Cara Uninstall Avast

Cara Uninstall Avast untuk Windows dan Mac, Aman dan Mudah

PindahLubang.com – Microsoft memang telah menyematkan aplikasi keamanan PC sejak peluncuran Windows 7 pada tahun 2009 silam. Namun, banyak sekali antivirus yang membuat siapapun bingung, salah satunya Avast. Kamu mungkin ingin tahu cara uninstall Avast jika sudah tidak menggunakannya lagi.

Antivirus ini sudah menjadi salah satu pilihan yang menawarkan berbagai macam nilai lebih untuk semua pengguna PC. Kamu bisa mengunduh dan menggunakannya untuk menjaga performa desktop tetap bagus, serta terhindar dari malware ketika digunakan secara terus menerus.

Antivirus asal Republik Ceko ini memang terbilang populer. Pasalnya, sebanyak ratusan juta orang di seluruh dunia menggunakan Avast untuk beberapa perangkat, lho. Sayangnya, sebagian besar dari mereka justru ingin melakukan cara uninstall Avast, bahkan telah terjadi belakangan ini.

Pengguna Avast mengaku sering mendapatkan intervensi setelah antivirus nya terpasang pada perangkat. Selain itu, banyak alasan lainnya mengapa mayoritas penggunanya beralih menggunakan program serupa lainnya yang lebih bagus dan berkualitas.

Sekilas tentang Avast

Avast adalah program antivirus milik salah satu badan usaha cyber terbesar di dunia, AVAST Software yang berbasis di Prague, Republik Ceko dan telah mengembangkan beragam jenis perangkat lunak keamanan.

Mereka berpacu pada layanan antivirus gratis, bahkan telah digunakan oleh lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Perusahaan ini menyediakan antivirus lain sebagai solusi menjaga keamanan desktop kalian, yakni AVG dan pemakaiannya juga simpel guna memaksimalkan sistem cyber pada perangkat.

Terkait:  Cara Menghapus Akun Instagram Permanen

Walaupun jumlah penggunanya sangat banyak, belum tentu menjamin kualitas perangkat lunak tersebut. Avast memiliki sistem keamanan cukup unggul, serta menjamin kerahasiaan data setiap penggunanya juga. Sayangnya, banyak orang memutuskan untuk berhenti menggunakan Avast akibat alasan tertentu, lho.

Keputusan tersebut tentunya menimbulan rasa heran, di mana keamanan Avast terbilang cukup unggul dan patut diperhitungkan, tapi munculnya berbagai macam antivirus membuat penggunanya beralih menggunakan software lain.

Apakah Avast Aman?

Pertanyaan ini hampir sering ditanyakan sebagian besar pengguna Avast sampai sekarang. Pasalnya, Avast menyediakan dua layanan berbeda yakni gratis dan premium. Apabila kamu menggunakan versi gratisnya, kamu hanya memperoleh perlindungan dari virus, spyware dan ancaman serupa lainnya.

Jika kamu ingin mendapatkan proteksi lebih baik dan terpercaya, alangkah baiknya menggunakan Avast Premium, di mana kalian cukup membayar sejumlah uang untuk melindungi PC dari virus dan ancaman serius lain dalam jangka waktu yang lama.

Berapa Harga Layanan Avast?

Avast menawarkan dua layanan berbeda, yakni Avast Free dan Avast Premium Security. Avast Free adalah versi gratis dari antivirus ini, di mana kalian tidak akan dikenakan biaya tambahan apapun. Tak bisa dimungkiri layanan ini tersedia secara luas di internet, lho.

Jika kamu ingin mendapatkan fasilitas dan perlindungan lebih ekstra, maka bisa menggunakan Avast Premium Security. Selain itu, kamu harus membayarnya sesuai dengan nominal pembayaran yang telah diresmikan oleh pihak Avast.

Kamu bisa membayar sebesar USD$69.99 per tahun, di mana layanannya hanya berlaku untuk satu perangkat saja. Kamu mungkin boleh mencoba versi ini secara gratis selama sebulan baik pada PC, Mac, iPhone/iPad maupun Android untuk download versi yang tepat.

Sementara itu, kamu bisa menggunakan layanan lainnya seharga USD$89.99 per tahun. Paket ini bahkan mampu diakses oleh sepuluh perangkat sekaligus, lho. Kamu tidak perlu mengindikasikan jenis sistem operasi yang digunakan karena bisa langsung digunakan untuk Android, iOS, Mac maupun PC.

Terkait:  Cara Menghapus Virus di Android

Cara Uninstall Avast

Cara Uninstall Avast
Cara Uninstall Avast

Jika kamu belum tahu cara uninstall Avast untuk semua perangkat, kami akan membantumu untuk melakukannya dengan cepat dan mudah. Antivirus ini memang menyuguhkan berbagai macam layanan terbaik yang patut diperhitungkan, lho.

Sayangnya, sebagian besar penggunanya mengklaim tidak nyaman karena segala aktivitas mereka hampir diketahui oleh sistem Avast. Kamu akan tahu jawabannya melalui artikel ini, di mana proses penghapusan software nya juga cepat dan praktis baik untuk pengguna baru maupun lama.

Langkah 1: Membuka Aplikasi Avast

Cara uninstall Avast pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dulu. Caranya adalah menekan menu Start melalui desktop atau PC kamu.

Selain itu, kamu bisa membukanya dengan menekan tombol tersembunyi di samping kanan, kemudian klik kanan icon Avast dan klik Open Avast User Interface. Apabila muncul tampilan menu awal, klik Menu di samping kanan atas di samping menu Notification untuk menuju tahap selanjutnya.

Langkah 2: Membuka Pengaturan

Kamu bisa memilih menu Setting yang berada pada barisan kedua dari Menu di Avast. Jika sudah masuk ke dalam menu tersebut, klik Troubleshooting di dalam tab General.

Kemudian, klik kolom kecil di samping menu Enable Self-Defense untuk menghilangkan tanda centang tersebut. Apabila muncul pemberitahuan tentang penonaktifan sistem pertahanan dari Avast, silakan abaikan dan klik OK, Disable. Kemudian, segera keluar dari program Avast.

Langkah 3: Membuka Control Panel

Cara uninstall Avast berikutnya adalah mengakses Control Panel dengan mengetiknya ke dalam kolom pencarian di samping icon Windows, kemudian tekan Enter. Apabila sudah muncul, klik Uninstall Program yang letaknya berada di bawah Programs.

Jika sudah masuk menu tersebut, tekan Avast Free Antivirus yang berada di bagian atas, klik Uninstall dan tekan Yes. Silakan ikuti langkah selanjutnya sampai muncul tab baru.

Terkait:  Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram

Langkah 4: Melakukan Konfirmasi dan Restart PC

Cara uninstall Avast terakhir yang bisa dilakukan adalah melakukan konfirmasi. Jika muncul pemberitahuan konfirmasi dari pihak Avast untuk menghapus programnya, silakan klik Uninstall di bagian bawah.

Tak hanya itu, kalian juga harus menghabiskan waktu beberapa saat guna menghapus file programnya secara keseluruhan. Apabila proses penghapusan datanya selesai, segera restart PC kamu untuk digunakan seperti biasa.

Cara Uninstall Avast Lewat Avast Uninstall Utility

Jika kamu ingin menghapus program Avast, maka bisa menggunakan Avast Uninstall Utility dengan mengikuti panduan lengkapnya di bawah ini:

  • Unduh Avast Uninstall Utility via files.avast.com/iavs9x/avastclear.exe terlebih dulu.
  • Jika telah diunduh, jalankan program tersebut dengan membukanya dari folder penyimpanan yang terdapat pada desktop terlebih dulu.
  • Berikutnya, klik kanan dan tekan tombol Run as Administrator.
  • Avast Uninstall Utility biasanya akan memberitahumu untuk restart desktop melalui fitur Safe Mode.
  • Jika setuju, klik Yes.
  • Klik Yes dan Safe Mode akan melakukan restart pada desktop atau perangkat kamu.
  • Kemudian, tutup semua program maupun tab yang sedang terbuka sehingga proses restart dapat berjalan lancar.
  • Kamu bisa menunggu proses restart tersebut hingga muncul halaman Avast Uninstall Utility dari fitur Safe Mode. Namun, pastikan kalian tahu lokasi penyimpanan file Avast yang telah diinstall sebelumnya.
  • Klik Uninstall atau tombol berwarna hijau di bawah.
  • Terakhir, ikuti langkah selanjutnya dan kamu diminta melakukan restart desktop lagi sampai file Avast benar-benar terhapus dari perangkatmu.

Demikian panduan cara uninstall Avast untuk Windows 7, 8 dan 10 yang perlu kamu tahu. Jangan lupa bagikan atau share artikel kami agar penggunanya dapat menghapus semua datanya dan mencoba pengalaman baru dengan menggunakan software antivirus lainnya. Semoga bermanfaat!

Similar Posts