Cara Keluarkan Air dari iPhone

Cara Keluarkan Air dari iPhone

Air yang masuk dalam perangkat iPhone bisa jadi berbahaya meskipun seri iPhone 7 ke atas telah dibekali fitur tahan air, tapi tidak sepenuhnya anti air. Jika ada air yang masuk dari lubang speaker dan pengisi daya harus tetap dikeluarkan. Dalam sejumlah kasus, air juga dapat masuk ke dalam lensa kamera, terendam, dan tidak dapat keluar. Lalu, bagaimana cara keluarkan air dari iPhone? Mudah banget! Kamu bisa ikuti tutorial selengkapnya di bawah ini.

Cara Keluarkan Air dari iPhone

Cara Keluarkan Air dari iPhone
Cara Keluarkan Air dari iPhone

iPhone adalah brand smartphone yang diproduksi dan dipasarkan oleh Apple Inc. Ponsel pintar ini menggunakan sistem operasi bernama iOS. Steve Jobs sebagai CEO Apple mengeluarkan produk iPhone seri pertama pada awal Januari 2007. Sejak saat itu, Apple secara konsisten mengeluarkan produk iPhone model terbaru dan melakukan pembaruan iOS hampir setiap tahunnya.

Produk ponsel pintar milik Apple ini dianggap terdepan karena selalu melakukan inovasi yang menginspirasi produsen ponsel lainnya. iPhone juga dikenal dengan ponsel kelas menengah ke atas karena harganya yang cukup fantastis terutama seri yang terbaru.

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh iPhone adalah adanya teknologi anti air di dalamnya. Seperti yang telah disinggung di atas, ponsel iPhone keluaran terbaru atau seri iPhone 7 ke atas telah didukung teknologi anti air. Tipe iPhone tersebut memiliki IP67 yang dapat menahan kedalaman air hingga 1 meter selama 30 menit. Ada juga tipe iPhone IP68 di bawah standar IEC 60529 dimana dapat menahan kedalaman air sampai 2 meter selama 30 menit. 

Terkait:  Cara Membeli iPhone Bekas Supaya Tidak Tertipu, Valid!

Meskipun demikian, terkadang masih ada sisa air yang terjebak di dalam ponsel. Ketika ponsel kemasukan air, tidak jarang membuat suara yang keluar dari speaker menjadi tidak begitu jelas. Ini tentunya akan mengganggu saat menelepon, mendengarkan pesan suara, atau hal lain yang berhubungan dengan audio. 

Masalah kualitas audio pada iPhone yang menurun tersebut disebabkan karena masih ada sisa air di dalamnya. Oleh karena itu, harus dikeluarkan agar fitur audio iPhone milikmu bekerja secara optimal.

Bagi pengguna iPhone tidak perlu terlalu khawatir akan hal ini. Sebab, ada beberapa cara mudah untuk mengeluarkan air tersebut, yaitu dengan fitur bawaan, aplikasi, hingga lewat website.

1. Cara Keluarkan Air dari iPhone Secara Manual

Cara yang pertama ini bisa dikatakan adalah cara manual karena tanpa bantuan aplikasi atau fitur pendukung lainnya. Selain itu, cara ini tidak hanya untuk perangkat iPhone tapi juga bisa dicoba pada tipe ponsel lainnya.

Ketika ponsel milikmu kemasukan air, kamu bisa langsung memposisikan speaker menghadap ke arah bawah, lalu ketik-ketuk ponsel dari berbagai sisi agar air yang masuk dapat keluar. Cara tersebut bisa membuat air yang terjebak dalam speaker akan jatuh dan keluar.

Selanjutnya, lap menggunakan tisu agar air yang berhasil keluar tidak kembali masuk ke dalam. Saat mengetuk-ngetuk iPhone, pastikan untuk menggunakan gerakan tangan pelan agar komponen lain di dalamnya tetap aman.

Cara manual lainnya yang dapat dicoba adalah dengan menggoyang-goyangkan perangkat iPhone. Goyang-goyangkan ponsel ke atas dan ke bawah secara konsisten agar air yang ada di dalamnya bisa keluar. Air akan keluar secara perlahan apabila digoyang-goyangkan dengan konsisten. Kemudian, lap dengan lembut air yang keluar tersebut menggunakan tisu.

Terkait:  Cara Ganti Nama Hotspot iPhone Lewat Pengaturan (Mudah) 📡

Namun, perlu diketahui bahwa cara manual ini bisa dicoba apabila ponsel kamu terkena cipratan air atau terjatuh dalam genangan air yang dangkal.

Nah, jika cara manual tersebut tidak berhasil, maka kamu bisa ikuti 4 tutorial cara keluarkan air dari iPhone lainnya berikut.

2. Menggunakan Fitur Water Eject

Cara mudah keluarkan air yang masuk pertama adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan iPhone, yaitu aplikasi Water Eject Shortcut. Fitur ini mampu mengeluarkan air yang masuk dalam speaker. Dengan Shortcut ini, kamu tidak perlu khawatir dan membongkar iPhone agar air di dalamnya keluar. Untuk menggunakannya, silakan kamu ikuti langkah-langkah berikut.

  • Pertama, buka App Store, cari aplikasi Shortcut Water Eject, dan install.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil terinstal.
  • Buka aplikasi Shortcut Water Eject dan posisikan iPhone dengan berdiri tegak.
  • Lalu, pilih menu Water Eject dan klik Begin.
  • Ponsel kamu akan mengeluarkan bunyi, kemudian fitur Water Eject akan mengeluarkan air dari dalam speaker.

Kamu juga bisa menggunakan shortcut ini melalui Siri. Caranya pun juga tidak beda jauh. Jika kamu ingin mencobanya, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Pertama tentunya install aplikasi Shortcut Water Eject di Apps Store.
  • Selanjutnya, buka aplikasi Shortcut Water Eject, pilih tab Library, dan cari Water Eject.
  • Setelah itu, klik menu Get Shortcut.
  • Lalu, menghubungkan Shortcut dengan Hey Siri. Caranya adalah klik ikon titik tiga pada aplikasi Water Ejection Shortcut.
  • Pilih menu Settings, klik Add to Siri.
  • Selanjutnya rekam kalikan untuk Siri dengan cara klik menu Type Phrase.
  • Ketik kalimat yang kamu inginkan setiap kali ingin membuka aplikasi Water Ejection Shortcut.
  • Jika sudah, klik Done tiga kali.
Terkait:  Cara Restore iPhone: Via iTunes dan iCloud (Tested!)

3. Melalui Aplikasi Sonic

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bernama Sonic. Untuk mengeluarkan air dalam speaker HP iPhone dengan aplikasi satu ini, berikut caranya:

  • Install terlebih dahulu aplikasi Sonic melalui App Store.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang di iPhone, lalu atur ponsel kamu dengan berdiri tegak.
  • Selanjutnya, pilih frekuensi 165Hz untuk mengeluarkan air dari dalam speaker dan klik tab Play.
  • Lalu, aplikasi ini akan mengeluarkan air dari speaker.
  • Pilih opsi Stop untuk menghentikan proses tersebut atau setelah air berhasil keluar dari iPhone.

Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, mengeluarkan air dari iPhone juga dapat dilakukan tanpa aplikasi. Ada dua rekomendasi situs yang dapat digunakan untuk mengeluarkan air dari iPhone, yaitu fixmyspeakers.com dan szynalski.com.

Bagi kamu yang tertarik ingin mencoba cara mengeluarkan air dari iphone tanpa aplikasi, simak informasi selengkapnya berikut.

4. Lewat Situs FixMySpeaker

Cara mengeluarkan air dari iPhone lewat situs Fixmyspeaker adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka web browser pada iPhone.
  • Lalu, kunjungi alamat situs fixmyspeakers.com.
  • Pada halaman utama, silakan pilih menu dengan ikon gambar hempasan angin beserta air.
  • Selanjutnya, ponsel kamu akan mengeluarkan suara dan air akan keluar secara perlahan lewat speaker.

5. Via Situs Szynalski

Berikut langkah-langkah cara keluarkan air dari iPhone melalui situs Szynalski, antara lain:

  • Buka web browser pada iPhone.
  • Selanjutnya, kunjungi alamat situs Szynalski, atau klik www.szynalski.com/tone-generator.
  • Pada halaman utama situs, kamu pilih frekuensi 165Hz untuk mengeluarkan air dari speaker.
  • Terakhir, klik tombol Play.

Lalu, iPhone akan mengeluarkan suara dan perlahan mengeluarkan air dari speaker.

Itulah 5 cara keluarkan air dari iPhone yang menyebabkan audio menjadi terganggu. Caranya sangat mudah dilakukan, bukan? Akan tetapi, apabila kamu merasa cara di atas tidak mampu mengatasi masalah karena kemasukan air, maka segera bawa ponsel milikmu ke service center iBox terdekat.

Similar Posts