Cara Menggunakan Mi Remote

Pengguna HP Xiaomi mungkin tidak asing dengan Mi Remote. Fitur ini biasanya digunakan untuk mengoperasikan beberapa benda elektronik di sekitar kita. Sayangnya, mayoritas pemilik HP Xiaomi masih belum tahu cara menggunakan Mi Remote yang benar.

Tak bisa dimungkiri banyak orang bahkan kamu sendiri mungkin jarang atau tidak pernah menggunakannya. Fitur Mi Remote justru punya fungsi cukup penting, lho. Jika kamu punya TV, AC atau alat elektronik yang remote controlnya hilang atau rusak, Mi Remote bisa diandalkan untuk mengatasi hal tersebut.

Walaupun Mi Remote terbilang sebagai salah satu fitur canggih milik HP Xiaomi, tapi tidak menutup kemungkinan banyak orang sering mengalami kendala saat menggunakannya. Mi Remote bisa saja tidak berfungsi saat dihubungkan dengan benda elektronik di rumah.

Kamu harus tahu sumber masalahnya supaya cara menggunakan Mi Remote bisa dilakukan dengan lancar. Kalau Mi Remote tersambung dengan AC, TV atau peralatan yang ada di rumah, kamu mampu mengoperasikan alat elektronik apapun lebih fleksibel dan mudah.

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Fungsi Mi Remote

Mi Remote merupakan salah satu aplikasi yang terpasang pada semua model maupun tipe HP Xiaomi. Fitur ini mempunyai berbagai macam fungsi penting yang wajib kalian tahu, lho. Pengguna HP Xiaomi bisa mengoperasikan beberapa benda elektronik seperti TV, AC, dsb dengan fitur ini.

Jika remote control TV atau AC di rumah hilang atau rusak, jangan khawatir karena masalahnya bisa ditangani dengan menggunakan fitur ini. Jadi, kamu bukan sekadar menggunakan ponsel untuk komunikasi, melainkan juga mengatur setiap perangkat elektronik di rumah.

Terkait: Cara Menghubungkan HP ke Laptop

Jenis-jenis Perangkat yang Terhubung dengan Mi Remote

Mi Remote adalah aplikasi bawaan pada semua tipe HP Xiaomi, sedangkan fungsinya dapat mengoperasikan berbagai macam peralatan elektronik di rumahmu, lho. Apa saja jenis perangkat yang bisa digunakan? Daripada penasaran, simak daftar lengkapnya di bawah ini:

  • Televisi (TV).
  • Pendingin Ruangan (AC).
  • Set-top-box.
  • Mi TV/Mi Box.
  • A/V Receiver.
  • Kamera.
  • DVD Player.
  • Kipas Angin.
  • Smart Box.
  • Projector.
  • Chinese Satellite TV.

Masalah yang Sering Terjadi pada Mi Remote

Mi Remote tidak berbeda dengan aplikasi atau fitur lain pada HP Xiaomi. Masalah apapun bisa saja terjadi tanpa prediksi sebelumnya. Beberapa masalah beserta solusinya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Tidak Ada Pilihan TV
    Tak sedikit pengguna HP Xiaomi mengaku kesal karena banyak merk TV yang belum terdaftar dan terhubung pada aplikasi Mi Remote. Kondisi tersebut mengakibatkan TV yang remote controlnya hilang agak sulit dioperasikan, lho.

    Solusinya adalah dengan mencari tahu asal produksi TV tersebut. Jika kamu menggunakan merk TV yang kurang populer, biasanya Mi Remote akan sulit memindai perangkatnya. Pastikan merk TV kamu cukup familiar dan digunakan banyak orang.

  • Tidak Merespon
    Masalah ini sudah menjadi pemandangan umum yang sering dialami para pengguna HP Xiaomi. Jika Mi Remote tidak merespon dengan baik, maka bisa mengatasinya dengan langkah-langkah di bawah ini:
    • Hapus Data pada aplikasi Mi Remote, termasuk file sampah sekalipun.
    • Uninstall aplikasinya, kemudian unduh lagi agar dapat dikembalikan ke mode default.
    • Pastikan aplikasi Mi Remote sudah diperbarui ke versi terbaru.
    • Restart HP Xiaomi dan hidupkan kembali.
    • Ganti dengan menggunakan aplikasi remote AC, TV, dsb yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Cara Menggunakan Mi Remote

Cara menggunakan Mi Remote sebenarnya sangat mudah dan praktis, lho. Kamu tidak perlu download aplikasi lain karena fiturnya sudah menjadi bawaan dari HP Xiaomi. Jika kamu belum pernah memakai aplikasi tersebut, kami akan memberitahu panduannya melalui artikel ini.

Kami sudah menyiapkan tutorialnya supaya kamu bisa mengoperasikan AC, TV, Set Top Box maupun peralatan elektronik lain dengan Mi Remote. Kamu tidak perlu khawatir lagi kalau remote control nya hilang, di mana Mi Remote bisa dijadikan andalan untuk menangani masalah tersebut.

Langkah 1: Buka Aplikasi Mi Remote

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Cara menggunakan Mi Remote yang pertama adalah membuka aplikasinya terlebih dulu. Bagi kamu yang sudah pernah memakai fitur ini, biasanya muncul beberapa perangkat terhubung pada halaman utamanya. Jika belum, tekan tombol Mi Remote dengan icon + yang berada di samping kanan atas.

Langkah 2: Pilih Perangkat Elektronik

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Pada halaman selanjutnya, kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan peralatan elektonik yang bisa dioperasikan oleh Mi Remote. Beberapa perangkat tersebut mulai dari AC, TV, Kamera, Set-top-box, Projektor, dsb. Kami akan mengambil contoh AC, maka kamu bisa tekan tombol AC.

Langkah 3: Cari Merk AC

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Langkah selanjutnya adalah memilih merk AC yang berada di rumah. Mi Remote menghadirkan beberapa merk AC secara lengkap. Contohnya, kamu menggunakan AC merk Panasonic maka bisa menekan tombol Panasonic. Jika sulit mencarinya, ketuk huruf P di bagian samping kanan layarnya.

Langkah 4: Tekan Tombol Power On

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Cara menggunakan Mi Remote selanjutnya adalah menekan tombol Power On/Cool/Auto pada halaman berikutnya. Kamu akan mendapat perintah Arahkan remote ke AC dan tekan tombol Lepas saat AC merepon. Jika AC bisa dioperasikan dengan Mi Remote, aplikasinya berarti berfungsi dengan baik.

Langkah 5: Klik Ya

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Kalau AC Panasonic merespon perintah pada aplikasi Mi Remote, biasanya muncul keterangan Perangkat merespon? Jika AC berfungsi dengan baik, tekan tombol Ya. Akan tetapi, jika sebaliknya maka bisa menekan tombol Tidak.

Langkah 6: Tekan Tombol Power Off

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Kamu bisa mengarahkan Mi Remote ke AC Panasonic lagi. Tujuannya untuk mematikan perangkat mesin pendingin jika sudah digunakan. Caranya adalah menekan tombol Power Off dengan lingkaran biru yang berada di bagian tengah.

Langkah 7: Klik Ya

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Cara menggunakan Mi Remote berikutnya adalah menekan tombol Ya. Tombol ini harus ditekan jika perangkat AC sudah dimatikan. Akan tetapi, kalau AC masih hidup dan digunakan cukup tekan tombol Tidak.

Langkah 8: Pilih Menu Berhasil Dipasangkan

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Kalau AC sudah dioperasikan, tunggu beberapa saat hingga muncul laman selanjutnya yang menampilkan detail perangkatnya. Kamu bisa melihat nama AC nya, yakni Panasonic dan dapat diganti sesuai dengan keinginanmu. Jika sudah terhubung, tekan tombol Berhasil Dipasangkan di bagian bawah.

Langkah 9: Klik Daya

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Kamu akan diarahkan lagi ke halaman berikutnya untuk mengatur suhu ruangan dengan menggunakan AC Panasonic. Caranya adalah dengan menekan tombol Daya berwarna merah untuk menghidupkan perangkat AC tersebut.

Langkah 10: Atur Suhu AC

Cara Menggunakan Mi Remote
Cara Menggunakan Mi Remote

Cara menggunakan Mi Remote yang terakhir adalah atur suhu AC sesuai dengan keinginanmu. Jika ingin diturunkan, tekan tombol untuk membuat temperaturnya menjadi lebih dingin. Bagi kamu yang merasa anginnya terlalu kencang, klik + guna meningkatkan suhunya agar lebih hangat.

Demikian informasi tentang cara menggunakan Mi Remote untuk AC, TV dan perangkat elektronik lainnya yang mudah. Kalau Mi Remote tidak bisa digunakan, ketahui masalah dan solusinya seperti panduan kami di atas agar aplikasinya dapat berfungsi dengan baik. Selamat mencoba!

Related posts