Cara Membuat IGTV

Cara Membuat IGTV di Instagram Tanpa Terpotong di HP dan PC

PindahLubang.com | Instagram sudah menjadi aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan. Di Indonesia, banyak orang menggunakannya untuk kebutuhan pribadi maupun bisnis, termasuk mengabadikan momen melalui Instagram TV (IGTV) dengan cara membuat IGTV di Android dan iPhone.

Seperti kamu tahu kalau semua orang di belahan dunia mana pun hampir sering menggunakan IG sekarang. Bagaimana tidak, orang biasa sampai pejabat politik sekalipun memanfaatkannya untuk mengabaikan momen seru saat di depan atau di belakang pekerjaannya sebagai tokoh publik.

Pihak Instagram berupaya memanjakan semua penggunanya dengan menghadirkan berbagai macam fitur keren, salah satunya IGTV. Meski begitu, Instagram sudah memperbarui layanannya di mana fitur tersebut sudah dihilangkan, lalu diganti menjadi Instagram Video dan Reels.

Walaupun sudah dihilangkan, tapi cara buat IGTV masih bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Kamu pun dapat mengunggah video keren berdurasi lebih dari satu menit untuk ditonton ribuan followers di IG. Jika kamu belum pernah melakukannya, simak artikel ini sampai akhir.

Ketentuan dan Syarat Membuat IGTV

Instagram TV alias IGTV adalah salah satu konten yang bisa dibuat semua pengguna IG. Sayangnya, pihak Instagram sudah menghilangkan fiturnya beberapa waktu lalu. Kamu pun masih dapat membuatnya dengan mengikuti ketentuan dan syaratnya di bawah ini:

  • Durasi minimum 1 menit, serta maksimum 15 menit (HP) dan 60 menit (Web/PC).
  • Format MP4.
  • Rasio aspek 16:9 (horizontal) dan 9:16 (vertikal).
Terkait:  Cara Bikin Twibbon di PicsArt (2 Metode), Cepat dan Simpel!

Penyebab Gagal Membuat IGTV

Jika kamu sudah berusaha membuat konten kreatif dan menarik berupa IGTV, tapi gagal dan tidak bisa diunggah ke Instagram, kemungkinan besar disebabkan oleh durasi videonya terlalu singkat alias kurang dari 1 menit.

Tak bisa dimungkiri kamu pun gagal melakukannya karena durasinya sangat panjang, alias lebih dari 15 menit. Selain itu, formatnya mungkin bukan MP4 dan rasionya berbeda dengan kebijakan yang sudah diatur oleh pihak IG. Kamu perlu melakukan editing terlebih dulu, supaya videonya bisa diunggah dengan lancar.

Cara Membuat IGTV

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Barangkali kamu masih belum tahu cara buat IGTV yang bagus dan keren, kami akan memberitahu panduannya lewat artikel ini. IGTV bisa dibuat melalui HP Android atau iPhone dengan kualitas video yang tajam, lho.

Kamu harus edit konten yang akan diunggah ke IG, bila perlu buat gambar sampulnya untuk menampilkan kesan rapi di feed IG kamu. Selain itu, prosesnya terbilang cepat karena kamu tidak perlu menggunakan aplikasi ketiga untuk membuat sekaligus mengunggah IGTV.

Langkah 1: Buka Profil IG

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Cara membuat IGTV yang pertama adalah membuka profil Instagram kamu terlebih dulu. Caranya adalah mengetuk opsi Profil di samping kanan bawah. Jika sudah masuk ke profilmu, tekan tombol + yang berada di samping kanan atas.

Langkah 2: Pilih Menu Posting

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Jika tombolnya sudah ditekan, maka kamu bisa melihat berbagai macam menu yang tersedia. Seperti kami singgung sebelumnya, pihak Instagram sudah menghapus fitur IGTV namun penggunanya masih bisa membuat konten tersebut. Untuk mengunggahnya, tekan tombol Posting.

Langkah 3: Cari Video

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Langkah berikutnya adalah cari konten video yang akan diunggah sebagai IGTV. Namun, kamu harus memeriksa bahwa durasinya lebih dari 1 menit. Kamu pun dapat mengatur rasionya dengan mengetuk opsi dua panah yang berada di samping kiri.

Terkait:  Cara Buat Paket Darurat Telkomsel (5 Metode), Ini Syaratnya!

Langkah 4: Tekan Tombol Panah

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Jika kamu sudah mengatur rasio videonya, cara membuat IGTV berikutnya adalah menekan tombol panah yang berada di samping kanan atas. Kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya.

Langkah 5: Klik Selanjutnya

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Kamu bisa mengatur filter video yang diinginkan. Cari dan tentukan salah satu efek paling bagus untuk memaksimalkan tampilan kontennya. Jika sudah yakin, tekan tombol Selanjutnya.

Langkah 6: Pilih Menu Sampul

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Cara membuat IGTV berikutnya adalah mengetuk opsi Sampul atau Cover pada bagian video tersebut. Tujuannya untuk memaksimalkan tampilan awal yang akan terlihat pada feed IG kamu.

Langkah 7: Atur Sampul

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Kamu bisa mengatur sampul videonya sesuai dengan bagian potongan konten yang akan diunggah. Jika merasa tidak cocok, maka bisa mencarinya dari galeri. Caranya dengan menekan tombol Tambahkan dari Galeri.

Langkah 8: Klik Simpan

Cara Membuat IGTV
Cara Membuat IGTV

Langkah selanjutnya adalah memastikan kalau foto sampul videonya benar-benar cocok dengan konten IGTV kamu. Kemudian, tekan tombol Simpan atau Save.

Langkah 9: Tulis Keterangan

Cara Membuat IGTV
Cara Buat IGTV

Cara membuat IGTV yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah tulis keterangan alias caption dengan benar. Kamu harus menulis informasi sesuai dengan konten videonya, sedangkan penggunaan hashtag perlu dilakukan untuk menarik perhatian audiens lainnya.

Langkah 10: Pilih Menu Tambahkan ke Serial

Cara Membuat IGTV
Cara Buat IGTV

Kamu perlu memeriksa kembali keterangan yang sudah ditulis. Selain itu, pastikan jumlah hashtag yang digunakan tidak terlalu banyak. Jika caption videonya sudah benar, pilih menu Tambahkan ke Serial.

Langkah 11: Cari Serial

Cara Membuat IGTV
Cara Buat IGTV

Serial adalah jenis atau kategori yang berkaitan dengan konten IGTV. Jika kamu sudah pernah membuatnya, cari salah satunya sesuai dengan tema videonya. Akan tetapi, kalau tidak ada maka bisa memilih menu Serial Baru dengan tanda +. Kemudian, tekan tombol Selesai.

Terkait:  Cara Melihat Akun Instagram yang di Private Android Tanpa Follow

Langkah 12: Pilih Menu Pengaturan Lanjutan

Cara Membuat IGTV
Cara Buat IGTV

Untuk memaksimalkan IGTV kamu, tekan tombol Pengaturan Lanjutan. Kamu bisa memilih opsi yang mengantarmu ke bagian pengaturan tata letak sampul videonya. Tujuannya agar tampilannya lebih bagus dan dapat menarik simpati audiens.

Langkah 13: Klik Bagikan

Cara Membuat IGTV
Cara Buat IGTV

Cara membuat IGTV yang terakhir adalah mengetuk opsi Bagikan atau Share. Kamu hanya perlu menunggu untuk memastikan kontennya sudah diunggah ke feed IG. Tak hanya itu, tinjau kembali videonya guna memastikan durasi hingga caption yang ditulis sudah benar.

Cara Membuat IGTV Lewat PC

Bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman berbeda saat membuat konten video di IG, sebaiknya ikuti cara membuat IGTV melalui desktop atau PC di bawah ini:

  • Kunjungi halaman profil IG kamu melalui peramban browser seperti Google Chrome, Firefox, dsb, yakni dengan mengetik URL IG diikuti nama akun kamu. (contoh: instagram.com/fahriafahri).
  • Jika sudah masuk ke akun IG kamu, ketuk logo IGTV yang berada pada halaman utama.
  • Pilih menu Unggah atau Upload.
  • Cari dan pilih video mana yang akan diunggah sebagai konten IGTV.
  • Kemudian, tulis judul dan keterangan videonya dengan benar. Jangan lupa tambahkan hashtag untuk memaksimalkan hasil pencarian kontennya.
  • Pilih menu Bagikan ke Facebook atau Share to Facebook untuk menambah jumlah reaksi dan views IGTV kamu. Caranya dengan menggeser slider opsi tersebut ke samping kanan.
  • Terakhir, tekan tombol Bagikan atau Share untuk mengunggah IGTV ke feed Instagram kamu.

Cara Edit IGTV

Kamu pun dapat mengubah konten IGTV agar tampilan rasionya dapat terlihat leluasa, misalnya dari 9:16 ke 16:9 atau sebaliknya. Cara edit IGTV yang benar adalah sebagai berikut:

  • Pertama, cari unggahan IGTV yang akan kamu edit.
  • Jika sudah ketemu, pilih menu Edit Sampul Profil.
  • Klik Edit Cuplikan untuk mengubah ukuran videonya.
  • Jika kamu ingin menggunakan ukuran 16:9, tampilan videonya akan terlihat penuh.
  • Terakhir, klik Posting untuk menyimpan hasil perubahannya.

Jika kamu ingin membuat konten video lebih bagus dan keren, manfaatkan IGTV untuk mengunggah video kreatif dan menarik untuk menyita perhatian calon followersmu. Kamu bisa ikuti cara membuat IGTV seperti panduan kami di atas, agar kontennya tampak berbeda dengan konten kreator lainnya. Selamat mencoba!

Similar Posts