Home » Biaya » Biaya Bangun Rumah Mewah

Biaya Bangun Rumah Mewah

Meski sudah umum, namun rincian terkait Biaya Bangun Rumah Mewah masih menjadi tanda tanya. Khususnya bagi mereka yang tidak sempat survei langsung beberapa kontraktor atau toko bangunan sebagai penyedia bahan.

Nah, pada saat kamu hendak atau merencanakan membangun rumah mewah. Pastinya sebelum menerapkan langsung, sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu biaya yang dibutuhkan.

Hal ini dikarenakan perlunya perkiraan anggaran dana yang harus dipersiapkan. Sehingga, ketika proses pembangunan sudah dimulai, tidak terjadi kendala ataupun kewalahan karena salah perhitungan.

Apalagi untuk saat ini, membangun rumah mewah memerlukan dana yang terbilang sangat besar. Yang intinya, semua hal harus dipersiapkan dengan matang dan terencana sangat baik.

Terdapat beberapa ciri rumah mewah yang umumnya kita ketahui. Beberapa diantaranya ialah lokasinya yang strategis, luas bangunan yang berada di atas 200 m2, terbuat dari bahan material premium, serta mempunyai fasilitas mewah seperti halnya kolam renang, ruang gym, lapangan tenis, dan yang lainnya.

Biaya Bangun Rumah Mewah

Biaya Bangun Rumah Mewah

Teruntuk ulasan kali ini, kami akan memaparkan tentang beberapa cara untuk melakukan perhitungan biaya bangun rumah dengan sistem meter persegi. Sekaligus cara menghitung biaya dengan sistem harga satuan.

Dengan mengenal dua sistem perhitungan tersebut, maka setidaknya kamu bisa memilah dan menganalisis sendiri perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Intinya, kami berharap ulasan ini akan membantu dalam menentukan anggaran yang lebih jelas dala proyek pembangunan rumah.

Terdapat pula beberapa poin yang tidak kalah penting untuk kamu perhatikan. Beberapa diantaranya mencakup :

  1. Biaya untuk pekerjaan tambahan (wajib ada) dengan tujuan agar tidak kekurangan anggaran.
  2. Proses perubahan atau mengubah rencana di tengah pengerjaan pembangunan rumah.
  3. Bahan atau material yang meningkat (melebihi apa yang sudah dihitung atau dianggarkan).
  4. Serta Biaya diluar pembangunan rumah. Sebagai contoh ialah izin, gambar desain, pajak, konsultasi, dan yang lainnya.

Melihat beberapa kondisi yang sudah kami sebutkan di atas, setidaknya kamu perlu mempersiapkan tambahan dana sebesar 15% dari total biaya bangun rumah. Tentu anggaran ini dihitung untuk membayar sesuatu hal yang mungkin terjadi di luar dugaan.

Meski di dalam artikel ini kami tidak memasukkan secara rinci terkait perhitungan yang ada. Akan tetapi, kamu masih bisa menambah asumsi biaya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Nah sebelum melakukan peritungan, kamu juga perlu memperoleh gambar desan atau arsitektur rumah terlebih dahulu. Sehingga bisa lanjut pada proses atau langkah pertama ketika membangun rumah.

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sistem Meter Persegi

Proses pehitungan dengan cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Sebab kamu hanya perlu kalkulator untuk menghitungnya.

  • Untuk poin pertama, kamu harus tahu luas bangunan rumah. Luas ini umumnya dihitung dari gambar desain (arsitektur).
  • Selanjutnya, kamu perlu memperkirakan atau setidaknya tahu biaya per meter persegi (m2) untuk membangun rumah.

Rumus yang dipergunakan untuk menghitung total biaya bangun rumah per meter persegi ialah :

Luas Bangunan Rumah x Biaya Per m2 = Biaya Bangun Rumah

Untuk pembangunan rumah mewah, biaya per m2 rata-rata bisa diasumsikan sekitar Rp 5 hingga 6 juta, yakni dengan luas di atas 200 m2. Tentu harga di atas masih bisa lebih tinggi, sesuai dengan material yang digunakan.

Kenapa harga per m2 menjadi lebih mahal? Sebab material dan perabotan rumah mewah, umumnya menggunakan bahan yang berkualitas. Sehingga harga bisa lebih tinggi dari yang diperkirakan. Namun tidak menutup kemungkinan juga lebih rendah.

Bisa disebut jika harga tersebut tidak selalu konstan. Sebab perhitungan hanya menurut asumsi dan perkiraan dari harga barang pda saat perhitungan.

Seiring dengan bertambahnya waktu, kamu bisa mengamati harga pasar pada sekitar lokasi rumah. Atau bisa konsultasi dan bertanya pada ahlinya untuk harga terbaru.

Sebab harga bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai dari aksesoris, material, dan juga inflasi sekaligus keadaan pasar. Tidak luput juga upah dan sejenisnya.

Mari kita lanjut pada contoh perhitungan berikut :

  • Luas bangunan sekitar 250 m2
  • Biaya per m2 diasumsikan sebesar Rp 5 juta

Maka biaya bangun rumah ialah 250 x Rp 5 juta = Rp 1.250.000.000,-

Bisa disebut jika cara menghitung sistem meter persegi merupakan langkah tepat dan mudah yang bisa dilakukan oleh masyarakat umum.

Jumlah tersebut hanya berupa estimasi atau perkiraan biaya yang diperlukan. Namun kamu juga bisa menyiapkan anggaran yang lebih supaya bisa menjadi patokan.

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Sistem Harga Satuan

Langkah perhitungan sistem harga satuan bisa dilakukan dengan membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB). Tentu membuat RAB terbiang rumit, sebab kamu dituntut mempunyai keahlian khusus.

Maka dari itu, kamu lebih menyarankan untuk menggunakan jasa kontraktor dalam membuat RAB. Sehingga kamu pun bisa memperoleh masukan dan cara mempersiapkan dana yang tepat.

Akan tetapi, hal ini bukan berarti kamu tidak perlu ikut campur dalam pembuatan RAB. Pasalnya kamu harus tetap mengerti dengan cara membuat sekaligus membaca RAB tersebut.

Pelajari lima langkah berikut dalam memperhitungkan RAB. Apa saja?

Sediakan Gambar (Desain) Arsitektur

Kesemua hal yang terkait dengan daftar pekerjaan, akan dihitung dan mengacu pada gambar arsitektur. Poin tersebut mencakup jenis pekerjaan, spesifikasi, serta ukuran bahan bangunan.

Penting diketahui, semua biaya bisa diasumsikan setelah ada gambar kerja. Bermula dari sini, maka kamu bisa menghitung volume pekerjaan dan harga satuan kerja.

Hitung Volume Pekerjaan

Voulme pekerjaan ini akan dihitung dengan mendaftarkan jumlah satuan yang dibutuhkan. Khususnya pada setiap item pekerjaan. Beberapa contoh satuan tersebut mencakup : meter kubik (beton), meter persegi (cat dan keramik lantai), meter (pipa), buah/unit (wastafel, keran, dan pintu), kilogram (besi), dll.

Tentukan Harga Satuan Kerja

Kamu perlu mendaftarkan harga upa kerja sekaligus material pada setiap satuan kerja. Umumnya, kontraktor sudah menggabungkan harga upah dan material.

Untuk harga material dan upah, akan ditetapkan oleh kontraktor ketika membuat RAB. Harga disini bisa kamu cek secara online, atau bisa pula dengan bertanya langsung pada tukang atau toko bangunan.

Menghitung Jumlah Biaya Pekerjaan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, jumlah biaya pekerjaan bisa dihitung menggunakan rumus. Cara yang bisa diterapkan ialah :

Volume Pekerjaan x Harga Satuan Kerja = Jumlah Biaya Pekerjaan

Rekapitulasi Total Biaya Bangun Rumah

Keseluruhan total bangun rumah dihitung dengan menambah jumlah biaya pekerjaan yang sudah kamu hitung. Mungkin pada setiap perhitungan akan menghasilkan jumlah yang berbeda. Semua tergantung dengan kontraktor, bahan, dan juga upah.

Total yang umumnya juga ditambahkan ialah untuk pekerjaan pagar, pondasi, serta pekerjaan struktur.

Kesimpulan

Sebagai penutup, tentu kamu bisa menggunakan dua cara menghitung biaya bangun rumah seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Khususnya saat berencana membangun rumah mewah.

Dengan menerapkan sistem meter persegi, maka kamu bisa menetapkan estimasi yang mendekati hasil perhitungan sistem satuan harga.

Sedangkan untuk sistem harga satuan, akan memperoleh daftar harga yang lebih rinci. Sebab mempergunakan RAB yang tampak lebih terencana.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Biaya Bangun Rumah Mewah. Semoga bisa membantu!