Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S, Praktis!

PindahLubang.com | Beberapa orang menganggap kalau cara membersihkan memori internal Oppo A3S adalah sesuatu yang sulit dan tidak bisa sembarangan. Padahal, para penggunanya bisa membuat kapasitas penyimpanan menjadi lebih lapang guna meningkatkan performa perangkatnya.

Oppo A3S adalah salah satu seri dari smartphone Oppo yang menawarkan berbagai macam fitur canggih dan keren. Tak hanya itu, kamu bisa mendapatkan kapasitas penyimpanan RAM mulai dari 2 GB untuk menunjang semua aktivitasmu dengan beragama aplikasi yang diunduh.

HP Oppo A3S juga dibekali memori internal 16 GB dengan RAM mulai dari 2 GB. Kapasitas sebesar itu bisa dibilang kurang cukup untuk pengguna yang biasa menggunakan berbagai macam aplikasi, apalagi kalau apps nya punya ruang penyimpanan terbilang besar.

Sementara itu, smartphone ini pun bisa saja mengalami masalah tertentu seperti lag atau lemot. Jangan heran kalau kamu atau penggunanya harus tahu cara membersihkan memori internal Oppo A3S untuk membuat performanya lebih kencang, sehingga kamu dapat bermain gadget dengan nyaman.

Penyebab Memori Internal Oppo A3S Selalu Penuh

Berikut penyebab memori internal Oppo A3S selalu cepat penuh, yakni:

  • Penyimpanan Media ke Memori Internal
    Penyebab pertama yang harus kamu tahu adalah semua media seperti foto, video hingga aplikasi selalu disimpan ke dalam memori internal perangkatnya. Oleh karena itu, jangan heran kalau HP Oppo A3S yang sedang kamu gunakan akan semakin lemot.Kamu bisa menggunakan memori eksternal untuk menunjang sistem penyimpanan terhadap media berukuran cukup besar, salah satunya video. Video sendiri biasanya membutuhkan ruang memori yang banyak, bahkan mencapai ratusan MB, lho.
  • Aplikasi Terpasang Cukup Banyak
    Oppo A3S memang tidak berbeda dengan smartphone mana pun, di mana kamu bisa memasang aplikasi apa saja untuk kegiatan sehari-hari.Akan tetapi, kalau jumlah aplikasi terpasang cukup banyak tentunya berdampak terhadap performanya.Smartphone akan semakin lemot dan sebaiknya download atau install beberapa aplikasi yang penting, baik media sosial atau komunikasi virtual seperti WhatsApp, Telegram, Instagram dan sebagainya di mana satu sama lain punya jumlah memori yang besar.
  • Update Aplikasi Terus Menerus
    Oppo A3S didukung Google Play Store sebagai toko aplikasi untuk mengunduh dan memperbarui apps apa saja oleh penggunanya masing-masing.Akan tetapi, kamu tidak selalu dianjutkan update aplikasi yang sudah terpasang secara terus menerus. Secara umum proses pembaruan tersebut bisa membuat ruang penyimpanan internal berkurang.

    Kondisi ini disebabkan aplikasi membutuhkan memori tambahan supaya bisa diakses dan digunakan dari HP Oppo A3S, sedangkan perangkat pun akan semakin lemot.

  • File Cache Tidak Pernah Dibersihkan
    Cache atau data sampah adalah hasil penggunaan aplikasi atau website yang bersifat sementara, dimana fungsinya bisa membuat proses loading terhadap situs-situs yang akan diakses dari internal semakin cepat dan mudah.Kamu tidak akan butuh waktu lama kalau semua cache sudah tersimpan pada peramban browser yang biasa digunakan, contohnya Chrome. Sayangnya, kalau dibiarkan bahkan tidak pernah dibersihkan justru membuat memori internal HP Oppo A3S semakin penuh dan cepat lemot.

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S
Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S

Pengguna Oppo A3S belakangan ini selalu mengeluh kalau smartphone kesayangannya semakin lemot dan tidak bisa bekerja secara cepat. Masalah tersebut tentu saja disebabkan oleh diri kalian sendiri sebagai pemiliknya, apalagi kalau kalian melakukan salah satu kesalahan yang sudah disebutkan sebelumnya.

Kami akan membantumu supaya kapasitas penyimpanannya semakin luas melalui cara membersihkan memori internal Oppo A3S, sedangkan prosedurnya simpel dan prosesnya cepat agar perangkatnya dapat merespon lebih kencang lagi.

Langkah 1: Buka File Manager

Cara membersihkan memori internal Oppo A3S pertama adalah membuka File Manager terlebih dulu. Aplikasi ini merupakan program bawaan yang sudah pasti disematkan oleh semua produsen vendor smartphone.

File Manager sendiri biasanya terletak pada layar utama perangkat, di mana aplikasinya berlogo map atau folder berwarna untuk menyimpan semua data secara detail dan lengkap.

Langkah 2: Klik Opsi Bersihkan Memori

Kalau File Manager sudah ketemu dan dibuka, cara membersihkan memori internal Oppo A3S selanjutnya adalah menekan tombol Bersihkan Memori atau Clear Storage.

Kamu bisa tekan tombol tersebut untuk memulai proses pembersihan kapasitas penyimpanan perangkatnya. Kemudian, kalau tombolnya sudah ditekan maka bisa memilih menu Semua Data Cache Aplikasi atau All Cache Data Applications untuk menuju ke tahap selanjutnya.

Langkah 3: Centang Aplikasi Pilihan

Kamu harus memilih aplikasi mana saja yang semua data sampahnya bakal dibersihkan secara keseluruhan, misalnya WhatsApp. Jadi, kamu cukup memberi tanda centang di samping icon aplikasi pilihan tersebut.

Walaupun demikian, sangat dianjurkan sekali untuk mencentang semua aplikasi karena tidak menutup kemungkinan semuanya menyimpan file cache yang banyak. Aplikasinya tidak akan terhapus dan semua datamu tetap aman dan dirahasiakan.

Langkah 4: Hapus Data Sampah

Cara membersihkan memori internal Oppo A3S terakhir adalah menekan tombol Hapus atau Delete atau semua aplikasinya sudah dicentang.

Jika kamu sudah memilih opsi tersebut, sistem perangkat akan langsung memproses pembersihan semua file cache yang tersimpan secara menyeluruh.

Kalau semuanya sudah selesai, maka kamu bisa kembali ke File Manager dan memastikan kalau jumlah memori internal HP Oppo A3S sudah bertambah. Kalau bertambah, berarti data sampah sudah berhasil terhapus.

Cara Membersihkan Memori Internal Oppo A3S Lewat Pengaturan

Jika kamu menganggap proses pembersihan memori internal perangkat di atas agak sulit, maka bisa mencoba cara membersihkan memori internal Oppo A3S melalui setelan ponselnya di bawah ini:

  • Pertama, buka menu Pengaturan atau Setting dari HP Oppo A3S kamu.
  • Pilih menu Manajemen Aplikasi atau Applications Management.
  • Jika tombol tersebut sudah ditekan, cari dan pilih salah satu atau beberapa aplikasi yang sudah terpasang di HP Oppo A3S.
  • Kalau aplikasinya sudah dipilih, tekan tombol Penggunaan Memori atau Storage Usage.
  • Pilih menu Hapus Data atau Clear Data kalau kamu ingin membersihkan semua data yang terdapat pada aplikasi tersebut. Jika hanya sekadar menghilangkan file sampah sementara saja, tekan tombol Hapus Cache atau Clear Cache.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai proses pembersihan memori internal HP Oppo A3S selesai.

Cara Hapus Memori Internal Oppo A3S Lewat Play Store.

Pengguna Oppo A3S juga bisa menambah memori internal perangkat melalui Play Store. Kamu cukup mematikan update aplikasi otomatis, sehingga tidak dapat mengurangi RAM ponselnya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka Google Play Store dari HP Oppo A3S kamu.
  • Klik Profil yang berada di samping kanan atas.
  • Pilih menu Setelan atau Setting.
  • Klik Preferensi Jaringan atau Network Preferences.
  • Pilih menu Update Otomatis Aplikasi atau Applications Update Automatically.
  • Klik Jangan Update Otomatis Aplikasi.
  • Terakhir, tekan tombol Done atau Selesai untuk mengakhiri proses tersebut.

Demikian informasi tentang cara membersihkan memori internal Oppo A3S untuk memperluas ruang penyimpanan perangkat yang wajib kamu tahu. Selamat mencoba!

Terkait:  Oppo A3S vs Vivo Y91

Similar Posts