Home » Grab » Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Apakah kamu membutuhkan jasa untuk membantu keperluan sehari-hari? Solusinya, kamu bisa baca dan ikuti cara menggunakan aplikasi Grab untuk melayani kebutuhan harianmu.

Grab merupakan aplikasi yang menyediakan layanan transportasi online dan juga berbagai jenis jasa untuk memudahkan para penggunanya memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa langsung menggunakan berbagai jenis jasa tersebut hanya dengan smartphone mu.

Jika kamu sudah memiliki akun Grab maka kamu dengan mudah bisa menggunakan berbagai macam layanan jasa yang disediakan oleh Grab. Namun perlu dicatat ya, Aplikasi Grab di peruntukkan untuk customer, sedangkan untuk driver, kamu bisa lihat di cara menggunakan aplikasi grab driver.

Yuk, simak cara menggunakan aplikasi Grab berikut ini:

Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Cara Menggunakan Aplikasi Grab

Sebenarnya, cara untuk menggunakan aplikasi Grab sangatlah mudah untuk dilakukan. Simak dan ikuti langkah-langkahnya dibawah ini secara urut.

  1. Unduh / install aplikasi Grab di Google Play Store / App Store.
  2. Setelah proses install selesai, buka aplikasi Grab dan lakukan pendaftaran akun baru. Masukkan alamat email dan nomor telepon yang masih aktif.
  3. Tunggu sebentar sampai pihak Grab mengirimkan SMS berupa kode Kode verifikasi ini akan dikirim ke nomor telepon yang sudah kamu daftarkan.
  4. Masukkan kode verifikasi tersebut ke aplikasi Grab. Jika kode kamu benar maka otomatis akan menuju ke langkah selanjutnya.
  5. Jika semua tahap sudah dilakukan maka kamu akan diarahkan menuju halaman beranda Grab dan kamu akan melihat berbagai jasa Grab yang bisa kamu pilih.

Perlu dicatat, nomor hp yang dimasukkan adalah nomor hp yang masih memiliki masa aktif lebih, dan juga sudah melakukan aktivasi kartu. Sebab, jika nomor yang dimasukkan tidak valid atau tidak aktif, maka kalian tidak bisa menerima sms verifikasi.

Layanan di Aplikasi Grab

Kamu juga perlu mengetahui apa saja layanan yang ada di aplikasi Grab. Bahwasannya, Grab menghadirkan beragam layanan dan fitur yang begitu bermanfaat bagi pengguna. Diantaranya:

1. Layanan Transportasi

Layanan transportasi dalam aplikasi Grab sendiri terbagi menjadi dua, yaitu:

  • GrabBike : layanan transportasi ojek online dengan menggunakan sepeda motor yang siap mengantar dan menjemput kamu sesuai lokasi tujuan.
  • GrabCar : layanan transportasi yang siap mengantar dan menjemput kamu dengan menggunakan mobil. Tersedia pilihan mobil dengan kapasitas penumpang yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Layanan ini juga menyediakan penyewaan mobil.

2. Layanan Makanan

Bagi yang tengah lapar, aplikasi Grab hadirkan layanan GrabFood untuk mengatasi rasa lapar yang kamu rasakan.

  • GrabFood : layanan pesan antar makanan yang cepat dan praktis. Kamu dapat dengan bebas memesan makanan yang diinginkan dari berbagai restoran atau cafe di seluruh Indonesia.

3. Layanan Pengiriman

Bagi yang tengah repot ingin kirim – mengirim barang, layanan Grab Express / Grab SameDay hadir untuk menjawab permasalahanmu.

  • GrabExpress : layanan kurir ekspres yang bisa digunakan untuk mengirim dokumen atau paket kapan saja dengan menjanjikan kecepatan, kepastian, dan keamanan.

4. Layanan Belanja

Kehabisan bahan-bahan dapur dan tak sempat membelinya? Pakai layanan GrabFresh dan GrabMart memanglah paling solutif.

  • GrabFresh : layanan pengiriman yang mengantarkan belanjaan untuk kebutuhan sehari-hari.
  • GrabMart : layanan yang menjual produk-produk segar seperti buah-buahan, sayur mayur, makanan mentah, snacks, ataupun makanan beku.

5. Layanan Kesehatan

Bagi yang ingin sekedar cek kesehatan, konsultasi rasa sakit yang sedang kamu rasakan saat ini, bisa pakai layanan GrabHealth yang menjadi layanan terbaru dari Grab.

  • GrabHealth : layanan ini bermitra dengan Good Doctor Technology Indonesia yang menyediakan konsultasi kesehatan, tanya jawab dengan dokter profesional tentang kesehatan, pembelian obat dan produk kesehatan dan juga bisa membuat janji medis di rumah sakit dan klinik pilihan.

6. Layanan Pulsa/Token

Layanan ini bisa digunakan untuk mengisi pulsa regular, data internet dan juga token PLN. Sehingga kalian tidak perlu bingung jika membutuhkan pulsa atau token mendadak.

7. Layanan Hotel

Selanjutnya, ada layanan hotel. Untuk layanan ini, Grab telah bermitra dengan layanan pemesanan hotel terbaik di dunia. Kamu dapat mengakses layanan pemesanan hotel dengan memilih tombol “Hotels” di menu layanan Grab.

8. Layanan Pembelian Tiket

Layanan ini menawarkan cara yang mudah dan cepat untuk membeli tiket film. Kamu dapat melihat jadwal tayang dan beli tiket film di bioskop favorit langsung dari aplikasi Grab.

Metode Pembayaran Layanan Grab

Grab memberikan kamu kemudahan dalam hal pembayaran di setiap layanan yang disediakan. Ada dua metode pembayaran yang dapat kamu lakukan.

1. Pembayaran Secara Tunai / Cash

Jika menggunakan pembayaran tunai kamu bisa langsung memberikan uang kepada driver Grab setelah kamu menggunakan jasa tersebut

2. Pembayaran Tanpa Tunai / Non Tunai

Bagi yang tak ingin ribet keluar uang, bisa pakai metode pembayaran non tunai di aplikasi Grab. Ada dua macam pembayaran nontunai yang bisa dipilih yaitu:

  • OVO : aplikasi dompet non tunai yang dapat diakses dari aplikasi OVO. Kamu dapat menggunakan saldo OVO yang sudah terhubung dengan akun Grab untuk membayar layanan jasa yang kamu gunakan. Selain itu, bayar grab pake ovo juga lebih praktis dan mudah.
  • LinkAja : layanan keuangan elektronik berbasis aplikasi yang akan membuat pembayaran lebih cepat dan praktis. Hubungkan akun LinkAja yang sudah di Aktivasi dengan akun Grab. Saldo pada LinkAja yang terdapat dalam aplikasi Grab kamu akan dipotong secara otomatis

Seperti itulah cara menggunakan aplikasi Grab yang cepat dan praktis. Layanan jasa yang disediakan oleh Grab akan semakin memberikan kemudahan kamu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Mudah mudahan artikel ini dapat bermanfaat. Jika ada kesulitan atau tambahan, jangan ragu untuk berkomentar ya. Serta, jangan lupa untuk share/bagikan artikel ini ke teman-teman kamu.