Cara Cek

Cara Mengecek ISBN Buku

Apakah kamu suka membaca atau membeli buku? Kamu pasti akrab dengan ISBN. Namun, banyak orang tidak tahu bagaimana cara mengecek ISBN buku yang benar. Cek ISBN merupakan salah satu tindakan guna mengetahui keaslian sebuah buku.

ISBN sudah menjadi identitas dari keaslian semua buku yang dipublikasikan. Cek ISBN berguna untuk mengetahui identitas dari buku yang sedang dibaca atau bahkan telah dirilis, seperti judul, nama penulis, nama penerbit dan unsur lain di dalam buku tersebut.

Cek ISBN sekarang bisa dilakukan secara online, lho. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu untuk memeriksa identitasnya langsung. ISBN bahkan menjadi petunjuk agar kamu dapat mengetahui identitas lengkap buku sebelum benar-benar dirilis untuk dibaca masyarakat luas.

Maka dari itu, setiap penulis maupun penerbit harus memahami dan mengetahui ISBN terlebih dulu. Kendati demikian, penerbit merupakan pihak utama yang dituntut untuk mengenalnya lebih lanjut sebelum sebuah buku dipublikasikan demi menjaga keasliannya.

Cara Mengecek ISBN Buku

Apa itu ISBN?

ISBN merupakan singkatan dari International Serial Book Number, yakni unsur penting dalam sebuah buku sekaligus identitas unik milik buku tersebut. Selain itu, ISBN mampu melindungi karya setiap penulis dari unsur plagiarisme.

ISBN hanya bisa dikeluarkan oleh intensi pemerintah yang berwenang. Di Indonesia, pihak berwenang tersebut adalah Perpusnas (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia), serta beberapa penerbit yang telah terdaftar dan terverifikasi di Perpusnas. Kini, dunia tulis menulis semakin diminati banyak orang, khususnya beragam lomba yang digelar para penerbit di mana semuanya harus asli sesuai standar ISBN.

Fungsi ISBN

Apabila kamu ingin tahu cara mengecek ISBN buku, sebaiknya kamu memahami dan mengenali berbagai macam fungsi ISBN itu sendiri. Berikut merupakan informasinya yang harus diketahui, yakni :

  • Membantu Mempromosikan Buku
    Penulis mana pun pasti berharap semua karya bukunya mampu dipromosikan dengan baik. Jadi, mereka harus menggunakan nomor ISBN. Gunanya agar proses penerbitan dapat dibantu oleh Badan Nasional ISBN sampai Badan Internasional ISBN.
  • Menjamin Kredibilitas dan Kualitas Buku
    ISBN adalah identitas sebuah buku, bahkan hasil pemeriksaan ISBN bisa menentukan keaslian bukunya. Artinya, unsur keberhasilan sebuah buku di pasaran adalah kode bukunya. Jika kamu memakai ISBN untuk setiap buku yang dirilis, setiap pembaca percaya bila bukunya asli.
  • Meningkatkan Jumlah Penulis di Tanah Air
    Umumnya proses pengurusan ISBN tidak segampang cara mengecek ISBN buku. Pengurusan ISBN hanya bisa dilakukan penerbit, kemudian membuktikan kredibilitasnya sendiri. Alhasil, ini pun menjadi daya tarik untuk meningkatkan minat kerja menjadi penulis di Indonesia.
  • Membantu Perkembangan Literasi Nasional
    Fungsi ISBN mampu membantu dan mendukung perkembangan literasi nasional. Indonesia diketahui punya budaya baca lebih rendah dibandingkan negara lain. ISBN membantu semua orang untuk menambah minat baca agar dapat mempunyai ilmu baru dari buku favoritnya.
  • Menghidupkan Perpustakaan Nasional
    Jika kamu berniat cek ISBN buku, maka bisa melakukannya di website resmi Perpustakaan Nasional. ISBN otomatis terdaftar di laman tersebut. Jangan heran bila semua buku yang terdaftar bisa menghidupkan Perpustakaan Nasional, lantaran banyak buku terdata di sana.
  • Memajukan Arus Distribusi Buku
    Kesalahan saat distribusi buku biasanya disebabkan seorang distributor tidak tahu cara mengecek ISBN buku. Apabila ISBN dipakai untuk tahap distribusi, maka bisa memaksimalkan daya saing terhadap buku lain yang belum tentu terjamin keasliannya.
  • Menguatkan Identitas Buku
    Lewat ISBN kamu akan tahu dengan lengkap tentang judul, nama penulis dan unsur lain dari buku tersebut. Artinya, kamu bisa pastikan yang mana buku asli dan palsu sesudah diterbitkan.

Apakah ISBN Lembaga Pemerintah atau Swasta?

ISBN adalah salah satu lembaga internasional yang kantor pusatnya terletak di London, Inggris. Kini, ISBN memberikan wewenang kepada Pemerintah Indonesia supaya bisa memberikan informasi dan pembimbingan dalam pembuatan ISBN via Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas).

Perpusnas berhak memilih dan menentukan buku-buku yang sudah ditulis dan didistribusikan sebelum diterbitkan. Mereka akan menyaring lagi unsur-unsur pada buku untuk memastikan keasliannya dan tidak mengandung plagiarisme.

Apakah Semua Buku Harus Mempunyai ISBN?

ISBN sebenarnya hanya berguna untuk mengidentifikasi buku yang telah diterbitkan. Apabila setiap orang mempunyai nomor KTP untuk identitas individu, maka ISBN bisa digunakan sebagai identitas buku. Selain itu, ISBN juga memudahkan pencarian dan pendistribusian buku.

Contohnya, bila kamu mengunjungi toko buku besar seperti Gramedia, kamu cukup scan barcode ISBN di bagian belakang buku untuk tahu identitas buku mulai dari pengarang, penerbit maupun jumlah stoknya, apakah masih tersedia atau sudah habis.

Cara Mengecek ISBN Buku

ISBN adalah kode buku yang terdiri dari 13 digit angka, biasanya terletak di bagian belakang buku. ISBN membantumu mengetahui identitas sebenarnya dari buku yang sedang dibaca. Data ini akan memberitahumu tentang nama pengarang atau penulis, penerbit dan unsur-unsur lainnya yang terdapat di dalamnya.

Oleh karena itu, bila kamu berpikir buku yang sedang dibaca adalah buku asli sebaiknya kamu mengetahui cara mengecek ISBN buku terlebih dulu agar dapat menjawab rasa kekeliruanmu saat ini.

Langkah 1: Masuk ke Situs Resmi Perpusnas

Secara umum cara mengecek ISBN buku bisa dilakukan melalui website browser pada smartphone atau PC. Selain itu, kamu hanya mampu melakukannya via situs resmi Perpusnas sebagai pusat pemeriksaan identitas semua buku di Indonesia.

Langkah awal adalah akses website Perpusnas di www.isbn.perpusnas.go.id. Siapapun yang sedang berniat mencari tahu identitas buku, maka bisa mengakses laman tersebut. Sebab, Perpusnas tidak mempunyai laman lainnya kecuali URL tersebut untuk membantu masyarakat dalam mengecek keaslian buku.

Langkah 2: Memasukkan Nomor ISBN pada Kolom Pencarian

Cara mengecek ISBN buku selanjutnya adalah memasukkan nomor ISBN ke dalam kolom pencarian yang tersedia. Kamu harus input 13 digit nomor yang tercantum di balik halaman terakhir buku favoritmu untuk mengetahui keasliannya, lho.

Caranya, kamu bisa memasukkan 13 nomor tersebut, seperti 976-603-401-014-5. Jika sudah, kamu cukup menekan tombol Search atau Cari (icon kaca pembesar warna hijau) dan tunggu beberapa saat sampai sistem website Perpusnas memberikan hasil pencarian mengenai identitas buku tersebut.

Langkah 3: Mendapatkan Hasil Pemeriksaan ISBN

Apabila nomor ISBN yang sudah dimasukkan benar, cara mengecek ISBN buku terakhir adalah mendapatkan hasil pemeriksaan dari website Perpusnas. Kamu akan diarahkan ke halaman baru yang menampilkan informasi detail tentang judul buku, nama penulis, nomor seri sampai penerbit bukunya, lho.

Namun, jika buku tersebut bukan produk asli alias palsu tentu saja hasil pencariannya tidak akan muncul, bahkan kosong. Hal ini menjadi alasan utama mengapa cek ISBN harus dilakukan supaya bisa membantumu membeli buku berkualitas dan original.

Demikian ulasan lengkap tentang cara mengecek ISBN buku yang benar dan mudah. Jangan lupa bagikan informasi di atas agar siapapun dapat memeriksa identitas buku favorit, serta membantu mendapatkan buku-buku berkualitas dan original di toko buku terdekat. Selamat mencoba!.

Syaid Ahmad Fahri

Indonesian - Malaysian - Singaporean - Dutch. Content Writer. Blogger.

Recent Posts

Cara Screenshot HP Oppo A3S (SS Panjang, 3 Jari, Tombol)

PINDAHLUBANG.com | Pengguna HP Oppo A3S mungkin sering menggunakan aplikasi tertentu yang memuat informasi penting,… Read More

2 weeks ago

Cara Kuota Darurat Telkomsel, Pinjam Paket Darurat dan Aktivasi

Sudahkah kalian tahu cara kuota darurat Telkomsel? Layanan ini memungkinkan setiap penggunanya bisa berkomunikasi meski… Read More

2 weeks ago

Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Diketahui (Leave/Left Grup WA)

Pindahlubang.com | Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi, oleh karena… Read More

2 weeks ago

Cara Menukar Bonstri

Bagaimana cara menukar Bonstri? Bagi kamu pengguna provider Tri, kamu tentu tidak asing lagi dengan… Read More

2 months ago

Cara Call di WhatsApp Web, Video Call Makin Seru!

PindahLubang.com – Kamu pasti tidak tahu cara call di WhatsApp Web, kan? Ya, pengguna WA… Read More

2 months ago

Cara Download Gambar Di Instagram

Gimana sih cara download gambar di Instagram dengan mudah? Ya, Instagram saat ini merupakan salah… Read More

3 months ago