Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Cara mengatasi masalah telegram terlalu banyak mencoba sering kali dialami oleh pengguna yang mungkin saja baru melakukan install ulang pada perangkat mereka, dan ingin login ulang ke dalam akun telegram mereka, namun terbaca oleh sistem telegram sebagai sebuah tindakan yang mana dilakukan secara berulang kali, sehingga menimbulkan error terlalu banyak perobaan untuk masuk.

Tentunya jika hal ini terjadi akan menjadi sebuah masalah di mana para pengguna tidak dapat login atau masuk ke dalam aplikasi telegram untuk melakukan chat ataupun berkomunikasi dengan pengguna lain di aplikasi telegram itu sendiri. Sehingga, banyak pengguna merasa kesal dan memilih untuk menguninstall telegram karena kejadian terlalu banyak mencoba ini.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba
Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Walaupun begitu, sebenarnya ada loh cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba yang bisa kamu gunakan ketika masalah ini muncul dan menjadi solusi dari masalah yang muncul ketika kamu ingin login. Karena memang, hal ini sendiri bisa dipicu oleh bebeapa faktor yang menyebabkan masalah terlalu banyak percobaan muncul di telegram.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa cek cara berikut ini yang bisa kamu coba salah satunya.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba dengan Memeriksa Jaringan SIM Card

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pengecekan pada jaringan sim card. Karena memang hal ini juga pernah mimin alami ketika hendak login ke dalam akun telegram mimin, yang justru malah menyebabkan munculnya notifikasi terlalu banyak percobaan.

Terkait: Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Karena biasanya, hal ini sendiri dipicu oleh beberapa hal, seperti

  • Jaringan yang kurang memadai sehingga tidak dapat menerima kode OTP
  • Nomor yang digunakan sedang error atau tidak mendapat jaringan
  • Nomor yang digunakan sudah masuk masa tenggang atau tidak lagi aktif
  • Nomor yang digunakan terblokir
  • Dan lain sebagainya.

Terlepas dari bagaimana faktor atau penyebab munculnya masalah ini, kamu bisa memastikan dulu jika jaringan sim card kamu memang baik-baik saja. Dan langkah yang mimin sarankan di sini ialah

  1. Lepas sim card sementara dari sim tray lalu coba masukkan kembali
  2. Gunakan mode pesawat dalam beberapa menit, lalu matikan lagi mode pesawatnya
  3. Ganti APN atau pindahkan SIM Card ke slot sim card 2 atau sebaliknya
  4. Periksa jaringan melalui Testing mode
  5. dan lain sebagainya.

Tentu dari beberapa cara di atas tadi kamu bisa mencobanya satu per-satu sesuai dengan masalah yang kamu alami. Dengan begitu, kamu bisa mencoba ulang untuk login dengan menggunakan nomor telpon, sehingga kamu mendapatkan kode OTP untuk login ke dalam akun telegram dan tak lagi muncul notifikasi terlalu banyak percobaan.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba dengan Memeriksa Koneksi Internet

Selanjutnya untuk cara yang kedua juga kamu bisa memerika koneksi internet kamu. Karena biasanya masalah ini muncul ketika pengguna hendak melakukan login ke dalam akun telegram, namun tidak mendapatkan jaringan yang bagus sehingga ada masalah dari kode OTP. Untuk itu langkah yang bisa kamu lakukan ialah.

  1. Hidupkan mode pesawat terlebih dahulu dlam beberapa detik, lalu matikan lagi mode pesaatnya
  2. Kemudian silakan coba untuk hubungkan ponselmu dengan jaringan WiFI yang stabil dan cepat
  3. Tunggu beberapa saat, dan silakan lakukan login ulang di telegram kalian seperti biasa.
Terkait: Penyebab Klakson Mobil Mati

Jika kamu tidak menemukan jaringan WiFi yang ada disekitar, kamu bisa meunggu beberapa saat dengan kondisi mode pesawat masih aktif, dan hentikan proses telegram dari pengaturan atau managemen aplikasi di pengaturan ponsel kalian masing-masing.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba dengan Restart Perangkat

Kemudian untuk cara yang ketiga, jika mungkin jaringan ataupun sim card kamu tidak bermasalah, kamu bisa coba untuk melakukan restart pada perangkat yang digunakan. Nah, biasanya hal ini juga bisa dipengaruhi dari bagaimana sistem atau cache pada android tidak berjalan dengan semstinya.

Jadi, mimin menyarankan kamu untuk me-restart perangkat ketika muncul tulisan Terlalu banyak mencoba saat hendak login ke telegram.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba dengan Mematikan Ponsel Beberapa Saat

Kemudian selain melakukan restart juga, kamu bisa mematikan ponselmu dalam beberapa menit, guna membuat sistem di dalam perangakt android kamu bisa berisitirahat sejenak, sehingga nantinya bisa berfungsi dengan semestinya lagi.

Nah, untuk mematikan ponsel ini sendiri, mimin menyarankan kamu untuk menghidupkan mod pesawat terlebih dahulu, guna jaringan yang ada di sim card kamu nantinya bisa tersinkronsasi ulang, sehingga mendapatkan jangkauan sinyal yang lebih baik setelah ponsel di matikan dan dinyalakan ulang.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba dengan Hapus Cache Telegram

Kemudian untuk cara yang selanjutnya, kamu bisa menghapus cache telegram yang mana biasanya hal ini sering menjadi masalah saat aplikasi telegram sudah menyimpan banyak sekali cache di aplikasinya, sehingga menyebabkan gagal login dan muncul notif terlalu banyak mencoba. Untuk itu, kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  1. Masuk ke bagianpengaturanatausettingsdari ponsel kalian masing-masing
  2. Setelah masuk ke pengaturan, kamu bisa klik pada opsimanajemen aplikasiatauapps
  3. Di dalam manajemen Apps tadi, kamu bisa cari aplikasi Telegram dan klik pada opsistorage and cache
  4. Kemudian, kamu bisa langsung klik padaclear cachedan kemudian kamu bisa klik lagi pada pilihanForce Stopataupaksa berhenti
  5. Jika sudah, silakan coba buka lagi aplikasi telegram dan login seperti biasa.
Terkait: Cara Mengatasi Ngantuk Saat Kerja

Selain melakukan penghapusan cache, kamu juga bisa loh menggunakan cara terakhir yang sudah mimin siapkan untuk masalah telegram terlalu banyak mencoba ini.

Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba dengan Hapus Data Telegram

Langkah terakhir dari semua cara yang sudah mimin rangkum di sini adalah kamu bisa melakukan penghapusan data setelah penghapusan cache. Yang mana, cara ini sendiri menjadi alternatif terakhir ketika aplikasi telegram mengalami gagal login, dan tidak bisa digunakan dengan semestinya. Caranya juga mudah banget kok.

  1. Silakan masuk ke bagianpengaturanatausetelah ponselkalian seperti biasa
  2. Setelah itu kamu bisa klik pada bagianappsatau masuk kemanajemen aplikasi
  3. Kemudian kamu bisa memilih pada aplikasiTelegram
  4. Nah, selanjutnya kamu tinggal klik pada opsipenyimpanan dan cacheyang mana akan mengarahkan kamu ke penyimpanan Telegram
  5. Jika sudah, kamu bisa langsung klik pada pilihanhapus dataatauclear datadan diikuti denganforce closeataupaksa tutup
  6. Terakhir, Restart perangkat kamu dan silakan coba lagi.

Walaupun di sini kita melakukan penghapusan data, kamu tak perlu khawatir karena seluruh history chat, grup, channel, dan bot di telegram masih akan tetap ada, dan tidak terhapus. Jadi, kamu bisa tetap melanjutkan percakapan atau chat dengan pengguna yang ada di telegram.

Dan itulah tadi beberapa cara mengatasi telegram terlalu banyak mencoba, silakan sesuaikan dengan cara yang menurutmu paling mudah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Related posts