Cara Reset Hp Samsung

Cara Reset Hp Samsung

Bagaimana cara reset hp Samsung? Apa yang harus dilakukan? Mungkin pertanyaan ini muncul bagi kamu yang ingin mereset hp Samsungmu. Apalagi jika kamu merupakan pengguna baru hp Samsung.

Samsung merupakan salah satu merek hp yang penggunanya cukup banyak di Indonesia. Banyak yang tidak ingin beralih dari merek ini atau mungkin banyak pengguna baru yang ingin mencoba memakai merek ini.

Mungkin saja, jika kamu sudah lama menggunakan hp ini, kamu pernah mengalami masalah yang terkadang cukup mengganggu, seperti mengalami bug pada sistem operasi, aplikasi yang jika masih digunakan terkadang keluar dengan sendirinya, freezing, dan mungkin saat digunakan hp tersebut terasa lemot sekali sehingga membutuhkan waktu lebih dari biasanya, dan masalah-masalah lainnya.

Jika kamu sudah lama menggunakan hp tersebut atau kamu memang tidak merawat hpmu dengan baik, maka mungkin saja kamu mengalami masalah-masalah seperti di atas, sehingga kamu perlu untuk mereset hp tersebut agar kembali berjalan normal seperti biasanya.

Selain itu, kamu juga perlu mereset hp Samsung kamu apabila kamu ingin menjualnya ke orang lain. Menngapa perlu direset terlebih dahulu? Karena untuk melindungi data di hp Samsung yang ingin kamu jual dan agar hp tersebut kembali ke pengaturan pabrik lagi, seperti pada saat awal kamu membelinya.

Lalu, bagaimana cara mereset hp Samsung? Mimin akan menjelaskannya di bawah ini secara lengkap dengan beberapa cara yang bisa kamu pilih dan kamu ikuti.

Cara Reset Hp Samsung

Cara reset hp Samsung terbilang sangat mudah. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang terdapat di hp Samsungmu lho. Jadi kamu tidak perlu repot lagi mengunduh aplikasi pihak ketiga. Kamu bisa melakukannya dengan beberapa cara yang mudah dan kamu juga bisa melakukannya sendiri.

Terkait:  Cara Membersihkan RAM HP Samsung Tanpa Aplikasi

Reset adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengembalikan hp ke pengaturan pabrikan atau kondisi saat pertama kamu membeli hp tersebut. Juga berfungsi untuk meningkatkan performa hp yang menurun dan juga untuk menghapus virus atau malware yang mungkin menginfeksi hp.

Cara Reset Hp Samsung Menggunakan Menu Pengaturan

Cara Reset Hp Samsung
Cara Reset Hp Samsung

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Samsung adalah dengan menggunakan Menu Pengaturan atau Settings. Kamu bisa menggunakan fitur ini pada hp Samsungmu yang sudah menggunakan sistem Android Oreo ke atas.

Bagi kamu yang masih menggunakan hp Samsung dengan sistem Android Oreo ke bawah kamu tetap bisa menggunkan fitur ini tapi caranya sedikit berbeda. Mimin tetap akan menjelaskan langkah-langkah mereset hp Samsung yang masih menggunakan sistem operasi Android Oreo ke bawah.

Berdasarkan website resmi Samsung, fitur reset data pabrik tersebut sepenuhnya menghapus informasi dan data pribadi milikmu untuk menjaga hp kamu tetap bersih. Fitur ini bisa kamu gunakan ketika ada yang tidak beres dengan hp Samsung kamu atau ketika kamu ingin menghapus informasi dengan aman dari telepon kamu dan mengembalikan hpmu ke pengaturan pabriknya.

Cara Reset Hp Samsung Menggunakan Menu Pengaturan Bagi Samsung dengan Sistem Android Oreo ke Atas

Jika kamu menggunakan hp Samsung dengan sistem operasi android Oreo ke atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Apabila kamu ingin mulai mereset, sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu perangkat lunak di hpmu sudah diperbarui atau belum. Apabila belum diperbarui, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Lalu, pilih Pembaruan Perangkat Lunak
  • Selanjutnya klik Unduh dan Instal
  • Setelah itu, silakan untuk mengikuti petunjuk layar hingga proses pembaruan selesai
Terkait:  Cara Mengubah Emoji Samsung Menjadi iPhone

Nah, jika sudah berhasil memperbarui perangkat lunakmu, kamu sudah bisa melakukan reset pada hp Samsung milikmu. Tapi, sebaiknya sebelum kamu melakukan reset hp, kamu membuat cadangan berupa salinan data-datamu terutama data yang menurutmu penting. Selanjutnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mereset hp Samsung milikmu.

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Settings di hpmu yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Selanjutnya, klik Manajemen Umum
  • Lalu, silakan pilih Reset
  • Kemudian, pilih Reset Data Pabrik (Factory Data Reset) dan tinjau terlebih dahuhlu informasinya
  • Selanjutnya silakan gulir ke bawah dan klik Reset
  • Lalu, klik tombol Hapus Semua untuk melanjutkan pengeturan ulang dan menghapus semua informasi yang tersimpan di hp milikmu

Nah, itulah cara reset hp Samsung yang masih menggunakan sistem Android Oreo ke atas. Silakan ikuti langkah-langkah di atas dan jangan sampai ada yang terlewat ya.

Cara Reset Hp Samsung Menggunakan Menu Pengaturan Bagi Samsung dengan Sistem Android Oreo ke Bawah

Selanjutnya berikut adalah cara mereset hp Samsung yang masih menggunakan sistem operasi Android Oreo ke bawah atau sistem operasi Android 6.0. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mereset hp Samsung.

  • Pertama, Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Lalu, klik Cadangkan dan Atur Ulang Data Pabrik (Back Up and Reset)
  • Kemudian, pada layar Cadangkan dan Atur Ulang, ketuk Atur Ulang Data Pabrik (Factory Data and Reset)
  • Setelah itu, pada layar Atur Ulang Data Pabrik, klik Reset Device
  • Lalu, ketuk Hapus Semua (Delete All)
  • Jika sudah selesai direset, kamu akan melihat layar Welcome

Selanjutnya kamu bisa melakukan pengaturan ulang pada hpmu. Itulah cara mereset hp Samsung, baik Samsung dengan sistem operasi Android Oreo ke atas atau sistem operasi Android Oreo ke bawah.

Cara Reset Hp Samsung Menggunakan Dial-Up

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Samsung kamu adalah menggunakan menu Dial-Up atau yang biasanya kamu lakukan untuk mengetik nomor telepon untuk melakukan panggilan. Pada fitur Dial-Up tersebut kamu akan memasukkan Kode Reset khusus untuk hp Samsung. Berikut langkah-langkah mereset hp Samsung dengan menggunakan Kode Reset.

  • Pertama, masuk ke menu Dial-Up, sama seperti yang akan kamu lakukan ketika akan menelepon
  • Kemudian, ketik *2767*3855#, lalu klik Call atau Panggil
  • Selanjutnya kamu akan secara otomatis dibawa ke menu Factory Reset
  • Setelah itu, hp Samsung kamu akan tereset secara otomatis
Terkait:  Cara Screenshot Realme C11

Hp Samsungmu sudah berhasil direset ke pengaturan pabrik. Cara menggukan Kode Reset ini bisa kamu lakukan apabila kamu memang sudah siap untuk mereset data dan sudah memastikan data di hpmu sudah dibuat salinannya.

Cara Reset Hp Samsung Menggunakan Recovery Mode

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mereset hp Samsung kamu adalah dengan menggunakan Recovery Mode. Sama seperti menggunakan Kode Reset di atas, cara ini bisa kamu lakukan apabila kamu memang sudah siap untuk mereset dan sudah membuat salinan data di hpmu yang menurutmu penting.

Biasanya cara ini dilakukan apabila kamu sudah tidak bisa mengakses hpmu lagi. Untuk masuk ke menu ini, kamu bisa melakukannya dengan hp dalam keadaan mati. Berikut langkah-langkahnya.

  • Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, minimal baterai terisi adalah 70%
  • Silakan nonaktifkan hpmu
  • Lalu tekan dan tahan tombol Power+Home+Volume up secara bersamaan
  • Tunggu sampai kamu masuk ke menu Recovery Mode
  • Gunakan tombol Volume untuk navigasi atas dan bawah, serta tombol Power atau Home untuk memilih menu pada Factory Mode/Wipe Data
  • Lalu, klik OK unttuk memulai dan gunakan tombol Power atau Home untuk mengonfirmasinya
  • Tunggu hingga proses selesai
  • Jika sudah berhasil, pilih menu Reboot System Now
  • Kemudian hpmu akan tereset secara otomatis

Proses reset sudah selesai dan kamu akan mengetahui bahwa proses resetmu sudah selesai yaitu ditandai dengan hp Samsungmu yang kembali menyala. Hpmu sudah kembali ke pengaturan pabrikan.

Kesimpulan

Itulah tiga cara reset hp Samsung yang bisa kamu ikuti. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah. Jangan lupa untuk selalu membuat cadangan berupa salinan data-data di hp mu yang menurutmu penting. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Similar Posts