jualan di media sosial, maka kamu bisa membandingkannya dengan influencer lain. Pasalnya, setiap influencer pasti memiliki kinerja berbeda soal promosi sesuatu di internet.

Kamu harus menentukan mereka sesuai karakteristik dan produk yang dipromosikan. Influencer yang humble, humoris dan kreatif biasanya diandalkan untuk mempromosikan berbagai macam makanan supaya masyarakat, khususnya para followers mereka penasaran dengan makanan yang kamu jual.

Terkait:  Cara Kerja Chiller

Hubungi Influencer dengan Sopan

Jika kamu sudah membandingkan setiap influencer dan menemukan salah satu yang benar-benar cocok di antara mereka, kamu harus langsung menghubunginya melalui nomor telepon atau DM dengan sopan. Secara umum seorang influencer akan selalu menyediakan kontak berupa email dan nomor HP untuk memudahkan komunikasi dengan calon klien mereka.

Apabila influencernya punya jam terbang tinggi, hubungi managernya untuk kerjasama. Kenalkan bisnismu terlebih dulu dan sampaikan tujuanmu menghubungi mereka agar bekerja sama bidang endorsement di media sosial.

Riset Profil Influencer

Seseorang yang hendak bekerja sama dengan influencer pasti akan melakukan riset dan menanyakan engagement profil media sosialnya. Bagaimana tidak, keduanya menjadi aspek penting yang akan berdampak terhadap bisnismu sesudah dipromosikan melalui media sosial mereka.

Kamu bisa memperhatikan informasi detail seputar biografi, profil sampai jumlah followers di setiap platform nya. Apabila seorang influencer punya lebih dari 10,000 followers di media sosial maka kamu bisa menggaetnya untuk berbisnis dengan mempromosikan usahamu di platform resmi mereka.

Cari Tahu Rate Card Influencer

Secara umum rate card merupakan tarif yang ditetapkan untuk setiap unggahan endorsement di media sosial. Tak bisa dipungkiri seorang pebisnis yang akan bekerja sama dengan setiap influencer wajib menanyakan ini kepada mereka.

Pasalnya, kamu harus melakukan perhitungan secara cermat dan teliti agar budget dapat ditekan tanpa habis sia-sia. Apabila kamu punya budget sebesar Rp.10 juta dan influencer terpilih memasang budget Rp.15 juta, kamu boleh membatalkan kerjasama atau negosiasi kembali sampai mereka bersedia menerima rate card sesuai budget yang ada.

Lakukan Briefing Singkat

Kamu pasti belum tahu bahwa pebisnis yang sedang menjalin kerja sama dengan influencer harus melakukan briefing terlebih dahulu. Kegiatan tersebut biasanya disebut dengan Scope of Work Endorsement adalah segalanya yang boleh dan tidak dilakukan selama konten endorsement dibuat.

Terkait:  Cara Endorse Selebgram

Tujuannya supaya kamu bisa mencegah influencer membuat berbagai macam tindakan yang merugikan bahkan menurunkan value bisnis kamu. Pasalnya, bisnis kamu akan dipromosikan mereka dan sebaiknya mereka harus diarahkan untuk keluarkan kalimat promosi yang sopan.

Kirim Produk Uji Coba

Apabila kamu sudah sepakat dengan harga endorse yang ditawarkan influencer, kamu bisa mengirim sample kepada mereka untuk dianalisa dan dicoba terlebih dulu. Sebaiknya kamu mengemas makanan dengan keren dan rapi agar mereka dapat leluasa mempromosikannya di media sosial.

Kamu harus tahu bahwa seorang influencer biasanya akan endorse produk makanan dari unboxing sampai masuk ke mulut mereka. Tak bisa dipungkiri packaging (pengemasan) punya andil besar dalam menentukan trafik promosi di media sosial, serta popularitas bisnismu yang bakal dilirik banyak calon konsumen.

Gunakan Kalimat Promosi Menarik

Langkah terakhir adalah berikan penekanan kepada influencer untuk menggunakan kalimat promosi menarik dan memancing setiap pengikutnya supaya bisa membeli produk makanan jualanmu. Tak hanya itu, pastikan mereka benar-benar mengajak orang lain untuk segera beli barang tersebut.

Kamu bisa memberikan catatan kecil mengenai kalimat apa saja yang harus diucapkan kepada para pengikut mereka di media sosial. Selain itu, pastikan tidak ada bahasa aneh yang menyudutkan siapapun agar calon konsumen dapat membelinya tanpa basa basi.

Walaupun cara endorse makanan bisa dibilang gampang-gampang susah, namun kamu harus tetap berpacu dengan semua poin di atas. Jangan pernah melewatkan salah satu tutorial kami di atas agar kamu dapat mempromosikan bisnis makanan yang sedang dirintis demi meraup omset lebih banyak.

Related posts