Cara Cek iCloud iPhone

Cara Cek iCloud iPhone Sebelum Beli HP Second (Penting!)

iCloud merupakan layanan dari Apple yang digunakan untuk menyimpan dan berbagi file. Memiliki iCloud penting jika Kamu ingin ganti perangkat baru. Tapi kalau mau beli iPhone second, pastikan status iCloud mati. Berikut dijelaskan cara cek iCloud iPhone sebelum membelinya dari pengguna lama. 

Membeli iPhone bekas memang susah-susah gampang. Terlebih lagi kalau masih ada iCloud lama yang tertaut dan kondisinya aktif. Karena hal tersebut membuatmu tidak memiliki akses ke iPhone tersebut. Jadi, pastikan sebelum membelinya iCloud sudah bersih. 

Jika Kamu tidak tahu cara untuk mengecek status iCloud, bisa lihat penjelasan ini. Ada berbagai metode yang  bisa dicoba. Selain itu, dijelaskan pula pentingnya untuk melihat status aktif atau tidaknya iCloud sebelum membeli iPhone bekas. 

Untuk Apa Cek iCloud iPhone? 

Seperti yang disebutkan, sebelum menerangkan cara cek iCloud iPhone, ada baiknya untuk menyimak penjelasan ini. Mulai dari pengertian dari iCloud dan fitur keamanan yang diberikan oleh Apple. Termasuk juga pentingnya mengecek status iCloud saat membeli iPhone bekas. 

iCloud adalah layanan dari Apple yang menghubungkan berbagai perangkat iOS. iCloud diakses dengan alamat email dan ID Apple yang sudah dibuat sebelumnya. Setiap pembuatan aku iCloud, akan mendapatkan ruang penyimpanan berkapasitas 5 GB secara gratis. 

Dengan adanya iCloud, proses berbagi file di antara perangkat Apple akan semakin mudah. Contohnya berbagi konten notes, foto, kontak, hingga dokumen. Kegunaan lainnya yaitu membuat backup dan memulihkannya ketika membeli perangkat yang baru. 

Jika Kamu ingin beli HP iPhone bekas, ada banyak aspek yang perlu dicek secara mendetail. Salah satunya adalah status iCloud. Kamu harus tahu apakah iPhone tersebut telah mengunci atau membersihkan status iCloud. 

Terkait:  Cara Enter di iPhone: Letak Tombol Return/Kembali Ada Disini💜

Apple memberikan keamanan pada media penyimpanan ini dengan nama fitur iCloud Activation Lock. Kunci aktivasi tersebut akan menjaga iPhone supaya tidak dipakai oleh penggunaan yang tidak sah dan berhak. Misalkan saat HP terjatuh atau hilang karena dicuri. 

Ketika iCloud Activation Lock menyala, maka pemegang iPhone perlu memasukkan email dan password iCloud untuk menggunakannya. Jika statusnya masih aktif, tentu Kamu tidak memiliki akses ke iPhone. Sebab pengguna yang lama belum membersihkan kunci aktivasi. 

Pada dasarnya iCloud Activation Lock memang digunakan untuk keamanan. Karena tidak tahu username dan password, maka tidak bisa login dengan iCloud aktif di iPhone. Otomatis ponsel akan terkunci dan Kamu tidak dapat memakainya. 

Ini juga cara terbaik untuk memeriksa apakah Find My iPhone (FMI) sudah diaktifkan di perangkat. Apabila membeli iPhone bekas, pastikan FMI dalam kondisi tidak aktif. Selain itu perangkat juga berstatus Bersihkan. 

Cara Cek iCloud iPhone

Cara Cek iCloud iPhone
Cara Cek iCloud iPhone

Untuk memastikan status iCloud di iPhone, Kamu bisa menggunakan beberapa cara. Sebagian besar caranya harus memasukkan nomor IMEI atau serial number dari iPhone yang dipakai. Kamu dapat lihat dulu IMEI pada Pengaturan atau kardus pembungkus HP. Jika sudah mengetahuinya, pilih salah satu cara berikut ini:

1. Cek iCloud iPhone di Situs Resmi

Cara cek iCloud iPhone pertama kali yang dapat dicoba yaitu lewat situs resminya. Kamu dapat melihat apakah status Activation Lock dalam kondisi aktif atau tidak. Khusus jika membeli iPhone bekas, harus memastikan status kunci aktivasi bersih supaya bisa menggunakan ponsel.

Seperti yang disebutkan jika Kamu harus mencari tahu dulu berapa nomor IMEI atau serial number dari iPhone yang digunakan. Kamu dapat cek lewat Pengaturan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Settings di HP iPhone. 
  • Kemudian masuk ke bagian General
  • Buka menu About dan lihat nomor yang ditampilkan. 
  • Untuk menyalinnya, tinggal sentuh dan tahan. 
Terkait:  Cara Cek iOS iPhone Lewat HP dan Komputer (Penting!)

Setelah memiliki serial number, Kamu dapat membuka situs resmi iCloud untuk melihat status Activation Lock. Daripada bingung, cek tahapannya di bawah ini:

  • Buka browser dan telusuri alamat https://www.icloud.com/activationlock.
  • Jika halaman sudah terbuka, masukkan nomor IMEI atau serial number yang sudah disalin pada kolom. 
  • Tulis kode acak yang sesuai dengan gambar. Jika tidak jelas, Kamu bisa memilih New Code. 
  • Kemudian tekan Continue untuk lanjut ke langkah berikutnya. 
  • Apabila nomor yang dimasukkan benar, maka akan menemukan status Activation Lock dalam keadaan On atau Off. 

Jika kunci aktivasi off, Kamu bisa menggunakan iPhone tersebut dengan aman. Sedangkan kalau on, perlu akun iCloud sebelum mengakses ponsel. Itulah kenapa minta dulu pemilik HP lama untuk menonaktifkan fitur keamanan ini. 

2. Cek iCloud iPhone di Halaman Apple Support

Pada metode yang kedua ini juga sama-sama memerlukan nomor IMEI atau serial number. Kamu bisa mencarinya dengan cara yang sudah dijelaskan. Dengan nomor tersebut dapat memastikan status Activation Lock. Berimu ini cara cek iCloud iPhone lewat halaman Apple Support:

  • Buka alamat https://getsupport.apple.com/.
  • Kemudian pilih Support Apple. 
  • Setelah itu pilih menu Physical Damage & Repairs. 
  • Kamu harus memilih salah satu jenis kerusakan. Contohnya seperti Display is Cracked. 
  • Berikutnya ketuk Send it for Repair. 
  • Ikuti instruksi untuk memasukkan nomor IMEI atau serial number. 
  • Jika iCloud Activation Lock aktif, Kamu akan mendapatkan pesan “Sorry, but we can’t create a repair while Find My iPhone is active. You’ll need to turnamen off Find My iPhone and retry this serial number.”
  • Kalau seperti itu, minta pemilik lama untuk menonaktifkannya dulu. 

3. Cek iCloud iPhone Lewat Situs IMEI.info

Berikutnya adalah cara cek iCloud iPhone lewat situs IMEI.info. Di sini Kamu dapat melihat berbagai informasi perangkat dengan jelas. Bukan hanya status Activation Lock dan Find My iPhone saja, tapi detail perangkat yang lain. 

Terkait:  Cara Hotspot iPhone

Pengecekan lewat IMEI.info juga mudah dan cepat. Meskipun tetap harus diakses secara online. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka browser apa pun yang Kamu gunakan di iPhone. 
  • Kemudian masukkan alamat https://imei.info pada kolom pencarian. 
  • Setelah itu, ketik nomor IMEI pada kolom yang disediakan. 
  • Tekan tombol PERIKSA untuk lanjut ke langkah berikutnya. 
  • Kamu akan melihat spesifikasi perangkat. Tapi carilah bagian CEK GRATIS. 
  • Pada daftar layanan, pilih menu Pemeriksaan Status iCloud [CLEAN/LOST].
  • Konfirmasi prosesnya dengan memilih Periksa Detail Ponsel Apple. 
  • Tunggu laporan dan periksa status iCloud. 

4. Cek iCloud iPhone Lewat imei24.com

Masih sama-sama menggunakan nomor IMEI, Kamu bisa juga melihat Activation Lock dari situs imei24.com. Cara cek iCloud iPhone lewat situs tersebut sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka https://imei24.com.
  • Masukkan IMEI dan tekan Check
  • Berikutnya akan ditampilkan informasi iPhone sesuai dengan IMEI yang diinput. Kamu akan mendapatkan informasi mulai dari serial number, model, FMI, tanggal produksi, garansi, dan tentunya status iCloud. 

Jika hasil pengecekan FMI off dan iCloud clean, itu artinya iPhone aman digunakan. Kalau kebalikannya, maka Kamu harus meminta penjual untuk menonaktifkannya. Karena fitur keamanan tersebut membuatmu bisa ter-lock jika status iCloud masih tersangkut. 

Demikian penjelasan cara cek iCloud iPhone. Yang harus dipersiapkan pertama kali adalah nomor seri atau IMEI. Pastikan kunci aktivasi dalam kondisi off agar iPhone dapat digunakan. 

Similar Posts