Cara Aktifkan 5G Telkomsel

Cara Aktifkan 5G Telkomsel dengan 4 Tahapan Utama

Kamu ingin mendapatkan pengalaman internet yang lebih cepat dan stabil? Cari tahu bagaimana cara aktifkan 5G Telkomsel. Layanan baru ini menawarkan fitur yang lebih baik dengan banyak keunggulan. 

Jika biasanya Kamu akses internet dengan jaringan 4G, tidak ada salahnya untuk beralih ke 5G. Terutama kalau sebagian besar pekerjaan mengharuskanmu untuk tersambung ke jaringan internet dan melakukan browsing. Begitu pula buat Kamu yang hobi streaming dan main game

Sebenarnya apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh layanan ini? Simak penjelasannya di bawah. Yang paling penting, Kamu akan mendapatkan panduan bagaimana cara untuk mengaktifkannya. 

Apa Itu 5G Telkomsel? 

Kamu pastinya sudah tidak asing lagi kalau akses internet menggunakan jaringan 4G. Tapi apa sudah pernah coba untuk beralih ke 5G? Lalu, sebenarnya apa itu jaringan 5G Telkomsel? Mari simak penjelasan berikut ini. 

5G Telkomsel adalah teknologi seluler generasi kelima yang ditunjukkan untuk pelanggan yang sudah menggunakan perangkat 5G. Baik itu untuk smartphone maupun modem Orbit. Telkomsel adalah operator yang menjadi pelopor dari penyedia layanan ini di Indonesia. 

Pertama kali Telkomsel merilis jaringan 5G pada 27 Mei 2021. Karena berevolusi dari teknologi 4G LTE, pastinya ada banyak fitur yang diberikan. Jaringan internet generasi kelima ini diklaim anti delay dan lebih cepat dibandingkan 4G.

5G sendiri merupakan layanan yang beroperasi pada frekuensi n40 atau 2300 MHz. Itulah kenapa 5G Telkomsel digunakan di banyak bidang. Bukan hanya pada smartphone saja, tapi juga perangkat canggih lainnya. Meski begitu, keberadaan teknologi ini tidak mempengaruhi kecepatan layanan 4G.

Terkait:  Cara Berhutang Pulsa Telkomsel: Ada 8 Metode yang Bisa Dicoba!

Kelebihan dan Kekurangan Aktifkan 5G Telkomsel

Sebelum menerangkan cara aktifkan 5G Telkomsel, Kamu bisa simak dulu apa kelebihan dan kekurangan yang dibawa oleh layanan ini. Karena meskipun diklaim lebih unggul dibandingkan generasi keempat, ternyata juga ada kekurangan. Dengan begitu dapat mempertimbangkan apakah perlu beralih ke 5G.

Pertama akan menjelaskan dulu kelebihan yang dimiliki oleh jaringan ini. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Koneksi data cepat. Sudah pasti layanan 5G memiliki koneksi yang cepat untuk download dan upload. Pada tahap pertama peluncuran, Telkomsel mengklaim jika kecepatan download mencapai 400 Mbps untuk modem Orbit dan 750 Mbps di HP. Sedangkan rata-rata pengalaman mendapatkan kecepatan 100—250 Mbps. 
  • Latensi sangat rendah. Kelebihan selanjutnya adalah tingkat latensi sangat rendah. Latensi adalah delay atau perlambatan yang dialami saat data dikirim melalui jaringan. Hal inilah yang membuat koneksi jadi lebih responsif. 
  • Kapasitas lebih besar. Berikutnya yang Kamu rasakan dari segi connection density atau kepadatan jumlah perangkat yang terhubung di lokasi tersebut. 5G Telkomsel ini memiliki kapasitas yang lebih besar untuk menghubungkan banyak perangkat tanpa mempengaruhi kualitas jaringan. 
  • Tidak memengaruhi 4G. Meskipun dihadirkan sebagai langkah evolusi dari teknologi 4G LTE, ternyata tidak memberikan pengaruh. Layanan 4G hanya mendukung di jaringan 4G saja. Sedangkan 5G mencakup keduanya. 
  • Tidak ada perbedaan layanan. Perbedaan yang paling dirasakan adalah kecepatan internet. Tapi Kamu juga tetap bisa menggunakan layanan yang ada di jaringan 3G dan 4G, yakni bisa bersamaan SMS dan telepon (VoLTE). 

Di antara banyak kelebihan tersebut, ternyata ada juga kekurangannya. Sebelum tahu cara aktifkan 5G Telkomsel, Kamu bisa simak beberapa kekurangannya berikut ini:

  • Kuota cepat habis. Jika beralih ke jaringan 5G, Kamu harus siap kalau kuota akan cepat habis. Hal ini karena kecepatan datanya lebih dari 4G. Ketik download dan streaming tidak terasa banyak pakai kuota.  Meskipun tetap tergantung pada kebijakan pemakaian pengguna sendiri. 
  • Belum stabil. Kenapa 5G Telkomsel belum stabil? Karena tidak semua wilayah menjangkaunya. Permasalahan akan terasa kalau Kamu membawanya ke luar kota ataupun daerah terpencil. 
  • Banyak lokasi yang belum ter-cover. Seperti permasalahan kedua, masih banyak lokasi yang belum ter-cover jaringan ini. Mungkin juga daerahmu termasuk dalam salah satunya. 
Terkait:  Cara Aktifkan Kartu Perdana Telkomsel dengan 7 Metode Berikut!

Cara Aktifkan 5G Telkomsel

Cara Aktifkan 5G Telkomsel
Cara Aktifkan 5G Telkomsel

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan di atas, mungkin Kamu memang perlu untuk beralih ke jaringan 5G Telkomsel. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Lihat penjelasan di bawah. 

1. Gunakan Kartu Tipe USIM

Langkah pertama yang harus Kamu lakukan adalah memastikan kalau sudah menggunakan kartu Telkomsel tipe USIM. Jadi, kalau sudah memakai kartu SIM 4G, bisa memakai layanan ini. Kamu dapat cek sudah USIM atau belum dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Telepon
  • Lalu masukkan kode UMB *888*47#.
  • Setelah itu pilih nomor 1 untuk Cek Kartu. 
  • Jika belum menggunakan kartu USIM, maka harus upgrade terlebih dahulu. Bisa beli kartu baru atau lewat GraPARI. Selain itu bisa secara online dari situs https://www.telkomsel.com/tukarkartu4g

Sebenarnya saat ini Telkomsel sudah mengaktifkan fitur 5G secara langsung ke sejumlah pelanggan. Langkah tersebut dilakukan secara bertahap. Kalau belum termasuk sebagai pelanggan yang menerima kebijakan tersebut, maka harus melakukan aktivasi. 

2. Pastikan Berada di Lokasi yang Sudah Mendukung

Langkah kedua dari cara aktifkan 5G Telkomsel yaitu memastikan coverage lokasi. Kamu harus berada di wilayah yang memang ter-cover jaringan ini. Karena percuma jika sudah punya kartu USIM, tapi ternyata ada di tempat yang hanya mendukung sinyal 4G saja. 

Kamu dapat cek jangkauan wilayah ini pada situs resmi Telkomsel. Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Buka browser dan akses halaman 5G Coverage.
  • Selanjutnya masukkan lokasi
  • Tekan tombol Cari dan lihat hasilnya. 

Pada awalnya jaringan 5G ini hanya ada di 9 kota. Sekarang diperluas hingga beberapa kota. Termasuk di antaranya yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, Tangerang Selatan, Denpasar, Batam, dan Bandung. Selain itu GraPARI yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, Pettarani Makassar, dan lainnya. 

Terkait:  Cara Bikin Paket Internet Telkomsel, Daftar Langsung Aktif

3. Pastikan Sudah Menggunakan Perangkat yang Mendukung

Cara aktifkan 5G Telkomsel selanjutnya adalah menggunakan perangkat yang memang sudah mendukung jaringan ini. Biasanya, jenis perangkat yang mendukung 5G memiliki kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz. 

Terkadang ada beberapa perangkat yang sudah menyediakannya, tapi masih terkunci. Untuk hal ini biasanya unlock digulirkan Over The Air atau pembaruan perangkat lunak. Kalau tidak bisa, hubungi layanan ponsel masing-masing. Proses unlock tidak bisa lewat GraPARI.

Untuk router, yang mendukung 5G adalah model ORBIT tipe Huawei 5G CPE Pro 2. Sedangkan kalau smartphone biasanya tipe baru. Beberapa di antaranya yaitu:

  • Oppo Reno5 5G.
  • Huawei Mate 40.
  • Vivo X60. 
  • Vivo X60 Pro. 
  • Oppo Find X3 Pro 5G.
  • Realme 8 5G.
  • Poco M3 Pro.
  • iPhone 12 dan 13.

4. Lakukan Aktivasi Layanan 5G

Cara aktifkan 5G Telkomsel yang terakhir adalah melakukan aktivasi layanan 5G. Sebenarnya di sejumlah pengguna, profil 5G sudah aktif dengan syarat yang sudah ditetapkan. Tapi kalau belum, Kamu bisa cek info di www.telkomsel.com/5G.

Selanjutnya tinggal membuat request aktivasi kepada agent atau customer service. Bisa juga lewat mekanisme self provisioning. Tapi ini hanya berlaku di beberapa lokasi, seperti Jakarta dan Medan. 

Itulah cara aktifkan 5G Telkomsel. Kamu harus memiliki kartu dan perangkat yang sudah mendukung layanan ini. Kalau belum tersedia, maka wajib melakukan aktivasi terlebih dahulu. 

Similar Posts