Home » Android » Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android

Salah satu hal yang tidak disukai oleh pengguna smartphone yaitu, munculnya virus pada android. Sebelum kita menginjak ke inti tentang cara menghapus virus di android, maka akan dijelaskan beberapa hal dulu ya.

Nah, smartphone yang terserang virus, biasanya memang memiliki tanda-tandanya dan kamu bisa mencegahnya sebelum menyebar kemana-mana.

Tanda Adanya Virus dalam Smartphone Android

Tanda-tanda adanya virus di smartphone yaitu, seperti sering munculnya iklan pop up yang tidak jelas dan bisa mengganggumu.

Biasanya, baterai smartphone terasa lebih cepat berkurang dibanding sebelumnya. Selain baterai yang boros, kuotamu pun juga semakin cepat habis loh.

Adapun sms aneh yang muncul di smartphonemu. Lalu saat kamu membooting smartphone, maka akan terasa lebih lama dari sebelumnya.

Tanda-tanda yang paling mengganggu adalah, smartphonemu menjadi lebih lemot. Sedangkan RAM mu masih cukup ruang dan tidak banyak aplikasi yang terinstal.

Bahkan gak jarang juga loh, akibat virus di android, HP mu jadi bootloop karena system yang terkena virus.

Pencegahan Virus pada Smartphone Android

Pencegahan Virus di Android

Mencegah Virus di Android

Sebelum virus semakin merusak smartphonemu, kamu bisa melakukan beberapa pencegahan. Seperti misalnya melakukan scanning virus secara reguler, atau mengaktifkan mode aman untuk memeriksa aplikasi yang terinstall.

Sebelum kamu mendownload aplikasi, jangan lupa untuk perhatikan dulu asal-usul aplikasi tersebut, cek lah terlebih dahulu aplikasi itu diproduksi oleh siapa, ya.

Kamu tidak boleh sembarangan memberikan akses super user pada aplikasi yang kamu instal. Biasanya jika kamu mendownload aplikasi, bagian bawahnya banyak komentar yang berisi review dari aplikasi tersebut.

Nah, itu cukup penting untuk kamu baca, jika review nya baik, kamu boleh menginstalnya!

Selain aplikasi, biasanya virus juga bisa datang dari situs-situs atau link yang kamu akses. Biasanya situs tersebut adalah situs yang ilegal.

Virus juga bisa datang dari perangkat lain yang pernah dihubungkan ke smartphonemu. Sepertinya hampir semua pengguna smartphone mengeluh tentang virus ponsel, karena ya memang smartphone selalu dipakai pagi sampai malam hari.

Terkadang, banyak orang yang tidak tahu smartphonenya sudah dicemari oleh virus. Bahkan yang sering terjadi, kalau smartphonenya lemot yang ada malah dibanting, kan?

Apalagi orang itu sedang sibuk-sibuknya dan harus selalu menggunakan smartphone untuk kebutuhan bekerja. Namun dengan cara dibanting tentu itu tidak benar, ya.

Bukan virus yang hilang, justru malah smartphonemu yang rusak. Sebenarnya ada banyak cara menghapus virus di android.

Kamu bisa menghapus virus di smartphonemu dengan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Jika kamu tahu cara menghapusnya, tentu hal itu tidak perlu kamu cemaskan.

Beberapa Macam Jenis Virus Smartphone yang Harus Diperhatikan

Virus yang ada di smartphone juga banyak jenisnya. Yaitu ada yang namanya virus Engriks, biasanya virus ini muncul saat kamu pernah tidak sengaja menekan situs-situs p0rn0. Lalu juga adapula virus Shuanet, Shedun, dan ShiftyBug, ketiganya merupakan jenis virus yang berbahaya.

Jika smartphonemu sampai terserang oleh ketiga virus tersebut, maka smartphonemu tidak akan bisa digunakan lagi, apalagi kalau smartphonemu masih baru, dan tidak menggunakan anti virus, kamu bisa sangat rugi loh.

Selain itu juga masih ada banyak jenis virus lainnya. Tak udah berlama-lama lagi, yuk sekarang langsung aja ke inti artikel ini tentang cara menghapus virus di android berikut!

Cara Menghapus Virus di Android

Cara Menghapus Virus di Android

Menghapus Virus di Android

Ada banyak macam cara menghapus virus di android, kita bisa pakai aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi sekalipun. Berikut ini beberapa metode yang dapat dicoba untuk dapat menghilangkan virus di ponsel android.

Menghapus Virus di Android Tanpa Aplikasi

Di metode pertama, menghapus virus di android bisa dilakukan tanpa aplikasi bantuan apapun. Bagaimana melakukannya? Ada 3 macam cara yang bisa dicoba, diantaranya:

1. Masuk Safe Mode

Kita bisa pakai mode safe mode yang tersedia di semua android, untuk lebih jelasnya bisa simak dan ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Masuklah ke safe mode ponsel androidmu. Di setiap android memiliki cara berbeda untuk masuk ke safe mode, namun pada umumnya tekan saja tombol Power dan Volume secara bersamaan. Dan untuk masuk ke safe mode android, kamu harus mematikan dulu ponsel android kamu.
  • Cara lain untuk masuk ke safe mode yaitu tekan dan tahan tombol Power hingga muncul pop up menu. Lalu tekan Mode Darurat atau Safe Mode. Kemudian pilih OK untuk melanjutkan prosesnya.
  • Setelah berhasil masuk ke safe mode, ada tulisan Safe Mode atau Mode Aman di pojok kiri bawah. Dan harus diketahui bahwa semua aplikasi yang terinstal akan hilang sementara. Hal ini dikarenakan safe mode cuma menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem saja. Agar kita mudah untuk membersihkan file dan data yang tak penting, layaknya virus android.
  • Selanjutnya, kita coba cek aplikasi yang terinstall ke android. Mungkin saja ada aplikasi aneh yang tak pernah kita install sebelumnya. Masuk ke Pengaturan lalu pilih manajer Aplikasi.
  • Cari dan temukan aplikasi aneh dan asing tersebut, tekan dan buka detail info aplikasinya. Setelahnya tekan tombol Hps instalan untuk uninstall aplikasi tersebut.
  • Jika aplikasi tersebut membandel dan tak dapat di uninstall, solusinya adalah menghapus ijin aksesnya terlebih dulu. Masuk saja ke Setting » Security » Device administrator.
  • Hilangkan saja akses administrator yang mencurigakan, agar kita dapat segera uninstall aplikasi aneh dan mencurigakan tersebut.
  • Setelah proses penghapusan aplikasi atau uninstall selesai dilakukan, kita harus keluar dan safe mode. Caranya, Restart saja ponsel android kamu dengan menekan tombol Power beberapa detik kemudian pilih Restart atau Mulai Ulang.

2. Factory Reset

Cara kedua terbilang cukup manjur dalam mengatasi dan menghapus virus di android yaitu dengan Factory Reset. Langkah-langkahnya:

  • Masuk ke menu Pengaturan di android kamu.
  • Pilih Manajemen umum kemudian lanjutkan dengan tap Reset.
  • Lakukan konfirmasi untuk melanjutkan proses Reset Factory.

Untuk lebih memudahkan, Factory Reset juga bisa dilakukan melalui tombol dial up. Kode dialnya adalah *2767*3855#.

Dan perlu diketahui bahwa, sebelum melakukan factory reset atau reset data pabrik kamu harus meyakinkan pilihanmu karena semua pengaturan dan aplikasi serta data di memori internal akan hilang terhapus setelah melakukan factory reset.

Sebelum melakukan reset factory, pastikan kamu sudah membackup semua datamu ya. Karena meskipun kamu bisa menggunakan cara mengembalikan file yang terhapus, nyatanya tidak semua file yang di reset factory bisa dikembalikan.

3. Flash Firmware

Menghapus virus android, juga bisa dilakukan dengan flash firmware lho. Caranya hampir sama seperti factory reset, hanya saja lebih kompleks.

Jika factory reset biasanya masih meninggalkan beberapa data yang tersisa, maka flash firmware akan menghapus semua data Android dan digantikan dengan data baru dari firmware.

Mengenai cara flash firmware, di setiap android juga memiliki settingan yang berbeda ya bangs. So, kamu bisa cari caranya sendiri di Google dan sesuaikan dengan tipe ponsel andoid yang kamu pakai saat ini.

Menghapus Virus di Android dengan Aplikasi

Metode selanjutnya, kita juga bisa menghapus virus di android pakai aplikasi bantuan. Terdapat beberapa aplikasi bantuan yang bisa digunakan untuk menghilangkan virus di android, diantaranya:

1. Google Play Protect

Cara menghapus virus di android dengan Google Play Protect:

  • Buka dan jalankan aplikasi Google Play Store.
  • Tekan icon garis tiga di pojok kiri atas untuk memunculkan menu.
  • Pilih Play Protect.
  • Lalu, kamu akan melihat beberapa pilihan tindakan terkait perlindungan perangkat.
  • Scroll layar ke bawah dan aktifkan Play Protect. Pilih Scan device for security threats. Dan jangan lupa Aktifkan juga opsi Improve harmful app detection.

Setelah menghidupkan play protect, jangan lupa untuk memperbarui layanan google play agar kinerja play protect semakin maksimal.

2. Malwarebytes Security

Cara menghilangkan virus di android menggunakan Malwarebytes Security:

  • Download dan Install dulu aplikasi Malwarebytes Security melalui Google Play Store.
  • Setelah aplikasi terinstall, langsung saja buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Lakukan proses Scan untuk mencari semua virus yang singgah di android kamu.
  • Lalu, Malwarebytes akan menampilkan hasilnya serta diberikan rekomendasi opsi tindakan yang harus dilakukan.
  • Jika terdapat virus, kamu bisa langsung delete atau hapus virus tersebut.

3. Avast Mobile

Cara menghapus virus di ponsel android juga bisa memakai aplikasi Avast Mobile. Langkah-langkahnya:

  • Download dan Install dulu aplikasi Avast Mobile melalui Google Play Store.
  • Setelah aplikasi terinstall, langsung saja buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Tekan saja tombol MULAI.
  • Pilih VERSI DASAR untuk menggunakannya secara gratis.
  • Lalu pilih Lanjutkan Secara Gratis saja. Tekan Pindai untuk memulai proses scan virus.
  • Setelah proses scanning selesai, akan ditampilkan beberapa virus yang singgah di ponselmu. Tekan saja tombol SELESAIKAN untuk menghapus virus android tersebut.

4. Kaspersky Mobile Antivirus

Caranya:

  • Download dan Install dulu aplikasi Kaspersky melalui Google Play Store.
  • Setelah aplikasi terinstall, langsung saja buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Jika aplikasi sudah terbuka, tekan saja tombol NEXT »NEXT.
  • Jika kamu ingin memakai versi gratis, tekan saja tombol SKIP pada tampilan pilihan harga berlangganan.
  • Lanjut tekan tombol SCAN untuk mencari semua virus yang singgah di ponsel android. Tekan Scan lalu pilih Full scan untuk melanjutkan proses scanning secara keseluruhan.
  • Tunggu proses scanning hingga selesai.

Dengan memilih salah satu metode yang tersaji diatas, kamu juga dapat secara otomatis menghapus virus iklan di android. Jika masih juga belum bisa, coba pilih metode lain yang ada.

So, demikianlah ulasan lengkap mengenai bagaimana cara menghapus virus di android menggunakan beragam metode pilihan mudah. Jika ada kesulitan, silahkan langsung tanyakan di komentar ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *