Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Apakah saat ini kamu mengalami kendala sinyal 4G yang sering hilang? Atau apakah kamu sedang mencari informasi cara kunci sinyal 4G Oppo? Baca artikel ini sampai selesai supaya kamu dapat informasi lengkap seputar sinyal 4G Oppo.

Mengenal Apa Itu Sinyal 4G

Penggunaan sinyal telpon kini bisa dikategrikan sebagai kebutuhan primer penggunanya. Perkembangan sinyal ini dimulai dari 1G hingga kini tersedia 5G. Kata “G” memiliki arti Generasi. Sinyal 5G merupakan pembaruan dari sinyal 4G. Sedangkan sinyal 4G adalah pembaruan dari sinyal 3G. Begitu seterusnya.

Read More

Setiap angka didepan huruf G mengacu pada seberapa baru sinyal atau jaringan tersebut dibuat. Semakin besar angka yang tertera maka semakin cepat sinyal internet mengantarkan pesan antara satu pengguna ke pengguna lainnya.

Sinyal 5G telah hadir di Indonesia. Namun tidak semua kota memiliki akses tersebut. Bahkan, akses 4G pun belum merata di seluruh kota di Indonesia. Meski begitu, jaringan 4G masih menjadi prioritas saat ini. Jaringan 4G dikenalkan pada tahun 2009 dan secara resmi diperkenalkan pertama kali di Norwegia. Menggunakan jaringan ini kamu dapat melakukan transfer data hingga 1 Gbps, melakukan aktivitas seperti game online dan lainnya yang membutuhkan sinyal internet.

Salah satu perangkat android yang memfasilitasi penggunaan sinyal 4G adalah merek Oppo. Ponsel merek Oppo dapat digunakan untuk mengunci sinyal sehingga tetap stabil meski penggunanya tidak berada di kota. Mau tahu cara mengunci sinyal di ponsel Oppo? Nah, sebelum kita lanjut ke cara mengunci sinyal di ponsel Oppo, ada baiknya kamu tahu keuntungan apa saja yang didapat jika sinyal 4G dikunci di ponsel kamu. Cekidot.

Keuntungan Kunci Sinyal 4G di Oppo

Mengunci jaringan 4G di ponsel Oppo akan memberi keuntungan bagi penggunanya. Apa saja keuntungan yang bia didapat? Simak uraiannya berikut ini.

Terkait: Cara Mengatasi HP Oppo Ngehang

1. Download Lebih Cepat

Ponsel yang di-setting agar tetap berada di jaringan internet 4G, akan memiliki sinyal yang stabil. Selain itu, jaringan internet 4G atau LTE ini memiliki kecepatan transfer data hingga 1 Gbps. Kamu pengguna internet yang suka mendownload pasti akan menyukali hal tersebut. Tak heran jika sinyal 4G menjadi populer digunakan oleh pengguna android dan Iphone. Alasan ini juga yang menjadikan produsen smartphone berlomba-lomba menciptakan produknya agar dapat digunakan untuk menangkap sinyal 4G LTE demi memuaskan konsumennya.

2. Komunikasi Lebih Lancar

Internet stabil dan cepat tentu mempermudah proses komunikasi. Terutama bagi pengguna internet seperti pebisnis maupun guru yang sering melakukan audio call, video call, email, dan jenis komunikasi lainnya. Tidak ada hambatan saat proses komunikasi menggunakan sinyal 4G menjadikan pesan yang ingin disampaikan tersalurkan sepenuhnya. Penerima pesan pun tidak kesulitan dalam menangkap informasi. Komunikasi lancar, semua bahagia.

3. Peningkatan Produktivitas

Keuntungan lainnya dari mengunci sinyal 4G adalah adanya peningkatan produktivitas dalam bekerja. Saat ini internet digunakan dalam segala hal. Baik dalam bekerja, sekolah, bahkan liburan sekalipun. Semua layanan sudah bergantung pada internet. Naik ojek misalnya. Ada perusahaan yang menawarkan aplikasi ojek online. Tentu untuk bisa menggunakan aplikasi ini kita membutuhkan internet yang lancar.

Pekerjaan lain seperti Youtuber sangat membutuhkan internet yang cepat. Upload video, mencari caption video yang pas, semua butuh internet yang cepat dan stabil.

Setelah mengetahui beberapa keuntungan yang bisa didapat dari mengunci sinyal 4G, lalu tahap apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini cara mengunci sinyal 4G di ponsel Oppo.

Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Cara Kunci Sinyal 4G Oppo
Cara Kunci Sinyal 4G Oppo

Ada 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengunci sinyal 4G di ponsel Oppo. Simak uraiannya berikut ini.

Terkait: Cara Melihat Penggunaan Data di HP Oppo

Mengunci Sinyal 4G via Menu Setting

Cara pertama yang pasti berhasil dilakukan pada semua ponsel Oppo adalah dengan men-setting pengaturan penggunaan sinyal 4G di ponsel. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  • Buka ponsel Oppo kamu.
  • Cari menu Pengaturan atau Setting kemudian klik menu tersebut.
  • Selanjutnya pilih SIM Ganda dan Seluler.
  • Jika kamu menggunakan 2 kartu SIM di ponsel Oppo, pilih kartu SIM mana yang akan digunakan untuk menangkap jaringan 4G. SIM 1 atau SIM 2.
  • Setelah itu akan ada beberapa pilihan sinyal. 2G/3G/4G. Pilih sinyal 4G.
  • Ponsel Oppo kamu sudah mengunci sinyal 4G.

Mengunci sinyal 4G via menu setting ini dapat dilakukan diseluruh jenis/merek ponsel dan tidak hanya merek Oppo. Sehingga kamu bisa mencoba cara ini jika memiliki ponsel dengan merek selain Oppo.

Mengunci Sinyal 4G via Dial Pad

Cara selanjutnya yaitu dengan menggunakan panggilan kode unik atau dial pad. Kode ini sebenarnya sudah tidak berlaku di semua seri smartphone Oppo semenjak Oppo melakukan update sistem baru mereka pada akhir tahun 2021. Update sistem ini dilakukan secara bertahap sehingga tidak ada salahnya kamu mencoba cara ini. Siapa tahu seri ponsel Oppo milik kamu bukan termasuk seri Oppo yang sudah mendapat update.

Lalu, bagaimana cara mengunci sinyal 4G via dial pad? Simak langkahnya dibawah ini!

  • Buka ponsel Oppo kamu.
  • Masuk ke menu Telepon.
  • Keik kode *#*#4636#*#* pada dial pad.
  • Setelah itu sistem akan secara otomatis menampilkan menu Pengujian Jaringan Telepon dengan beberapa fitur.
  • Pilih Informasi Telepon.
  • Klik 4G Only untuk mengatur jenis jaringan yang akan digunakan.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem memproses jaringan menjadi 4G LTE saja.
  • Ponsel dengan jaringan 4G siap digunakan.

Mengunci Sinyal 4G via Aplikasi Pendukung

Cara terakhir untuk mengunci sinyal 4G di ponsel Oppo adalah dengan bantuan aplikasi pendukung. Ada beberapa aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk membantu proses penguncian sinyal di ponsel Oppo. 2 diantaranya yaitu aplikasi 4G LTE Switcher dan 4G Only Network Mode. Berikut ini cara mengunci sinyal 4G di kedua aplikasi tersebut:

Terkait: Cara Kunci Jaringan 4G Oppo

Aplikasi 4G LTE Switcher

  • Download aplikasi 4G LTE Switcher di Google Play Store.
  • Install aplikasi tersebut kemudian buka.
  • Pilih Pengujian.
  • Kemudian pilih Set Preferred Network Type.
  • Selanjutnya pilih LTE Only untuk mengunci sinyal 4G.
  • Sinyal di ponsel Oppo sudah ter-setting 4G.

Aplikasi 4G Only Network Mode

  • Download aplikasi 4G Only Network Mode di Google Play Store.
  • Install dan buka aplikasi.
  • Klik Start pada halaman awal.
  • Pilih menu 5G/4G Setting yang ada di halaman utama.
  • Setelah itu pilih opsi 4G/3G Settings.
  • Pilih LTE Only pada bagian Set Preferred Network Type yang ada di halaman Phone Info.
  • Sinyal di ponsel Oppo sudah ter-setting 4G.

Itu dia beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengunci sinyal 4G. Setelah mengetahui keuntungan dan cara kunci sinyal 4G Oppo, kamu juga perlu tahu kekurangannya.

Kekurangan Kunci Sinyal 4G di Oppo

Ada beberapa catatan yang perlu kamu ketahui setelah melakukan penguncian sinyal 4G. Meskipun sinyal 4G sudah dikunci di ponsel Oppo milikmu, sinyal masih bisa hilang jika kamu berada di daerah yang tidak terjangkau sinyal 4G sama sekali. Ingat bahwa fungsi kunci sinyal 4G adalah untuk memaksimalkan dan menampilkan jaringan 4G LTE saja. Secara singkat dapat dikatakan bahwa cara ini membantu ponsel menghemat baterai.

Selain itu, selama sinyal 4G dikunci di ponsel kamu, kamu tidak bisa melakukan panggilan telepon ataupun mengirim SMS. Hal ini karena panggilan telepon dan SMS membutuhkan sinyal 2G.

Sekian artikel cara kunci sinyal 4G Oppo. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. See you.

Related posts