Home » Oppo » Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Apakah kamu tengah cari kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 3 Pro saat ini? Sebuah ponsel baru berbasis android terbaru dari vendor Oppo yang rilis belum lama ini sempat gegerkan publik. Usai luncurkan Reno 2 dan Reno 2 F yang juga tengah kami ulas sebelumnya, kini Oppo sukses luncurkan Reno 3 Pro.

Bagi kamu yang tengah mengetahui kedatangan Reno 3 Pro, bagaimana pendapatmu? Suka? Atau sedikit kurang suka?

Nah untuk mengurangi rasa penasaranmu, kami akan mengulas apa saja yang menjadi keunggulan beserta kelemahan dari Oppo 3 Pro. Sehingga dapat menjadi sumber acuanmu sebelum membeli ponsel yang canggih ini.

Berapa harga Oppo Reno 3 Pro?

Reno3 Pro menjadi generasi penerus dari Oppo Reno 2 F yang tengah rilis lebih awal. Diantara keduanya, ditaksir dengan harga yang berbeda. Untuk harga Oppo Reno 3 Pro dibanderol dengan Rp 8 jutaan. Harga tersebut masih perkiraan, mengingat smartphone canggih dari Oppo satu ini masih baru di pasaran.

Spesifikasi Oppo Reno 3 Pro

Oppo Reno 3 Pro

Diumumkan/Rilis : Desember 2019
Ukuran Layar: 6.5 inci
Tipe Layar: AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Chipset: Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
CPU: Octa-core (1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver)
GPU: Adreno 620
OS: Android 10.0; ColorOS 7
Internal: UFS 2.1

  • 128GB 8GB RAM
  • 256GB 12GB RAM

Eksternal: Tidak Ada
Kamera Utama: (Quad)

  • 48 MP, f/1.7, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, OIS
  • 13 MP, f/2.4, 53mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, PDAF, 2x optical zoom
  • 8 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/3.2″, 1.4µm
  • 2 MP B/W, f/2.4, 1/5″, 1.75µm

Kamera Depan: 32 MP, f/2.4, 26mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm
Baterai: Li-Po 4025 mAh (Baterai Tanam) Fast battery charging 30W: 50% in 20min (VOOC Flash Charge 4.0).

Nah setelah melihat spesifikasi singkat dari Oppo 3 Pro diatas, dapat diketahui bahwa Oppo Reno 3 Pro ini masih saja memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Berikut kelebihan beserta kekurangan yang dimilikinya.

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Kelebihan Oppo Reno 3 Pro

Apa saja keunggulan Oppo Reno 3 Pro?

Selama peluncurannya, Oppo Reno 3 Pro membawa banyak kelebihan diantaranya sebagai berikut.

1. Bodi Berlapis Kaca

Kelebihan Oppo Reno3 Pro paling awal adalah terletak pada bagian bahan bodi yang digunakannya berlapis dengan kaca dibagian depan dan belakang. Dengan lapisan frame aluminium, bawa kesan elegan bagi Reno 3 Pro.

2. Dual SIM

Tak diragukan lagi, adanya pemakaian slot Dual SIM pastinya akan menjadi kelebihan Oppo Reno 3 Pro. Terlebih bakalan sangat berguna bagi kamu yang punya gebetan banyak. Hihii, Tapi kalau kamu ingin memiliki Ponsel Oppo yang sudah 2 SIM, kamu bisa lihat Artikel mengenai Oppo Reno 2 yang pernah kita bahas sebelumnya.

3. Layar AMOLED

Kelebihan Oppo Reno 3 Pro selanjutnya adalah dibawainya sebuah panel layar AMOLED. Dimana layar ini tak akan mudah membuat mata jdi perih, selain itu jika terkena matahari langsung juga masih terlihat jelas. Ditambah lagi, kejernihan gambar yang dihasilkannya berkualitas Full HD.

4. Layar Diproteksi Gorilla Glass

Menjadi kelebihan dari Oppo Reno 3 Pro selanjutnya adalah masih pada layar yang dipakainya. Selain gambar yang tajam, layar tersebut juga telah mendapatkan perlindungan oleh Corning Gorilla Glass 5. Dimana layar tersebut akan dilindungi dari segala macam goresan yang menimpa layar Reno 3 Pro.

5. Pakai OS Terbaru

Kelebihan Oppo Reno 3 Pro selanjutnya ialah penggunaan sistem operasi yang terbaru pada ponsel pintar berbasis android milik Oppo satu ini. Dimana Reno 3 Pro telah dibawai dengan OS yang terbaru yakni Android 10.0; ColorOS 7. Dengan OS ini, tentu saja sangat berpengaruh terhadap performa yang dihasilkannya. Selain itu, tampilan menu dan pengaturan pun akan sedikit berbeda dibanding Android 9.0 (Pie) sebelumnya.

6. Kapasitas Penyimpanan Internal Jumbo

Yang kami sukai dari Oppo Reno 3 Pro selanjutnya adalah adanya pembawaan memori internal yang begitu besar. Oppo Reno 3 Pro dibawai dengan sebuah memori internal yang sangat besar, yakni dengan kapasitas minimal 128 GB dan maksimal hingga 256 GB. Memori internal tersebut juga sudah bertipe UFS 2.1, dimana sudah terenal dengan kecepatannya.

Tak hanya itu, RAM nya juga sangat besar dan cocok untuk bermain game berat seperti Free Fire, PUBG, dan CODM. RAM Oppo Reno 3 Pro ada dua varian yakni minimal berkapasitas 8 GB dan maksimal hingga 12 GB.

7. Primary Quad Kamera

Ini yang paling ditunggu, adalah pembawaan kamera Oppo Reno 3 Pro yang berjumlah empat buah. Reno 3 Pro dibawai dengan empat buah kamera utama (quad kamera) dimana masing-masing resolusinya 48 MP (wide), 13 MP (telephoto), 8 MP (ultrawide), dan 2 MP. Untuk fiturnya, kamu dapat memakai fitur bawaan Dual-LED flash, HDR, dan panorama sesuai kebutuhan. Dan jika kamu pakai untuk merekam sebuah video maka akan menghasilkan kualitas 2160p@30fps atau 1080p@30/60/120/240fps.

8. Kamera Selfie Resolusi Tinggi

Selain pakai quad kamera dibagian belakang, kami juga menyukai kamera selfie Oppo Reno 3 Pro, yang sekaligus ini masih menjadi kelebihan buat Reno 3 Pro. Oppo Reno 3 Pro membawa single camera depan (selfie camera) yang beresolusi mencapai 32 MP. Yang menarik lagi, adalah kamera tersebut sudah berlensa wide. Jadi, kamu dpat menyesuaikan angle saat memfoto sesuai kebutuhan.

Selain itu, kamu juga masih bisa pakai fitur HDR untuk kamera depan. Bahkan, jika dipakai untuk vlogging akan menghasilkan video berukuran 1080p@30fps.

9. Dolby Atmos Sound

Layaknya Vivo Y95 dan Samsung M20, ponsel besutan Oppo yang satu ini juga telah dibawai dengan Dolby Atmos sound. Kamu akan merasakan sensasi nonton bioskop ketika mencolokkan sebuah headset untuk menonton film di Oppo Reno 3 Pro. Hal ini pun jadi satu kelebihan bagi Reno 3 Pro.

10. Tersedia Fitur NFC

Apa itu NFC? NFC adalah kepanjangan dari Near Field Communication yang merupakan sebuah teknologi yang memungkinkan smartphone dapat terhubung dengan smartphone lainnya melalui jaringan radio. Dan menjadi kelebihan bagi Oppo Reno 3 Pro karena sudah dibawai dengan fitur NFC yang kegunaannya sangat berguna di era globalisasi ini.

11. USB 3.1 Type-C

Kedatangan USB Type-C sekarang ini menjadi satu kelebihan bagi smartphone yang secara tidak langsung mempengaruhi kecepatan transfer dan pengisian daya baterai. Selain itu, penggunaan USB Type-C juga dapat dibolak balik sesuka hati. Dimana hal ini akan menjadi keunggulan bagi Oppo Reno 3 Pro nantinya.

12. Fingerprint Ready

Untuk alasan keamanan, Oppo Reno 3 Pro juga telah dibawai dengan sebuah sensor sidik jari (fingerprint) yang diletakkan pada bawah layar atau bersifat optical. Hal ini juga yang menjadi salah satu kelebihan Oppo Reno 3 Pro.

13. Baterai Besar, Fast Charging

Kelebihan Oppo Reno 3 Pro yang terakhir terletak pada bagian baterai yang dipakainya. Reno 3 Pro membawa baterai tanam Li-Po dengan kapasitas yang sangat besar yakni 4025 mAh. Menariknya, baterai tersebut juga telah didukung dengan fitur fast battery charging 30W. Dimana telah diakui Oppo bahwa dapat menghasilkan daya baterai 50% hanya dalam waktu 20 menit saja (VOOC Flash Charge 4.0).

Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Lalu, apa saja sih kekurangan Oppo Reno 3 Pro?

Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Selain banyak kelebihannya, tak dapat dipungkiri bahwa Oppo Reno 3 Pro juga masih bawai kelemahan diantaranya sebagai berikut.

1. Baterai Tanam

Masih menjadi kekurangan Oppo Reno 3 Pro karena dibawai dengan baterai tanam yang tak dapat dilepas. Dimana hal ini tentu saja akan merepotkan pengguna saat terjadi kerusakan pada lubang charger.

2. Tak Ada Memori Eksternal

Memang, kapasitas memori Oppo Reno 3 Pro sudah jumbo alias besar daya tampungnya. Namun, siapa disangka bahwa kamu tak dapat menambahnya dengan memori eksternal karena tak ada slot untuk menambahkan microSD disana.

3. Ukuran Layar Terlalu Besar

Kekurangan Oppo Reno 3 Pro terakhir adalah pembawaan layar dengan ukuran yang lebih besar dari sebelumnya. Layar Oppo Reno 3 Pro berukuran 6,5 inci yang secara langsung ini akan merepotkan pengguna saat hendak membawanya kemana saja.

Kesimpulan

Kami sudah mengulas beragam keunggulan dan kelemahan Oppo Reno 3 Pro diatas secara lebih mendetail. Untuk kesimpulannya, silahkan disimpulkan sendiri ya lur. 😀 Jika boleh memberi nilai, kami akan memberikan nilai 8,2 dari 10 untuk Oppo Reno 3 Pro ini.

Mungkin cukup itu saja ulasan berbagai kelebihan dan kekurangan Oppo Reno 3 Pro lengkap yang dapat kami sampaikan lur, selebihnya jangan lupa untuk bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya! Gratis kok! Share ke teman-temanmu agar mereka dapat referensi sebelum membeli ponsel anyar. 😉