Cara Mengaktifkan Adzan di HP Oppo

Apakah kamu sedang mencari cara mengaktifkan adzan di HP Oppo? Kami akan memberitahukan semuanya melalui artikel ini. Kemajuan informasi dan teknologi membuat siapa saja bisa mengakses beragam hal dengan mundah, salah satunya tentang hal spiritual.

Di Indonesia, jumlah populasi muslimnya sangat banyak dan mayoritas dari mereka terkadang lupa waktu sholat. Jangan heran kalau kesibukan dan aktivitas yang padat membuat orang-orang sering mengabaikan jam-jam ibadah karena jarang, bahkan sulit mengakses data perihal waktu sholat.

Pengguna Android terutama smartphone Oppo sekarang tidak perlu takut kalau susah mengakses hal-hal berkaitan tentang ibadah sholat lima waktu. Pasalnya, banyak informasi mengenai cara mengaktifkan adzan di HP Oppo supaya kamu bisa menjalankan ibadah wajib tersebut.

HP Oppo yang sedang digunakan sekarang dapat ditambahkan aplikasi ibadah muslim sehingga kamu lebih dekat dengan Allah SWT. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat berada di suatu tempat namun belum tahu kapan waktu sholat tiba karena suara adzan akan langsung berkumandang sesuai waktunya.

Cara Mengaktifkan Adzan di HP Oppo
Cara Mengaktifkan Adzan di HP Oppo

Rekomendasi Aplikasi Adzan Terbaik

Jika kamu merupakan seorang muslim, sebaiknya download aplikasi adzan terbaik untuk smartphone Android sehingga kamu dapat menunaikan ibadah sholat tepat waktu. Simak daftar rekomendasi aplikasi adzan terbaik di bawah ini:

  • Muslim Pro
    Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari puluhan juta kali di Google Play Store. Muslim Pro bisa mengatur adzan secara otomatis, arah kiblat sampai Al-Quran digital. Selain itu, kamu dapat membaca Al-Quran dengan mudah dan nyaman karena dilengkapi tajwid yang lengkap.
  • Prayer Time & Qibla
    Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis, sedangkan kapasitas penyimpanannya juga sangat rendah. Prayer Time & Qibla merupakan aplikasi adzan yang bisa digunakan agar kamu dapat mengetahui waktu sholat tepat waktu, serta menunjukkan arah kiblat dengan benar.
  • Waktu Sholat, Imsakiyah, Qibla
    Apps selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dicoba adalah Waktu Sholat, Imsakiyah, Qibla. Aplikasi ini sama seperti software serupa lainnya, di mana kamu akan tahu waktu sholat tepat waktu, serta memudahkanmu dalam mengakhiri batas waktu imsak ketika bulan puasa.
  • Al-Quran Indonesia
    Seperti namanya, kamu bisa membaca sekaligus mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran secara gratis. Aplikasi Al-Quran Indonesia dilengkapi jadwal waktu sholat dan imsakiyah, serta alarm adzan sangat berguna untuk umat Islam yang memakainya, khususnya saat Ramadhan.
  • Waktu Adzan dan Kiblat
    Tidak berbeda jauh dengan daftar aplikasi adzan yang sudah kami sebutkan tadi, Waktu Adzan dan Kiblat juga patut untuk dicoba. Kamu bisa download aplikasinya via Play Store secara gratis, di mana fungsinya adalah memberitahu tentang waktu sholat beserta arah kiblat.
  • Muslim Player Times by Vmuslim
    Aplikasi ini memiliki fitur yang lengkap, salah satunya adalah jadwal sholat yang bisa diatur sendiri. Selain itu, kamu juga bisa mendengar dan mengatur alarm adzan dengan menggunakan 30 suara muadzin berbeda, serta 99 Asmaul Husna dan kalender Hijriah.
Terkait:  Cara Mengunci Aplikasi di HP Oppo

Penyebab Suara Adzan Tidak Berbunyi di HP Oppo

Secara umum beberapa developer sudah meluncurkan aplikasi ibadah muslim untuk para penganut agama Islam. Kamu bisa download dan menggunakan muslim apps melalui smartphone, sedangkan pengguna Android seperti Oppo hanya perlu mengunduhnya via App Store.

Kamu bisa download aplikasi ibadah yang menyematkan Al-Quran digital sampai pengingat sholat dalam satu ponsel. Tapi, suara adzan biasanya tidak pernah berbunyi ketika waktu sholat tiba akibat hal-hal di bawah ini:

  • Pengaturan yang Salah
    Aplikasi yang baru saja kamu download bisa saja tidak menghasilkan suara adzan karena pengaturannya salah. Jadi, alangkah baiknya melakukan uji coba paling tidak 15 menit sebelum waktu sholat tiba.

    Langkah ini dilakukan supaya kamu bisa tahu apakah setelan yang sudah diatur benar atau salah. Jika pengaturannya tidak diperiksa dulu, dikhawatirkan setelannya salah dan kamu akan sering lupa waktu untuk sholat karena suara adzan tak berbunyi dari HP Oppo.

  • Aplikasi Terhenti
    Jika kamu menggunakan HP Oppo atau smartphone Android dengan basis killer apps yang tinggi, masalah ini bisa saja terjadi. Aplikasi adzan yang seharusnya bekerja normal justru terhenti secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh sistem internal yang wajib diperiksa dalam batas waktu tertentu.

    Walaupun demikian, tidak semua HP Android kerap mengalami masalah ini di mana beberapa vendor tertentu justru punya fitur penupuan paksa aplikasi atau Force Close Apps.

  • Periksa Profil Umum dan Suara
    Alasan terakhir mengapa suara adzan tidak muncul dari HP Oppo adalah semua notifikasi akan selalu mengikuti setelan profil yang sudah diatur.

    Jika kamu mengaktifkan Silent Mode atau mode diam, ketika adzan berbunyi biasanya suaranya tidak akan terdengar.

    Kondisi ini berbeda dengan mode getar karena semua suara notifikasi akan didengar otomatis, termasuk adzan saat waktu sholat tiba. Maka dari itu, pastikan HP Oppo kamu selalu berada dalam mode getar atau bersuara.

Cara Mengaktifkan Adzan di HP Oppo

Jika kamu masih belum tahu bagaimana cara mengaktifkan adzan di HP Oppo, sebaiknya simak pembahasan artikel ini dengan seksama. Kami sudah merangkum panduan lengkapnya agar kamu dapat melaksanakan ibadah saat waktu sholat tiba.

Siapapun pasti tidak ingin melewatkan kegiatan sholat setiap hari, sehingga mereka atau kamu sendiri dapat menggunakan aplikasi adzan pada smartphone. Kalau HP Oppo kamu tidak pernah menghasilkan suara adzan, maka bisa menemukan jawabannya melalui ulasan artikel kami selanjutnya.

Cara Mengaktifkan Adzan di HP Oppo dengan Mudah

Jika kamu menggunakan smartphone Oppo, maka sekarang bisa mendengarkan suara adzan ketika waktu sholat tiba. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kalau suatu saat lupa untuk menunaikan sholat lima waktu di tempat-tempat tertentu.

Penggunanya sendiri bisa menggunakan aplikasi Clock yang sudah disematkan pada HP Oppo masing-masing, sehingga tidak perlu aplikasi ketiga.

Jika kamu belum tahu informasinya, simak cara mengaktifkan adzan di HP Oppo semua tipe dengan mudah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Clock melalui HP Oppo kamu.
  • Pilih menu Alarm.
  • Klik Tambah atau Add yang berada di samping kanan bawah.
  • Jika muncul halaman New Alarm, cari nada adzan melalui System Ringtone. Akan tetapi, kalau tidak tersedia maka bisa download terlebih dulu.
  • Berikutnya, tentukan nada adzan yang sudah tersedia.
  • Kalau nada adzan sudah dipilih, tekan tombol Kembali atau Back untuk kembali ke laman New Alarm.
  • Silakan atur waktu waktu adzan berbunyi, beserta getaran dan beri nama suara adzan tersebut.
  • Jika semuanya sudah diatur, klik Selesai atau Done dengan tekan tombol centang yang tersedia.
  • Terakhir, kalau waktu sholat tiba tentu saja suara adzan akan langsung berbunyi secara otomatis.

Demikian informasi lengkap tentang cara mengaktifkan adzan di HP Oppo dan rekomendasi aplikasi adzan terbaik yang bisa diunduh secara gratis. Semoga membantu!

Rate this post

Related posts