Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo
Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Hilangnya jaringan 4G bagi pengguna perangkat android Oppo seringkali menghambat pekerjaan. Lalu, apakah ada cara kunci jaringan 4G Oppo? Simak artikel ini sampai selesai untuk tahu informasinya!

Perkembangan teknologi membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan menjadikan segala hal lebih canggih. Salah satu perkembangan teknologi yang tidak lepas dari kehidupan sehari-hari adalah penggunaan jaringan internet sebagai alat bantu komunikasi.

Read More

Sebagai salah satu pengguna ponsel android merek Oppo, terkadang kita bisa memiliki masalah jaringan internet saat sedang diperlukan. Masalah ini seringkali muncul saat pengguna jaringan 4G tidak berada di kota atau daerah yang terjangkau sinyal 4G. Pasalnya, jaringan 4G seringkali muncul dan hilang dan begitu saja. Padahal pengguna sedang memerlukan jaringan internet yang stabil dan cepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna Oppo dapat mengunci jaringan 4G supaya jaringan tidak berpindah jenisnya. Misalnya disaat jaringan 4G sedang kuat, ponsel secara otomatis menggunakan pengaturan jaringan 4G. Namun pada saat jaringan 3G lebih kuat, maka ponsel otomatis beralih ke jaringan 4G. Perubahan jaringan ini bisa membuat baterai ponsel cepat habis.

Lalu, apa saja keuntungan yang bisa didapat jika kita mengunci jaringan 4G?

Keuntungan Mengunci Jaringan 4G

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu rasakan jika mengunci jaringan di ponselmu. Selain memiliki jaringan yang kuat saat berselancar di internet, berikut ini beberapa keuntungan lainnya.

Terkait:  Cara Memperbarui Emoji Keyboard Oppo Tanpa Root

1. Melancarkan Komunikasi

Salah satu fungsi penggunaan jaringan internet terbesar adalah untuk berkomunikasi. Baik melalui pesan singkat, email, audio call, video call, dan lain sebagainya. Dengan mengunci jaringan 4G, maka komunikasi antara dua belah pihak akan lancar. Hal ini karena jaringan internet stabil di 4G tanpa gangguan seperti berpindahnya jaringan ke 3G. Kualitas jaringan 4G memang tidak perlu diragukan lagi dalam berkomunikasi.

2. Mendowload Lebih Cepat

Keuntungan lainnya jika mengunci jaringan 4G adalah proses download yang cepat. Jaringan 4G dapat melakukan transfer data hingga 1 Gbps. Kemudahan download ini menjadikan jaringan 4G sangat populer digunakan pada perangkat android maupun iphone. Jika kamu mengalami kendala tidak bisa melakukan download menggunakan jaringan 4G, perhatikan kembali jenis ponsel dan simcard yang digunakan. Apakah sudah menyediakan layanan jaringan 4G atau belum. Jika belum, ada baiknya untuk mengganti ke perangkat yang menyediakan layanan jaringan 4G. Seperti ponsel Oppo yang menyediakan fitur penggunaan jaringan 4G.

3. Meningkatkan Produktivitas

Jika jaringan 4G lancar jaya, komunikasi dan download semua hal juga tidak memiliki hambatan, maka produktivitas akan meningkat. Peningkatan produktivitas linier dengan tools yang digunakan saat bekerja. Semakin baik tools (jaringan 4G) yang digunakan, maka semakin meningkat pula produktivitas.  

Ternyata banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. So, tunggu apa lagi. Mulai tertarik untuk mencoba? Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengunci jaringan menjadi jaringan 4G.

Tips Sebelum Kunci Jaringan 4G

Mengunci jaringan 4G di ponsel memang tidak terlalu sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunci jaringan 4G. Jika beberapa hal tersebut tidak sesuai atau tersedia, maka penguncian jaringan 4G bisa jadi gagal. Jadi, ada baiknya untuk memperhatikan tips dibawah ini sebelum mencoba mengunci jaringan 4G.

Terkait:  Cara Menambahkan Lirik Lagu di HP Oppo (8 Langkah) Praktis!

1. Periksa Jenis Dan Kondisi Ponsel

Tips pertama yaitu memeriksa jenis ponsel dan kondisi ponsel. Apakah ponsel yang kamu gunakan sudah memiliki fitur yang memungkinkan ponsel bisa menangkap sinyal 4G. Beberapa ponsel keluaran lama belum dilengkapi dengan fitur yang bisa menangkap sinyal 4G. Jika ini masalahnya, maka mau tidak mau kamu harus mengganti ponsel baru yang dilengkapi fitur untuk menangkap sinyal 4G.

Selain jenisnya, perhatikan juga kondisi ponsel. Penggunaan jaringan 4G lumayan memakan penggunaan baterai ponsel. Baik saat ponsel mencari jaringan 4G, maupun saat ponsel sedang digunakan dengan kondisi jaringan 4G. Jika kondisi ponsel kamu boros baterai, maka penggunaan jaringan 4G jadi tidak maksimal dalam bekerja.

2. Periksa Kondisi Jaringan

Tips kedua yaitu kondisi jaringan. Untuk memastikan jaringan 4G terkunci di ponsel kamu, kamu harus berada di lingkungan yang terjaring oleh jaringan 4G. Ponsel yang sudah disetting agar mengunci jaringan 4G tidak akan bisa digunakan dalam berselancar di internet jika tidak ada jaringan 4G. So, pastikan untuk berada di lingkungan dengan jaringan 4G ya dear.

Berikut ini beberapa cara mengunci jaringan 4G di ponsel Oppo yang bisa kamu lakukan. Simak uraiannya.

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo
Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo via Kode Kunci

Cara pertama yang dapat digunakan untuk mengunci jaringan internet 4G Oppo agar tetap stay adalah menggunakan kode kunci/dial pad. Cara ini sangat praktis sekali digunakan. Namun, ada yang perlu kamu ketahui. Akhir tahun lalu, perusahaan Oppo merilis ColorOS 12 berbasis Android 12 untuk update sistem operasi terbaru pada 52 model smartphone Oppo yang mereka miliki. Update sistem operasi ini dilakukan secara bertahap pada tiap model ponsel.

Terkait:  Kelebihan dan Kekurangan Oppo Realme 2

Namun, kamu tetap bisa mencoba menggunakan cara ini. Karena bisa jadi jenis ponsel milik kamu belum termasuk mendapat system upgrade dari Oppo. Bagaimana cara mengunci jaringan 4G menggunakan kode kunci? Berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Nyalakan ponsel dan masuk ke menu Telepon.
  • Setelah itu, ketik kode *#*#4636#*#* pada dial pad.
  • Sistem akan secara otomatis menampilkan menu Pengujian Jaringan Telepon dengan beberapa pilihan fitur.
  • Pilih Informasi Telepon.
  • Atur jenis jaringan yang akan digunakan. Klik 4G Only.
  • Tunggu beberapa saat hingga system memproses jaringan menjadi 4G LTE saja.
  • Ponsel dengan jaringan 4G siap digunakan.

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo via Menu Setting

Cara kedua untuk mengunci jaringan 4G Oppo adalah dengan mengatur setting ponsel. Cara ini bisa digunakan di semua jenis ponsel Oppo tanpa melihat apakah ponsel tersebut sudah upgrade sistem operasi atau belum. Berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  • Nyalakan ponsel dan masuk ke menu Pengaturan atau Setting.
  • Pilih SIM Ganda & Seluler.
  • Setelah itu, pilih kartu SIM yang akan digunakan untuk menangkap jaringan 4G (SIM 1 atau SIM 2).
  • Selanjutnya pilih jaringan 4G.
  • Selesai. Kamu bisa menikmati jaringan 4G yang terkunci di ponsel.

Cara Kunci Jaringan 4G Oppo via Aplikasi Tambahan

Cara terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengunci jaringan adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi dari pihak ke 3. Cara ini cukup efektif digunakan.

  • Download aplikasi 4G Only Network Mode di Google Play Sore.
  • Kemudian install aplikasi tersebut.
  • Buka aplikasi dan tekan tombol Start pada halaman awal.
  • Pilih menu 5G/4G Settings.
  • Setelah itu, pilih opsi 4G/3G Settings.
  • Pilih LTE Only pada bagian Set Preferred Network Type yang ada di halaman Phone Info.
  • Jaringan akan focus di 4G.

Demikian cara kunci jaringan 4G Oppo. Mudah dilakukan oleh siapa pun. Jangan lupa share artikel ini dan selamat mencoba.

Related posts