Cara Membatakan Secret Chat di Telegram

Cara Membatakan Secret Chat di Telegram

Bicara tentang cara membatalkan secret chat di telegram, mungkin hal ini cukup asing di telinga kalian, karena memang fitur secret chat ini baru bisa ditemukan pada aplikasi Telegram yang mana merupakan salah satu aplikasi chat yang bisa diinstall ataupun digunakan pada ponsel android, iOS dan juga Desktop, dan menjadi salah satu aplikasi yang memiliki banyak fitur serta fasilitas yang mungkin tidak ditemukan pada aplikasi chat lain.

Selain melakukan chat secara personal, kamu juga bisa membuat grup, channel, dan juga bot di telegram untuk memenuhi kebutuhan bagi pengguna telegram dalam mendapatkan informasi yang mungkin tidak ada di situs atau blog dan juga website yang ada di Internet. Maka dari itu, tak heran jika telegram menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan pengguna, karena memang interfacenya juga mirip dengan whatsapp.

Apa itu Secret Chat Telegram?

Terlepas dari itu, Telegram juga memiliki fitur baru yang bernama Secret Chat Telegram. Yang mana, fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat percakapan antar pengguna telegram lain, tanpa harus khawatir privacy nya terlihat. Karena dengan secret chat ini, chat yang kamu kirim pada pengguna di dalam room secret akan tersembunyi dan hanya akan terlihat dalam beberapa waktu saja, bisa dibilang mirip dengan fitur vanish yang ada di DM instagram saat ini.

Terkait:  Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Namun kadang-kadang, ada saja pengguna yang mengalami masalah ketika mengaktifkan layanan atau fitur secret chat di telegram ini, yang mana pengguna jadi tidak memiliki history chat di telegram dengan pengguna lain, sehingga tidak bisa dibaca ulang, ataupun di screenshot untuk dibagikan ke orang lain.

Cara Membatlakan Secret Chat di Telegram

Cara Membatakan Secret Chat di Telegram
Cara Membatakan Secret Chat di Telegram

Karena hal inilah tak sedikit juga dari mereka yang sudah memulai secret chat mencari cara membatalkan secret chat di telegram, agar bisa kembali masuk ke dalam mode percakapan normal, yang mana tiap historynya bisa terlihat dan tetap muncul walaupun sudah lebih dari 24 jam tayang.

Jadi kalau kamu juga mengalami masalah yang sama dengan yang ada di atas mengenai secret chat, kamu bisa ikuti cara berikut untuk membatalkan atau keluar dari secret chat di telegram.

Langkah 1 – Masuk ke Secret Chat

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ketika sudah terlanjur membuat secret chat di telegram adalah dengan masuk ke dalam percakapan secret di telegram itu sendiri. Biasanya, untuk tampilan dari secret chat akan muncul di bagian timeline atau tampilan awal aplikasi telegram, dengan icon berupa topeng khas dari telegram dengan warna birunya.

Jika kamu memiliki lebih dari 1 secret chat di telegram, kamu bisa memilih salah satunya yang mana ingin kamu batalkan atau hapus, sehingga tidak muncul di daftar chat list telegram.

Langkah 2 – Hapus Secret Chat

Setelah berhasil masuk ke dalam secret chat, kamu bisa membatalkan secret chat telegram dengan cara menghapus chatnya dari dalam chat room secret chat telegram tersebut.

Caranya juga mudah banget, kamu hanya perlu klik pada titik 3 di bagian header chat secret chat telegram yang sudah kamu buat tadi, dan kemudian pilih pada delete secret chat sampai muncul konfirmasi jika kamu ingin melakukan penghapusan secret chat.

Terkait:  Cara Duplikat WA di Hp Samsung

Pilih saja OK/YES dan secara otomatis secret chat yang kamu buat tadi akan hilang, beserta dengan pengguna yang ada di dalam chat room tadi.

Langkah 3 – Hapus Chat

Langkah terkahir untuk menghilangkan secret chat yang muncul di daftar chat list telegram pada halaman awal adalah dengan cara tap agak lama pada secret chat di halaman depan, lalu kamu bisa pilih pada delete chat. Kemudian, kamu bisa konfirmasi penghapusan chat tadi, dan secara otomatis kamu telah berhasil membatalkan secret chat di Telegram.

Cara Membuat Secret Chat

Walaupun begitu, selain menghapus atau membatalkan secret chat di telegram, mungkin ada beberapa pengguna yang masih penasaran dan ingin tau soal bagaimana cara membuat secret chat di telegram. Untuk itu, kamu bisa ikuti cara berikut ini.

  1. Buka aplikasi telegram di smartphone kalian, jika kamu belum memilikinya kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Play Store ataupun App Store
  2. JIka sudah, kamu bisa login seperti biasa dengan menggunakan ID telegram ataupun nomor telpon
  3. Setelah berhasil masuk, kamu bisa langsung klik pada icon pensil di bagian pojok kanan bawah lalu pilih pada opsi Start Secret Chat
  4. Nantinya, kamu akan diminta untuk memilih kontak yang akan menerima secret chat di Telegram
  5. Jika sudah, kamu akan di arahkan ke room chat Secret Telegram
  6. Silakan coba untuk mengirim pesan di room chat tadi, dan tunggu respon dari pengguna yang kamu tambahkan ke dalam secret chat telegram yang kamu buat tadi

Walaupun kamu memasukkan kontak pengguna ke dalam secret chat, orang yang kamu invite ini tidak akan menerima notifikasi dari telegram jika kamu ditambahkan ke dalam secret chat, dan nama kamu juga tidak akan ditampilkan kok, jadi privasimu tetap aman hehe

Terkait:  Cara Hapus Paket Telkomsel Update Desember 2023

Apakah Secret Chat Bisa Dibuat lewat Telegram Desktop?

Untuk sementara ini, fitur secret chat telegram masih hanya tersedia untuk versi mobile saja, yang mana tentunya hal ini cuma bisa kamu temukan di smartphone dengan OS Android, ataupun iOS dari iPhone. Untuk telegram desktop ataupun website, kemungkinan akan menyusul di lain hari setelah developer melakukan update atau pembaruan lain.

Mengapa Secret Chat Telegram Tidak Muncul?

Untuk beberapa pengguna smartphone yang memiliki aplikasi telegram, namun tidak menemukan fitur secret chat di Telegram, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya adalah versi telegram belum up to date atau belum diperbarui dari play store ataupun App store.

Selain itu, kamu juga bisa kok menggunakan bantuan aplikasi telegram lain seperti Plus Messenger, Telegram X, dan lain sebagainya. Karena memang aplikasi telegram ini sifatnya open source, jadi ada banyak pilihan dan varian dari telegram lain yang memiliki fitur jauh lebih lengkap daripada telegram official atau telegram biasa.

Apakah Secret Chat ini Melanggar Privasi Pengguna?

Untuk beberapa hal, secret chat di telegram sendiri bertujuan untuk hiburan ataupun beberapa percakapan lain yang mungkin bersifat pribadi atau tidak untuk diketahui orang lain. Namun jika kamu mendapatkan secret chat yang berisikan penghinaan, caci maki atau sara dan hal buruk, kamu bisa report pesan tersebut, agar terblokir dari sistem telegram, dan menghindari kamu dari hal buruk karena secret chat telegram.

Dan mungkin itu saja beberapa cara membatalkan secret chat di telegram yang bisa kamu coba, silakan ikuti langkah-langkah yang sudah mimin berikan tadi, untuk bisa kamu terapkan pada aplikasi telegram yang ada di android ataupun iOS kalian. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Similar Posts