Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel

Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel

Telkomsel adalah salah satu provider ternama di Indonesia yang memiliki banyak sekali customer. Namun, tidak lantas provider ini pun mulus tanpa kendala. Beberapa customer mengalami beberapa gangguan dikarenakan GPRS yang selalu hidup. Banyak dari mereka yang belum mengetahui cara menonaktifkan GPRS Telkomsel.

Salah satu kendala yang dialami sebagian pengguna Telkomsel adalah pulsanya yang tiba-tiba kepotong sendiri padahal tidak digunakan untuk apa-apa.

Pada dasarnya, menonaktifkan GPRS Telkomsel ini caranya sangatlah mudah. Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu GPRS dan bagaimana cara menonaktifkan GPRS Telkomsel, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel
Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel

Apa Itu GPRS

General Packet Radio Service merupakan kepanjangan dari GPRS atau General Radio Paket Umum. GPRS adalah layanan Data Mobile yang dapat diakses oleh pengguna handphone GSM dan IS-136. Adapun fungsi GPRS Telkomsel adalah membuat data yang dikirim dan diterima menjadi lebih cepat dibandingkan dengan penggunaan teknologi seperti Circuit Switch Data (CSD).

Selain itu, GPRS juga berfungsi untuk mengirim data yang berhubungan dengan gambar (MMS), email, WP (Wireless Application Protocol dan WWW (World Wide Web). Sehingga apabila GPRS belum aktif maka tidak bisa menangkap sinyal internet ataupun mengirim gambar (MMS). Jika kamu sudah mengaktifkannya, paket internet Telkomsel VideoMax kamu tidak akan sia-sia.

GPRS versi terbaru mempunyai jaringan berbasis IP (Protokol Internet), seperti internet pribadi atau global internet.

Manfaat yang akan didapatkan oleh pengguna dengan adanya GPRS adalah kecepatan data yang tinggi sehingga bisa mengakses internet lebih cepat dibandingkan tidak memanfaatkan sistem GPRS. 

Terkait:  Cara Bikin Paket Darurat Telkomsel: Ada 5 Metode Mudah Berikut Ini!

Manfaat lainnya adalah easy billing, yakni sistem penagihan yang lebih ramah serta berdasarkan pada durasi koneksi. Hal tersebut dikarenakan GPRS mengadopsi sistem komunikasi Packet Switch untuk mentransmisikan datanya yang mana akan berubah menjadi bagian-bagian kecil yang nantinya diubah kembali ke data awal.

Penggunaan channel transmisi ini bisa dilakukan secara bersamaan dengan pengguna lain, sehingga biaya aksesnya lebih terjangkau secara teori dibandingkan CSD.

Akan tetapi, GPRS juga memiliki kekurangan, seperti network latency-nya besar dengan kecepatan lumayan terbatas yang mana tidak sesuai apabila digunakan untuk streaming video atau bermain game online dan  tidak bisa dipakai untuk mendukung layanan video call.

Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel

Setelah mengerti tentang GPRS dan fungsinya dan kamu masih tetap ingin menonaktifkan karena tidak sesuai dengan kebutuhan bahkan cenderung merugikan, maka silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara menonaktifkan GPRS sangat mudah, bisa lewat SMS atau kode dial, yaitu:

Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel Via SMS

Berikut langkah-langkah menghentikan GPRS Telkomsel lewat SMS, antara lain:

  • Buka menu pesan di handphone Android atau iOS milikmu
  • Kemudian, ketikkan SMS menggunakan format GPRS (spasi) OFF
  • Contohnya: GPRS OFF
  • Lalu, kirim SMS ke nomor 3636
  • Silakan tunggu beberapa saat hingga mendapat balasan SMS konfirmasi
  • Apabila ada instruksi lebih lanjut, kamu ikuti saja.

Jika ingin mengaktifkan kembali GPRS internet Telkomsel, maka lakukan hal yang sama seperti di atas namun dengan format ON.

Cara Menonaktifkan GPRS Telkomsel melalui Kode Dial

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan kode dial up. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama buka menu Telepon di hp
  • Setelah itu, ketik kode *363*212#, dan tekan Panggil
  • Lalu, tunggu beberapa saat hingga mendapat balasan SMS konfirmasi yang berisi GPRS sudah berhasil dinonaktifkan.
Terkait:  Cara Buat Paket SMS Telkomsel (2 Metode), Lengkap dan Mudah!

Cara Mengaktifkan GPRS Telkomsel

Istilah GPRS mungkin dahulu lumayan sering didengar dibandingkan saat ini. Telkomsel adalah salah satu provider yang dahulu selalu menganjurkan penggunanya untuk mengaktifkan GPRS. Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, GPRS bisa aktif secara otomatis karena kebanyakan telah menggunakan smartphone.

Meskipun begitu, banyak pengguna yang mencari tahu cara mematikan GPRS Telkomsel karena mengalami beberapa masalah. Nah, jika setelah kamu menonaktifkan GPRS dan membuat koneksi internet tidak terhubung, internet loading terus, hingga putus nyambung, maka kamu perlu perlu mempertimbangkan untuk mengaktifkan kembali GPRS.

Terdapat tiga cara untuk mengaktifkan GPRS, yakni lewat menu di hp, SMS, serta menghubungi call center. Berikut informasi selengkapnya!

  1. Via menu Setelan
  • Pertama, buka menu Setelan di hp
  • Setelah itu, buka menu Jaringan Seluler
  • Lalu, jika hp kamu memiliki dua simcard, maka kamu pilih simcard Telkomsel yang aktif
  • Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan APN
  • Kemudian, tambah APN baru di sana. Selesai.

Untuk settingnya dapat menggunakan APN berikut.

  • Telkomsel
  • Username: wap
  • Password: wap123

Sedangkan untuk sisanya cukup kamu biarkan saja dan simpan settingan tersebut dengan mengklik titik tiga di bagian atas dan pilih Simpan.

Selanjutnya, kamu restart hp dan tunggu beberapa saat. Umumnya, setelah melakukan settingan tersebut membutuhkan proses beberapa saat hingga jaringan mendeteksi settingan yang barusan kamu lakukan. Kemudian, aktifkan hp seperti biasa lalu cobalah untuk mengakses internet apakah ada perubahan koneksi lebih cepat atau tidak.

  1. Lewat SMS

Tak hanya lewat menu pengaturan di HP, kamu juga bisa mengaktifkan GPRS Telkomsel lewat SMS. Cara ini seperti cara menonaktifkan GPRS tapi formatnya diubah.

Adapun format mengaktifkan GPRS Telkomsel lewat SMS adalah dengan mengetik GPRS (spasi) ON dan kirim ke 3636. Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan SMS notifikasi bahwa GPRS kamu telah diaktifkan.

  1. Menghubungi Customer Service
Terkait:  Cara Mematikan HP Realme yang Hang

Jika koneksi internet kamu tetap buruk dan tidak terselamatkan menggunakan cara pertama atau kedua, maka kamu hubungi saja Customer Service Telkomsel.

Cara menghubungi Customer Service resmi Telkomsel bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:

  • Email [email protected]
  • Twitter @telkomsel
  • Facebook @Telkomsel
  • Call 133 untuk pengguna Kartu HALO
  • Call 188 untuk pengguna kartu simPATI dan Kartu As

Kamu sampaikan saja pada CS bahwa ingin mengaktifkan GPRS Telkomsel. Nantinya, mereka akan membantu menyelesaikan persoalan kamu hingga tuntas.

Cara Setting GPRS Telkomsel di Android

Untuk yang GPRS nya belum disetting, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, buka menu Setting/ Pengaturan di Android kamu.
  • Lalu, klik opsi Jaringan seluler dan pilih Lainnya.
  • Selanjutnya, klik Nama Titik Akses dan klik APN baru yang terletak di bagian bawah layar.
  • Setelah itu, kamu kamu harus edit titik akses dengan mengklik Nama dan diganti menjadi menjadi Telkomsel GPRS, lalu kamu klik OKE.
  • Kemudian, klik APN dan ubah menjadi menjadi Internet, lalu klik OKE.
  • Selanjutnya, klik Nama Pengguna dan diubah menjadi WAP, lalu klik OKE.
  • Berikutnya, kamu klik Kata Sandi dan diubah menjadi WAP123, lalu klik OKE.
  • Terakhir, silakan klik menu Simpan yang berada di bawah layar dan pilih Telkomsel GPRS yang sudah dibuat tadi. Lalu, restart Android kamu. Selesai!

Demikian informasi terkait cara menonaktifkan GPRS Telkomsel hingga cara mengaktifkannya kembali dengan mudah dan cepat. Bagaimana, apakah kamu sudah mencoba cara tersebut dan berhasil?

Similar Posts