Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet

Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet

Siapa yang tidak tahu Jobstreet? Aplikasi ini membantumu menemukan berbagai macam lowongan kerja dari dalam dan luar negeri setiap hari. Selain itu, kamu harus tahu cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet untuk memancing simpati rekruter sehingga dapat mengundangmu agar dapat mengikuti wawancara kerja.

Jobstreet sudah menjadi salah satu pilihan para pencari kerja, supaya mereka bisa mencari dan menemukan bidang pekerjaan yang sesuai dengan kehaliannya masing-masing.

Di Jobstreet, siapa saja bisa menemukan lowongan pekerjaan dari Indonesia dan negara-negara lainnya. Jobstreet telah melebarkan sayapnya sampai beberapa negara untuk membangun relasi antar perusahaan nasional atau internasional.

Sayangnya, banyak orang tidak pernah berhasil mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Kondisi ini biasanya disebabkan mereka tidak tahu cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet. Apabila kamu bisa memberi deskripsi yang benar, jangan kaget banyak perusahaan akan mengundangmu untuk wawancara saat itu juga.

Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet
Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet

Apa itu Jobstreet?

Jobstreet merupakan perusahaan internet yang didirikan di Malaysia pada tahun 1997. Website ini sudah banyak dipercaya banyak orang untuk mencari lowongan kerja sesuai dengan keinginan dan minat. Jobstreet sudah beroperasi di beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam dan Filipina.

Di Indonesia, banyak orang telah menggunakan aplikasi ini untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Jobstreet bahkan disebut sebagai salah satu situs pencarian kerja terbaik di Indonesia, sedangkan lebih dari 230 ribu pekerjaan bisa ditemukan dan dilamar.

Jobstreet bisa membantumu supaya bisa memperoleh pekerjaan dengan cepat dan mudah. Kamu tidak perlu mencetak surat lamaran kerja dan CV berulang kali dan mengirimkannya ke perusahaan yang diinginkan.

Terkait:  Cara Mengisi E Toll Lewat M Banking BRI

Di Jobstreet, kamu cukup daftar dan memasukkan semua informasi tentang pendidikan, pengalaman serta gaji yang diinginkan. Apabila sudah selesai, maka kamu bisa langsung melamar di mana saja dan kapan saja, sehingga dapat menghemat tenaga maupun waktu daripada mengajukan lamaran kerja secara offline.

Cara Mencari Kerja di Jobstreet

Bagi kamu seorang freshgraduate atau mahasiswa tingkat akhir, sebaiknya ketahui cara mencari kerja di Jobstreet sehingga dapat menemukan pekerjaan yang diinginkan, yakni:

  • Melengkapi Profil di Jobstreet
    Apabila kamu sudah mempunyai akun di Jobstreet dan berencana mencari pekerjaan di sana, sebaiknya buat dan lengkapi profil pengguna terlebih dulu. Pasalnya, semua informasi yang dimasukkan bakal dikirimkan Jobstreet ke perusahaan terkait.

    Kamu akan diminta mengisi dua bagian, yakni profil Jobstreet dan resume atau CV. Jika semuanya selesai, maka kamu bisa mencari lowongan kerja yang pas. Kamu juga berhak menetapkan kriteria tertentu seperti spesialisasi, posisi, lokasi dan gaji minimal yang diinginkan.

  • Memilih Lowongan Sesuai dengan Keahlian
    Jobstreet menyediakan lebih dari 19 ribu peluang karir per bulan dan menantimu untuk dijelajahi. Kamu harus memilih lowongan kerja sesuai dengan keahlian dan latar belakang pendidikanmu. Perusahaan biasanya membutuhkan seseorang yang telah mengerti di bidangnya, bukan menghambat workflow mereka.

    Seorang freshgraduate juga punya peluang untuk mendapat pekerjaan yang diinginkan, di mana perusahaan akan membimbingmu sampai memahami bahkan menguasai pekerjaan tersebut.

  • Memeriksa Email dari LiNa Jobstreet
    Jika kamu sudah melakukan dua tahap di atas, biasanya LiNa Jobstreet akan membantumu. LiNa Jobstreet dioperasikan oleh Artificial Intelligence (AI) dengan algoritma yang telah ditentukan sebelumnya.

    Tugasnya adalah menyesuaikan profil pencari kerja dengan kriteria yang dicari setiap perusahaan, baik posisi, pengalaman kerja, spesialisasi, lokasi, pendidikan sampai gaji.

    LiNa juga bertugas untuk menemukan lowongan kerja yang sesuai dengan harapan setiap pengguna Jobstreet dan bila cocok, biasanya dikirim ke email kamu.

Cara Mempromosikan Diri di Media Sosial atau Aplikasi Cari Kerja

Jobstreet menjadi salah satu aplikasi pencari kerja untuk memudahkanmu mendapat pekerjaan yang diinginkan. Kamu juga bisa menggunakan media sosial sebagai sarana promosi diri sendiri dengan menggunakan langkah-langkah berikut, di antaranya:

  • Memilih Media Sosial yang Tepat
    Gunakan media sosial sesuai dengan kepribadianmu. Jika kamu cenderung terhadap visual, maka bisa memakai Instagram. Namun, bila kamu lebih tertarik pada tulisan sebaiknya gunakan Twitter dan Blog. Kamu pun dapat mempromosikan diri lebih leluasa saat cari kerja.
  • Mengunggah Konten Sesuai dengan Passion
    Ketahui daya tarik dan minatmu sebelum terjun ke media sosial. Contohnya, kamu hobi membuat karya ilmiah, maka bisa memanfaatkan blog dan mengunggah semua hasil tulisan di sana. Gunanya agar kamu dapat membangun branding image ketika bersaing di dunia kerja.
  • Mengikuti Akun-akun Penting
    Apabila kamu sudah terjun ke dalam dunia kerja sesuai dengan bidang yang diinginkan, kamu pasti masih punya ilmu terbatas soal itu. Jangan khawatir, kamu cukup mengikuti akun-akun penting sesuai dengan bidang tersebut sehingga dapat belajar lebih dalam dari mereka.
  • Memperbarui Profil Media Sosial Secara Rutin
    Biografi media sosialmu terkadang perlu diperbarui secara berkala. Gunakan deskripsi dan foto profil yang bagus, sehingga kamu dapat memancing banyak orang bahkan akun benar-benar selalu digunakan. Kamu pun mampu menarik simpati calon rekruter dari dunia maya, lho.
  • Memasukkan Akun Media Sosial ke CV
    Jangan terlalu banyak memasukkan akun media sosial ke dalam CV, satu atau dua saja sudah cukup. Namun, pastikan kedua akun tersebut benar-benar menunjukkan interest dan passion kamu. Bahkan, banyak recruiter sekarang diam-diam selalu stalking media sosial calon pekerjanya, lho.

Cara Mengisi Informasi Tambahan di Jobstreet

Barangkali kamu belum tahu bagaimana cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet, sebaiknya kamu mengikuti ulasan artikel ini. Beberapa orang hampir sering gagal menemukan pekerjaan impian di sana. Kesalahan ini tidak lain disebabkan oleh dirinya sendiri, di mana mereka tidak tahu informasi apa saja yang harus digunakan dan dimasukkan ke dalam Jobstreet.

Padahal, kamu cukup menambah keterangan tambahan secukupnya, asalkan semuanya benar-benar penting sehingga perusahaan atau rekruter dapat mengundangmu untuk wawancara kerja.

Langkah 1: Membuat Kalimat to the Point

Cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet pertama adalah membuat kalimat to the point, sehingga calon rekruter dan perusahaan dapat memahami tujuanmu di sana. Jangan mengulang penulisan kalimat, sebaiknya langsung menyebut kualifikasi yang dimiliki supaya rekruter bisa membaca semuanya.

Langkah 2: Menulis Kalimat dengan Bahasa yang Baik

Penulisan kalimat yang salah akan mengurangi penilaianmu, lho. Walaupun kamu bukan lulusan bahasa, buatlah kalimat dengan susunan maupun tanda baca yang baik dan benar. Gunanya supaya kamu bisa terlihat lebih profesional saat sedang mencari kerja, sekaligus meningkatkan potensimu diterima kerja oleh rekruter.

Langkah 3: Menghindari Tulisan yang Generik

Apabila kamu ingin tahu cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet, sebaiknya hindari penulisan hal-hal generik di sana. Contohnya adalah besar harapan saya bisa diterima atau saya akan bekerja keras untuk kemajuan perusahaan. Sebab, keduanya adalah kalimat klise yang sering digunakan banyak orang dan HRD sudah kebal atal itu.

Langkah 4: Menyesuaikan dengan Lamaran Kerja

Cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet yang terakhir adalah menyesuaikan isi kalimat dengan lamaran kerjamu. Contohnya, kamu bisa menuliskan skill sesuai dengan pekerjaan tersebut. Skill ini pun wajib dicantumkan pada CV untuk memastikan keasliannya. Contohnya, bila kamu melamar kerja sebagai chef, kamu harus cantumkan keahlian mampu memasak dengan benar.

Demikian informasi tentang cara mengisi informasi tambahan di Jobstreet. Gunakan aplikasi atau websitenya via www.jobstreet.co.id agar kamu dapat menemukan pekerjaan impian, serta mengikuti cara cari kerja dan masukkan informasi tambahan di atas.

Terkait:  Cara Mengisi OVO Lewat ATM BRI

Similar Posts