Home » Menghemat » Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Apakah kamu tengah mencari cara menghemat baterai Xiaomi yang paling efektif saat ini? Mudah saja, kamu hanya perlu simak ulasan berikut hingga akhir, dan harus praktekin metode-metode yang diberikan.

Dijaman serba canggih ini, smartphone pun sudah menjelma menjadi kebutuhan primer. Hampir semua orang membutuhkannya, sehingga mereka berlomba-lomba untuk mencari smarthphone dengan harga yang murah namun memiliki spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan mereka, seperti halnya handphone xiaomi ini.

Sebelum kalian mengetahui cara menghemat baterai handphone xiaomi, berikut akan coba diberikan beberapa hal penting yang mungkin berguna untuk kalian.

Di negara Indonesia sendiri, siapa yang tidak kenal dengan handphone Xiaomi, mereka memiliki baterai yang tertanam dan sudah paten. Itu artinya baterai Xiaomi ini tidak bisa dibongkar pasang kecuali oleh para ahlinya.

Masalah Pada Baterai Xiaomi

Yang sering menjadi masalah oleh para pengguna Xiaomi, adalah mengenai baterainya yang boros. Namun ternyata banyak yang belum mengerti apa sih yang membuat baterai menjadi cepat habis.

Kebanyakan dari mereka tidak menghiraukannya, asalkan handphone masih bisa digunakan, mereka pun tidak terlalu peduli dengan apa yang disebut baterai.

Mengecek kesehatan baterai tentu sangat penting bagi mereka yang menggunakan handphone Xiaomi, dengan sistem tanam.

Karena jika baterai sudah rusak, otomatis handphone pun juga terpengaruh. Baterai yang boros biasanya disebabkan oleh beberapa hal, yuk lihat dulu beberapa hal tersebut sebelum menginjak cara menghemat baterai Xiaomi.

Faktor yang Menyebabkan Baterai Boros

Faktor Penyebab Baterai Xiaomi Boros

Menggunakan ponsel dengan berlebihan, biasanya para pengguna Xiaomi menggunakan ponselnya untuk bermain game dengan ukuran HD.

Mungkin Xiaomi memang memiliki kualitas gambar yang baik, namun jika ponselmu digunakan berjam-jam untuk bermain game, tentu itu juga akan berpengaruh pada kinerja ponsel dan seperangkatnya.

Biasanya hal itu ditandai dengan temperatur ponsel yang semakin panas. Selain itu, banyaknya aplikasi yang berjalan juga berpengaruh pada baterainya.

Dijaman sekarang ini perkembangan teknologi sangatlah cepat, otomatis banyak juga aplikasi-aplikasi baru bermunculan dengan spek yang lebih tinggi.

Banyak yang asal mengunduh aplikasi tanpa tahu berapa ukurannya. Jika aplikasi tersebut membutuhkan RAM yang cukup banyak diponselmu, tentu akan membuat ponselmu bekerja lebih dan baterai perlahan akan berkurang kinerjanya.

Kalau sudah begini jangan malah menyalahkan ponselnya, coba instropeksi diri mungkin kamu yang memaksa ponsel untuk bekerja lebih sering.

Xiaomi juga tidak bisa dibandingkan dengan Samsung atau Iphone. Harganya memang murah dibanding yang lain, dan kualitasnya juga baik. Namun masih belum bisa menandingi Samsung atau Iphone. Jadi sebaiknya rawatlah ponselmu dengan sebaik-baiknya.

Kamu pun tidak ingin kan jika selalu mengganti baterai baru, dan banyak yang yakin juga bahwa baterai yang baru tidak akan bisa menggantikan baterai lama yang merupakan baterai asli bawaan dari ponsel tersebut.

Meskipuh Hp Xiaomi tidak bisa disamakan dengan Samsung atau Iphone, tapi kamu juga bisa kok menggunakan Xiaomi dengan sebaik-baiknya, agar setidaknya berada satu tingkat dibawah Samsung atau Iphone.

Gimana? Sudah sedikit menambah ilmu kalian belum? Sekarang mari kita tambah ilmu lagi, dengan membahas cara menghemat baterai Xiaomi berikut!

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Cara Menghemat Baterai Xiaomi

Menghemat Baterai Xiaomi

Perlu diketahui, bahwa ada beragam cara untuk dapat menghemat baterai ponsel Xiaomi. Beberapa diantaranya bisa pakai aplikasi tambahan maupun tanpa aplikasi sekalipun. Dimana beberapa caranya terbagi dalam 17 metode terangkum dibawah ini.

Menghemat Baterai Xiaomi Tanpa Aplikasi

Pada metode penghematan baterai Xiaomi pertama, kita tak perlu mendownload aplikasi tambahan yang mana nantinya akan menghemat waktu kita dalam menghemat baterai. Ada sebanyak 13 cara yang bisa dipakai, diantaranya yakni:

1. Atur Kecerahan Layar HP

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang pertama sangatlah mudah untuk dilakukan, dimana kamu harus mengatur kecerahan layar HP Xiaomi kamu seminimal mungkin.

Jangan gunakan pengaturan kecerahan layar maksimal, karena kecerahan layar yang maksimal akan membuat layar HP kita terlalu terang. Selain dapat merusak mata, layar yang terlalu terang juga akan memakan daya konsumsi baterai yang tinggi. Akibatnya, baterai Xiaomi boros dan cepat habis.

Jika ponsel Xiaomi kamu tipe baru, atur saja kecerahan layar ponselmu secara otomatis. Dimana nantinya kecerahan layar akan menyesuaikan kondisi sinar dari luar, serta dimalam hari akan otomatis menampilkan layar dark mode.

Dengan pengaturan layar dark mode atau mode malam, tentunya akan menghemat daya konsumsi baterai Xiaomi kamu agar tak cepat habis.

2. Nonaktifkan GPS

Pernah menggunakan layanan lokasi (GPS) ponsel Xiaomi kamu kan? Mungkin ada yang lupa mematikan layanan GPS setelah menggunakannya? Jangan dibiarkan aktif terus ya. Hal ini akan berpengaruh besar terhadap daya konsumsi baterai tinggi yang menyebabkan boros pemakaian.

Solusinya, menonaktifkan (mematikan) layanan lokasi GPS HP Xiaomi akan menjadi langkah tepat dalam menghemat baterai Xiaomi. Namun terkadang kamu juga perlu loh menghidupkan GPS, karena GPS akan membantu kamu dalam melacak hp xiaomi yang hilang dalam kondisi mati sekalipun.

3. Nonaktifkan Bluetooth

Pernah secara tidak sengaja mengaktifkan layanan Bluetooth? Atau, sengaja aktifkan bluetooth untuk berkirim file tapi lupa mematikannya? Jangan dibiasakan! Ini akan membuat baterai Xiaomi kamu boros dan cepat habis.

Cara menghemat daya baterai Xiaomi selanjutnya adalah dengan menonaktifkan layanan Bluetooth yang secara sengaja maupun tak sengaja hidup.

4. Nonaktifkan Suara

Selain menonaktifkan bluetooth, kamu juga bisa menonaktifkan suara melalui panel notifikasi untuk menghemat daya konsumsi baterai Xiaomi.

Meski tak terlalu berpengaruh besar, setidaknya baterai Xiaomi kamu akan sedikit lebih hemat dari biasanya.

5. Nonaktifkan Screensaver

Cara untuk menghemat baterai HP Xiaomi selanjutnya bisa juga dengan menonaktifkan screensaver yang tengah aktif di HP kamu.

Meskipun dampaknya tak begitu besar, tapi percayalah bahwa screensaver yang aktif terus menerus akan mengkonsumsi pemakaian baterai tinggi yang mana berakibat pada keborosan tingkat baterai Xiaomi.

6. Nonaktifkan Location Service di Akun Google

Meskipun layanan GPS tengah dinonaktifkan, Namun tanpa kita sadari ternyata juga masih ada kinerja semacam GPS yang aktif. Dan ini pun akan membuat konsumsi baterai tinggi sehingga cepat habis.

Kamu perlu menonaktifkan fitur location service di Google yang berjalan dibackground. Memang, fitur inilah yang akan berpengaruh besar pada saat ponsel Xiaomi hilang. Akan tetapi, kinerjanya sepanjang hari justru akan membuat baterai boros.

7. Tutup Aplikasi Berjalan yang Tak Dipakai

Kamu sering membuka banyak aplikasi dan lupa untuk menutupnya sehingga masih berjalan di background dan akhirnya membuat konsumsi baterai yang cukup boros.

Jangan dibiasakan ya, saran kami jika terdapat aplikasi yang sudah tak lagi digunakan sebaiknya langsung ditutup saja agar tak boros baterai. Cara menutup aplikasi yang sedang berjalan juga mudah kok, kamu tinggal slide ke kanan atau kiri atau klik tombol Close untuk menutupnya.

Nah, jika ada beberapa aplikasi yang sekiranya sangat boros baterai seperti whatsapp, kamu bisa kok menonaktifkan whatsapp sementara untuk menjaga bateraimu tetap irit.

8. Aktifkan Power Saving

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur power saving lho untuk menghemat daya konsumsi baterai agar irit. Caranya, masuk ke menu Security, lalu pilih Power » Battery Saver. Lanjut Switch ON Battery Saver untuk MIUI 10.

Saat power saving diaktifkan, akan ada beberapa aplikasi penting saja yang bisa dijalankan. Bukan aplikasi yang membutuhkan layanan internet, melainkan aplikasi ringan seperti SMS, Telepon, dan sejenisnya.

9. Bersihkan File Sampah

Sampah diandroid sering kali kita jumpai di setiap ponsel, yang mana sampah tersebut juga lebih sering dikenal dengan sebutan cache.

Nah, tanpa kita sadari sampah cache data aplikasi ternyata juga dapat membuat konsumsi baterai yang boros lho. Kok bisa? Semakin banyak sampah yang ada di penyimpanan smartphone kita, akan membuat ponsel semakin lemot dan bekerja lebih keras. Sehingga, daya konsumsi baterai juga cukup tinggi yang menyebabkan boros baterai.

Untuk itu, sering-seringlah membersihkan cache data file aplikasi agar kinerja ponsel Xiaomi kamu tetap prima.

10. Hapus/Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Poin ke sepuluh, ada kaitannya dengan poin sebelumnya. Adanya banyak aplikasi yang terinstall di Xiaomi dan tak sering dipakai akan membuat konsumsi baterai yang cukup besar sehingga membuat baterai kamu cepat habis.

Untuk itu, kamu juga perlu menghapus atau uninstall aplikasi terinstall yang tak lagi digunakan agar kinerja ponsel Xiaomi kamu tetap prima.

11. Gunakan Charger Original Xiaomi

Tetap menggunakan charger original dari Xiaomi juga menjadi poin yang cukup penting dalam menghemat baterai ponsel Xiaomi milikmu.

12. Selalu Jaga Kesehatan Baterai

Selalu jaga kesehatan baterai Xiaomi juga bisa berpengaruh terhadap penghematan konsumsi baterai. Terdapat berbagai macam cara untuk merawat baterai smartphone Xiaomi agar punya umur panjang serta kegunaannya tetap prima. Cara merawat baterai Xiaomi agar awet:

  • Jangan terlalu lama dalam mengisi (charge) baterai.
  • Jangan gunakan untuk apapun saat mengisi (charge) baterai.
  • Jangan cas HP dalam posisi baterai 0% karena akan membuat umur baterai menjadi lebih pendek.
  • Selalu siapkan power bank kemanapun.
  • Gunakan Dark Mode (Tema Gelap)
  • Install aplikasi Greenify

13. Update MIUI ke Versi Terbaru

Menggunakan OS versi terbaru juga bisa berdampak pada performa baterai lho, kamu harus melakukan update MIUI ke versi paling anyar agar bisa menghemat baterai Xiaomi kamu.

Cara Update MIUI :

  • Buka menu Pengaturan atau Setelan atau Setting.
  • Pilih dan masuk ke Pembaruan.
  • Jika terdapat Update versi terbaru, kamu bisa langsung lakukan Update dengan koneksi internet yang memadai.

Menghemat Baterai Xiaomi dengan Aplikasi

Metode kedua, kamu juga bisa melakukan penghematan baterai Xiaomi dengan bantuan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang berkaitan dengan baterai yang juga berpengaruh terhadap daya konsumsi baterai yang lebih hemat. Diantaranya:

1. Greenify

Aplikasi rekomendasi pertama, bernama Greenify. Mungkin sebagian dari kamu sudah ada yang tak asing dengan Greenify. Kegunaan sebenarnya memang untuk menghemat RAM android.

Cara kerjanya yakni dengan menghibernasikan aplikasi – aplikasi yang sedang berjalan dan tak digunakan di android.

Dengan ini, juga bisa dikategorikan kedalam aplikasi penghemat baterai yang cukup ampuh. Kabar baiknya, aplikasi ini pun tengah support di semua android berbagai versi.

Segera download dan install aplikasinya melalui Google Play Store, dan gunakan untuk menghemat baterai Xiaomi kamu.

2. GO Battery Saver

Aplikasi kedua, bernama GO Battery Saver. Aplikasi penghemat baterai satu ini memanglah cukup dapat diandalkan.

Aplikasi yang memungkinkanmu untuk menjalankan proses optimalisasi baterai dalam bentuk Widget ini justru akan lebih praktis saat digunakan kapanpun.

Segera download dan install aplikasinya melalui Google Play Store, dan gunakan untuk menghemat baterai Xiaomi kamu.

3. Battery Doctor

Aplikasi rekomendasi selanjutnya bernama Battery Doctor. Sama halnya dengan aplikasi penghemat baterai sebelumnya, Battery Doctor juga akan membantu kamu dalam menghemat daya konsumsi baterai di Xiaomi kamu.

Segera download dan install aplikasinya melalui Google Play Store, dan gunakan untuk menghemat baterai Xiaomi kamu.

Aplikasi Penghemat Baterai Ponsel Lainnya

Selain ketiga aplikasi diatas, masih banyak juga aplikasi berkaitan dengan baterai smartphone yang bermanfaat untuk menghemat baterai. Berikut ini daftar aplikasi penghemat baterai smartphone yang sangat berguna.

  • Power Battery
  • Battery Saver – Power Saver
  • Avast Battery Saver
  • Avira Optimizer
  • Kaspersky Battery Life
  • AccuBattery

Segera download dan install aplikasinya melalui Google Play Store, dan gunakan untuk menghemat baterai Xiaomi kamu.

Demikianlah ulasan mengenai berbagai macam cara menghemat baterai Xiaomi dengan banyak metode pilihan mudah yang bisa dicoba. Semoga bermanfaat, juga jangan lupa untuk share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya bangs.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *