Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung

Cara Mengunci Aplikasi WA di HP Samsung Agar Lebih Aman

Pindahlubang.com | Bagaimana cara mengunci aplikasi WA di hp Samsung? Mungkin pertanyaan tersebut muncul bagi kamu yang inging mengunci aplikasi WA agar tidak bisa dilihat oleh orang lain dan hanya kamu yang memiliki akses untuk masuk ke WA. Kamu bisa melakukannya dengan mudah dan ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunci aplikasi WA kamu.

WA atau yang merupakan singkatan dari WhatsApp merupakan salah satu aplikasi obrolan yang penggunanya cukup banyak. Bukan hanya di negara lain, di Indonesia juga memiliki pengguna setianya. Bahkan di tengah banyaknya aplikasi obrolan lainnya, sampai saat ini banyak pengguna yang masih memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan obrolan. Dengan memiliki desain yang simple dan juga memiliki fitur yang lengkap karena selalu di-update maka semakin membuat penggunanya tidak berpindah ke aplikasi obrolan lain.

Namun, ada yang tidak ingin orang lain melihat aplikasi WhatsApp di hp-nya. Sebagian dari mereka menganggap isi dari aplikasi ini baik obrolan atau panggilan adalah privasi dan hanya boleh penggunanya yang boleh melihat. Nah, pada artikel ini mimin akan khusus memberikan informasi mengenai cara mengunci aplikasi WA pada hp Samsung saja. Untuk lebih lengkapnya silakan untuk membaca lanjutan di bawah ini.

Cara Mengunci Aplikasi WA di HP Samsung

Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung
Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung

Jika kamu belum mengetahui cara mengunci aplikasi WA di hp Samsung, kamu bisa membaca informasi di bawah ini. Jika kamu mengunci aplikasi ini, tentu apa yang ada di WA hp kamu lebih aman dan tidak bisa dilihat orang lain, seperti obrolan yang bersifat rahasia atau terdapat informasi yang orang lain tidak perlu tahu dan juga riwayat panggilan yang telah kamu lakukan dengan pengguna WA lainnya. Jadi, segala obrolan di WA kamu bisa lebih private dan juga tentunya kamu akan merasa lebih nyaman.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung S21 Ultra

Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung Melalui Secure Folder

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengunci aplikasi WA di hp Samsung kamu adalah melalui fitur bawaan hp Samsung yang bernama Secure Folder atau dalam bahasa Indonesia adalah Folder Aman. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengunci aplikasi WA dan juga bisa untuk mengunci aplikasi yang lain di hp kamu. Fitur bawaan dari Samsung ini terdapat pada hp Samsung yang sudah menggunakan sistem operasi Android 7. Untuk lebih detailnya, silakan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah silakan untuk buka aplikasi Pengaturan atau Settings
  • Kemudian, silakan cari Biometrics and Security pada daftar menu Pengaturan
  • Lalu, gulir layar sampai ke bawah dan pilih opsi Secure Folder dan dilanjutkan dengan memilih Agree di layar Splash
  • Silakan masuk ke akun Samsung kamu apabila diminta
  • Setelah itu, kamu bisa klik Lock Type atau tipe penguncian yang berada di paling atas
  • Kemudian, pilihlah salah satu tipe, yaitu Pola, PIN, atau Password
  • Selanjutnya klik Konfirmasi untuk mengonfirmasi Lock Type yang kamu pilih dan masukkan tipe penguncian sekali lagi
  • Secure Folder atau Folder Aman berhasil dibuat
  • Silakan keluar dari aplikasi Pengaturan dan selanjutnya fitur Secure Folder ada pada daftar menu aplikasi
  • Klik Secure Folder atau Folder Aman pada daftar menu aplikasi
  • Kamu akan diminta memasukkan Pola, PIN, Password atau Sidik jadi yang sebelumnya kamu pilih sebagai Lock Type untuk membuka Secure Folder
  • Silakan tambahkan aplikasi yang ingin kamu amankan, yaitu WhatsApp dan bisa juga aplikasi selain WhatsApp
  • Pilih WhatsApp dengan mengklik Tambah untuk menambahkan ke Secure Folder
  • WhatsApp telah berhasil ditambahkan ke Secure Folder

Jadi, jika kamu ingin membuka Secure Folder, maka kamu harus memasukkan Pola, PIN, Password atau Sidik jadi yang sebelumnya kamu pilih sebagai akses untuk masuk ke Secure Folder. Perlu diingat bahwa Secure Folder atau Folder Aman adalah area penyimpanan yang terpisah dan aman. Data pada Secure Folder tidak dapat ditransfer ke perangkat lain melalui metode pembagian yang tidak disetujui, seperti USB atau Wifi Direct. Usahakan membuat salinan data sebelum menyimpan data ke folder aman. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Terkait:  Cara Invite Grup WhatsApp Update Januari 2024

Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung Melalui Fitur WhatsApp

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengunci aplikasi WA di hp Samsung milikmu adalah melalui fitur yang terdapat di aplikasi WhatsApp. Nah, WhatsApp sendiri sudah melengkapi aplikasinya dengan fitur penguncian aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya agar aplikasinya lebih aman dan idak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Jadi, kamu bisa melakukan pengunciannya melalui aplikasi WhatsApp-nya langsung. Namun, fitur ini hanya bisa digunakan pada hp yang sudah memiliki fitur sidik jari untuk pengunciannya, termasuk hp Samsung. Jika ponsel kamu belum memiliki fitur sidik jari ini, maka kamu tidak bisa menggunakan cara ini. Bagi kamu yang ponselnya sudah support, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan fitur sidik jari.

  • Langkah pertama, silakan buka aplikasi WhatsApp yang terdapat pada daftar menu aplikasi
  • Pada halaman awal, klik ikon titik tiga yang berada di pojok kanan atas
  • Kemudian, akan muncul menu dan pada menu ini silakan pilih Setelan atau Settings
  • Pada menu Setelan tersebut, silakan pilih opsi Privasi
  • Silakan gulir ke bawah dan pilih menu Kunci Sidik Jari
  • Lalu, aktifkan dengan klik toggle Buka kunci dengan sidik jari hingga toggle berubah warna
  • Kemudian, lakukan verifikasi identitas dengan menempelkan sidik jari kamu
  • Setelah itu, atur waktu kunci otomatis sesuai keinginan kamu. Bisa mengunci otomatis dengan memilih Segera, Setelah 1 Menit, atau setelah 30 menit
  • Selesai

Untuk memastikan fiturnya sudah aktif, kamu bisa keluar dari aplikasi WA lalu kunci hp kamu lalu bukakembali kunci lagi hp kamu. SIlakan buka aplikasi WhatsApp, jika tampilan awalnya layar bertuliskan WhatsApp Locked atau WhatsApp Terkunci maka kamu berhasil mengaktifkan fitur mengunci WA melalui aplikasi WhatsApp langsung. Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk bisa menggunakan fitur ini agar WA terkunci adalah hp yang digunakan harus sudah memiliki fitur sensor sidik jari.

Terkait:  Cara Screenshot Samsung A52S

Cara Mengunci Aplikasi WA di Hp Samsung Melalui S Secure

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengunci aplikasi WA di hp Samsung kamu adalah melalui S Secure. Ini merupakan aplikasi alternatif lain untuk mengunci aplikasi di hp Samsung, termasuk WhatsApp. Cara ini bisa kamu ikuti apabila hp Samsung yang kamu gunakan belum memiliki fitur Secure Folder atau Folder Aman, atau juga tidak memiliki fitur sensor sidik jari. Jadi, kamu tetap bisa mengunci aplikasi WA kamu, meskipun belum support dengan fitur Secure Folder dan sensor sidik jari.

Beberapa hp Samsung ada yang sudah dibekali dengan S Secure sebagai fitur bawaan. Namun, ada beberapa tipe hp Samsung yang harus menginstal terlebih dahulu aplikasi S Secure melalui Samsung Store atau Google Play Store. Untuk lebih detailnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi S Secure di hp Samsung kamu. Jika hp kamu belum terinstal aplikasinya, maka silakan unduh terlebih dahulu di Samsung Store atau Google Play Store
  • Kemudian, silakan hidupkan App Lock & Mask dengan cara menggeser toggle ke arah On hingga berubah warna
  • Lalu, klik pada App lock type untuk memilih metode penguncian yang nantinya akan digunakan. Kamu bisa memilih menggunakan Pola, PIN, Password, Face, atau Fingerprint. Untuk metode penguncian ini bisa kamu sesuaikan dengan yang kamu inginkan.
  • Klik Apps Lock dan pilih Add yang berada di sebelah kanan atas layar untuk memilih aplikasi yang ingin dikunci
  • Silakan pilih WhatsApp dan jika ada aplikasi lain yang ingin dikunci juga, silakan pilih aplikasi tersebut
  • Apabila sudah selesai memilih aplikasi, silakan klik Done
  • Aplikasi WhatsApp sudah berhasil terkunci

Jika kamu ingin membuka aplikasi WhatsApp, maka kamu harus memasukkan metode penguncian yang sebelumnya kamu pilih. Apabila aplikasi ini kamu hapus atau kamu uninstal, maka seluruh aplikasi yang terkunci akan terbuka kembali.

Itulah cara mengunci aplikasi WA di hp Samsung yang telah mimin jelaskan. Silakan untuk memilih cara yang menurutmu mudah dan jangan lupa juga untuk menyesuaikan cara dengan tipe hp Samsung yang kamu gunakan sudah support atau belum. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Similar Posts