Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung yang Harus Kamu Ketahui: Penting!

Semua ponsel pasti memiliki identitas yang bernama IMEI. Termasuk juga HP Samsung yang banyak dipakai oleh pengguna. Cara cek IMEI Samsung ternyata sangat mudah. Nomor tersebut bisa Kamu gunakan untuk berbagai keperluan di waktu-waktu tertentu. 

Seperti yang Kamu ketahui, jika tipe HP Samsung itu bermacam-macam. Semuanya juga memiliki IMEI yang berbeda. Identitas seperti itulah yang membedakan antara satu tipe HP dengan tipe yang lain. 

Selain menjelaskan cara untuk melihat nomor IMEI dari HP Samsung, di sini juga akan menerangkan definisinya. Selain itu dijelaskan apa saja fungsi dari nomor IMEI. Lihat uraian lengkapnya di bawah ini. 

Pengertian Nomor IMEI

Sebelum menerangkan cara cek IMEI Samsung, ada baiknya untuk memahami definisinya terlebih dahulu. IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor seri yang unik dan dikeluarkan oleh penyedia layanan. Setiap ponsel memiliki nomor yang berbeda, karena itulah dikatakan unik. 

Nomor IMEI digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang valid. Nomor tersebut kita bisa mengaktifkan jaringan GSM (Global System for Mobile Communication) untuk mengidentifikasi perangkat yang coba tersambung ke ponsel. Ini sangat penting ketika ponselmu hilang atau dicuri. 

Biasanya nomor IMEI berjumlah 14 digit dengan tambahan pada digit ke-15. Gunanya untuk verifikasi ulang semua digit sebelumnya. Ada juga yang menggunakan variasi 16 digit yang mencakup informasi lengkap dan IMEISV (International Mobile Equipment Identity Software Version). 

Jika Kamu membeli HP Samsung, pastikan untuk mencatat IMEI di tempat yang aman. Karena nomor tersebut berguna jika HP hilang atau dicuri. Terutama jika membeli ponsel bekas, pastikan nomor tersebut valid dan terdaftar di Kemenperin untuk membuktikan keasliannya. 

Terkait:  Cara Cek Berlangganan Telkomsel (2 Metode), Mudah!

Fungsi Nomor IMEI

Sangat penting untuk tahu nomor IMEI dari HP yang Kamu gunakan saat ini. Pasalnya, nomor tersebut memiliki berbagai kegunaan. Berikut ini beberapa fungsi dari IMEI yang harus Kamu pahami:

  • Mengecek dan mengklaim garansi HP. Biasanya ponsel yang baru itu diberi jangka waktu garansi. Kamu bisa mengklaimnya kalau ternyata HP rusak. Dalam proses ini, penjual akan memintamu untuk menunjukkan nomor IMEI guna dicocokkan dengan database. Selain itu melihat apakah masih dalam masa garansi atau pernah mendapatkan perbaikan. 
  • Mengetahui identitas HP. Lewat 15 digit unik tersebut, Kamu bisa cek detail HP. Bahkan bisa juga melihat informasi mengenai versi perangkat lunak. Nomor IMEI mengandung detail penting, seperti merek dan tipe HP, tanggal produksi, dan lainnya. 
  • Mengecek keaslian ponsel. Kegunaan lain yang tak kalah penting yaitu IMEI dapat digunakan untuk memastikan keaslian ponsel. Nomor tersebut bisa Kamu cocokkan dengan sistem Kemenperin dan lihat apakah terdaftar atau tidak. 
  • Melacak HP Samsung yang hilang. Fungsi selanjutnya untuk melacak ponsel hilang atau dicuri. Cara melacaknya cukup sulit. Jika tidak bisa, maka hubungi provider kartu SIM untuk menemukannya. Selain itu dapat mengajukan pemblokiran agar HP tidak dapat digunakan lagi. 

Untuk fungsi yang terakhir, Kamu bisa menghubungi Central Equipment Identity Register guna memasukkan perangkat yang hilang ke dalam daftar hitam. Ponsel akan diblokir dan tidak bisa dipakai lagi, sekalipun pencuri mengganti kartu SIM. Jadi, data-data di dalamnya pasti aman. 

Selain itu, nomor IMEI juga penting dalam bidang hukum. Bagi penegak hukum dan dinas intelijen, nomor tersebut dipakai melacak perangkat dengan akurasi beberapa meter. Itulah kenapa IMEI sangat penting. 

Terkait:  Cara Cek Saldo SMS Banking BNI yang Paling Baru

Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung
Cara Cek IMEI Samsung

Kamu sudah paham bahwa nomor IMEI memiliki berbagai kegunaan dan penting untuk mengetahuinya. Khusus bagi HP Samsung, ada beberapa cara untuk melihat nomor tersebut. Panduan lengkapnya bisa dilihat pada penjelasan berikut ini:

1. Cek IMEI Samsung dari Menu Pengaturan

Sebenarnya cara cek IMEI Samsung itu sangat mudah. Kamu bisa melihatnya langsung dari menu Pengaturan, sehingga tidak perlu mengakses halaman secara online. Selain mendapatkan informasi tentang IMEI, lewat cara ini juga dapat mengetahui nomor seri HP, model, dan lainnya. 

Pada beberapa tipe HP Samsung mungkin ada sedikit perbedaan untuk cara pengecekan ini. Kamu bisa lihat pada langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka menu Pengaturan di HP Samsung. 
  • Kemudian pilih opsi Tentang Ponsel. 
  • Selanjutnya, lihat detail informasi yang ditampilkan pada layar. Jika perlu, sebaiknya catat nomor IMEI. 
  • Untuk versi Samsung yang lebih rendah, biasanya dilihat pada menu Cek Status. 

2. Cek IMEI Samsung di Belakang HP

Masih ada metode lain yang tak kalah mudah. Inilah cara cek IMEI Samsung dengan melihatnya pada bagian belakang HP. Hanya saja, cara ini tergantung pada tipe HP Samsung yang Kamu gunakan. 

Meski begitu, hampir sebagian besar seri terbaru HP Samsung menampilkan nomor IMEI di casing belakang. Nomor tersebut ditulis pada stiker di atas barcode. Selain itu juga menampilkan nomor seri dan modelnya. 

Kalau ternyata IMEI tidak ditampilkan di casing belakang, Kamu bisa coba untuk mengeceknya di kompartemen baterai. Tapi ini khusus untuk tipe HP yang tidak menggunakan baterai tanam. Jangan coba-coba melepas baterai karena bisa merusak HP dan membatalkan garansi. 

3. Cek IMEI Samsung dengan Kode USSD

Cara cek IMEI Samsung yang ketiga dengan mendial kode USSD. Metode inilah yang paling umum digunakan. Terlebih lagi dapat Kamu terapkan untuk semua tipe HP Samsung, baik versi lama maupun baru. Berikut ini langkah-langkahnya secara lengkap:

  • Buka menu Telepon di HP Samsung. 
  • Kemudian masukkan kode USSD *#06# pada keypad
  • Tidak perlu melakukan panggilan, karena detail informasi akan muncul otomatis setelah menekan kode tersebut. 
  • Catat nomor IMEI untuk keperluan di waktu mendatang. 
Terkait:  Cara Cek LCD Samsung dengan 6 Metode Mudah dan Akurat

4. Cek IMEI Samsung pada Kardus Pembungkus (Dusbook

Berikut ini adalah cara cek IMEI Samsung yang paling sederhana dan mudah. Kamu tidak perlu membuka menu apa pun atau mengakses kode tertentu. Karena hanya perlu melihatnya pada kardus pembungkus atau yang sering disebut dengan dusbook

Selain ditulis langsung pada dusbook, nomor unik 15 digit ini biasanya ditampilkan dalam bentuk stiker. Itulah kenapa sebaiknya Kamu membeli HP Samsung yang baru agar mendapatkan dusbook. Karena kebanyakan ponsel bekas yang dijual secara pribadi tidak dilengkapi kardus, entah hilang atau rusak. 

IMEI yang tercantum dalam kardus pembungkus dapat Kamu gunakan untuk cek keasliannya. Di samping itu coba lihat keterangan “Dirakit di Indonesia” atau “Diproduksi di Indonesia.” Jika terdapat keterangan tersebut, bisa dipaksakan HP asli dan bergaransi resmi. 

Cara Cek Validasi Nomor IMEI

Kamu sudah tahu nomor IMEI, tapi masih harus meyakinkan kalau HP Samsung yang digunakan asli? Cobalah untuk mengeceknya pada situs resmi Kemenperin. Setiap IMEI harus diverifikasi ke Kemenkominfo dan didaftarkan ke pusat data Kemendag dan Kemenperin. Berikut cara melihatnya:

  • Buka https://imei.kemenperin.go.id/.
  • Masukkan IMEI dan pilih Cari
  • Lihat apakah status HP terdaftar atau tidak. Jika tidak terdaftar, maka tidak bisa digunakan. Kamu juga tidak dapat memakai kartu SIM dan terblokir. 

Itulah beberapa cara cek IMEI Samsung. Kamu harus tahu bahwa nomor unik tersebut memiliki kegunaan penting. IMEI jadi identitas dan membuktikan kalau ponselmu asli serta bergaransi resmi. 

Similar Posts