Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone

Bagaimana cara merekam percakapan telepon di iphone? Mengapa kita perlu untuk merekam percakapan di iPhone? Apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk merekan percakapan di iphone? Apakah kita bisa merekam percakapan di iphone tanpa aplikasi tambahan?

Merekam percakapan dalam sebuah panggilan telpon merupakan cara yang kadang dilakukan beberapa pihak dengan tujuan keamanan ataupun kebutuhan yang memang menjadi hal penting ketika sedang melakukan panggilan suara. Cara ini sendiri kerap dilakukan beberapa pihak, yang memang mendapatkan izin untuk dokumentasi percakapan yang dilakukan.

Read More

Dalam hal ini, melakukan perekaman suara dalam percakapan telpon sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan. Kadang, ada beberapa pihak yang akan menyatakan terlebih dahulu jika percakapan yang dilakukan pada panggilan suara ini akan di rekam.

Dan setelah pihak yang ditelpon menyetujui aturan tersebut, maka kegiatan ini menjadi legal dan tak menyalahi aturan ataupun privasi pengguna yang di hubungi melalui panggilan suara tadi. Sebagaimana kita tau, saat ini penggunaan smartphone sudah menjadi hal yang cukup vital.

Hal ini tentu berkaitan erat dengan fitur yang memang ada di smartphone di mana kamu bisa melakukan perekaman suara dengan pengguna yang kamu hubungi melalui panggilan suara tadi. Dan tentunya kamu bisa mendapatkan dokumentasi dari percakapan yang kamu lakukan secara dua arah tersebut.

Salah satu smartphone yang saat ini juga memiliki fitur untuk merekam percakapan dalam panggilan suara ialah iPhone. Gawai besutan apple ini memang memiliki fitur yang cukup lengkap untuk para penggunanya, salah satunya adalah call recording atau perekaman percakapan telpon.

Daftar Isi

Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone

Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone
Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone

Tapi sayangnya, ada beberapa pengguna iPhone yang mungkin belum mengerti tentang cara merekam percakapan telepon di iphone. Biasanya, hal ini dikarenakan versi dari iphone yang belum support dengan fitur call recording, dan juga ketidaktahuan pengguna akan fitur call recording yang ada di iphone.

Nah, jika mungkin kamu mengalami hal yang sama dan ingin melakukan perekaman percakapan di ponsel iphone, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan, seperti

Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone Tanpa Aplikasi

Cara pertama yang jelas sangat mudah dan bisa kamu lakukan untuk pengguna iPhone adalah tanpa menggunakan aplikasi. Sebab biasanya, fitur panggilan suara dari iphone ini sudah dilengkapi dengan tombol call recording yang mana memudahkan pengguna untuk melakukan perekaman percakapanketika mereka menelpon seseorang melalui iPhone mereka. Dan untuk caranya juga mudah kok

  1. Siapkan perangkat iPhone kalian
  2. Setelah itu kamu bisa langsung melakukan panggilan suara melalui aplikasi phone atau call untuk menghubungi pengguna melalui panggilan suara dengan pulsa
  3. Setelah panggilanmu terhubung, perhatikan pada layar panggilanmu. Kamu akan menemukan tombolrecord
  4. Klik pada iconrecordtersebut, dan secara otomatis panggilan suara yang kamu lakukan akan terekam secara dua arah dan bisa kamu temukan pada file manager atau itunes kalian.

Perlu di perhatikan, karena memang iphone memiliki interface yang sama antara panggilan telpon melalui pulsa dan whatsapp, cara ini hanya berlaku untuk panggilan suara menggunakan pulsa saja, dan tidak berlaku untuk kamu yang melakukan panggilan menggunakan whatsapp.

Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone lewat Aplikasi Call Recording

Kemudian untuk cara yang kedua kamu juga bisa kok menggunakan bantuan aplikasi dari App Store yang memang dikhususkan untuk kamu yang ingin melakukan rekaman panggilan ketika menelpon seseorang menggunakan iphone. Nama aplikasi ini adalah Call Recording. Dan tentu saja untuk cara penggunaannya juga sangat mudah kok.

  1. Kamu bisa download aplikasi Call Recording melalui App Store di iphone kalian
  2. Setelah itu kamu bisa langsung klik pada tombolget untuk memulai proses download dan installasi
  3. Ketika proses installasi selesai, kamu bisa membuka aplikasi Call Recording tadi untuk melakukan perekaman panggilan telpon
  4. Berikan perizinan atau akses pada microphone, dan kamu bisa langsung mencoba untuk melakukan panggilan suara atau telpon ke pengguna lain
  5. Dan untuk melakukan perekaman suara, kamu bisa klik pada tombolrecording di aplikasi Call Recording tadi
Terkait: Cara Membeli iPhone Bekas

Jika panggilan suara sudha selesai, maka secara otomatis rekaman suara yang kamu rekam dari aplikasi Call Recording tadi bisa kamu lihat di aplikasi Call Recording dan kamu bisa memutar ulang hasil rekaman daripada panggilan suara yang kamu lakukan sebelumnya. Gimana, gampang banget kan?

Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone lewat Aplikasi Call Recording by NoNotes

Kemudian ada juga aplikasi Call Recording by NoNotes yang bisa kamu gunakan untuk merekam percakapan telpon di perangkat iPhone. Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis di app store, dan bisa digunakan untuk seri iPhone 5 keatas dengan versi iOS yang paling baru tentunya.

Dan untuk cara pengguannya juga simple banget kok

  1. Download aplikasi Call Recording by NoNotes di App Store kalian masing masing
  2. Setelah itu, kamu bisa klik pada tombolget utuk memulai proses download dan installasinya
  3. Jika sudah kamu bisa klik pada tombolopenatau langsung membukanya dari bagian desktop atau layar utama iphone kalian
  4. Berikan perizinan yang dibtuhkan aplikasi Call Recording by NoNotes, dan kamu bisa langsung klik pada tombolrecord untuk memulai perekaman pada panggilan suara kamu.

Perlu diingat ya tapi, karena aplikasi ini berbayar, kamu hanya bisa merekam percakapan telpon dengan durasi maksimal sekitar 20 menit saja. Walaupun demikian, aplikasi ini bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin merekam percakapan telpon di iphone kok.

Cara Merekam Percakapan Telepon di iPhone lewat Bantuan Perangkat Lain

Untuk langkah yang terakhir, kamu juga bisa kok melakukan perekaman percakapan ketika menelpon seseorang di iphone, tanpa menggunakan aplikasi tambahan yang harus kamu install di perangkat iphone kalian. Di sini kamu bisa menggunakan bantuan perangkat lain yang memang hal ini terilang cukup tradisional namun masih banyak digunakan orang orang yang ingin merekam percakapan mereka.

Terkait: Cara Hotspot iPhone

Tentunya kamu juga tak asing dengan cara satu ini.

  1. Siapkan perangkat lain yang mana sudah terinstall aplikasi sound recorder atau kamu juga bisa memanfaatkan fitur video dari kamera ponsel tersebut
  2. Lalu, kamu bisa membuka ponsel iphone kalian dan mulai menelpon seseorang yang ingin kamu rekam percakapannya
  3. Setelah itu tunggu sampai panggilanmu terhubung dengan pengguna yang ditarget
  4. Setelah tersambung kamu bisa menekan tombolspeaker agar suara dari orang yang kamu hubungi terdengar
  5. Pada perangkat lain, segeralah buka sound recorder atau juga kamera dan dekatkan microphone ponsel lain ke ponsel yang sedang melakukan panggilan

Cara ini bisa kamu lakukan baik seorang diri ataupun dengan bantuan temanmu. Semua di sesuaikan saja dengan kebutuhan dan juga kemampuan kamu, jika mungkin kamu tidak memiliki perangkat tambahan kamu bisa meminta teman atau orang terdekat untuk menggunakan perangkat mereka sebagai perekam.

Dan itulah tadi beberapa cara merekam percakapan telepon di iphone yang bisa kamu coba, kira-kira mana yang menurutmu paling mudah? Komentar di bawah ya.

Related posts